31 Oktober 2020

Angkringan Aston Pontianak, Menu Kaki Lima, Kualitas Hotel Berbintang

Siapa yang suka makan sambil nangkring seru? Tukang jalan jajan punya lokasi seru buat nongkrong sambil ngemil makanan berat. Kok ngemil makanan berat? karena yang dimakan adalah menu nasi kucing lengkap dengan atribut tusukan berupa aneka baceman dan gorengan. Ingin mencoba angkringan yang sudah pasti nyaman dan sesuai protokol kesehatan? silakan mampir ke Angkirngan Aston Pontianak, Menu Kaki Lima, Kualitas Hotel Berbintang!

Angkringan Aston Pontianak, Menu Kaki Lima, Kualitas Hotel Berbintang
Angkringan Aston Pontianak, Menu Kaki Lima, Kualitas Hotel Berbintang

Angkringan Tradisonal

Sudah pasti, kalau pernah menjadi mahasiswa yang pernah kuliah di Jogja dan Solo sudah akrab dengan gerobak penuh makanan. Sebenarnya Angkringan secara mudah dapat diartikan sebagai warung makan sederhana dengan menggunakan sebuah gerobak dorong dan ditutupi sebuah terpal sebagai atapnya. Adapula yang menggunakan pikulan lalu berada dilokasi yang nyaman untuk nangkring, semisal dibawah pohon. Intinya ada tempat sederhana untuk berdagang dan ada tempat nongkrong yang nyaman. Ada keunikan lain dari Angkringan yaitu gerobak dorongnya yang serba guna. Selain digunakan untuk memajang aneka sate satean lauk pauk, baceman dan gorengan, juga digunakan sebagai meja. biasanya akan ada pemanggang yang digunakan untuk menghangatkan makanan dan memanaskan air. Saking terkenalnya di Yogya, angkringan menjadi ikon kuliner yang wajib dikunjungi.

"Angkring" sendiri merupakan kata dalam bahasa Jawa yang bearti "duduk santai" dalam bahasa Malangan biasa juga disebut "jagongan". Etalase sosial seperti warung kopi Pontianak, dimana setiap pengunjung duduk mengelilingi lauk pauk dan berbincang santai sembari menikmati makanan yang tersaji atas gerobak. Paling tidak, bisa 8-10 orang yang duduk santai dengan diterangi lampu jalanan atau lampu minyak. Selain ngobrol seru, mulut tak berhenti mengunyah, karena dibuat untuk menemani santai, makanya nasi dan lauk pauk di buat dalam porsi kecil. Selain di sebut dengan angringan, juga biasa di sebut dengan “warung hik, wedangan, warung demit, warung koboy dan lain – lain

Menu Wajib Angkringan

Sudah pasti semua mengenal "nasi kucing', makanan yang lahir dari gerobak angkringan. Nasi kucing ini ukurannya hanya sekepal nasi yang habis dalam 3 kali suapan, biasanya diberi lauk seadanya seperti sambal tempe atau teri atau sepotong kecil ikan. Biasanya akan dibungkus menggunakan daun pisang yang dilapisi kertas koran. Porsi makan yang kecil seperti porsi makan kucing yang membuat diberi nama demikian

Tak hanya nasi kucing, ada lauk pauk yang mendampingi dan tertata rapi diatas gerobak, diantaranya seperti aneka gorengan, sate usus ayam, sate telur puyuh, dan lain – lain. Jika kita memesan makanan tersebut, biasanya akan dipanaskan diatas panggangan dan kemudian dioleskan bumbu kecap untuk emnambah rasa manis dan gurih. Efek karamelisasi inilah yang terkadang dicari pengunjung. Tak heran, ada yang meminta untuk dipanggang hingga sedikit gosong. Selain makanan juga ada minuman yang airnya dimasak langsung di atas gerobak serba guna Angkringan. Untuk minuman biasanya Angkringan menyediakan wedang teh, wedang kopi, wedang jeruk, wedang jahe, susu jahe dan tentunya Kopi Joss. Rata rata memang minuman hangat untuk menemani ngobrol di malam yang dingin

Angkringan biasanya menyediakan puluhan jenis lauk yang murah meriah. Walaupun murah, tidak hanya masyarakat berkantong tipis saja yang nongkrong di angkringan, yang berkocek tebalpun kesengsem dengan citarasa angkringan yang sungguh menggoda selera. Seperti warung kopi dipontianak, tak hanya citarasanya saja yang dicari, namun kehangatan obrolan dan senda gurau menjadikan Angkringan sebagai pemersatu bangsa, karena merupakan tempat makan yang tidak membedakan status social, suku atau agama, sehingga semua orang bisa bersantai dan makan disini.

Modernisasi Angkringan

Angkringan ini sangat mudah kita temukan hampir di setiap jalan di Pontianak. Disana banyak Angkringan yang berjualan di pinggir – pinggir jalan bahkan sampai dipinggir kota. Saya sendiri mengeksplorasi hingga berpuluh puluh kilometer untuk menemukan kehangatan dan citarasa angkringan. Tidak hanya menyediakan tempat duduk di sekitar gerobak, namun Angkringan juga menyediakan tempat lesehan, sehingga kita bisa bersantai sambil menikmati menu Angkringan dan suasana kota Pontianak. 

Tapi dimasa pandemi sekarang, mungkin agak susah memadukan kehangatan diatas gerobak angkringan. Banyak pecinta angkringan yang memilih "aman" untuk menikmatinya dengan cara lain, salah satunya di Hotel. Tidak ada yang salah juga jika angringan menjadi lebih modern. Toh masalahnya hanya memindahkan lokasi saja, menggeser ketempat yang lebih aman dan nyaman. Jika dipinggir hanya ditemani oleh bapak ibu penjual yang ramah, di hotel langsung dengan chef bertopi tinggi, menyiapkan hidangan kaki lima ini. Biasanya duduk lesehan ditemani alunan suara nyanyian pengamen, kali ini duduk di sofa dengan biduan yang cantik menyanyi dengan bahagia.

Ini cuman masalah lokasi yang pindah ke hotel berbintang, sedangkan menu yang dihadirkan tetep kaki lima walaupun jelas dari sisi harga akan berbeda. Toh, tetep sama sama bisa menikmati nasi kucing, lengkap dengan aneka sate, baceman dan gorengan tapi kualitasnya pasti berbeda, Kualitas Hotel Berbintang

Angkringan Aston Pontianak, Menu Kaki Lima, Kualitas Hotel Berbintang

Menikmati dengan lega di Garden Lounge lantai satu , semua boleh mampir dan nongkrong di tempat ini lho, walaupun kamu bukan tamu hotel. Harganya juga murah meriah, mulai dari 5 ribuan ajah. Menu angkringannya banyak dan beragam. kamu bisa pilih  Berbagai macam lauk pauk angkringan seperti tempe, tahu, telur, hati, usus yang dibacem, bakso, udang, ikan asin, Aneka sosis, telur gulung yang dapat dipilih untuk mendampingi aneka nasi kucing dan nasi bakar. Ada juga berbagai varian sambal spesial sebagai pendamping. Seperti sambal hijau, sambal mata, saus tomat, kecap pedas dan sambal ulek. Sebegai pelengkap, tersedia juga wedang uwuh dan wedang jahe yang tersaji menggoda selera



Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 5 ribu-an, pengunjung sudah bisa mencicipi menu angkiran di Hotel Aston Pontianak. Angkringan yang mengusung konsep 'harga merakyat nongkrong elit' ini dibuka Senin dan Jumat mulai pukul 15.00-22.00 WIB.

Menu Wajib coba! disini juga Tukang Jalan Jajan nyobain Mie goreng Jontornya. Menu ini terasa spesial karena menggunakan tipe mie kecil kenyal yang digoreng dengan bumbu spesial. Campurannya aneka sayuran dengan potongan jamur sawit yang menggoda selera. Potongan aneka sosis dan ayam juga menjadi pelengkap sempurna. Rasa gurih, pedas dan manis menjadi satu kesatuan yang membuat saya ingin cepat melahap dengan tuntas supaya enaknya bisa terasa sampai dihati.

Tukang Jalan Jajan menikmati di 
Angkringan Hotel Aston Pontianak
'harga merakyat nongkrong elit'
di Jl. Gajah Mada No.21, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243 

Selamat makan Menu Kaki Lima, Kualitas Hotel Berbintang dan Salam Yumces

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

53 comments

Di Pontianak kayaknya emang banyak makanan yang cukup legend ya. Enak-enak Juga. Baca Mie goreng jontornya perut jadi lapar ngebayanginnya makannya 🤣

Waah harganya mulai lima ribuan rupiah ya? Terjangkau. Suka konsepnya, angkringan tapi ala-ala hotel berbintang. Jadinya makanan sederhana jadi elegan dan berkualitas.

Wihh keren banget di Aston ada angkringan hihi. Rasanya pasti bikin nostalgia sama angkringan khas jogja nih. Jadi kangeeennn makan angkringan

Harga merakyat nongkrong elit bisa jadi ide usaha di berbagai hotel lainnya juga di Indonesia ya. Saat pandemi kan pengunjung hotel banyak berkurang. Dengan menggunakan konsep ini menu angkringan bisa tetap jadi sumber pemasukan

Wah di Pontianak ternyata ada angkringan juga ya Kak penasaran dengan mie jontor nya apalagi bumbunya pasti khas Pontianak

Asik banget ini sih yang suka tempat nyaman dan makanannya juga lezat, karena biasanya kan angkringan mah di luaran di emperan dan panas, jadi ini solusi banget buat yang mau santai menikmati kuliner tradisional dengan nyaman

Angkringan ini emang andalannya mahasiswa banget kak karena murah enak dan bisa milih banyak, nah skrg ada angkirngan versi modern gini jadi penasaran nyoba juga sensasinya ey

Maas... mana foto-foto ciamiknya? ADuh, selesai baca aku sampai skrol lagi, karena kok ga ada gambar.
Konsep yang bagus, ini, memodernkan angkringan. Tapi jangan murah-murah amat karena masing-masing golongan rakyat punya tempat dan rezekinya sendiri.
eh tapi saya penasaran sungguh, bagaimana citarasa dan berapa saja harganya. 5000 itu untuk 1 bakwan, kan? Nggak 5?

Kak... kalo aku balik pontianak kuy ajak aku kulineran ditempat2 baru... kayakna pasti udah banyak perubahan dikota kelahiranku itu,apalagi ini ada ASTON dengan segala kulinerannya...aaah bener2 rindu pengen kulineran disana bareng food blogger , heheh

Saya selalu suka nyobain angkringan di hotel-hotel nih, biasanya rasanya juga enak, dan menghadirkan sensasi baru.
Terlebih kalau harganya masih terjangkau ya.

Beneran mengangkat menu-menu kaki lima jadi lebih modern :)

Aston keren sekali sih, menyajikan sajian yang terjangkau dengan pelayanan dan suasana hotel bintang lima. Mantul ^^

Wah Aston buka angkringan, pasti seru dicobain nih makanannya. Mana murah meriah pula, tak kalah dg angkringan pada umumnya.

Wah jadi ngiler liat menunya. Enak banget ya, meski bukan tamu hotel, tapi bisa membeli kuliner di sana. Harganya pun terjangkau banget. Suasana nyaman, rasanya juga pasti rasa hotel.

Kayaknya di Jakarta belum ada konsep angkringan di hotel...

Saya kalo ke angkringan selalu incar telur puyuh, langsung minta bakar, di cocok dengan sambel, beuhhh enak nyeee. Sama tempe-tahu bacem juga. Tambah keren lagi kalau angkringan aston ngasih promo-promo menarik nih.

Angkringan biasanya di pinggiran jalan, eh ini angkringan ada di Hotel. Nongkrong makin elit ya.

Aku sama keluarga penggemar menu angkringan nih, apalagi aku biasanya bisa ambil banyak jenis + sambel jd ga perlu pakai nasi hehe. Boleh lah nanti kalau main ke Pontianak mampir ke sini

Ternyata bukan hanya do Jogjakarta saja yang oubya banyak angkringan, taoi sampai juga di Pontianak. Bahkan sampai diadaptasi sama Hotel Aston Pontianak. Duh mendadak kangen nasi kucing.

Angkringannya mirip di jogja ya... Mana ada nasi kucing pula 😎

Sebenernya, dibanding cafe, lebih syahdu angkringan sih. Ngemper gitu kan banyak seni nya. Merakyat 🤗

Angkringan ini ternyata dimana mana murah ya. Dari 3k-5k. Tapi aku kalo ke angkringan aku selalu bayar mahal, karena semua yg murah itu ku cobain hahaha

Bagus sekali konsep nongkrong yang ditawarkan Aston ini. Jarang sekali hotel yang mau menerapkan hal seperti ini. Apalagi harganya terjangkau. Kalau ada di Palu, pastinya bisa cobain tiap hari angkringan elit harga merakyat.

Iya sih murah meriah buat yang kapasitas perutnya kecil atau sedang diett. Tapi yang nggak kenyang dengan seporsi nasi kucing jatuhnya jadi lumayan juga ya karena bolak-balik nambah.

Keren ini hotel Aston Pontianak yaitu mengangkat makanan pinggiran menjadi makanan istimewa di hotel, masih dengan harga yang sangat terjangkau pula. Lumayan mengobati rasa kangen dengan suasana angkringan di Yogya, Solo, dan lainnya.

Menarik, tradisional ya masuk hotel jd makin menarik krn angkringan kan seru2 makanannya

Saya awalnya tau angkringan nasi kucing itu pas di Jakarta, Mas. Kebetulan ada yang jualan tidak jauh dari rumah saya. hanya dia jualnya spesialis malam hari. Dari habis Isya sampai subuh. Mungkin sasarannya orang pekerja di kawasan Pulo gadung yang pulang kerja malam, termasuk orang kontrakan.

Lalu saya mulai coba angkringan di Yogya, Solo, dan Purwokerto. Bahkan di sini Kebumen sudah banyak yang jual. Saya kalau makan minimal 3 nasi. Terus lauknya gorengan bakwan dan tahu, sate telur, sate usus, dan sate ati ampela hehehe.

Keren ya, sekarang angkringan sudah masuk ke hotel, tapi harganya tetap bersahabat.

Wah recommended banget nih klo nti aku ada destinasi kesana ini menjadi the best choice deh

Tahun lalu di Malang masih sedikit yag jual menu angkringan. Tapi sejak 3 bulan belakangan bermunulan dan setiap malam jalanan itu banyak kelihatan angkringan. BElum nyoba sih kalau angkringan di Malang ini.
KAlau sebelumnya di Jakarta udah nyoba dan emang enak bin hemat wkwkw

Tadinya bingun, akringan ko ada di Pontianak. Iya sih, akringan udh jadi semacam branding u Yogya/Solo. Asik dong, kalau di Pontianak ada juga. Memang sih porsinya kayak dikit gitu, tapi banyak pilihan...

Angkringan masuk hotel, bener2 sesuatu yg unik dan menarik ya. Apalagi hotelnya sekelas Aston, pasti suasana angkringan juga berbeda dari kebanyakan. Menarik reportasenya

Kata anakku nasi kucing sedikti amat gak kenyang hihihi. Asyik bener di Aston ada menu ankringan juga ya tapi sekelas hotel berbintang

Aku pikir angkringan identik sama Jogja dan Jateng aja, ternyata Pontianak juga punya angkringan ya, Mas. Malah lebih modern dan elit karena kualitasnya hotel berbintang. Dah lama banget ga makan di angkringan, autongiler.

dua minggu lalu saya juga staycation di Aston Banjar kak
pas malam minggu ada angkringan. kalau menu fav aku di Aston Banjar itu sate taichan nya. Enaaaaak bangeeeet!

wah keren banget! Aston punya angkringan? Angkringan pinggir jalan aja aku doyan, ga kebayang nih rasa angkringannya Aston. Bener bener bikin ngiler nih ngebayangin menu menu angkringannyaaaa

Wahh, jadi pengen nyobain kulineran di Angkringan Aston Pontianak mas, Apalagi dg harga 5rb bisa dapatin menu tertentu ya.
Aku tertarik sama mie jontornya dong, seberapa pedesnya tuhhh

Kebayang sih ya ... kualitas angkringan hotel pasti lebih terjaga ya. Jadi penasaran.

akringan yang ada di aston memang berkelas banget bang dodon dan makanan oke banget

Wah keren angkringan sampai ke Pontianak juga. Angkringan memang khas yogya, tapi penataan sampai menu angkringan ini yang menjadi daya tarik.

duu jadi pengen nyobain angkringan pontianak, sementara makan angkringan deket rumah dulu aja^_^

Aku belum pernah ke Pontianak
Cuma ke Palangkaraya, Balikpapan dan Banjarmasin
Kalau ke Pontianak bakalan nginep sini deh ya

Keren yaa inovasinya Aston Pontianak untuk menghadirkan menu kaki lima ala hotel berbintang. Aston di kota saya juga ada nih, tapi belum sempat euy icip-icip menunya di sana.

Angkringan ternyata nyampe pontianak yaah >.< apalagi sampe di aston. Rasanya pasti bikin kangen angkringan jogja nih. Asli penasaran, di Aston sini ada ngga ya menu itu

Kakak, ajak aku nginap di Aston ya nanti kalau aku ke Pontianak... hahaha. Seru nih kayaknya kalau nginap di sana. Aston memang hotel favorit. Di Jakarta beberapa kali pernah staycation sama yayang di Aston, trus pas ke Bandung juga Aston bagus banget.

Paling asyik memang kulineran seperti ini ya bisa menyantap makanan yang enak dengan kualitas hotel berbintang tapi harga kaki lima. Sayangnya jarang yang bisa begini. Ini keren nih kalau ke Pontianak harus nih ke sini ya...

Angkringan udah nyebar ke mana-mana ya. Menunya juga menggoda perut.

emang the best sih makanan di hotel Aston ini, memang selalu inovatif, dan cita rasanya benar-benar berkualitas banget

yes kadang klo lunch di hotel sering nemu angkringan seperti yg dijelaskan di atas. Dari penyajiannya sih klo angkringan di hotel, sangat higienis. Namun soal rasa,,,kdg ada yg gak enak,,,ada yg enak,,,

Angkringan di hotel mewah rasanya keren banget kk, apalagi untuk makanannya pasti pas di lidah banget. Jadi pengen jalan ke Pontianak lagi.

Angkringan sudah naik kelas dan sekarang lebih melejit lagi, karena kalangan elit bisa makan angkringan dengan nyaman. Menunya juga pastinya sangat enak.

Walaupun makannya sambil "nangkring" menu yang ditawarkan gak kalah dengan yang yang ada di Hotel Berbintang. Ini sebuah konsep yang perlu dikembangkan.

Kenikmatan menyantap hidangan sambil duduk menikmati suasana sekitar, bagi warga Pontianak, ternyata tidak perlu biaya mahal, cukup makan di Angkringan Aston Pontianak.

Di jkt pun masih byk angkringan kok mas, wlpn aku blm nemu yg wow banget, semuanya biasa aja, nangkring dipinggir jalan yg penuh debu, polusi dan bising, tp ya emang semua jalanan di jkt kan kaya gitu ya hehehe

Wahhh menunya lengkap bangett.. Bisa makan sepuasnya kalo gini mah, kirain angkringan cuma ada di jogja yah, ternyata di pontianak juga ada.. Keren euy

kalo harganya merakyat, trus enak, pasti di cari banget dan rame ya. btw udah lama nih aku gak makan angkringan

Aku suka sesekali makan malam di warung angkringan. Kebayang lezatnya nasi kucing dan sate2an dg sambal kecap. Lebih mantap kalau ada nasi bakar, meski porsi nasi kucing gak cukup 1 kalau mau kenyang, hehe.

Ternyata di hotel juga bisa menikmati menu angkringan ini ya. Pasti banyak yang suka kulinernya.

aku kalau lagi staycation sering nyari angkringan
malammalam enak minum wedang jahe sereh
sama nasi kucing hehe

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon