4 Agustus 2020

Serba Ada di Huawei P30Pro

Tukang Jalan Jajan punya kebutuhan foto dan video untuk konten mengisi blog dan sosial media. Terkadang saya harus membawa alat perang yang lumayan banyak, Mulai dari kamera DSLR, aneka lensa, penyimpan data, laptop hingga tripod. Jika hanya datang untuk makan disatu dua titik dalam kota, masih bisa dengan mudah diangkut tapi permasalahan itu muncul kalau harus angkat tas punggung untung perjalanan jangka waktu lama.

Huawei-P30-Pro-in-misty-blue-tukang-jalan-jajan
Huawei P30 Pro in misty blue tukang jalan jajan

Pengalaman beberapa waktu lalu, saya harus membawa sekitar 20 kilogram barang yang dipanggul ditambah dalam bagasi. Kebetulan saya suka yang lebih ringkas. Jadilah mencari smartphone yang punya kemampuan mengakomodir semuanya. Supaya ringan dan bisa digunakan juga sebagai alat komunikasi dan editing sederhana.

Serba Bisa, Serba Ada di Huawei P30Pro

Saya menemukan sebuat produk yang bayak direkomendasikan di hampir semua channel youtube. Smartphone Huawei P30Pro langsung saya pinang. Rasanya tak sabar untuk menggunakannya dan membuktikan sendiri kualitas yang diulas. Pesan dalam beberapa waktu dan akhirnya datang dan langsung dicoba. Tak pas rasanya kalau tak membuktikan sendiri dan ini beberapa hal yang disuka. Apa saja? 

Huawei P30 Pro, menggunakan Leica Quad Camera dengan konfigurasi 40 MP, f/1.6 + 20 MP, f/2.2 + 8 MP (telefoto) + TOF 3D camera. Sedangkan untuk bagian depan menggunakan kamera 32 MP untuk swafoto.

Huawei Mobile Services atau (HMS) adalah aplikasi dan layanan dari Huawei untuk ekosistem perangkat yang menyediakan pengalaman lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih mulus. Platform ini diklaim memikirkan ulang gaya hidup digital dan menyediakan pengalaman hidup digital AI yang lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih baik kepada pengguna di seluruh dunia. Salah satunya adalah AppGallery serta Petal Search Widget - Find Apps yang menarik untuk di coba

Pasti karena Kamera

Tentu inilah yang membuat saya “ngebet” untuk memilikinya. Teknologi Artificial Intelegence (AI) yang tertanam harus dicoba. Hasil fotografi dan videografi luar biasa di berbagai kondisi pencahayaan berkat perpaduan teknologi sensor, Huawei AIS, OIS dan aperture f/1,6 pada Huawei P30 Pro. Selain itu, dukungan Teknologi HUAWEI ToF Camera dapat menangkap menangkapinformasi kedalaman gambar untuk memberikan segmentasi gambar yang akurat. Keakuratan pengukuran jarak memungkinkan simulasi beberapa tingkat gambar bokeh. AI HDR+ memungkinkan kamera depan dan belakang menggabungkan beberapa foto yang diambil berurutan untuk menghilangkan gambar yang kurang bagus
Hasil Foto Huawei P30 Pro
Hasil Foto Huawei P30 Pro

Jatuh cinta saya bertambah karena sudah tersugesti oleh iklannya tentang tingkat pembesaran pada kameranya yang membuat tercengang. Teknologi lensa SuperZoom mampu membesarkan gambar sampai 5x lipat dengan optical zoom, sehingga bisa close-up objek dengan mempertahankan ketajaman gambar. Sementara itu untuk hybrid zoom bisa 10x lipat dan digital zoom 50x lipat.
Jangan ditanya lagi deh, masalah Detil warna yang baik dan foto yang jernih dan Autofokus yang cepat dan akurat. Disempurnakan lagi dengan HUAWEI AIS dan OIS mendukung stabilisasi untuk semua pengaturan pengambilan video, menghasilkan bidikan yang sempurna dan mantap. Saat mengambil gambar,Stabilisasi video yang sangat baik, autofokus yang cepat saat berganti scene dan pelacakan yang baik dengan Audio kualitas tinggi dengan teknologi Huawei Acoustic Display

Cepat Mengisi Daya

Tak punya waktu menunggu lama membuatpengisian daya harus dilakukan dengan cepat. Untungnya, Huawei P30 Pro yang didukung teknologi 40 watt Huawei SuperCharge. Teknologi pengisian baterai tersebut bisa mengisi daya dari kosong sampai 70% hanya dalam 30 menit. Selain itu kapasitas daya baterai 4.200 mAh dapat bertahan seharian pada pemakaian normal Tukang Jalan Jajan, dimana Huawei P30 Pro sebagai ponsel utama. Jika digunakan juga tidak cepat panas karena sudah menggunakan Huawei SuperCool untuk menjaga ponsel tetap dingin walau digunakan secara intens


Memperkenalkan Huawei Mobile Services

Lebih dari 600 juta pengguna aktif dan 1,3 juta pengembang telah bergabung dengan ekosistem Huawei Mobile Services

Sejak diluncurkan bersamaan dengan perangkat Huawei Mate 30 Pro, smartphone Huawei terbaru dilengkapi layanan Huawei Mobile Services (HMS). Dalam perkembangannya, HMS telah digunakan oleh lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia hingga Desember 2019. Hal ini juga berkat semakin banyaknya pengembang/mitra yang terdaftar hingga mencapai 1,3 juta pengembang.  
pt. Datascrip sebagai authorized distributor Huawei di Indonesia menyambut positif upaya Huawei yang secara konsisten dan cepat dalam mengembangkan ekosistem HMS, termasuk kerja sama dengan aplikasi lokal. “Kami melihat semakin banyak aplikasi populer yang bisa digunakan. Selain itu, Huawei terus memperkaya AppGallery yang dikembangkannya dengan dukungan aplikasi-aplikasi lokal,” ujar Bobby Ivan – Division Manager pt. Datascrip.

Huawei Browser 

Huawei Browser merupakan browser bawaan yang terdapat pada setiap smartphone Huawei, 
huawei.browser
huawei browser

Browser ini digunakan berselancar di dunia maya dan mengakses berbagai layanan dan fitur. 

Huawei Assistant 

Seperti halnya asisten pribadi, layanan ini bisa digunakan sesuai kebutuhan seperti mengatur jadwal harian melalui fitur kalender, fitur news feed, fitur personal alarm dan banyak lainnya yang bisa di ulik pengguna smartphone Huawei. Para pengembang aplikasi dapat memanfaatkan layanan itu dengan menghubungkan layanan mereka pada Huawei Assistant yang sudah memiliki 160 juta pengguna aktif per bulannya. 

Huawei Mobile Cloud 

Ini adalah layanan penyimpanan data cloud untuk pengguna Huawei. Fungsi cloud ini akan terus berkembang di masa mendatang. Sejak November 2019, layanan tersebut telah aktif di wilayah Asia Pasifik dengan menawarkan kapasitas penyimpanan cloud sebesar 5 Giga Byte (GB). Pengguna dapat memanfaatkannya untuk cadangan 18 jenis data termasuk data galeri, kontak, kalender, WLAN, dan berbagai informasi penting lainnya. Huawei Mobile Cloud sudah dilengkapi fitur pemulihan data dan sinkronisasi yang terhubung dengan berapa perangkat. Sehingga kamu tidak kesulitan berpindah ke gadget Huawei lainnya. Pengguna akan lebih mudah dan aman ketika mengelola data pada perangkatnya. Adapun fitur "Find My Phone" di Huawei Mobile Cloud sehingga bisa mencari keberadaan ponsel

Huawei Quick App 

Huawei Quick App memungkinkan pengguna mengakses aplikasi yang diinginkan tanpa perlu mengunduh dan menyimpannya di perangkat ponsel. Layanan tersebut merupakan sebuah jawaban bagi pengguna yang memiliki kapasitas penyimpanan internal terbatas. Saat ini, sudah ada sekitar 2.500 pengembang aplikasi yang menghubungkan layanan mereka melalui platform Huawei Quick App. 

Huawei Video 

Huawei Video adalah layanan untuk streaming film. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk menikmati ragam konten video dan film, dari yang gratis sampai berbayar.  Konten film berbagai genre, mulai dari serial, dokumenter, dan juga video informatif terkait topik terkini, gaya hidup, hobi, maupun olahraga, tersedia di dalam layanan tersebut. Saat ini, Huawei terus mengembangkannya agar bisa dinikmati pengguna di berbagai negara 

Huawei Music 

Huawei Music adalah aplikasi yang dibuat oleh Huawei sendiri yang bertujuan untuk memberikan sebuah pengalaman mendengarkan musik berkualitas tinggi dan “one-stop shop music experience”.  Penikmat musik bisa memutar musik dari playlist hasil pencarian sendiri atau memanfaatkan fitur radio yang dapat disesuaikan dengan selera musiknya. 
huawei.music
huawei.music

Sudah ada 117 negara, termasuk Indonesia. Untuk memanfaatkan layanan ini, pengguna perlu berlangganan paket yakni gratis, dasar, dan premium.

AppGallery ala Huawei

Ini salah satu platform menarik untuk dicoba. Menjawab kebutuhan pengguna Huawei yang tidak harus tergantung dengan aplikasi lain. Peluncuran instalasi AppGallery, di pasar aplikasi resmi Huawei dan salah satu dari tiga platform distribusi aplikasi top dunia menjadi cahaya terang bagi pecinta gadget besutan Huawei. AppGallery membuka pintu ke dunia aplikasi global berkualitas yang memanfaatkan kemampuan unik yang ditawarkan perangkat Huawei 

huawei.AppGalery
huawei.AppGalery

Ada banyak yang bisa dicoba, seperti HiAI dan konektivitas yang unik, media, sistem dan kemampuan keamanan. Tinggal dipilih, mana yang memang dibutuhkan pengguna untuk aktifitas sehari hari. Tak hanya aplikasi besutan internasional, aplikasi karya anak bangsa juga sudah ada. Macam-macam provider, My Telkomsel dan My IM3, Bima + untuk membuat pengguna Huawei dapat dengan mudah mengelola paket internet yang diinginkan. Jasa logistik seperti JNE dan J&T untuk pengiriman juga tersedia. 

Aplikasi dari bank dan pembayaran online seperti Akulaku, BCA, DANA, ID DBS, GoMobile CIMB Niaga dan Permata Mobile. Aplikasi dari E-commerce untuk para pengguna dapat berbelanja dengan mudah adalah Blibli, JD.ID, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Matahari Mall, dan Lazada. Selain itu, aplikasi dari perjalanan untuk memudahkan pengguna bepergian adalah Garuda Indonesia dan KAI Access. Selain itu, ada Joox, Vidio, Hago, dari aplikasi hiburan. Aplikasi lainnya adalah BPJSTKU, Info BMKG, Alkitab, dan RTI Business.


Untuk memperbaharui informasi ada aplikasi berita yang tersedia di AppGallery seperti Baca, BaBe, Detik.com, CNNIndonesia, Kompas.com, Caping, dan Liputan6. Yang terakhir adalah aplikasi makanan & minuman bernama Fore yang sekarang telah terintegrasi ke dalam AppGallery.


Jadi semuanya bisa diakses dan menggantikan fungsi Google Playstore atau Apple Appstore. AppGallery Huawei Mobile Services bisa membantu performa lebih paripurna. Saat ini, AppGallery sudah digunakan di 170 negara, dengan 390 juta pengguna aktif bulanan (MAU/Monthly Active USer) sejak pertama kali layanan ini dibuka ke seluruh dunia pada bulan April 2018.

Aplikasi AppGallery telah mengembangkan sistem penilaian dan fitur pengingat yang memungkinkan orang tua mengubah pengaturan unduhan aplikasi untuk memastikan pengakses aplikasi dan konten sesuai dengan usia. Hal ini juga dapat diterapkan pada aplikasi Huawei Video yang dilengkapi mode remaja sehingga orang tua dapat mengatur peringkat video dan pembatasan akses berdasarkan usia anak.

Penelitian melaporkan bahwa remaja cenderung lebih cepat dan cerdas untuk mengakses informasi dan layanan. Untuk itu, Huawei Assistant menghadirkan pengalaman pengguna dengan Smart Search, Instant Access, Smart Care dan fungsi News untuk membuat pengguna lebih mudah dan cerdas. Untuk hiburan, Huawei Vision dan Huawei AI Speaker mendukung Huawei’s voice assistant Celia. Huawei Vision mengintegrasikan HUAWEI Video, YouKu dan platform video mainstream lainnya.

Huawei P30Pro, Lengkapnya sebuah Smartphone

Teknologi lensa SuperZoom mampu membesarkan gambar sampai 5x lipat dengan optical zoom, sehingga bisa close-up objek dengan mempertahankan ketajaman gambar. Kapasitas daya baterai  4.200 mAh pada Huawei P30 Pro yang didukung teknologi 40 watt Huawei SuperCharge. Selain itu juga didukung oleh Teknologi Huawei Mobile Services dan AppGalery yang mampu memberikan layanan digital yang dibutuhkan pengguna. 

Huawei berkomitmen untuk terus mengembangkan HMS termasuk dengan mitra dan pengembang lokal. Dukungan penuh untuk pengembang untuk dapat bersinergi sehingga terwujud pengalaman pengguna dalam wujud kemudahan, kecepatan, dan kelancaran dalam kehidupan cerdas dan ekosistem HMS. 
Smatphone ini cocok dijadikan ponsel utama untuk aktifitas traveling saya




Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

20 comments

hasil fotonya memang jernih dan keren-keren ya. Pas banget bagi yang suka kulineran dan jalan-jalan

Handphone Huawei sekarang kualitas nya ngga kaleng-kaleng ya om . Mantul banget jadi ngga perlu ribet bwa Kamera lagi Kalo lagi jalan-jalan

Jadi makin seneng ya kak, kalau ada Smartphone canggih.
Apalagi kayak aku yang suka foto foto, punya Smartphone Huawei P30pro yang punya camera nya sejernih gitu.
Pasti makin jatuh cintaaaa.

Wah oke juga nih smartphone ini. Secara kamera dan baterai oke banget. Ini kan kebutuhan utama kita. Btw, dengan spek begini ada di kisaran harga berapa yaaa?

Ini hape incaran juga soalnya hasil jepretannya itu bagus banget buat menunjang sebagai kreator konten, cuma harganya nih ya sesuai dengan spek ya, makanya kudu nabung dulu haha

Suka sama hasil fotonya. Terang dan jelas. Semakin hari makin merasakan canggihnya teknologi ya.
Banyaknya tipe handphone sebenarnya juga bikin bingung, tapi kalau melihat rincinan speknya seperti ini, jadi makin mantap menentukan pilihan.

waduuuh, pas banget ini gue lg cari-cari rekomendasi HP, emang fitur kamera Leicanya tuh bikin ngiler abis sih ini si P30 ini

wih, Huawei sekarang makin keren yaa..
Apalagi kameranya juga udah jernih.. sangat mendukung untuk kebutuhan konten blog ya..

huawei..dulu kurang familiar dengan hp ini. ternyata ketika udah tahu ternyata keren banget ya.
pengin banget punya
semoga bisa

Yaampun ini yg pernah dpromosiin sm penyanyi idolaku, naksir bgt sih sama kameranya bening ituu. App gallery jg bikin seneng krn bs install app keinginan dr sana

Wah, Huawei P30PRO bisa jadi solusi saat jalan-jalan tapi males bawa DSLR ya. Hasil fotonya bagus dan baterai besar ya

udah kameranya kece, penyimpanan 5gb, sama fast charging pula, ini yg pas banget buat blogger yg praktis mau poto sana sini d manapun tanpa harus ribet bawa banyak perangkat

Boleh juga nih huawei dicoba.. kapan lagi mau coba yg ga ada google si big brother always watching

Wuih spesifikasinya huawei P30pro beneran bikin ngeces, lengkap banget, apalagi bisa zoom 5x cocok banget kalau ada event yah, mesti nabung nih

Suami aku pernah pake p30 ini tapi beberapa bulan lalu uda di jual, cuma dia pake quad camera, beda varian aja atau saat ini memang terbit varian baru ya?

Wah, hasil fotonya bagus ya. Cocok untuk yang punya IG banyak dan butuh memberi makan feed-nya. Kelihatannya juga cukup mumpuni untuk kegiatan content creator seperti kita

Sekarang memang haris nyari gadget yang simple dgn tenaga yang mumpuni.
Huawei P30Pro ini slah satu inceran aku jg, ngebet sm hasil kameranya

Wow banget speknya.
Paling takjub liat 40Mp.
Kamera nya pasti yahuuudd..

Dibanderol harga berapa niih...kak?

Hasil fotonya terang banget yak,wajib punya deh konten kreator mah,hehe.

Huawei semakin kesini, semakin kece kameranya. Bisa banget nih masuk jajaran untuk ponsel dengan kamera bagus.

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon