26 April 2020

Cintai Bumimu, Jaga dan Lestarikan Bersama

Tukang Jalan Jajan memperingati hari bumi ke 50 tahun 2020 tahun ini dengan membuat tulisan, semoga bisa menginspirasi dan memberi inspirasi. Mari menjaga bumi, dimulai dari kamu. Saya berbagi sedikit dari pandangan saya sebagai traveler dan food blogger

Cintai Bumimu, Jaga dan Lestarikan Bersama
Cintai Bumimu, Jaga dan Lestarikan Bersama

Makan dari Hasil Bumi Tapi Jangan Berlebihan

Makanan enak itu dibuat bukan sekedar dijual kepada penikmatnya tapi dipersembahkan sebagai hasil buah pemikiran dan karya yang Panjang. Tidak heran kalau banyak orang yang rela antri, bukan sekedar 10 atau 15 menit bahkan 1 jam hanya untuk seporsi menu andalan. Saya juga punya langganan makanan seafood. Yessss Seafoood! I LOVE IT! dari dulu saya suka banget menikmati sajian bahari, ya selain enak sudah pasti segar. Hasil laut kita melimpah karena kita negara yang dikelilingi laut. Menikmati makanan hasil laut sesuai dengan instruksi Bu Susi (supaya ngga ditenggelamkan) juga bisa bikin bumi lebih adem karena mengurangi dampak pemanasan global. Pas banget Pada tanggal 22 April 2020 ini diperingati hari bumi kan ya

Makan dari Hasil Bumi Tapi Jangan Berlebihan
Makan dari Hasil Bumi Tapi Jangan Berlebihan
Mengurangi konsumsi makanan yang berhubungan dengan peternakan mengurangi produksi gas metana yang menjadi penyebab kedua pemanasan global setelah emisi gas rumah kaca. Etapi, sudah pada tahu ngga kenapa? Ternyata Gas Metana yang diproduksi oleh peternakan itu lebih besar 20% dari industry minyak. Hayooooo tebak, darimanakah datangnya gas metana itu? Dari sendawa dan kentut ternak hehehehehe.

Nah konsumsi makanan laut yang bebas diambil dari lautan tentu akan membantu mengurangi pemanasan global tapi kudu diinget, pengambilan hasil laut jangan berlebihan dan tetap memperhatikan perikanan tangkap berkelanjutan.

Ini juga penting ya genkskamu harus tahu mana rasa lapar dan mana rasa hanya ingin makan! Aku mau ngingetin jangan suka ngga ngabisin makanan. Apalagi sampe dibuang ya. Pemanasan global bisa jadi berasal dari makanan sisa dipiringmu lho! rantai produksi yang mengeluarkan emisi karbon, salah satu yang paling besar dalam pemanasan global Rantai jejak karbon makanan berasal dari pertanian, perkebunan, pabrik pengolahan makanan, transportasi distribusi, dan peternakan. Ayo hitung, pasti banyak buanget kan!

Lihat dong makanan yang saya pesen minta dibungkusin pake daun pisang, selain aromanya jadi harum, saya juga ngga perlu nambahin sampah kertas, plastic atau stereofoam. Ini juga yang membuat saya jadi pelanggan tetap karena disediakan wadah take away yang bisa dipakai berulang kali

 Pemanasan Global Berasal Dari Sisa Makananmu

Ini pesan Bumi untuk kamu yang dirumah aja dan suka membuang makanan
Pemanasan Global Berasal Dari Sisa Makananmu
Pemanasan Global Berasal Dari Sisa Makananmu
Pernah diundang datang ke acara keluarga atau membeli paket all you can eat? Seperti diriku yang diajak untuk makan gudeg sepuasnya. Siapa yang bisa menolak gudeg legit, ayam bacem gurih dengan areh. Tak lupa tambahan telur dan tahu kopong serta sambal krecek yang menggelora. Senengnya juga, makanan ini dialasi dengan besek dan daun jati. No plastik plastic club.

Aku mau ngingetin kalian kalau diundang atau ikutan acara seperti ini harus inget etika makan ya. Jangan lapar mata sehingga makanan sampe dibuang ya. Pemanasan global bisa jadi berasal dari makanan sisa dipiringmu lho! rantai produksi yang mengeluarkan emisi karbon, salah satu yang paling besar dalam pemanasan global Rantai jejak karbon makanan berasal dari pertanian, perkebunan, pabrik pengolahan makanan, transportasi distribusi, dan peternakan. Ayo hitung, pasti banyak buanget kan!

Saat membuang makanan, sama saja kita membuang air, tanah, dan pupuk yang digunakan untuk merawat sayuran yang kita buang, ditambah lagi untuk mengangkut limbah makanan sisa, pasti dibutuhkan kendaraan ke tempat pembuangan akhir, yang juga dapat menimbulkan polusi udara.

Gunakan Barang Daur Ulang

Selama dirumah saja, saya belajar menganyam tas belanjaan pasar ini dari sampah plastik. Ternyata seru juga jika sudah tahu ritme membuatnya, Oh ya, anyaman ini dibuat oleh tetangga saya, Mak Ida yang memang menjual aneka anyaman dari plastik untuk di jual ke pasar. Hasil kerajinannya banyak banget, selain tas belanja, ada juga tampah, topi caping sampai kipas. Semuanya terbuat dari tali plastik.

Gunakan Barang Daur Ulang
Gunakan Barang Daur Ulang
Yuk beli produknya! Sehingga makin banyak orang orang seperti Mak Ida yang berkontribusi mengurangi sampai. Biaya ini mencakup seluruh siklus produksi pengolahan dan mafuktur ini juga menciptakan peluang kerja bagi banyak orang yang terlibat dalam berbagai proses.

Manfaat daur ulang plastik menjadi tas belanjaan seperti ini dapat membantu dalam mencegah pemanasan global. Dengan meminimalkan energi yang dihabiskan untuk produksi industri, hal itu juga membantu dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Tali plastik ini sudah ada sebelumnya, tak perlu lagi ada pengolahan bahan mentah yang masih baru yang dapat menimbulkan bahan beracun dan  mencemari lingkungan. Dengan mengurangi energi yang digunakan, juga akan meminimalkan jumlah pemakaian bahan bakar yang berdampak mengurangi polutan berbahaya Pemanfaatan sampah seharusnya digalakkan dalam usaha untuk pencegahan global warming.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

50 comments

Aku kalau balik ke Kepulauan Riau makanan hasil laut melimpah dengan harga murah di sana, kebetulan suamiku orang pulau jadi ketika merantau ke Jakarta malah gak suka konsumsi air tawar. Untuk memberikan manfaat bagi bumi, banyak juga di sini ibu-ibu yang mulai menggunakan gel diapers sebagai media tanam pohon-pohon di pot untuk menyerap air sebagai bentuk mengurangi limbah diapers. Selamat Hari Bumi.

Liat gambar habiskan makananmu jadi ingat saat ini. Ada yang berlimpah ada yang kurang. Insya Allah tidak melupakan yang menanam padi dan jaga terus hasil bumi ini.

bener banget ini kalau makan harus dihabiskan dan ambil secukupnya, jangan maruk haha. sekarang juga dimana-mana udah enggak pakai plastik lagi ya, udah pakai tas kain. daur ulang itu penting!

Setuju Mbak. Bumi ini memang perlu kita jaga dan salah satunya memanfaatkan sampah plastik yang sulit untuk hancur dan menghasilkan produk yang berdaya guna.Cakep tas belanjanya.

Saat ini, di beberapa minimarket di wilayah cilandak sudah tidak memberi plastik bawaan belanjanya. Harus bawa wadah sendiri. Ini adalah bagian atau cara sederhana untuk meminimalisir sampah plastik. Kalau bukan kita yang mulai, kapan lagi. Kalau bukan sekarang katanya kapan lagi kan.

Metana, etana, propapana, jadi inget pelajaran kimia hehhehhee
Ternyata hewan di peternakan pun bisa menghasilkan gas Metana yg dapat berpengaruh akan kesehatan bumi ya mas.

Emang ya makanan kalau dibungkus pakai daun pisang tuh aromanya beda gitu.
Keinget emak kalau anaknya lagi mau bepergian selalu dibawakan nasi dibungkus sama daun pisang. Tapi Alhamdulilah Sampai tujuan masih enak aromanya 😍😍😍
TFS ya mas

Aku juga suka seafood, sayangnya sekarang malah jarang padahal dah dekat ke laut. Soal ga ngabisin makanan, setuju banget. Di rumah kami jarang ada makanan sisa. Anak-anak kami dorong untuk berhemat, bukan cuma makanan tapi juga air dan sumber daya lain yang bisa dipakai lagi. Makanya anak kedua kami beri nama Bumi :)

setuju banget nih, harus berusaha seimbang anatara mengambil dari alam dan memberi untuk alam, namanya manusia kadang kebablasan, jika tak di berikan petunjuk tidak akan ingat. Harus dimulai dari diri sendiri nih. thx kak infonya

Saya sekeluarga alhamdulillah istiqamah menghabiskan makanan. Kalo terpaksa banget gak habis, harus ada yg ngabisin. Kalo masih ada sisa makanan saya, suami yg habiskan. Kalo ada sisa makanan anak, saya habiskan. Begitu terus. Supaya rezeki berkah. Kita gak tahu di suap yg mana Allah meletakkan rezeki pada makanan yg kita makan. Terima kasih sharingnya.

Selalu suka ulasan ttg alam n semoga semakin bnyk yg sadar betapa pentingnya bumi n lingkungan bagi manusia

alhamdulillah, kalau makan, aku jg pasti dihabiskan hehe.. memang suka sedih liat orang dipesta kawinan di piring, sisa2 makanan banyak banget kebuang

Benar banget sih, kita perlu cintaimu dan menjaganya. Karena kalau keseimbangan alam terganggu, tak heran akan ada-ada saja masalah yang muncul. Salah satunya ya dengan daur ulang plastik atau juga mengurangi penggunaan produk berbahan plastik ya

Suka sebal dengan orang-orang yang mentang-mentang ada tulisan "All you can eat" kemudian ngambil makanan sebanyak-banyaknya. Mereka gak peduli meski makanan itu gak habis. Bahkan tak jarang lebih banyak yang terbuang daripada yang dimakan. Hal yang sama juga sering kejadian di tempat kondangan. Benar-benar menyebalkan!

Nah, aku suka banget nih tema2 sadar lingkungan begini. Semakin banyak yang nulis, semoga semakin banyak yg aware utk peduli lingkungan.

Tema sadar lingkungan gini harusnya lebih gencar ditulis dan disosialisasikan yah biar makin banyak yang peduli sama kelestarian lingkungan.

Paling miris kalau di undangan nikahan atau di restoran suka melihat makanan yg menumpuk ga dihabiskan..

Cintai bumi dan dengan menghabiskan makanan serta membuat barang dari daur ulang adalah menyenangkan, semoga bumi ini semakin asri ketika kita bisa mencintainya ya.

Cinta bumi mulai dari diri sendiri dan mengingatkan orang orang terdekat kita ya mbak. Aku pun sama, lagi mencoba rajin pake barang yang bisa digunakan plus hasil dari daur ulang

Sepakat. Harus ada kesadaran bahwa kita, manusia hanya makhluk yang 'menumpang' di muka bumi ini. Karena diberi akal untuk berpikir, seharusnya kita jauh lebih mencintai bumi dengan mengambil seperlunya, merawatnya agar keseimbangannya tetap terjaga. Hal yg paling mudah dilakukan membenahi apa yg kita konsumsi ya. Makasih utk tulisan pengingatnya ini.

Saya punya tas seperti yang di bawah itu. Unik jadinya. Ada 4 kalau tidak salah, aneka ukuran dan bentuk. sekarang tinggal 2 karena pindah pemilik.

Bt, di sini sekarang juga trend packing makanan pakai besek kayak gitu.

Di beberapa negara, kalo ngga salah sudah ada yg menghitung jejak karbon suatu produk. Misal, produk pakaian, mobil, atau yg lain, dlm pembuatannya diperhitungkan berapa jumlah karbon yg dihasilkan

Setuju banget di poin pengurangan plastiknyahhh. Dan aku juga suka banget seafood terutama cumi cumi, ikan, n kepiting (?). Ternyata sesimpel prefer makan seafood kita juga cinta bumi yahhh.

Bener nih daur ulang plastik itu penting banget dilakukan, selain itu kalau mau ya kitanya jadi lebih bijak dengan plastik biar membantu bumi ini juga tetap lestari

Aku baru sadar kalau ternyata gas metana yang dihasilkan di peternakan itu berasal dari sendawa dan kentutnya si ternak. Kukira dari kotoran mereka lho.

Tapi setuju sih, salah satu cara kita untuk menyayangi bumi ya dengan nggak berlebihan mengambil dan mengolah apapun, termasuk berjuang untuk no plastic-plastic club, tapi ini perjuangan banget deh, beneran.

Bumi menjadi rusak karena ulah manusia sendiri. Misalnya seperti banjir yang terjadi karena hilangnya daerah resapan. Setuju banget, kita harus mencintai bumi ini, dan gampang banget caranya. Dimulai dari sekitar kita saja dulu. Misal penggunaan barang yang berasal dari daur ulang.

Benar sekali kak...
Kita harus bijak, agar bumi tetap terjaga..
Klo kami melakukan rumah minim sampah untuk ikut menjaga bumi

Saya juga suka banget seafooda dan paling males kalau liat orang makan ga dihabisin. Usaha untuk tidak boros juga salah satu bentuk upaya mencintai dan melestarikan bumi.

Aku termasuk salah satu orang nggak bete kalau lihat orang makan di restoran dan nggak abis, terus pun aku jadi suka ngabisin punya temen kadang. Hmmm, penting banget ini krn sampah makanan itu banyak broook

Eh maksudnya bete, bukan nggak bete hehehe huuh

Saya terlewat untuk membuat postingan tentang hari bumi ini. Sedih banget. Seharusnya membuat tulisan yang setidaknya menunjukkan bahwa saya peduli akan hari bumi tersebut.

Aku berusaha ambil makan seperlunya sih sekarang, dan rajin bawa tumbler kemana2, sedikit usaha demi bumi lah ya

Iya. Aku kalo jalan sama pacar, mending beli 1 makanan buat berdua. Soalnya ntar bakal mampir ke toko lain buat nyobain makanan lain. Mibazir kalo beli 2 dan harus habis

Tas anyamannya bagus banget, Kak. Aku juga lagi ngumpulin plastik bekas kopi instan gitu. Tempo hari lihat di youtube anyaman tikar dari plastik bekas kopi. Semoga kesampean bikinnya, mumoung di rumaah aja ini.

Keren bang.... Setuju banget makan itu jangan dibuang2 kan sayang, bahkan bnyk org yg blm tentu bisa makan enak kan. Ditambah penggunaan daun buat alas, tas belanja itu sangat bagus buat mengurangi penggunaan plastik dll

Ideeemm aku suka juga kak Don makanan boga bahari enak.
Wah iya amu jg sebel kalau makanan dibuang2 seringnya kalau jamuan prasmanan gtu sih ya, org penasran doank dan pas di lidah gk cocok dibuang hiks.Wah tas belanjaannya dr plastik daur ulang ya jd dimanfaatkan sampai maksimal ya

Saya memulainya dengan harus habis apa yang sudah saya ambil utk makan kak...nah masalahnya ketika jalan ramai bareng keluarga..hal ini sulit diedukasi..masih banyak yang ambil makanan menggunung dan tidak dihabiskan...kan sedih liatnya

Makan jangan berlebihan, habiskan makananmu. Bener bangeeeet. Aku sering kesel kalo lihat di undangan atau acara-acara apa gitulah, orang ngambil makanan banyak-banyak trus nggak diabisin. :(

yang masih sulit ini kalau makan cemilan bang, rata-rata kan sampah plastiknya besar padahal makanannya cepet banget habisnya. Perlu dijadikan peer tuh buat pengelolaannya

Saya pencinta berat seafood, suka kalap kadang. Terimakasih sudah diingatkan bahwa gak boleh berlebihan ya

Wah ini tuh jadi sentilan banget kalo sisa-sisa makanan dari piring kita bisa jadi penyumbang ketidakbagusan buat bumi

Kalau kita tdk bs mencintai bumi mereka yg paling dirugikan bisa jadi adalah anak cucu kita

menggunakan bahan dari daur ulang belum bisa aku lalukan, hiks. Selama ini mencoba agar nggak berlebihan aja seperti makan atau hal konsumtif lainnya, dan aku selalu tim makanan dibeli habis. Ga tega aku tuh makanan disia2in

Makan apapun memang jangan berlebihan. Apalagi sampai membuangnya karena tak habis. Eman-eman. Bumi terlalu letih menopang kita, jadi jangan semena-mena.

Kalau tasnya seperti digambar alhamdulillah masih digemari buibu dikampung tp beda banget di kota. Semoga sja lbh banyak yang mengurangi penggunaan plastik ��

Mantap banget tuh mbak, selama di rumah aja juga bisa diisi dengan kegiatan penuh manfaat seperti mengasah skill untuk mendaur ulang barang yang tak terpakai lagi. Selain nambah skill, kita juga bisa menjada kelestarian bumi tercinta.

Hari Bumi jadi pengingat buat aku yang masih kurang usahanya tuk menjaga bumi, mulai sekarang mau mengurangi sampah plastik salah satunya dg bawa tas belanja sendiri

liat di sekililing kita adakah tumbuhan, kebanyakan sih udah ngak ada yah, kita kalo mau lihat pohon harus ke taman atau ke hutan sekalian, di sekitaran rumah sudah mulai jarang ada pohon, menyedihkan

Baru sadar, pemanasan global berasal dari sisa makanan yg kita konsumsi 😭

menarik banget kak Don bahasannya, memang PR besar banget buat kita untuk jaga lingkungan ini

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon