Liburan Sekaligus Berwisata ke Bedugul

Wisata di Bedgul Bali, Kebun Raya Eka Karya Bali dan Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali. Wisata desa berupa pertanian dan buah buahan. Selain denpasar, ubud, seminyak dan tampak siring
Baliiiiiiii! Yeay! Tempat liburan yang sering membuat Tukang Jalan Jajan selalu kepengen balik lagi dan lagi! Rasanya tidak pernah habis tempat untuk dieksplorasi, dalam setahun saja bisa belasan okasi baru yang bisa dikunjungi. Kekayaan alam yang dipadu dengan kuatnya budaya serta penduduk Bali yang sadar wisata, menjadi magnet tersendiri untuk membuat wisatawan datang kembali. Denpasar, Kuta, Sanur, Uluwatu dan Seminyak sdah sangat popular atau Ubud yang sekarang jadi primadona. Mari ikut Tukang Jalan Jajan mengeksplore lokasi lain.

Liburan Sekaligus Berwisata ke Bedugul
Liburan Sekaligus Berwisata ke Bedugul

Bagaimana dengan Bedugul? Yuk, Liburan Sekaligus Berwisata ke Bedugul

Yuk ke Bedugul

Ada di Kabupaten Tabanan dengan jarak sekitar 48 kilometer di utara Kota Denpasar, atau sekitar 20 kilometer dari Selatan Singaraja. Terdapat 3 kawah yang sudah menjadi danau yaitu Danau Bratan, Danau Buvan dan Danau Tamblingan. Bedugul juga menjadi salah satu tujuan wisata alam di Bali. Ada beberapa desa yang ada di Bedugul, yaitu Desa Bedugul, Candikuning, Pancasari, Pacung dan Wanagiri. Lalu apa saja yang bisa dinikmati. 

Kebun Raya Eka Karya Bali di Bedugul
Kebun Raya Eka Karya Bali di Bedugul

Bagi yang suka jalan jalan ke kebun dan menikmati hasil pertanian, Bedugul menawarkan banyak perkebunan buah buahan dan sayuran. Banyak jenis buah-buahan disini diantaranya adalah buah markisa, buah anggur, dan buah manila. Buah dan sayur dapat tumbuh subur karena Suhu udara di Bedugul jauh lebih dingin dibandingkan tempat wisata lainnya. Potensi Dibanding kawasan wisata lain di Bali, Bedugul memang beda. Hawa yang sejuk dan suasana yang tenang membuat orang betah berlama-lama di sana. Biasanya, wisatawan yang datang dan menginap di Bedugul adalah wisatawan ‘berkelas’. Mereka tinggal di sini agak lama untuk menikmati ketenangan.

Lokasi wisata di Bedugul
Tempat wisata utama di Bedugul adalah Pura Ulun Danu Bratan dan Kebun Raya Bali. Kebun Raya Bali dibuka pada tahun 1959. Kebun raya ini memiliki luas 157,5 hektare menjadi salah satu kebun raya terbesar di Indonesia. Wisatawan yang datang juga bisa sepuasnya menikmati keindahan danau sembari berperahu keliling danau atau memancing. Wisatawan bisa menyewa boat untuk mengelilingi danau dan menikmati ketenangan dan air. Jika enggan berperahu atau memancing, bisa duduk berlama-lama di restoran di tepi danau sambil melepas pandangan jauh ke tengah danau yang sangat indah dengan hamparan air yang jernih
Foto warna dengan klise di Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Foto warna dengan klise di Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Kawasan wisata sebaik Bedugul, sebenarnya bisa menyerap wisatawan secara maksimal. Namun faktanya, wisatawan asing yang datang ke sini tak lebih dari 20 persen dari total jumlah wisatawan yang datang ke Bali Sementara wisatawan domestik, karena tidak mendapat informasi lengkap mengenai kawasan wisata ini. Akhirnya Denpasar jauh lebih menarik. Padahal, jika melihat jarak tempuh yang hanya 45 km dari Denpasar, mestinya Bedugul menjadi alternatif mereka untuk menginap. Biaya tinggal dan makan di Bedugul murah banget. Sekarang siap untuk eksplorasi Bedugul bareng Tukang Jalan Jajan?
Kebun Raya Bali
Jangan sampai terlewatkan ke Kebun Raya Bali jika mampir ke Bedugul, lokasi wisata ini merupakan tempat yang unik di pulau Bali yang memadukan penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan dan rekreasi. Disini anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan dan kedamaian sambil mempelajari manfaat tumbuhan bagi kehidupan masyarakat. Di kebun raya pun anda dapat melihat tumbuhan hutan hujan tropik dan kehidupan burungnya. Kebun Raya ini termasuk yang terbesar di Indonesia dengan luas 157,5 hektar. Berdiri sejak 1964 dan diberi nama resmi Kebun Raya “Eka Karya” Bali
Pintu masuk Kebun Raya Eka Karya Bali
Pintu masuk Kebun Raya Eka Karya Bali
Bagi yang ingin menikmati plasma nutfah, di Kebun Raya Bali memiliki beberapa koleksi tanaman yang dikelompokkan berdasarkan kekerabatannya. Selain dikoleksi, jenis–jenis tanaman tersebut juga diupayakan penelitian dan pengembangannya. Beberapa koleksi yang ada di antaranya mencakup anggrek, kaktus, paku/pakis, tanaman karnivora, bambu, Koleksi Lumut, Begonia, Bambu, Tanaman Upacara Adat, Tanaman Obat, Bambu, Tanaman Air dan palma.
Masuk ke Kebun Raya Bali, kita dimanjakan dengan berbagai jenis tumbuhan besar dan kecil. Suasana yang sejuk dan segar membuat betah berlama lama disini. Ada banyak cara untuk menikmati kebun ini, bisa dengan berjalan jalan, menggunakan kendaraan roda dua, atau empat. Nanti kota akan membayar uang masuk sesuai dengan kendraan yang digunakan. DI kebun Raya Bali ini juga banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati pengunjung
  • Perpustakaan
  • Herbarium
  • Laboratorium
  • Pemanduan
  • Akomodasi
  • Ruang Pertemuan
  • Toko Suvenir
  • Penginapan
Pada saat libur panjang, libur sekolah atau musim liburan tertentu, tempat ini akan penuh sesak oleh pengunjung. Selain bisa menikmati suasana, kita juga belajar tentang tumbuhan. Oh ya, jangan lupa membawa Payung, jas hujan dan lotion anti nyamuk jika ingin datang berkunjung.
Pura Ulun Danu Bratan – Pura Terapung Di Tepi Danau Bedugul
Ini salah satu daya tarik wisata yang sayang dilewati jika mampir ke Bedugul. Pura Ulun Danu Bratan yang elok. Ulun artinya tepi sedangkan Danu berarti danau. Secara harfiah, pura Ulun Danu bearti pura yang berada ditepi danau. Tepatnya berada di tepi danau Bratan Bedugul, yang berada di daerah dataran tinggi sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Karena berada didalam area dataran tinggi, membuat udara disekitar area pura sangat sejuk. Lokasi pura Ulun Danu Beratan berada di sisi barat Danau Bedugul. Alamatnya berada di jalan Raya Bedugul, Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Supaya lebih gampang untuk mendapatkan paket ke Pura Ulun Danu Bratan coba klik di sini 
Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Area kawasan objek wisata pura Ulun Danu di Bedugul untuk wisatawan buka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Mungkin kita tidak bisa menangkap momen sunrise, namun sunset? Mengapa tidak mencoba. Bagi yang ingin mendapatkan foto bagus, sebaiknya datang lebih awal, agar lebih sepi pengunjung. Menjelang pukul 10 pagi, sudah mulai banyak wisatawan berdatangan. Otomatis susah mencari spot foto yang “bersih” dari pengunjung. Jam berapa waktu yang cocok untuk menikmati objek ini? 1-2 jam mungkin sudah cukup namun jika ingin waktu lebih pun tak mengapa.
Banyak sekali objek foto yang bisa diambil di Pura Ulun Danu Bratan. Coba ambil uang 50.000 ribu edisi lama dan lihat foto pura yang tercetak disana. Ini salah satu landmark yang terkenal diseluruh Indonesia, sayang kalau tidak diabadikan. Nah dari segi arsitektur sendiri, Pura Ulun Danu memiliki tata bangunan yang sangat khas Bali, bentuk arsitektur pura juga sangat unik dengan ciri khas arsitektur Bali. Tempat pemujaan dibangun dari kayu yang bentuknya seperti pagoda, dengan jumlah 11 tingkatan pada area atap bangunan. Keindahan arsitektur pura juga ditambah dengan keindahan latar belakang perbukitan, serta danau alami yang mengelilingi area pura. Apalagi disekeliling Pura ada kebun tanaman yang berisi aneka jenis bunga. Selain lokasinya unik, Pura Ulun Danu Bratan dikelilingi lingkungan yang masih alami. Sungguh memanjakan mata.
Wisata Danau di sekitar Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Wisata Danau di sekitar Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Pada saat anda tiba dipintu gerbang masuk tempat wisata Pura Ulun Danu Bratan Bedugul, anda sudah dapat melihat candi bentar, keunikan arsitektur pura, suasana asri, udara sejuk dan lingkungan bersih. Selain itu, pada saat air danau Bratan naik, Pura Ulun Danu Bedugul terlihat seakan mengapung di atas permukaan air danau. Air danau Beratan sangat jernih dan tenang. Pada siang hari kabut tipis mulai terlihat turun menutupi permukaan danau Beratan dan area perbukitan. Jadi daya tarik utama adalah dua pura yang lokasinya ditepi danau dan terlihat terapung dipermukaan air danau Beratan.
Tak heran jika Pura Ulun Danu Beratan yang dibangun pada tahun 1634 oleh I Gusti Agung Putu (Raja Kerajaan Mengwi) ramai dikunjungi wisatawan. Pura ini sendiri berfungsi atau ditujukan untuk pemujaan Tuhan Yang Maha Esa, dalam manifestasinya sebagai Tri Murti (Brahma, Wisnu dan Siwa). Untuk memohon kesuburan lahan pertanian, kemakmuran masyarakat, kesejahteraan manusia dan kelestarian alam agar terhindar dari bencana. Karena masih digunakan untuk beribadah, jangan lupa menggunakan baju yang sopan saat berkunjung. Tetap jaga ketenangan dan jangan mengganggu orang yang sedang beribadah.
Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Pura Ulun Danu Bratan, Bedugul Bali
Jika punya waktu lebih, cobalah aktivitas watersport di area danau. Seperti, memancing, kayak, speedboat, dan berlayar dengan perahu angsa. Persewaan semua peralatan ada disisi kanan lokasi pura, terdapat dermaga kecil tempat penyewaan perahu tradisional, speedboat, dan jenis perahu angsa.Tapi ingat, sebaiknya sebelum memulai aktifitas ini, pastikan anda bisa berenang karena danau ini punya kedalaman sekitar 23 meter. Dengan menggunakan perahu, wisatawan dapat melihat pemandangan danau, arsitektur pura dari jarak dekat dengan perspektif atau sudut foto yang berbeda. Jika Anda ingin berkeliling area Danau Bratan, Anda dapat menyewa speedboat, tapi ingat, lakukan negosiasi harga terlebih dahulu.
Bedugul, Alternatif wisata di Bali
Bedugul layak dikunjungi saat liburan di Bali sebagai alternatif beberapa daerah yang sudah terlalu padat. Cocok dikunjungi sendiri, bersama teman, serombongan bahkan sekeluarga. Objek wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul salah satu tempat yang harus dikunjungi di Bali saat liburan! apalagi jika anda tertarik melihat pemandangan alam, menyukai udara sejuk seperti di puncak Bogor, serta menyukai keindahan arsitektur pura. Selain itu, banyak tempat wisata yang searah dan berdekatan dengan kawasan tempat wisata Bedugul. Jangan tunggu lagi, yuk ke Bedugul!

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.