Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara

Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara bersama #SobatAviasi dan Dirjen Perhubungan Udara Republik Indonesia

Sayup sayup telinga saya mendengar suara musik, lagunya begitu familiar ditelinga saya. Lagu masa kecil Tasya yang riang gembira menyambut liburan

Libur tlah tiba....
libur tlah tiba....
hooraaayyyy hoooraaayyy!

Mudik, bagi penduduk Indonesia yang bekerja jauh dari kampung halamannya. Sebagai perantau yang jauh-jauh mencari penghasilan tentu momen lebaran setahun sekali ini dijadikan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan seluruh anggota keluarga. Tidak hanya itu, buah tangan pun jadi semacam hal wajib untuk dibawa.
 
Aku Siap Mudik dengan aman, nyaman dan selamat
Aku Siap Mudik dengan aman, nyaman dan selamat
Data menunujukkan, Pemudik yang menggunakan pesawat pada arus mudik Lebaran 2017 ini diprediksi mencapai 5,5 juta orang. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, jumlah itu melebihi jumlah penumpang pada arus mudik 2016 yang sebanyak 4,9 juta orang atau  naik sekitar 9,75 persen dari tahun kemarin.


Prediksi jumlah penumpang ini dihitung selama 16 hari yakni 7 hari sebelum Lebaran, 2 hari saat Lebaran, dan 7 hari setelah Lebaran. Selama 16 hari tersebut, sebanyak 532 pesawat dari 14 perusahaan maskapai akan melayani penumpang ke 35 bandara domestik dan 7 bandara internasional. Bisa dibayangkan betapa riuh rendahnya orang yang bepergian mudik lebaran.



Serba Serbi Mudik bersama #SobatAviasi
Saya bisa membayangkan, banyak sekali hal yang harus dilakukan saat mudik supaya aman dan nyaman. Bagi pemudik yang sudah sering pulang pergi pastinya sudah banyak pengalaman yang bisa diterapkan namun bagaimana dengan pemudik yang masih amatir? Lonjakan penumpang di bandara tentu menimbulkan kepanikan kecil saat harus mempersiapkan diri. Selain pesanan orang rumah, keselamatan dan kenyamanan jadi faktor penting yang harus dipersiapkan dengan baik.

Jadilah #SobatAviasi yang memberi contoh yang baik
Jadilah #SobatAviasi yang memberi contoh yang baik
Saya sendiri tergerak untuk bergabung sebagai #SobatAviasi untuk membantu para pemudik mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sedikit cerita mengenai komunitas yang dibentuk Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Saat tergabung dikomunitas ini kita bisa mendapat banyak gambaran baik tentang penerbangan Indonesia yang jauh lebih baik dan berkembang ke arah positif. Bergabung di komunitas ini membuat kita tahu prosedur yang benar dalam menggunakan pesawat terbang sebagai fasilitas transportasi yang aman dan nyaman.

Jangan lupa untuk bergabung di media sosial Facebook dan Instagram #SobatAviasi dengan kampanye SELAMANYA (Selamat, Aman dan Nyaman) saat mudik dengan transportasi udara dan temukan berbagai informasi yang benar dan menarik tentang penerbangan di Indonesia.


Persiapan Sebelum Mudik #SobatAviasi
Bagi saya, packing adalah hal penting saat mudik. Akan ada banyak barang yang akan dibawa mudik. Butuh kemampuan ekstra untuk bisa menyusun semuanya kedalam bagasi yang tak melebihi ketentuan. Apa saja yang harus disiapkan.

  • Pesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan

Tiket pesawat harganya bias berubah-ubah sewaktu-waktu, dengan memastikan tanggal keberangkatan, kita sudah dapat membeli tiket pesawat jauh-jauh hari dengan harga yang lebih murah. Banyaknya penjualan tiket secara online memudahkan untuk membeli e-ticket yang tersimpan di dalam email dengan kode booking yang tinggal ditunjukkan saat check in nanti.

  • Perhatikan Bagasi yang disediakan oleh maskapai

Setiap maskapai punya kebijakan untuk bagasi yang boleh dibawa dibagasi dan yang boleh dibawa dalam penerbangan. Pastikan barang yang dibawa tidak melebihi kapasitas, jika memang berlebih, jangan lupa untuk membeli ekstra bagasi. Pengepakan barang menjadi penting sebelum keberangkatan.

  • Pastikan tahu lokasi terminal keberangkatan

Bagi beberapa bandara, memiliki banyak terminal keberangkatan. Ada baiknya mencari tahu dimana lokasi terminal keberangkatan tersebut. Apakah masih berada dalam satu bangunan atau berada di bangunan lain. Ini untuk menjaga jika penumpang terjebak macet dan akhirnya terlambat untuk sampai ke bandara. Lokasi terminal keberangkatan biasanya tercetak di tiket


Persiapan Saat Mudik #SobatAviasi
  • Tiba lebih awal di Bandara

Datanglah lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jika memungkinkan, lakukan check in online sehingga menghindari barang tertinggal di bandara atau lupa dimasukkan kedalam bagasi. Sebaiknya dating dua jam lebih awal dari waktu keberangkatan.

  • Siapkan ticket/e-ticket dan kartu identitas untuk keperluan check-in di Bandara

Saat check in di bandara, semua penumpang akan diminta untuk menunjukkan tiket dan kartu identitas (KTP atau SIM). Jika menggunakan e-ticket cukup menunjukkan di smartphone dan kartu identitas. SImpan barang-barang tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

  • Hindari barang-barang terlarang

Jangan membawa barang-barang yang yang tidak boleh dibawa dalam kabin pesawat seperti pisau tajam, gunting, pinset alis, tongkat baseball, pistol, busur dan anak panah, pemantik korek api, rokok elektronik, material korosif, bahan peledak, benda mudah terbakar dan masih banyak barang-barang terlarang yang bias dicari di internet.

  • Daftarkan bagasi saat check in di bandara agar tidak merepotkan pergerakan

Biasanya hanya dua tas dengan ukuran tertentu dengan berat tidak melebihi tujuh kilogram ke dalam kabin pesawat. Jika berlebih maka akan dikenakan tariff sesuai dengan ketentuan maskapai penerbangan. Tas yang dibawa ke kabin biasanya berisi barang berharga, seperti smartphone, dompet dan perhiasan.

  • Ketahui gate mana untuk menunggu keberangkatan

Cek boarding pas untuk mengetahui dimana gate keberangkatan supaya tidak salah menunggu. Boarding pass juga berisi infomasi penerbangan, nomor kursi dan juga gate keberangkatan, jika memang bingung dengan lokasi, silakan bertanya dengan petugas agar tidak kebingungan.

  • Patuhi aturan yang ditetapkan didalam pesawat

Peraturan standar seperti memasang sabuk pengaman, mematikan smartphone dan juga memperhatikan demo keselamatan serta membaca panduan keselamatan di papan keselamatan yang ada di kantung bangku adalah hal wajib dilakukan. Bagi yang duduk didekat pintu darurat juga harus tahu bagaimana membukanya. Jangan lupa juga memperhatikan semua petunjuk yang diberikan awak kabin dengan baik


Hal yang dilakukan setelah mendarat #SobatAviasi
Perjalanan yang mulus jadi dambaan, setelah sampai ditempat tujuan masih ada hal yang harus dilakukan agar tetap aman dan nyaman

  • Tetap matikan smartphone hingga di gedung bandara

Jangan ikut-ikut penumpang lain untuk menghidupkan smartphone saat pesawat sudah mendarat karena sinyal telepon genggam dapat menggangu komunikasi pilot dan pihak pengatur lalu lintas di bandara. Nyalakan saat di gedung bandara.


 Ambil barang di tempat pengambilan Bagasi
Cocokkan nomor penerbangan dan informasi asal kota dengan info yang tertera di layar belt agar tidak salah mengantri. Cek kembali nomor bagasi yang dipegang dan yang tertera di bagasi. Pastikan jumlah barang sudah sesuai, hitung kembali semuanya dengan seksama. Setelah semuanya beres, penumpang bisa meninggalkan bandara dengan aman dan nyaman.


Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara
Jika mengikuti semua aturan yang berlaku dan mempersiapkan diri jauh hari sebelum membuat mudik akan lebih tenang. #SobatAviasi jangan mudah panik atau malu bertanya pada staf bandara saat ada hal yang kurang dimengerti. 

Selamat menempuh perjalanan mudik dengan selamat, aman dan nyaman menggunakan transportasi udara

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.