Cara Menikmati Makanan yang Sehat



Makanan saat Natal dan tahun baru seolah menggoda Anda untuk mengonsuminya terus menerus. Namun Anda takut berat badan naik setelah hari perayaan. Jangan khawatir, ada tips agar berat badan tidak naik ketika musim libur.

Keju, kue, daging panggang, dan sederet makanan lainnya akan menghiasi libur akhir tahun Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mencari cara supaya bisa makan enak tanpa takut lingkar pinggang tidak membesar. Ikuti cara ini supaya berat badan tetap seimbang saat perayaan Natal dan tahun baru, dilansir dari Bold Sky.

1. Mengunyah Perlahan-lahan
Ini merupakan salah satu trik cerdas untuk makan lebih sedikit tapi bisa menikmati hidangan yang telah disediakan. Banyak orang tidak mengunyah makanan mereka dengan benar. Itu menjadi salah satu faktor kenaikan berat badan. Pastikan Anda mengunyah makanan secara perlahan. Biarkan makanan yang dikonsumsi lebih mudah dicerna serta membantu mengurai makanan saat masih dalam mulut.

2. Makan dengan Porsi Kecil
Kontrol nafsu makan Anda meskipun kue dan makanan lainnya sungguh menggoda. Makan dalam porsi kecil agar tidak ‘kalap’ ketika menyantap makanan berat dan berlemak. Cara ini mampu membuat Anda merasa kenyang namun berat badan tetap terjaga.

3. Berolahraga
Kesibukan ketika hari libur membuat banyak wanita melupakan rutinitas latihan mereka. Dalam suasana liburan, Anda harus tetap berolahraga untuk membakar lemak dalam tubuh. Jika terbiasa pergi ke gym, Anda tidak harus melakukannya saat libur Natal. Cukup luangkan waktu untuk jogging atau lari minimal 30 menit. Anda juga bisa melakukan variasi latihan cardio yang akan membuat tubuh lebih berkeringat. Bila satu hari dihabiskan untuk makan berat dan berkalori tinggi, pastikan Anda melakukan latihan ekstra di hari berikutnya.

4. Makan Camilan Berprotein Sebelum Menyantap Hidangan Tinggi Kalori
Ini menjadi trik jitu menghindari kenaikan berat badan saat Natal dan tahun baru. Sebelum menyantap makanan yang tinggi kalori ada baiknya memakan camilan berprotein. Mengonsumsi camilan sehat terlebih dahulu membuat Anda kenyang dalam waktu yang lama sehingga tidak berlebihan ketika makan hidangan berlemak. Camilan berprotein yang menjaga berat badan tetap ideal ialah yoghurt, pisang, apel, stroberi, tuna kalengan, susu rendah lemak, dan kacang-kacangan.

5. Perlu Mengonsumsi Makanan yang Bisa Membakar Lemak
Jika tidak ingin berat badan bertambah, tambahkan ekstra menu dalam porsi makan Anda, seperti buah-buahan atau segelas air jeruk nipis. Adapun makanan lain yang membantu membakar kalori, seperti yoghurt rendah lemak, bawang putih, dan cabai hijau. Bila hari ini terlalu banyak mengonsumsi makanan berat atau tinggi kalori, esok harinya pilih makanan rebus serta hidangan rendah kalori.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.