Resep Chilli Oil





RESEP SAMBAL CHILI OIL
Saya penggemar pedes, naik cabe, lada atau jahe. Semua saya suka. Apalagi kalau sudah bicara makanan, kayanya ngga pas aja klo tidak ada rasa pedas, harus tersaji demi memberikan sensasi dilidah. Beberapa makanan terasa enak sekali jika ada hentakan ini. Beberapa negara mungkin hobi dengan citarasa pedas, termasuk beberapa negara di Asia dan beberapa negara Eropa. Bahkan ada beberapa negara yg mempunyai citarasa pedas dari bahan makanan tertentu.
 
Tapi ada juga beberapa negara yang anti dengan rasa pedas, Beberapa kali kunjungan saya dibeberapa negara menyisakan pengalaman susah menikmati hidangan tanpa tendangan pedas dilidah, pasti anda menyesal, kenapa tidak membuat atau membawa sendiri sambal tersebut, Nah, ada baiknya anda mencoba untuk membuat chili oil ini, pasti akan menambah citarasa dan tentu saja anda bisa membuatnya sesuai selera. Saya doakan berhasil dan selamat mencoba yah.
Oh ya, dalam memasak jangan takut gagal, cobalah berulang, jika mengalami kegagalan terus, silakan untuk bertanya pada yang ahli atau langsung saja membeli, sekarang juga sudah banyak yang menjual abon cabe jika mau lebih mudah lagi. Selamat mencoba...... sukses yaaaaaaaaaaaa.....
Buat yang suka makan di Restauran EASTERN, pasti udah tau sama sambal Chili Oil yang selalau ada di atas meja
Bahan-bahan :
-100 gr cabe kering (bukan cengek kering !!)
- 50gr cabe rawit merah (bisa ditambah untuk menambah rasa pedas)
- 50gr bawang merah
- 35gr bawang putih
- penyedap rasa 12gr (ane pake royco ayam 2 bks)
- gula pasir 1sdm
- garam 1/2sdm
- minyak goreng kemasan 300ml (jangan gunakan minyak goreng curah, karena bisa membeku saat dingin)
 
Cara Pembuatan :
1. Blender cabe kering dengan menggunakan air secukupnya.
(blender hingga cabe kering hancur, tapi jangan terlalu halus)
2. saring cabe kering yang telah diblender, buang airnya
3. cincang halus cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih. tempatkan di wadah yang berbeda.
4. Panaskan minyak goreng di wajan, lalu masukkan cincang bawang putih, biarkan sebentar hingga aromanya harum.
5.masukkan cincang bawang merah dan cincang cabe rawit, aduk sebentar.
6. Masukkan cabe kering yang telah diblender (usahakan agar airnya telah dibuang sebanyak mungkin)
7. kemudian masukkan semua bumbu (Garam, vetsin, penyedap rasa) lalu aduk hingga merata (garam dan gula bisa ditambah bila dirasa kurang)
8. Aduk terus hingga air yang tersisa dari cabe kering menguap seluruhnya, dan hingga warna cabe sudah menjadi merah tua.
PENTING !!

- Matikan api ketika warna cabe sudah terlihat berubah menjadi tua.. Jangan tunggu hingga cabe terlihat coklat dan kering (gosong) cabe yang berwarna coklat rasanya pahit
- Ketika api sudah dimatikan, cabe akan terus berubah warna, jadi jangan terlambat mematikan api..
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.