Tukang Jalan Jajan

Model Kerudung untuk Tampil Modis ala Hijab Traveler

Riandini! saya salut dengan teman Tukang Jalan jajan yang satu ini. Sudah menjejakkan kaki lebih dari 50 negara sendirian. Solo traveler bagi perempuan bukan hal gampang apalagi berhijab. Tentu butuh persiapan yang luar biasa. Busana yang dipilih pasti harus tertutup. Tapi dari foto-fotonya dia selalu tampil modis dengan model kerudung yang dikenakannya. Warnannya yang cerah, modelnya yang beragam serta tetap syar’i membuat Riandini, traveler berkerudung yang jadi panutan teman-teman.

Model Kerudung untuk Tampil Modis ala Hijab Traveler
Model Kerudung untuk Tampil Modis ala Hijab Traveler
Hari ini, kebetulan Tukang Jalan Jajan punya kesempatan buat santai menghirup segelas kopi bersama. Tempat ini jadi favorit kami saat ngumpul dan ngonrol tentang traveling. Sebenarnya, dari perbincangan ini, traveling antara pria dan wanita sama saja. Paling penting adalah persiapan yang matang. Tentu saja itinerary dan keuangan juga harus dipersiapkan jauh jauh hari. Apa yang harus dilakukan?

1. Siapkan destinasi wisata yang ingin dikunjungi
Buat list apa saja yang ingin disaksikan, mulai dari lokasi wisata, atraksi wisata atu bisa saja festival atau kegiatan kebudayaan. Jika sudah rapi, tentu akan lebih mudah menentukan rute dan lamanya perjalanan yang mungkin dilakukan

2. Siapkan transportasi dan akomodasi
Ini berhubungan dengan budget, dengan pilihan transportasi maka kita bisa menghitung biasa yang dikeluarkan. Pesan jauh hari jika menggunakan pesawat agar tiket lebih murah. Untuk rute darat bisa menggunakan kereta api atau bus. Semakin cepat perjalanan maka harga tiket transportasi akan mahal. Begitu pula dengan akomodasi, semakin banyak bintangnya, semakin nyaman dan lengkap fasilitasnya maka harganya semakin mahal. Begitu pula jika ingin mengunjungi festival, jika memesan jauh jauh hari akomodasi akan lebih murah.

3. Siapkan barang bawaan yang memang dibutuhkan
jangan membawa barang yang tidak diperlukan, sesuaikan dengan tujuan. Jika ingin mendaki gunung bawa alat alat yang berhubungan dengan pendakian. Bisa juga sesuai musim, jika ke wilayah yang memiliki udara panas, bawa sunblock, kacamata hitam dan pakaian yang menyerap keringat. Lalu bagaimana dengan yang menggunakan kerudung?

Riandini menyampaikan, Jilbab yang dibawa baik bahan dan model kerudung menyesuaikan dengan OOTD yang dibawa. Paling aman adalah membawa model kerudung yang warnanya bisa dipadu padankan dengan busana dan aksesoris lain, jangan lupa bahan kerudung juga harus nyaman. 
 
Model Kerudung untuk Tampil Modis ala Hijab Traveler
Model Kerudung untuk Tampil Modis ala Hijab Traveler
Saya sempat merangkum beberapa tips saat berbincang dengan Riandini, siapa tahu juga berguna buat teman jalan jajan yang juga menggunakan hijab.
  • Pilih warna dasar
Ini akan sangat memudahkan saat memadupadankan dengan baju, celana atau baju terusan. Mix dan match ini juga bisa disesuaikan dengan lokasi yang ingin dikunjungi agar foto bisa outstanding dan instagramable. Bentuk kerudung yang mudah digunakan saat traveling biasanya berbentuk segiempat atau pashmina yang ditata sederhana agar tak ribet memakai peniti dan terlalu lama didepan cermin.
  • Bahan yang nyaman digunakan
Nyaman itu artinya dapat menyerap keringat. Jelas ini penting banget karena saat traveling tubuh akanmudah mengeluarkan keringat yang banyak, apalagi kalau memang kita banyak berada dijalanan. Gerah dan gatal adalah masalah besar, pastikan pula pilih ukuran yang besar supaya lega dan terasa sempit. Pilihlan bahan yang adem dari bahan katun atau kaos, bisa juga menggunakan bahan spandex atau sifon. Kulit manusia juga berbeda, pilih saja bahan yang paling nyaman dan bersahabat dengan kulit.
  • Bawa dalaman kerudung lebih banyak
Perjalanan yang panjang membuat kita terkadang susah untuk membersihkan diri. Untuk itu harus sering mengganti alas bagian dalam kerudung. Bagi yang memiliki keringat berlebih harus sering mengganti saat rehat perjalanan. Jangan lupa juga, bahwa kendala panas ataupun hujan membuat jilbab traveler perlu membawa cadangan lebih banyak.
  • Model kerudung dengan dua motif
Ini paling sering Riandini lakukan. Membawa satu model kerudung namun degan two in one style. Selain gampang dikreasikan, jilbab ini ini simpel. Seolah olah sudah berganti hijab padahal hanya dibolak balik untuk membuat sensasi berbeda. Ini bisa menghemat ruang tas sehingga bisa digunakan untuk menyimpan alat lain.
  • Kerudung instan
Tak semuanya yang namanya instan jelek kok. Ini memudahkan tampil kece dan trendi tanpa ribet dan banyak jarum pentul. Ini membuat mudah bergerak dan paling pas kalau jadwal itinerary sedang padat-padatnya. Cocok juga digunakan saat berpetualang. Praktis dan cepat, jangan sampai lupa membawa model kerudung instan untuk berpetualang.

Satu hal yang membuat saya salut dengan Riandini, Ia mampu mematahkan stigma bahwa jilbab membuat kerepotan saat traveling. Semuanya bisa disiasati dengan mudah.
 
Model Kerudung untuk Tampil Modis ala Hijab Traveler
Model Kerudung untuk Tampil Modis ala Hijab Traveler
Jilbab itu masalah kebutuhan bagi dirinya , tidak hanya sebagai syarat agama namun berfungsi untuk menutup aurat dari pandangan lawan jenis saat traveling. Selain sopan tentu modis. Traveling sebagai gaya hidup dan kerudung sebagai kewajiban, tetap bisa dipadupadankan tanpa ada masalah. tak ada halangan bagi wanita berkerudung untuk tetap menekuni hobi travelingnya. Tampil cantik saat traveling sudah menjadi prioritas utama. Pintar pintarlah membeli dan memilih model kerudung untuk menemani saat traveling. Pilih kerudung yang keren agar tetap modis saat traveling. Sampai ketemu dijalan ya!

16 komentar:

  1. Waawwwwwwwwwwww jarang jarang Bang Jerry bahas ginian hehehhee
    Excellent

    Btw itu yang jadi model sepertinya kenal ya

    BalasHapus
  2. Kalau aku sih lebih suka dengan perpaduan warna warna yang cerah biar keliatan cetaaarrr, makasih bang udah bagi2 info nya

    BalasHapus
  3. Iya ya, sejatinya jilbab memang tidak merepotkan, sebaliknya malah bikin mudah segalanya. Bayangin aja, yang lain harus ke salon buat mempercantik rambut, ini mah cukup pakai jilbab aja. Goodluck

    BalasHapus
  4. Solusi yg tepat klw ngajak wanita yg berhijab bepergian jalan-jalan, terutama kalau cuacanya terik. Seandainya salah pake mode jilbab, pasti gerah. Terima kasih mas informasinya. :)

    BalasHapus
  5. Paling enak kalau tampil sama kerudung atau jilbab yang bikin nyaman, selain dari pemilihan warna dan lain-lain saat digunakan di tiap-tiap agenda,
    soalnya kalau nggak pas nentuin krudung yang fit sama agenda outdoor atau indoor bisa jadi malah nggak nyaman ehehe
    Boleh juga nih tipsnya mas
    Terima kasih yaa

    BalasHapus
  6. Saat traveling bawalah kerudung simple
    .instan tinggal pakai..tak terlalu panjang. Jadi tidak membatasi gerak , nggak ribetlah ..gitu.

    Ya gak mau donk saat jalan2 kudu ribet dengan peniti n jarum pentul yg banyak..

    BalasHapus
  7. Saat travelling jauh tuh kayanya harus menyediakan stock kerudung yang banyak yg mas dan yang penting harus nyaman dipakai sih. Permasalahan warna seharusnyabsih tidak terlalu penting

    BalasHapus
  8. Tema tulisannya bagus nih soal kerudung yang gak bikin repot buat traveler dan dikasih role model, Mbak Riandini. Cuman kayaknya bakal lebih bagus kalau Mbak Riandini lebih di ekspose, mungkin sedikit biografis kemudian banyakin foto dia dengan kerudungnya, itu sih menurutku

    BalasHapus
  9. Jilbab itu tidak merepotkan. Jilbab malah melindungi saat travelling. Biar ga kena sinar matahari langsung,misalnya.
    Kalo pas travelling, saya lebih nyaman pakai jilbab instan. Posisinya ga gampang berubah. Mencong dikit,ceper benerinnya. Hehehe

    BalasHapus
  10. Iyess setuju.. jilbab instan paling oke buat liburan dan traveling.. mudah dan ga ribet dan tetap modis..

    BalasHapus
  11. Saat bepergian biasanya aku cocokan warna kerudung sm pakaian, terus siapin model kerudung yg resmi sm yg casual buabuat diperjalanan.
    Pngennya sih punya kerudung anti kusut, tp blm nemu smpai skrg.. Hhee

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah~
    Sekarang banyak melihat para traveller ini sudah berhijab.
    Rasanya adem melihatnya.
    Perempuan mah yaa...tiap baju, punya pasangan hijabnya masing-masing, kalau saltum aja (karena warnanya ga match, misalnya) langsung merusak mood seharian itu deeh...

    BalasHapus
  13. Aku kalo traveling memang paling ngutamain bahan yang nyaman. Soalnya kan pengennya liburan asik. Jadi bawanya biasanya baju2 favorit aja

    BalasHapus
  14. Berkerudung tidak akan menghalangi seseorang jalan2 ya mas. Apalagi skrng udah banyak jilbab2 yang dr bahan nyaman dan modelnya jg memudahkan utk traveling.

    BalasHapus
  15. mana nih mba riandininya hehe.. tumbenan om donjer bahas ginian soalnya, jadi pengen liat si mba nya.

    BalasHapus
  16. Aku juga gitu kalau liburan, suka bawa hijab dengan warna dasar atau warna netral jadinya ga perlu bawa banyak. Lebih suka lagi pake yang instan

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.