Tukang Jalan Jajan

Mie Manis, Kuliner Khas Peranakan Kota Pontianak

Susah payah saya mengulik cerita tentang kuliner Peranakan khas Pontianak, Mie Manis atau Tiam Mie. Tak banyak informasi yang saya dapatkan tentang mie ini. Beberapa waktu, postingan instagram @dodon_jerry cukup banyak mendapat kunjungan akibat postingan yang satu ini. Sampai saat ini saya hanya tahu beberapa tempat makan Mie Manis atau Tiam Mie di Pontianak yang punya citarasa hakiki. Beberapa ada yang diprediksi tidak halal dan beberapa sudah dipastikan halal. Tinggal pilih mau menikmati yang mana. Menikmati makanan ini lebih banyak pada sore dan malam hari karena gerobak ini biasanyamenumpang dihalam ruko yang telah tutup. Ada yang menjualnya pagi hari namun tak sebanyak tiam mie yangmuncul pada malam hari.

Mie Manis, Kuliner Khas Peranakan Kota Pontianak
Mie Manis, Kuliner Khas Peranakan Kota Pontianak
Tiam Mie atau mie manis adalah salah satu menu khas dari suku Tionghoa Tio Ciu yang menyebar hampir merata di Kalimantan Barat. Jika disebut Kinchi Tiam Mie  maka diartikan Kinchi = Vegetarian, Tiam = Manis dan Mie = Mi. Jadi makanan ini halal dikonsumsi karena tak ada protein hewani yang digunakan. Mie ini menjadi manis karena menggunakan gula aren yang dipadukan dengan minyak bawang putih yang ditumis dengan sayuran kucai namunversi lain menggunakan sawi dan tauge. Jika suhu api yang digunakan tepat dan tingakat kematangan bawang dan kucai pas maka akan menghadirkan aroma dan rasa yang super sedap. 

Mie Manis, dengan tauge dan sawi
Mie Manis, dengan tauge dan sawi
Dalam penyajiannya Tiam Mie ada yang menambahkan telur mata sapi atau telur dadar yang disajikan dengan siraman telur asin. Tukang jalan jajan sendiri suka menambahkan bubuk lada sebelum dinikmati. Jika suka adapula yang menambahkan sambal cabe dan cuka saat sebelum dimakan  
 
Mie Manis, dengan gula merah atau gula aren sebagai pemanis
Mie Manis, dengan gula merah atau gula aren sebagai pemanis
Oh ya, ada perbedaan bahasa juga antara penyebutan suku Tio Ciu dan suku Kek. Antara Kengchi dan Kinchi, tukang jalan jajan sempat ngobrol dengan salah satu penjual kwe tiaw goreng Asui yang memberikan informasi kalau artinya tanpa apa apa atau ekonomis. Paket hemat untuk menikmati kwe tiaw atau mie kaki lima. Didalamnya hanya ada kwe tiaw / mie dan sayuran tanpa tambahan apa apa.

Mie manis di beri lada sebelum dinikmati.
Mie manis di beri lada sebelum dinikmati. Paling sedap!
Menikmati Tiam Mie atau mie manis paling cocok dengan sayuran tumis atau cha/cah. yang paling sering tukang jalan jajan pesan biasanya tauge mix sawi. Ditumis dengan api besar dan minyak panas baru kemudian diberi bawang putih goreng diatasnya. Sesederhana itu cara menikmati makanan ini namun jangan ditanya ramainya seperti apa. Lebih banyak dinikmati malam hari karena porsinya yang masuk dalam kategori “nanggung”. Bikin kenyangnya setengah-setengah. Jangan lupa makanan ini bisa dilengkapi dengan liang teh tawar atau air tahu. 
Tumisa tauge sebagai pelengkap Makan mie manis
Tumisa tauge sebagai pelengkap Makan mie manis
Siapa yang punya kemampuan habis dua porsi? mungkin tukang jalan jajan salah satunya. Jika dalam kondisi sedang sangat ingin dan kelaparan maka saya bisa memesan hingga dua porsi. memakan Mie manis seperti menemukan kelezatan dalam tanda tanya besar. Apakah mie ini benar benar dari daratan Tiongkok sana atau sudah melalui tahap akulturasi dan modifikasi. Tukang Jalan Jajan masih mencoba mencari tahu kuliner nikmat ini.
Telur Mata sapi pelengkap makan Mie manis khas Pontianak
Telur Mata sapi pelengkap makan Mie manis khas Pontianak
Beberapa tempat yang bisa untuk dikunjungi lumayan banyak di Kota Pontianak karena masuk kategori makanan pinggir jalan yang murah. Biasanya jika ada gerobakan kwe tiaw goreng maka menyediakan mie manis. Menu sederhana yang punya penggemarnya sendiri. Jika bertandang ke Pontianak, jangan melewatkan kenikmatan kuliner peranakan khas Pontianak yang kebanyakan hadir di Sore hingga menjelang tengah malam ini.
Mie Manis, Kuliner Enak Kota Pontianak
Mie Manis, Kuliner Enak Kota Pontianak
Beberapa lokasi Mie Manis Pontianak yang bisa dikunjungi diantaranya :
  • Kinchi Tiam Mi, Jalan Siam Depan foodcourt THE KING (Kaki Lima), Pontianak, 8K (tanpa telur) | 10K (porsi jumbo-tanpa telur) | 10K (dengan telur
  • Kwetiaw dan Mie Manis, Jalan Merdeka didekat Les Bahasa Inggris Colink, Gerobakan yang ada di malam hari harga berkisar di 10K
  • Kwe tiaw Robert, ada Mie manisnya juga, Jalan Purnama di sekat persekolahan Pasifikus, warung tenda di pinggir parit tokaya. Harga berkisar 10K dengan menggunakan kucai
  • Ada lagi di Jalan Siam dan beberapa sudut gang lainnya, harganya kurang lebih sama dengan rasa yang rata rata enak.
Kuliner khas peranakan kota Pontianak, Jajanan kaki lima sederhana yang lebih banyak dijual malam hari dengan bumbu simpel, minyak, bawang putih dan sirup gula merah yang tentu telah diracik. Di mix dengan kucai dan tauge, menghadirkan aroma yang khas dengan tekstur yang berbeda. Makin sedap dengan telur mata sapi yang disiram kecap asin.Jika teknik memasak tepat dan paduan bumbu nya pas maka akan ada citarasa menggugah selera makan.Makan bukan sekedar kenyang tapi menyingkapi cerita dan kisah lampau dengan perjalanan panjang.
Selamat menikmati, Selamat makan dan salam yumcezz!

14 komentar:

  1. Wah untuk menikmati mie yang lezat ini harus ke Pontianak ya..ada gak di tempat-tempat lain?

    BalasHapus
  2. ini nih yang abis seliweran di timeline IG aku haha bikin ngiler mana murah pula harganya.. aku suka kalo ditambah taoge yang banyaaak

    BalasHapus
  3. Ini yang kemarin bikin aku penasaran itu yaaaa? Ahhhh aku mau nyobain mie manis ini. Enggak mahal pula.

    BalasHapus
  4. Penasaran gimana rasanya. Tapi kok ukurannya gedhe ya Kak. Aku makan mie yg gedhe gitu gak bisa banyak2, hihihi

    BalasHapus
  5. Aku suka banget kuliner mie-mie-an, baca artikel ini dan lihat fotonya subgguh bikin ngeces dan penasaran sama rasanya. Kapan ya bisa ke Pontianak

    BalasHapus
  6. Wuah aku baru tau loh
    Taunya ya mie goreng biasa. Pake kecap. Tapi gak pake gula merah

    Kapan2 kucoba deeeh

    BalasHapus
  7. Aku jarang jajan mie, karena masih suka mie instan buatan sendiri. Baru tahu kalo ada mie dengan citarasa manis seperti ini. Kalo ngebayangin rasanya kayaknya enak.

    BalasHapus
  8. Mas, penampakan mienya mengingatkanku mie yang sering dijual di pedagang mie dan nasgor di Sby :D
    Kalau dirimu menambahkan bubuk lada, kalau aku milih cabe utuh kyke hehe :D

    BalasHapus
  9. unik ya.. dikala mie goreng sejenis itu gurih.. ini manis dan sehat xixiix makannya pake sayuran.. menarik bsnget.. ntar kapan kapan ke pontianak.. minta traktir ah

    BalasHapus
  10. aku percaya banget deh kalau kak dodon ini habis dua porsi hehe.. kelihatan enak banget sih mie manisnya.. kalau aku main ke pontianak ajak-ajak ke sini ya :D

    BalasHapus
  11. Wajib bgt nyobain mie manis ya nanti kalau kke Pontianak. Alhamdulillah, sdh bnyk yg halal jg jd tdk khwatir utk para traveller muslim sepertiku.

    BalasHapus
  12. Ternyata harga mie manis ini cukup terjangkau ya , dan banyak pilihan nya .
    Wah sejarah tiam mie ini cukup panjang juga, bisa jadi satu cerita berbeda nantinya

    BalasHapus
  13. Jadi kaya mi nyemek gitu yaaa, harganya murah juga tuh hehe. Wah bisa abis dua porsi? Saya mah satu aja kayanya ga abis karena kalo manis pasti cepet kenyang hihi

    BalasHapus
  14. duuuuuuh! enak banget itu mienya, apalagi dibikin basah yaaaa. hiks pengen.

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.