Pontianak Menari, Pemanasan Sebelum Pontianak Berjepin 2

Proyek Pontianak Menari yang digagas oleh Komunitas Ikan Mas dan Pemerintah Kota Pontianak adalah salah satu cara untuk membuat Pontianak sebagai salah satu destinasi wisata di Kalimantan Barat.
Pontianak Menari, Pemanasan Sebelum Pontianak Berjepin 2, Hari Tari Sedunia tentu dirayakan dipelbagai wilayah dunia, gaung ini terasa sampai ke Pontianak. Perayaan ini pastinya akan mempertontonkan keanekaragam gerak dan musik yang seling melengkapi. Menari. Tak hanya sekedar menghapal gerakan mengikuti irama, tapi juga menyelaraskan hati dengan apa yang ingin dipertunjukkan. Mengutip definisi Atik Sopandi tentang tari, “seni tari adalah ekspresi jiwa manusia melalui gerakan ritmis atau ide tertentu.” 

Pontianak Menari, Pemanasan Sebelum Pontianak Berjepin 2
Pontianak Menari, Pemanasan Sebelum Pontianak Berjepin 2
Menari bagi orang Indonesia seperti mengungkapkan perasaan sesuai dengan momentum yang ada. Bahagia, sedih, bersyukur atau perpaduan semuanya dalam setiap gerakan tubuh. Menari dapat saja menceritakan suatu kejadian.

Pontianak Menari, Pemanasan Sebelum Pontianak Berjepin 2
Pontianak Menari, Pemanasan Sebelum Pontianak Berjepin 2
Menurut sejarahnya, Hari Tari Sedunia ini ditetapkan sebagai bentuk penghormatan kepada Jean Georges Noverre, seorang pencipta tari balet modern berkebangsaan Perancis. Jean Georges Noverre lahir pada 29 April 1727 dan wafat tanggal 19 Oktober 1810. Hari Tari Sedunia (World Dance Day) diperkenalkan tahun 1982 oleh International Dance Committee of the International Theatre Institute (ITI), sebuah lembaga rekanan UNESCO, NGO. 
Ada 300an peserta di Pontianak Menari
Ada 300an peserta di Pontianak Menari
Kenapa 29 April? karena bertepatan dengan hari lahir Jean-Georges yang dianggap menjadi Bapak Balet modern dan penemu dari sebuah karya yang terkenal yaitu, Lettres sur la danse yang dipublikasikan tahun 1760 di Lyon, Perancis. Tujuan dari “International Dance Day Message” (World Dance Day) adalah untuk merayakan tari, merombak universalitas dari sebuah bentuk seni, untuk melintasi berbagai rintangan politik, budaya dan etnis serta membawa seluruh bangsa dunia kepada satu bahasa yang sama yaitu tari.
aksi kelompok penari di Pontianak Menari
aksi kelompok penari di Pontianak Menari
Proyek Pontianak Menari yang digagas oleh Komunitas Ikan Mas dan Pemerintah Kota Pontianak adalah salah satu cara untuk membuat Pontianak sebagai salah satu destinasi wisata di Kalimantan Barat. Letaknya yang berdekatan dengan Malaysia bisa menjadi potensi untuk mengundang wisatawan asing datang ke Indonesia. 
aksi perorangan penari di Pontianak Menari
aksi perorangan penari di Pontianak Menari
Pontianak sebagai Ibukota Provinsi Kalimantan Barat dan Kota yang Populer di Kalimantan menjadi jembatan untuk masuk ke destinasi wisata di 13 kota dan kabupaten lainnya di Kalimantan Barat. Wisata alam yang terbatas bukan jadi halangan untuk Pontianak mengangkat potensi Pariwisata. Sebagai Ketua GenPI Kota Pontianak, saya mendukung acara ini dengan mengajak rekan-rekan GenPI untuk bisa mempromosikan acara ini lewat dunia digital sehingga lebih dikenal masyarakat luas.
aksi perorangan penari di Pontianak Menari
aksi perorangan penari di Pontianak Menari
Pontianak Menari sebagai rangkaian dari pemanasan Pontianak berjepin. Pontianak menari tahun ini menghadirkan lebih dari 300 penari yang menari selama kurang lebih 10 jam baik secara massal maupun perkelompok dan perorangan. Berbagai jenis tarian, muali dari tradisional, modern sampai kontemporer semua hadir disini. Laki0laki, perempuan, dewasa hingga anak anak tumpah ruah ke sekitar bundaran tugu digulis. Penampilan spesial juga ditunjukan oleh anak anak berkebutuhan khusus hingga pegawai hotel yang melakukan flash mob di empat sudut bundaran. Diantara puncak Pontianak Menari menghadirkan sang maestro tari Indonesia yang sudag melegenda, Didik Nini Thowok yang sudah jauh-jauh terbang dari Yogya khusus hadir di Pontianak Menari.
Didik Nini Thowok di Pontianak Menari
Didik Nini Thowok di Pontianak Menari
Acara ini membuat gairah wisata kota Pontianak kembali hidup. Acara ini bisa dijadikan agenda wisata yang menarik setiap tahunnya dan bisa dibuat semakin besar. Sedikit mengenai Pontianak Berjepin yang diadakan untuk memeriahkan hari ulang tahun kota Pontianak. Melepaskan diri dari konsep seremonial maka dibuatlah sebuah tarian massal yang menggabungkan gerakan tari jepin dan senam yang digabungkan dengan lagu Sungai Kapuas. Antusiasme tidak hanya datang dari kalangan birokrat dan pelajar namun juga datang dari masyarakat luas. Menggunakan alun alun Kapuas sebagai lokasi menari massal dengan kostum baju kurung dan btik corak insang. Hampir 3000 ribu orang bersama sama dalam kegiatan Pontianak Berjepin. Tahun depan mari kita sukseskan Pontianak Menari.
Thanks Aseanty dan Putri untuk foto kerennya
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.