Tukang Jalan Jajan

Rujak Thai Pui Jie, Menikmati Segarnya Siang di Singkawang

“Jangan ke Thai Pui Jie kalau lagi liburan Cap Go Meh”. ujar teman saya. Lha? bagaimana bisa, saya ke Singkawang biasanya saat ada moment penting. Intinya untuk mencoba sesuatu yang ramai pasti butuh perjuangan. Sayapun tidak gentar untuk mencobai Rujak Thai Pui Jie yang sering dibicarakan, ditulis dan dimasukkan ke dalam tayangan televisi. Alamatnya ada di Jalan Salam Diman No. 8, Condong, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat dengan nomor telepon 0811-562-055. Dulu saya sering mendengar rujak ini di sebut juga rujak Gg Puskesmas. Berada di area pasar di sebuah gang sempit, tempat ini menjelma jadi lokasi paling di cari saat ke Singkawang.
Rujak Thai Pui Jie, Menikmati Segarnya Siang di Singkawang
Rujak Thai Pui Jie, Menikmati Segarnya Siang di Singkawang
Mengambil lokasi diantara dua rumah dan masih menggunakan gerobak, meja dan bangku kayu dengan cara berjualan yang masih tradisional. Ada beberapa meja panjang yang sudah dipenuhi orang. Saya masih beruntung karena masih ada yang kosong. Kebetulan sebuah televisi swasta sedang syuting dilokasi ini, kemungkinan sekalian meliput acara Cap Go Meh. Tempat sempit ini benar-benar penuh sesak, silih ganti orang keluar masuk untuk makan. Sepertinya tidak ada waktu hingga makanan benar-benar mendarat sempurna diperut. Semua seba cepat karena pembeli beringas. Semua ingin dilayani dengan cepat.
Bongko di Thai Pui Jie
Bongko di Thai Pui Jie
Sayapun menghempaskan bokong dikursi kayu yang rapat oleh tetangga kiri kanan. Piring kecil plastik langsung saya isi dengan bongko dan kelapa lalu disirami dengan kuah gula merah. Ini makanan pembuka saya sembari menunggu pesanan kali ini. Tidak mau rugi, saya memesan semua menu yang ada disini, rujak buah, rujak sayuran, rujak manga sampai sup bihun daging sapi. Tidak lupa segelas es nam nong jadi Pereda rasa haus. Saya harus menunggu dengan sabar karena Ai A Kian sedang dikerubuti pembeli dari berbagai sudut.
Pecel Sayuran Thai Pui Jie
Pecel Sayuran Thai Pui Jie
Penamaan Thai Phui Jie sebenarnya panggilan akrab dari kawan-kawan A Kian yang memiliki arti 'Ai Gendut'. Tidak heran, julukan itu karena bentuk badan Ai A Kian yang lumayan besar. Usian sudah 60 tahun dan sudah 27 tahun mengelola rujak ini turun temurun dari sang mama. Resepnya juga dari orang tuanya. Suaranya kencang menggelegar memanggil setiap karyawannya dan memberikan istruksi dengan bahasa Hakka/Khek. Sepertinya ia kurang fasih berbahasa Indonesia. Walaupun tempatnya kecil tapi karyawannya mungkin mencapai 10 orang ditambah anak dan keluarga

Thai Pui Jie Ramai banget
Thai Pui Jie Ramai banget
rujak mangga, rujak sayuran, rujak buah dan bihun daging sapi. Semuanya enak karena bumbu kacang, ebi dan gula merah yang legit, melengkapi rasa gurih tradisional. Aroma ebi belacan yang tajam namun nikmat berpadu dengan segarnya buah buahan. Kresssssnyessss segar dan berair. Kacangnya sengaja ditumbuk kasar tidak halus. Pedasnya juga melengkapi kesempurnaan siang ini.
 
Rujak buah Thai Pui Jie
Rujak buah Thai Pui Jie
Rujak sayuran dilengkapi dengan bihun sebagai salah satu ciri khas pecel peranakan ala Thai Pui Jie. Tak lupa emping goreng jadi pilihan melengkapi sensasi tekstur kunyahan. Sayurannya ada kangkung, kacang panjang, daun singkong dan tauge. Selain dicampurkan disayuran, bumbuna juga dijadikan topping. Beda dengan rujak buah, bumbu kacangnya lebih kental dengan rasa legit dan pedas serta tak lupa tendangan ebi yang kuat disetiap kunyahan. 
 
Rujak mangga Thai Pui Jie
Rujak mangga Thai Pui Jie

Favorit ibu ibu pasti rujak mangga yang asem seger dan spesial. Bumbunya lebih cair dari rujak buah dan sayuran dengan rasa ebi dan belacan yang tajam. Pedesnya nendang! Apalagi ditambah emping. Menu spesial pereda pedas yg sedep adalah sup bihun daging sapi dengan topping kacang dan teri tak lupa daun bawang dan seledri yang buanyaaaak! Saya suka rasanya, tak terlalu berlemak dan tekstur kacang goreng sangat terasa spesial. 
Sop Bihun Sapi Rujak Thai Pui Jie
Sop Bihun Sapi Rujak Thai Pui Jie
Tempat ini memang sempit dan ramai. Jika dalam keadaan emosi, terburu buru atau sangat lapar, rasanya tidak saya sarankan untuk mampir kesini. Di perayaan tertentu atau week end bisa saja tutup lebih cepat dari jam tutupnya. Untungnya tempat parkirnya justru lebih luas dari tempat berjualannya. Untuk kendaraan roda dua dan empat tak perlu khawatir karena bisa parkir disisi jalan yang lumayan luas. 8.5 dari 10 untuk Thai Pui Jie di Singkawang, Selamat makan dan salam yumcez!

10 komentar:

  1. Siang-siang lihat rujak jadi pingin nih, hehehe. :> Btw, itu letaknya di gang sempit tapi pasti rame banget deh.

    BalasHapus
  2. Duh jadi ngiler pengen cobain. Di Jakarta ada enggak ya?

    BalasHapus
  3. Wah enak sekali tampaknya. Rujaknya, amboi terkesan segar. Sayangnya, yang jual sudah puluhan tahun tinggal di negeri tercinta, di tulisan ini belum lancar Bahasa Indonesia?

    BalasHapus
  4. Cukup penasaran dengan rujak sayurnya yang ada bihun. Tapi bumbu kacangnya kelihatan enak banget karena saya penggemarnya pecel

    BalasHapus
  5. Langsung ngiler..saya suka makanan berbumbu kacang..wah jadi pengen coba rujaknya

    BalasHapus
  6. Nah, aku pengen banget tuuuuh itu rujak dan yang mangga ^^

    BalasHapus
  7. siang begini baca yang seger2 pedes jadi bayangin yg endess

    BalasHapus
  8. Rujak buahnya itu bikin ngiler hehe, bumbunya mirip rujak yg di Sby kyknya,begitupula bumbu pecelnya.
    Kalau di Sby tu rujaknya ada campuran buahnya, jd sayuran, tahu,tempe dikasi buat kyk mangga, kedondong dll.
    Wah kyknya tempat makannya surga buat ibu hamil ya mas, yg lg ngidam cari pedes asem hehe.

    BalasHapus
  9. Yaelaaah maaaaaas, aku berasa kalap liat rujak mangga dan buahnya wkwkwkwk. . Gilak, hrs cari tiket secepatnya ke singkawang iniiiih :D.

    BalasHapus
  10. wihhhhhhhhhh, goks! liatin potonyaa ngilerrrrr yaampuuuunnnnnnn.. bumbunya pasti aduhay kece gilakkk

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.