Tukang Jalan Jajan

Serba Serbi Lezatnya Jamur di Jejamuran


Rasanya ada yang kurang saat ke Jogja tidak sempat mampir ke jejamuran. Restoran yang khusus menghadirkan masakan yang semua bahannya berasal dari jamur.  Namanya sudah terkenal seantero Indonesia. Restoran Jejamuran beralamat Jalan Pramuka No.53, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman nomor telepon (0274) 868170. Saya sarankan jangan datang saat hari libur atau jam kelaparan. Biasanya bakal ramai banget karena selain pengunjung dari Jogja biasanya akan banyak bus pariwisata yang menghantar tamu datang untuk mampir kesini. Seperti sudah jadi keharusan paket wisata di Yogya adalah menikmati jejamuran.
Serba Serbi Lezatnya Jamur di Jejamuran
Serba Serbi Lezatnya Jamur di Jejamuran
2 tahun saya kesini, tempatnya belum seluas ini. namun sekarang sudah banyak meja dan ruangan yang disediakan pengelola. Tidak hanya sekedar makan jamur. ada pula lokasi penjualan jamur segar yang ditanam dari kebun sendiri dan berlokasi di pintu masuk. Ada spot untuk foto-foto saat tiba termasuk stall jamu tradisional yang menyajikan jamu tradisional. Selain itu ada taman bermain anak yang cukup luas dan juga tempat penjualan oleh oleh dan makanan yang terbuat dari jamur. masih ada juga pojok yang berisi tanaman jamur yang belum panen. kemungkinan ada pemandu yang mungkin menjelaskan budidaya jamur tiram. Semua informasi tentang jamur komplit disini.
Asam Manis Jamur Jejamuran
Asam Manis Jamur
Setelah berkeliling sejenak saya memilih untuk duduk dan memesan beberapa makanan yang terbuat dari jamur. jenisnya banyak dan bermacam-macam. Saya sampai bingung mau memilih yang mana. Jika anda malas memilih per item, saran saya pesan saja paket untuk keluarga yang sudah bisa dinikmati berempat dan cukup banyak porsinya, harganya masih terjangkau kantong ukuran Yogyakarta. saya pun akhirnya menjatuhkan ke beberapa pilihan.
Jamur Kriispi Jejamuran
Jamur Kriispi Jejamuran
Ada sambal jamur pete, jamur goreng krispi, jamur asam manis, sate jamur, rending jamur, tongseng jamur hingga sup jamur. Kisaran harganya dari 5K hingga 20K masih mampu digapai tanpa harus terlalu merogoh saku terlalu dalam *harga ini tidak termasuk ongkos tiket peswat saya hahaha*. Sembari menunggu saya membaca beberapa cerita tentang Jejamuran ini. Resto jamur yang dikelola oleh pengusaha jamur bernama pak Ratidjo ini mengolah aneka jamur sehat yang bebas dari penyakit dan aman dikonsumsi. Kemudian dimasak secara professional dan modern oleh chef-chef yang terampil dalam menciptakan menu jamur yang luar biasa.
Jamur Sambel Cabe Ijo
Jamur Sambel Cabe Ijo
Menu mulai berdatangan. Aroma beragam dan sepertinya rasanya lezat. Asapnya mengepul dan sayapun mulai lapar. Menu yang paling rekomended untuk dicoba adalah sate jamur, di Pontianak mungkin saya sudah merasakan sate dari jamur ini. Bagi yang baru mencoba, Saat mencicipinya, anda tidak akan menyangka jika itu sate jamur, sebab rasa dan teksturnya mirip sekali dengan daging ayam lengkap dengan bumbu rempah yang kuat serta aroma yang menggoda. Hampir mirip dengan rendangnya yang menggoda dan penuh bumbu. Kelezatan ini makin sempurna dengan seruputan kaldu jamur dari sup yang saya pesan. Duh, sepertinya saya giat sekali makan.
Sup Baso Jamur
Sup Baso Jamur
Menu lainnya pun tak kalah sedap, jamur memang punya karakter kunyahan yang mirip dengan daging dan teksturnya yang mudah menyerap bumbu membuatnya gampang untuk diberi bumbu apapun. Waktu mengolahnyapun tidak terlalu lama sehingga bisa dinikmati segera. Karakter jamur yang memang sudah gurih membuatnya mudah disusupi penguat rasa yang lain. Jejamuran memang tahu benar bagaimana memanjakan lidah pengunjungnya. Masalah menu, anda tidak perlu khawatir. Ada puluhan menu berbahan dasar jamur yang dapat anda pesan sekaligus dengan minuman beraneka baik dingin maupun hangat. 
Jamur segar siap di Jual
Jamur segar siap di Jual
Resto berbentuk joglo dengan seating area semi outdoor ini sangat cocok untuk menikmati makan siang maupun makan malam sekaligus bersantai dengan teman atau keluarga. Di sini, anda dapat juga menikmati suasana sambil menceburkan kaki di sebuah kolam ikan terapi yang akan menggigit telapak kaki anda sehingga menciptakan sensasi relaksasi yang menyenangkan. Atau anda juga dapat menikmati suasana dengan berswafoto sambil menunggu hidangan datang. Restoran Jejamuran beralamat Jalan Pramuka No.53, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman nomor telepon (0274) 868170. Selamat makan dan salam yumcez!

25 komentar:

  1. Sambal jamur pete tuh gimana ya, enak palingan ya :D

    BalasHapus
  2. Harga makanannya bersahabat nih :D Makan di sini bisa kenyang nggak bikin kantong terkuras :D

    BalasHapus
  3. Setiap ke jogja blm pernah kesini nih.. Kapan2 kl ke jogja lg tak sempetin mampir ah

    BalasHapus
  4. KU SUDAH PERNAH KE JEJAMURAN. MEMANG RASANYA SUNGGUH UNIKKKKKKKKKK.
    makan sampai berpiring-piring pas dibayar ternyata lebih murah, bahkan di luar ekspetasi hihihi.

    BalasHapus
  5. Woghh,, istri saya paling suka masakan jamur kayak gini. Tak bookmark buat destinasi ya mas. Oh ya, disana jenis jamur yang ada apa aja ya mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... pasti enak banget jadi bisa masak jamur sendiri

      Hapus
  6. Waaah lezat! Memang yang namanya jamur ini under-rated. Padahal gizi tinggi danmengolah juga ga bs sembarangan. Pastinya akan nyoba kalau di sekitar Sleman. Itu dekat kali ya dari Jogja kota?

    BalasHapus
  7. Maaf, mas Eko...
    Kok tumben gak ada fotonya...hiihi...jadi saya diceritain sambil membayangkan bentuk jamur bikinan saya sendiri.
    Matching gak yaa...?

    ((kalo dari segi rasa, mestinya jauh yaa...wkkwkk...))
    Kapan ke Jogja lagi...pingin makan jamuuurrr di sini...

    BalasHapus
  8. Jamur semua itu? Mantab mantab, jadi pas pulang bisa beli jamur mas. Sampai rumah bisa berkreasi lagi, iyes

    BalasHapus
  9. Beberapa kali baca review Jejamuran di blog tmn2, trus pernah nonton pernah diliput di stasoun tipi jd makin penasaran. Buat yg vegetarian resto ini juga bisa jd alternatif buat berwisata kuliner saat ke Sleman ya TFS :D

    BalasHapus
  10. Belum pernah nyicipi jamur ala resto.
    Kalo masak sendiri.
    Biasanya cuma di tumis aja...


    Hmmm..kayaknya menu jamurnya enk2 ya..

    BalasHapus
  11. saya makan olahan jamur ini di rumah makan vegetarian di kota saya
    ga nyangka jika ayam, bakso dibuat dr jamur
    tp yg paling saya suka tetap..jamur goreng original
    karena rasanya lebih terasa

    BalasHapus
  12. Duh, mendadak pengen sambel jamur pete deh. Gmn rasanya ya

    BalasHapus
  13. Wuih unik banget nih konsep resto jejamuran, dan saya suka banget jamur, duh jamur crispy-nya bikin ngiler deh

    BalasHapus
  14. Aku suka bnget jamur dan sedihnya pas ke jogja tempo hari ga sempat kesini. Mungkin itu tandanya aku bakal ke jogja lagi ya

    BalasHapus
  15. Berita bagus nih ya buat pencinta oalahan jamur dan harganya murah murah tuh kayanya terjangkau juga jira kira rasanya gmn ya

    BalasHapus
  16. Ngilerrr
    Aku suka jamurrr. Di belakang rumah ada yg budidaya, tapi tiram aja. Itu jamurnya macem2 ya Mas Don. Duh, hujan2 gini jamur sering muncul

    BalasHapus
  17. Blm lama aku coba rendang jamur dan sejak itu aku mau coba segala jenis makanan dr jamur, aku juga suka banget sm sop jamur. Tadi pas liat baso jamur langsung ngiler,thanks ka infonya.

    BalasHapus
  18. Kusuka jamur. Ke Yogya lagi, mampir sini ah...duh jamur krispynya menggoda

    BalasHapus
  19. waaaah! ini sih emang dahsyat banget, akupun kalo ke Yogya wajib banget dateng ke sini lagi wakakaka

    BalasHapus
  20. Duh nyesel banget pas ke jogja ga sempet ke tempat ini. Padahal suka banget sama makanan yang serba jamur. Apalagi kan pilihan menu tentang jamurnya banyak disana, jadi kabita ingin cobain kesana :D

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.