Tukang Jalan Jajan

Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara


Sayup sayup telinga saya mendengar suara musik, lagunya begitu familiar ditelinga saya. Lagu masa kecil Tasya yang riang gembira menyambut liburan

Libur tlah tiba....
libur tlah tiba....
hooraaayyyy hoooraaayyy!

Mudik, bagi penduduk Indonesia yang bekerja jauh dari kampung halamannya. Sebagai perantau yang jauh-jauh mencari penghasilan tentu momen lebaran setahun sekali ini dijadikan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan seluruh anggota keluarga. Tidak hanya itu, buah tangan pun jadi semacam hal wajib untuk dibawa.
 
Aku Siap Mudik dengan aman, nyaman dan selamat
Aku Siap Mudik dengan aman, nyaman dan selamat
Data menunujukkan, Pemudik yang menggunakan pesawat pada arus mudik Lebaran 2017 ini diprediksi mencapai 5,5 juta orang. Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, jumlah itu melebihi jumlah penumpang pada arus mudik 2016 yang sebanyak 4,9 juta orang atau  naik sekitar 9,75 persen dari tahun kemarin.


Prediksi jumlah penumpang ini dihitung selama 16 hari yakni 7 hari sebelum Lebaran, 2 hari saat Lebaran, dan 7 hari setelah Lebaran. Selama 16 hari tersebut, sebanyak 532 pesawat dari 14 perusahaan maskapai akan melayani penumpang ke 35 bandara domestik dan 7 bandara internasional. Bisa dibayangkan betapa riuh rendahnya orang yang bepergian mudik lebaran.



Serba Serbi Mudik bersama #SobatAviasi
Saya bisa membayangkan, banyak sekali hal yang harus dilakukan saat mudik supaya aman dan nyaman. Bagi pemudik yang sudah sering pulang pergi pastinya sudah banyak pengalaman yang bisa diterapkan namun bagaimana dengan pemudik yang masih amatir? Lonjakan penumpang di bandara tentu menimbulkan kepanikan kecil saat harus mempersiapkan diri. Selain pesanan orang rumah, keselamatan dan kenyamanan jadi faktor penting yang harus dipersiapkan dengan baik.

Jadilah #SobatAviasi yang memberi contoh yang baik
Jadilah #SobatAviasi yang memberi contoh yang baik
Saya sendiri tergerak untuk bergabung sebagai #SobatAviasi untuk membantu para pemudik mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sedikit cerita mengenai komunitas yang dibentuk Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Saat tergabung dikomunitas ini kita bisa mendapat banyak gambaran baik tentang penerbangan Indonesia yang jauh lebih baik dan berkembang ke arah positif. Bergabung di komunitas ini membuat kita tahu prosedur yang benar dalam menggunakan pesawat terbang sebagai fasilitas transportasi yang aman dan nyaman.

Jangan lupa untuk bergabung di media sosial Facebook dan Instagram #SobatAviasi dengan kampanye SELAMANYA (Selamat, Aman dan Nyaman) saat mudik dengan transportasi udara dan temukan berbagai informasi yang benar dan menarik tentang penerbangan di Indonesia.


Persiapan Sebelum Mudik #SobatAviasi
Bagi saya, packing adalah hal penting saat mudik. Akan ada banyak barang yang akan dibawa mudik. Butuh kemampuan ekstra untuk bisa menyusun semuanya kedalam bagasi yang tak melebihi ketentuan. Apa saja yang harus disiapkan.

  • Pesan tiket jauh hari sebelum keberangkatan

Tiket pesawat harganya bias berubah-ubah sewaktu-waktu, dengan memastikan tanggal keberangkatan, kita sudah dapat membeli tiket pesawat jauh-jauh hari dengan harga yang lebih murah. Banyaknya penjualan tiket secara online memudahkan untuk membeli e-ticket yang tersimpan di dalam email dengan kode booking yang tinggal ditunjukkan saat check in nanti.

  • Perhatikan Bagasi yang disediakan oleh maskapai

Setiap maskapai punya kebijakan untuk bagasi yang boleh dibawa dibagasi dan yang boleh dibawa dalam penerbangan. PAstikan barang yang dibawa tidak melebihi kapasitas, jika memang berlebih, jangan lupa untuk membeli ekstra bagasi. Pengepakan barang menjadi penting sebelum keberangkatan.

  • Pastikan tahu lokasi terminal keberangkatan

Bagi beberapa bandara, memiliki banyak terminal keberangkatan. Ada baiknya mencari tahu dimana lokasi terminal keberangkatan tersebut. Apakah masih berada dalam satu bangunan atau berada di bangunan lain. Ini untuk menjaga jika penumpang terjebak macet dan akhirnya terlambat untuk sampai ke bandara. Lokasi terminal keberangkatan biasanya tercetak di tiket


Persiapan Saat Mudik #SobatAviasi
  • Tiba lebih awal di Bandara

Datanglah lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jika memungkinkan, lakukan check in online sehingga menghindari barang tertinggal di bandara atau lupa dimasukkan kedalam bagasi. Sebaiknya dating dua jam lebih awal dari waktu keberangkatan.

  • Siapkan ticket/e-ticket dan kartu identitas untuk keperluan check-in di Bandara

Saat check in di bandara, semua penumpang akan diminta untuk menunjukkan tiket dan kartu identitas (KTP atau SIM). Jika menggunakan e-ticket cukup menunjukkan di smartphone dan kartu identitas. SImpan barang-barang tersebut di tempat yang mudah dijangkau.

  • Hindari barang-barang terlarang

Jangan membawa barang-barang yang yang tidak boleh dibawa dalam kabin pesawat seperti pisau tajam, gunting, pinset alis, tongkat baseball, pistol, busur dan anak panah, pemantik korek api, rokok elektronik, material korosif, bahan peledak, benda mudah terbakar dan masih banyak barang-barang terlarang yang bias dicari di internet.

  • Daftarkan bagasi saat check in di bandara agar tidak merepotkan pergerakan

Biasanya hanya dua tas dengan ukuran tertentu dengan berat tidak melebihi tujuh kilogram ke dalam kabin pesawat. Jika berlebih maka akan dikenakan tariff sesuai dengan ketentuan maskapai penerbangan. Tas yang dibawa ke kabin biasanya berisi barang berharga, seperti smartphone, dompet dan perhiasan.

  • Ketahui gate mana untuk menunggu keberangkatan

Cek boarding pas untuk mengetahui dimana gate keberangkatan supaya tidak salah menunggu. Boarding pass juga berisi infomasi penerbangan, nomor kursi dan juga gate keberangkatan, jika memang bingung dengan lokasi, silakan bertanya dengan petugas agar tidak kebingungan.

  • Patuhi aturan yang ditetapkan didalam pesawat

Peraturan standar seperti memasang sabuk pengaman, mematikan smartphone dan juga memperhatikan demo keselamatan serta membaca panduan keselamatan di papan keselamatan yang ada di kantung bangku adalah hal wajib dilakukan. Bagi yang duduk didekat pintu darurat juga harus tahu bagaimana membukanya. Jangan lupa juga memperhatikan semua petunjuk yang diberikan awak kabin dengan baik


Hal yang dilakukan setelah mendarat #SobatAviasi
Perjalanan yang mulus jadi dambaan, setelah sampai ditempat tujuan masih ada hal yang harus dilakukan agar tetap aman dan nyaman

  • Tetap matikan smartphone hingga di gedung bandara

Jangan ikut-ikut penumpang lain untuk menghidupkan smartphone saat pesawat sudah mendarat karena sinyal telepon genggam dapat menggangu komunikasi pilot dan pihak pengatur lalu lintas di bandara. Nyalakan saat di gedung bandara.


 Ambil barang di tempat pengambilan Bagasi
Cocokkan nomor penerbangan dan informasi asal kota dengan info yang tertera di layar belt agar tidak salah mengantri. Cek kembali nomor bagasi yang dipegang dan yang tertera di bagasi. Pastikan jumlah barang sudah sesuai, hitung kembali semuanya dengan seksama. Setelah semuanya beres, penumpang bisa meninggalkan bandara dengan aman dan nyaman.


Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara
Jika mengikuti semua aturan yang berlaku dan mempersiapkan diri jauh hari sebelum membuat mudik akan lebih tenang. #SobatAviasi jangan mudah panik atau malu bertanya pada staf bandara saat ada hal yang kurang dimengerti. 

Selamat menempuh perjalanan mudik dengan selamat, aman dan nyaman menggunakan transportasi udara

Sumber : Instagram @djpu151

56 komentar:

  1. Lengkap sekali informasi dan tips terbang kembali. Semakin banyak yang bergabung dengan sobat Aviasi, semakin paham tentang peraturan penerbangan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. supaya makin banyak yang paham sehingga ngga heboh berebutan antrian

      Hapus
  2. Uwooow keren banget kang dodon vlognya. . beda banget ya kalau udah master. . xixixix

    Oh iya soal mengaktifkan ponsel, sering banget lihat penumpang yang ga sabar lagi, bahkan itu pesawat baru mau menukik turun, udah ada bunyi sms masuk yg tandanya ada yg ngaktifin hape ye kan?

    Pengen kupentung satu satu penumpang model begitu mah. . ngeselin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Master itu merek cologne klo ngga salah hahahaha
      aku pernah naek pesawat kecil dan selama penerbangan ada yang telpon telponan. serius dah, aku sampe serem lho

      Hapus
  3. Huwaaa kangen mudiiiikkk.
    Btw emang sih lbh baik datang awal ke bandara, apalagi emak2 yg bawa balita, soalnya khaatir ada kejadian yg tdk diprediksi, seperti anak muntah, sakit, bajunya basah dll.
    Kalau dtang awal lbh tenang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya aku salut bnget sama emak emak yang bawa balita mudik. butuh tenaga ekstra deh

      Hapus
  4. Naksir kopernya, eh gagal fokus deeeeh :P

    BalasHapus
  5. Wah, Mas Dodon kece banget itu foto dan vlognya :D

    Tipsnya pun lengkap banget pulaaa. Sepertinya kalo udah melihat dan mengikuti tips yang diberikan ini tuh bakalan bisa mudik dengan selamat, aman, dan nyaman ya, Mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak Mita, selamat mudik dan semoga bahagia di perjalanan yaaaa

      Hapus
  6. Dari beberapa blog yang membahas tentang #sobataviasi blognya mas dodon yang sejauh ini paling enak dibacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyussss kaaaak? miapaaaah? mamacih lhooooo

      Hapus
  7. Asiikk....libur telah tiba.
    Mari kita mudik dengan selamat, aman dan nyaman.

    Aku seneng banget kalo waktu liburan (mudik) tiba.
    Gak ada perasaan repot dan cemas walaupun hanya ber-3 (aku sama kedua anak balita).
    karena nyaman.

    Selamat mudik jugaa...buat mas Don.

    BalasHapus
    Balasan
    1. with kern, salut sama mommy yang berjuang untuk membawa balitanya mudik. pasti PR banget tuh. keren deh pokoknya

      Hapus
  8. Aku juga ikutan mudik dan pake transportasi udara mas.. saya kadang kesel juga orang yg gak matiin handphone.. udh dikasih tau malah jawabannya ngeles

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku langsung kukencengin suaranya atau lapor ke pramugari. masa iya mau mati konyol ama tu orang

      Hapus
  9. Saaya pengin kayak orang orang yang mudik pakai transportas uara tapi nggak ada tempat mudik dan memang ngga pergi sih *lha jadi curhat. BTw makasih untuk tips nya ya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe ayo pindah jauh jauh dari kampung halaman Uni, biar berasa mudiknya hahahah

      Hapus
  10. Yang mau mudik pakai pesawat kudu tahu ini, biar kalau lupa dan diingetin gak ngamuk sendiri. Apalagi itu yg soal HP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih... ku omelin deh, ngga perduli. masa iya mau mati bareng gara gara tu orang ngeyel

      Hapus
  11. Belum ada rencana mudik
    Tapi ini berguna saat kita akan pakai pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya bakalan aman dan nyaman deh klo ikutt panduannya. percaya deh

      Hapus
  12. Panduannya lengkap dari rencana hingga sampai di tujuan. Cuma kadang di low cost airline perjalanannya membosankan, gak bisa nonton film atau dengar lagum Biar tak berasa lama perjalanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. low cost airline pramugarinya cake cake pho biasanya hehehehe

      Hapus
  13. Asik ya, bisa bergabung dengan SobatAviasi, pengetahuan tentang penerbangan bisa didapat dan yang penting kita lebih bisa mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan dengan transportasi udara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup bener banget mbak. pasti lebih banyak pengetahuan yang bakal kita dapet lho

      Hapus
  14. Siapkan tiket jauh jauh hari planing untuk berpergian melalui jalur udara dan selalu patuhi hal hal yang sangat penting sebelum pergi dan menggunakan transportasi udara

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak. maklumlah harga tiket sewaktu waktu bisa berubah

      Hapus
  15. Kak dodon vlog mu istimewaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih kak. aku masih belajar, ngga pinter buatnya..... hihihihi amatir abisssss

      Hapus
  16. Aaaak sebagai orang awam yang belum pernah naik pesawat,secara aku phobia ketinggan, tapi info dari mas dodon bermanfaat banget buat aku, akan aku bookmark, biar gak bego-bego banget kalo nanti naek pesawat hehheb( ̄▽ ̄)d

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe naek pesawat solusi cepat perjalanan kak. biar ngga bosen

      Hapus
  17. Aku mudik ke Bandung, jadi paling naik kereta. Sekarang enaknya naik umum. Naik kendaraan pribadi macet banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudik ke Pontianak aja kak hahahahaha

      Hapus
  18. iyaa banget mas. mengetahui nomor kursi penting banget sebelum naik ke kabin biar ga lama nyarinya plus bikin antri... semoga standar keamanan maskapai ke depan makin baik ya jadi makin nyaman bepergian dengan pesawat,

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah salah.... ngotot lagi. bikin kesel penumpang laen yang nomor kursinya udah bener hahahaha

      Hapus
  19. wah, tips mudiknya oke, tapi tapi tapi, jaman sekarang, masih suka nemuin orang yg ogah bgt matiin hapenya ?mobiledatanya kalo di pesawat, padahal kan itu membahayakan satu pesawat :(
    dih suka kzl

    BalasHapus
    Balasan
    1. hajar aja tuh... masa mau diajak satu pesawat melawan bahaya. klo jadi ada kenapa napa gimana coba. ngeselin

      Hapus
  20. Kadang ada beberapa hal yang penting tapi banyak diabaikan ya, kayak bawa barang seperlunya. Padahal kalo kelebihan barang bawaan, malah repot sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup....bener kak, sekarang udah banyak koper yang didesain pas ukurannya, jadi aman

      Hapus
  21. pengen mudik tapi gak punya kampung halaman :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari bini yang jaoh guh..... dari afrika misalnya

      Hapus
  22. Waaah, tipsnya lengkap banget, saya share ya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks kang Ale.......... semoga makin ban yak yang terbantu

      Hapus
  23. Waaah, tiap musim liburan tiba, pasti semua orang yang mau mudik pada butuh tips ini nih! Makasih ya tips nyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lançar dan bahagia liburannya hehehehehe

      Hapus
  24. Tipsnya lengkap bangeeeeeet.. Penting banget nih diketahui siapa pun yang mau mudik naik pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lançar jata dan bahagia mudiknya hehehe

      Hapus
  25. wah mantappp videonya mas hehehe. Jadi lebih aware lagi kalo kemana-mana naik pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari mudik dengan menggunakan pesawat

      Hapus
  26. wah mantab kali artikelnya abang satu ini, lengkap bang1
    oia yang jadi catatan soal persiapan keberangkatan memang baiknya paling tidak 3 jaman sebelum take off sudah ready di bandara yah.
    anyway bagus sharingnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa berguna bagi banyak orang dan bisa dipraltekkan

      Hapus
  27. Mudik sudah jadi tradisi lebaran yang tidak bisa dipisahkan ya, meskipun butuh perjuangan besar tetap saja dijalani setiap tahunnya hihihi demi kebahagiaan berkumpul bersama keluarga besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mudik tahun ini lancar dan semua yang mudik bisa bahagia hehehe

      Hapus
  28. Lengkap banget nih infonya, makasih yaa, sangat membantu banget ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, semoga bisa membantu semuanya :)

      Hapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.