Tukang Jalan Jajan

Food Blogger, Berbagi Informasi Berguna




Pakai Smartphonemu untuk berbagi informasi berguna. Jadilah pengguna yang cerdas. Itulah yang selalu saya lakukan, Apa itu? Saya berbagi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makanan!. Maka, jadilah food blogger seperti Tukang Jalan Jajan. Kebutuhan primer manusia yang tidak mungkin ditinggalkan.

Tukang jalan jajan, food blogger dan travel blogger
Tukang jalan jajan, food blogger dan travel blogger
Mungkin banyak orang yang tidak memperdulikan apa yang mereka makan. Cerita sepotong kue bingka mungkin tidak menarik untuk diketahui, lebih baik langsung memakannya untuk tahu rasanya. Tapi sampai saat ini saya percaya, bahwa dokumentasi yang saya tulis atau gambar yang saya abadikan saat ini akan jadi sumber rujukan bagi banyak orang kelak.

Apa yang saya lakukan sekarang akan menjadi gravitasi bagi orang lain, mempengaruhi dan memberikan dampak positif dengan terus berbagi informasi berguna. Anda, pengunjung blog inipun pasti menjadi pusat gravitasi bagi orang-orang disekitarnya jika berbagi hal baik. Dengan tekad kuat dan tujuan mulia, saya berjanji, dengan dukungan teknologi akan menyebarkan efek gravitasi seluas-luasnya semampu saya. Mari tetap berada diporos yang baik dan menjadi sumbu bagi setiap orang dilingkungan kita dengan caranya masing-masing.

Ayo berbagi hal baik bareng Tukang Jalan Jajan
Ayo berbagi hal baik bareng Tukang Jalan Jajan
Kebetulan saya suka berbagi informasi tentang gastronomi, Ilmu tata boga adalah seni, atau ilmu akan makanan yang baik (good eating). Adapula yang mengatakan bahwa gastronomi sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan dari makan dan minuman. Sumber lain menyebutkan gastronomi sebagai studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner).

Bukan waktu sebentar untuk mempelajari hal ini, saya bukan orang yang punya latar belakang sekolah masak memasak. Mempelajari secara otodidak, baik itu berguru langsung dari sang ahli atau membaca lewat buku dan internet. Waktu yang dibutuhkan tidak sebentar, sejak 8 tahun lalu hingga sekarang, terus belajar dan mencari tahu perkembangan kuliner yang pesat dan selalu dinamis. Saya memulainya dari mempelajari setiap bahan makanan dan bumbu ala Indonesia yang banyaknya bukan main. Satu persatu menanam ilmu dan menyimpan dalam kepala.

Tentu seiring dengan waktu, ilmu tadi dikaitkan dengan kemampuan lain yang terus saya kembangkan, termasuk merangkai kata-kata dalam sebuah tulisan yang kemudian diunggah ke diari elektronik. Berbagi informasi berguna saat ini memang tiada batas, dengan kecanggihan teknologi, bisa dilakukan dimana saja dan tentu dapat diakses siapa saja.

Mari makan dan terus bahagia, yuk jadi Food blogger
Mari makan dan terus bahagia, yuk jadi Food blogger
Saya selalu percaya, berbagi informasi berguna adalah salah satu cara berbuat baik. Mendokumentasikan tulisan dalam cacatan kecil dalam smartphone sebelum menuliskannya kedalam word dan mengunggah ke blog pribadi tukangjalanjajan. Setiap berkunjung kesuatu daerah maka saya akan mencicipi kuliner yang ada dan mencari tahu citara rasa khas yang mengangkat budaya lokalitas penduduk. Betapa bangganya saat menemukan sesuatu yang unik dan langka lalu membagikannya ke khalayak ramai.

Sebagai seorang food blogger, saya tertarik untuk mempelajari tentang bagaimana makanan mampu menunjukkan budaya kelokalan suatu daerah atau negara yang mencirikan hasil pertanian, termasuk cara mengolahnya. Dari sana kita bisa dengan mudah mengetahui asal usul bahan baku makanan tersebut. Jelas bahwa gastronomi bukan masalah warna, aroma dan rasa saja, banyak hal terkait didalamnya. Memadukannya dalam sebuah tulisan membuat saya tertantang untuk terus mengeksplorasi nusantara terutama rasa lokal Kalimantan Barat.

 Food blogger, dari foto turun ke perut.
 Food blogger, dari foto turun ke perut.
Bagi saya menulis bukan hanya menceritakan masalah rasa, namun mengulik bahan, arus, proses, sampai cara makan juga jadi hal menarik untuk diulas. Makin ke sini tantangan menulis ternyata tak sekedar materi tulisan namu juga gambar yang mengunggah rasa untuk melengkapi semuanya. Ini tantangan yang menyenangkan karena harus kembali belajar fotografi.

Demi melengkapi tulisan sebagai food blogger dan memuaskan mata, tentu dukungan dari foto yang menggoda dan membuat lapar jadi hal wajib bagi saya. Smartphone adalah salah satu senjata andalan untuk mengabadikan foto dan video saat saya mencicipi makanan dan minuman yang tersaji diatas meja. Dari beberapa tutorial di youtube dan bertanya pada pakar lewat jejaring sosial atau bertanya langsung, saya menemukan banyak teknik serta kemampuan dasar dalam fotografi makanan.

Seperti fotografi pada umumnya, masalah pencahayaan tentu menjadi faktor utama dalam pengambilan gambar. Sebaiknya mengambil gambar pada pagi atau sore hari dengan tidak membelakangi cahaya adalah aturan yang sering digunakan. Pengaturan komposisi makanan juga jadi hal penting yang tidak boleh dianggap sepele. Pemilihan atribut pelengkap seperti piring, sendok, gelas dan latar belakang foto juga bisa menambah nilai. Tentu hal lain yang perlu diperhatikan adalah sudut pengambilan gambar yang tepat, biasanya menggunakan sudut 45 derajat dan 90 derajat.

Ayo jalan, Ayo makan, Food blogger Pontianak
Ayo jalan, Ayo makan, Food blogger Pontianak
Saat ini foto makanan dan minuman tidak hanya digunakan untuk blog saja. Saya juga menggunakan foto-foto tersebut untuk jejaring sosial di Instagram dan twitter dengan akun @dodon_jerry. Saya termasuk aktif mengunggah semua foto sekaligus semua informasi berguna tentang makanan dan minuman tersebut. Hal ini juga saya lakukan untuk tahu bagaimana respon dari pengikut saya dimedia sosial. Dari sini saya bisa langsung berinteraksi mengenai kuliner tersebut. Sungguh menyenangkan!


“Jelas bagi saya, membuat gravitasi yang luas butuh bantuan teknologi terbaik yang mumpuni dan mendukung seorang food blogger


40 komentar:

  1. Bener smartphone harus bisa mendukung karya kita. Seneng kalau gak perlu bawa kamera kemana2 hp udah cukuppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentengan ringan dan hasilnya maksimaaalll hehehe

      Hapus
  2. Layarnya besar juga, dan itu memory interbalnya 64gb? Ciyus? Aih, gede amiirr. Kalah henpon akuh haha.
    Tapi emang bener sih, sebagai blogger, smartphone yan benar2 berkualitas sangat membantu keberlangsungan postingan di blog maupun sosmed miliknya. Apalagi fast charging. Maklum, blogger kan ada aja yang mobile sana sini yakaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok buat ngedit ngedit lalu langsung posting. jadi gampang deh dapet like dan berbagi hehehe

      Hapus
  3. Itu kok nganu banget memorinya bisa sampai 128 Gigabite??? Khaann..khaan... jadi pengen..
    Keknya sekarang ini produsen hp emng lagi gencarnya bikin hp yang memori penyimpanannya besar-besar, ya. Hemssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, bisa ratusan ribu gambar dimasukkan dalam smartphone. pokoknyaaa puasssss

      Hapus
  4. Ya Tuhan, jadi Luna ini merk smartphobe terbaru? Di paragraf2 awal asli bikin aku penasaran dan buru2 cari luna itu apa sih sebenarnya. Eh kejawab di beberapa paragraf akhir 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe ayuk kak dicobain pakek dan jadilah gravitasi buat sekitarmu

      Hapus
  5. nama anakku jadi merk gadget. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihihihi Luna itu bulan ya klo nda salah artinya

      Hapus
  6. Balasan
    1. wah, kalau sudah pernah coba pasti senang

      Hapus
  7. Kamera smartphone menunjang kegiatan momotret food blogger, hingga detail-detail makan yang tersajikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi lebih gampang tapi hasilnya ngga gampangan tetap enak dipandang

      Hapus
  8. Hah apaaah?? Baterainya kuat sampai 500 jam?! \ (@^0^@) /
    Plus kecepatan donlod 150kbps duh aduuh bisa puas nih buat donlod drakor :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk standby bisa hingga 500jam. yoiiih, yuk download drakor ampe puas

      Hapus
  9. Wahh HP baru yah? Namanya unik, Lunaaa .
    Tapi honya gede banget yah baik body dan memorynya.. foto2 juga bagus. Oklah buat referensi kalau HP lama rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. setara iphone dan kualitasnya bisa dibandingkan. cobain deh

      Hapus
  10. Tahun ini bermunculan smartphone merek baru yang cukup berkualitas ya. Sayang waktu itu dah terlanjur beli, eh baru tahu ada Luna. Kirain punya luna maya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehhe, ntar boleh diulang buat beli lagi kok. biar bisa ngerasain juga hehe

      Hapus
  11. waktu ada pameran, aku pernah lihat HP Luna mas.. Memang speknya tinggi tapi berbanding lurus dengan harganya yang cukup tinggi mas hehe.. semoga ke depannya Luna mau menurunkan harganya, apalagi persaingan smartphone di Indonesia cukup tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar jangan lupa dibeli mas lalu lakukan unboxing biar semuanya pada tahu :) jangan lupa reviewnya ya mas

      Hapus
  12. Wah mayan banget ya hasilnya pakai LUNA. Hmm kapan ya bisa nyobain jepret jepret pake Hape ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren nih cameranya, bisa lebih simpel untuk foto foto kuliner dan traveling

      Hapus
  13. Merk baru tapi ga kalah sama merk terkenal itu ya Mas Dodon?

    Hp saya masih jadul, ini yang jadi penghalang buat saya untuk jadi food blogger, hasil jepretannya selalu kurang memuaskan. :)

    Semoga ada rejeki untuk ganti HP baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe nanti klo ada rejeki langsung di beli deh mas, biar bisa ngerasain juga kehebatannya

      Hapus
  14. hasil foto2nya sukses bikin ngiler

    BalasHapus
  15. Storagenya keren mas 64gb, bisa buat save ribuan foto ya. Secara tiap jlan semua2 dijepret.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi puas buat nyimpen data dan bisa langsung share ke media sosial hehehe

      Hapus
  16. Memorinya gedhe yaaaa, cocok emang buat blogger yg suka foto dan video :D
    Btw gud uck lombanya mas, moga menang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, pastinya. bisa buat banyak space hehehe

      Hapus
  17. Gilaaaakk. Hengpong apalagi ini. Kok macemnya makin banyak aja yaaaa. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus beli kak biar bisa merasakan kecanggihannya hehehe

      Hapus
  18. Wadaw Smartphonenya keren nih buat foto foto bagus hasil gambar makanannya. Desain hapenya pun elegan dan stylish banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dipake ngga bakalan malu maluin deh. tampilan ama kualitas bagus

      Hapus
  19. Namanya kiyut banget, mas Don..
    LUNA.

    Jadi inget nama kucing di kartun Sailor Moon.

    Dengan memori segitu gedongnya, saya bisa masukin drama Korea 6 judul kali yaa..?

    Assooii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahahai klo aku lebih baik buat nyimpen foto ama vidoe traveling ama kuliner aja deh hehehe

      Hapus
  20. Mesti keren ni handphone, namanya juga keren LUNA

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.