Tukang Jalan Jajan

9 Tips Mencari Jasa Catering Yang Cocok

Tukang Jalan Jajan sering sekali mendengar keluhan sahabat yang akan menuju ke jenjang pernikahan. Selain masalah klasik seperti deg-degan, juga termasuk masalah catering. Bukannya apa-apa, makanan jadi hal penting dalam sebuah acara pernikahan. Benerkan? Bagi yang ingin menikah, mencari jasa catering yang cocok untuk pernikahanmu bisa jadi tugas yang sangat berat dan bikin kamu sibuk. Teman saya selalu bilang, "Ini PR Banget, citarasa dan lidah tamu undangan harus dimanjakan". Tukang jalan Jajan Setuju banget!

Tips Memilih Catering Pernikahan
Tips Memilih Catering Pernikahan
Dengan berbagai macam pilihan menu dan paket, hal ini bisa membuat pusing kepala dan belum lagi untuk penambahan-penambahan yang nantinya bakal terjadi pada saat acara. Mencari jasa catering yang cocok harus benar-benar teliti dan jangan sampai salah pilih. Untuk membantu memilih catering yang cocok, Tukang Jalan Jajan menjelaskan beberapa masukan dibawah ini. Dijamin , setelah membaca ini maka mengambil keputusan akan lebih mudah.

1. Survey terlebih dulu.
Bagian pertama, survei dulu catering yang akan dipakai. Jasa catering itu banyak banget! Jadi, harus teliti dalam memilih. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk melakukan survei catering:

  • Coba tanya-tanya ke teman-teman atau saudara kamu yang baru nikah atau sudah nikah. Catering mana yang mereka pakai pada saat pernikahan mereka.
  • Browsing ke forum pernikahan seperti Weddingku. Disana banyak sekali catering-catering yang bisa kamu hubungi.
  • Buat list catering yang menurut kamu paling OK!
  • Coba kontak masing-masing catering tersebut dan bandingkan dari sisi harga, komunikasi, harga dan testimonial pasangan yang pernah menggunakan catering tersebut.


2. Pastikan jadwal acara
Catering yang laku pasti kalendernya sudah penuh dengan jadwal pernikahan dan tidak sedikit yang punya orderan pada saat bersamaan. Agar mendapat kualitas maksimal, pastikan kalau pada tanggal pernikahan, mereka tidak ada order lain, selain untuk melayani pernikahanmu agar kualitas dari segi makanan dan pelayanan bisa semaksimal mungkin.

Macam Menu Catering Pernikahan
Macam Menu Catering Pernikahan
3. Rekanan dengan pihak gedung
Gedung apa yang ingin kamu gunakan untuk pernikahanmu? Kalau sudah mendapat tempat, coba cek apakah catering yang akan digunakan adalah rekanan dari gedung yang akan digunakan untuk resepsi. Biasanya jika sudah menjadi rekanan, kamu bisa dapat harga yang lebih murah. Kalau tidak ada hubungan rekanan juga tidak mengapa asalkan dari pihak catering bisa memberi harga terbaik (Artinya tidak kemahalan jika dilihat dari sisi kualitas makanan dan pelayanannya).

4. Test food
Ini dia bagian paling menentukan, test food! Kalau sudah dapat catering yang akan dipakai, harus test food terlebih dahulu. Untuk test food ini, disarankan untuk berkunjung ke pesta pernikahan yang akan di handle si catering ini sebagai tamu. Kalau bisa, pergi ke 2 atau 3 pernikahan untuk cek kualitas makanan yang disajikan si catering. Jika pengelola catering tidak mau menginformasikan dimana saja acara pesta yang mereka handle sebaiknya tidak menggunakan jasanya.
Aneka Menu Nasi Catering Pernikahan
Aneka Menu Nasi Catering Pernikahan
Kenapa juga harus repot melakukan test food? Ya iyalah, klien harus tahu bagaimana rasa dan kualitas makanan yang mereka sajikan pada saat pesta sesungguhnya. Memasak sedikit dan banyak tentu saja berbeda. Jika koki nya lihai, maka rasa dan kualitas akan terjaga. Jika tidak, bisa jadi makanan yang dicoba ditempat catering dan dipesta berlainan rasa dan kualitasnya.

5. Paket / bukan paket
Klien harus memilih hanya akan menggunakan paket catering saja atau sekalian menggunakan paket lain? Biasanya catering akan menawarkan paket lainnya jika klien memang belum memiliki pilihan. Paket yang ditawarkan biasanya bersamaan dengan makeup, dekorasi, dokumentasi dan lainnya. Tanyakan dengan detil harga paket yang ditawarkan, jikalau memang lebih murah dibandingkan dengan yang lain harus dipastikan alasannya dan pastikan juga masuk akal.
Aneka Menu Catering Pernikahan
Aneka Menu Catering Pernikahan
Jangan tergoda dengan harga murah tetapi kualitas yang didapat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, jangan sampai terjebak dengan harga murah. Biasanya ada uang maka akan ada kualitas yang sesuai. Jaman sudah semakin berubah, ada barang ada harga. Harus sesuai dan rasional, jangan sampai tertipu.

6. Dekorasi sajian
Pada saat melakukan test food, jangan lupa untuk melihat tampilan dekorasi penyajian makanannya. Apakah sesuai dengan yang  diinginkan atau tidak. Ada beberapa kejadian dimana dekorasi makanan tampil buruk dan tidak menarik. Walaupun kualitas baik namun jika penampilan tak menarik tentu saja tidak sedap dipandang mata. bisa jadi tamu hilang selera. Ini akan jadi nilai minus bagi pengelola catering pernikahan.


7. Pelayanan petugas catering
Selain rasa, pelayanan petugas catering juga harus diperhatikan.  Saat survey, klien juga harus memperhatikan, apakah petugas catering cekatan atau tidak dalam memberikan pelayanan kepada tamu? Apakah sudah bekerja baik? Apakah sopan waktu melayani? Kalau tidak, coba test food catering lain dan ambil yang terbaik.

8. Cek menu yang ditawarkan

Dalam mencari jasa catering yang cocok dan sesuai perlu dicek dan teliti menu utama dan atau makanan gubukan yang diberikan oleh catering. Tentukan makanan apa yang diinginkan untuk disajikan kepada para undangan. Rasa dan jumlah makanan terutama makanan gubukan harus betul-betul dipastikan tidak ada yang kurang. Jumlah makanan perlu diperhatikan benar-benar, jangan sampai kehabisan saat acara berlangsung karena akan membuat malu pemilik hajatan.

Aneka Menu Gubukan Catering Pernikahan
Aneka Menu Gubukan Catering Pernikahan
9. Cara pembayaran
Untuk cara pembayaran, biasanya catering akan memberikan beberapa pilihan pembayaran. Ada yang cash, ada yang per termin tergantung pilihan klien yang akan menikah. Jika memang bisa membayar tunai, cobalah untuk meminta potongan harga ke pihak catering. Jikalau klien memilih pembayaran per-termin, biasanya akan ada pembayaran uang muka atau DP sebesar 10-20 persen dari total keseluruhan. Pembayaran selanjutnya pada saat makanan diantar ketempat pesta dan pembayaran terakhir sesudah acara selesai.

Aneka Menu Dessert Catering Pernikahan
Aneka Menu Dessert Catering Pernikahan
Itulah beberapa cara dan tips untuk mencari jasa catering yang cocok dan sesuai untuk teman jalan jajan yang akan menikah dan menyelenggarakan pesta. Semoga tidak ada yang salah pilih jasa catering. Pilihlah dengan teliti dan carilah yang terbaik agar pesta pernikahan berjalan lancar dan semua tamu undangan bisa pulang dengan perut kenyang dan bahagia.

46 komentar:

  1. Ntaps nih buat bekal nikah. Yang pasti ayam suwir kudu enak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieee..... yang sudah dapat belahan hati dan siap untuk menikah. jangan lupa aku dikirimin undangannya yaaaaa

      Hapus
  2. "Kalau bisa, pergi ke 2 atau 3 pernikahan untuk cek kualitas makanan yang disajikan si catering"

    Saran yang bagus, bisa nyicipin sekalian numpang makan gratisan juga #eh tapi soal rasanya, kalau cuma nyicipin sesendok kurang berasa. Kalau sepiring baru berasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa sekalian bawa tempat buat ngebontot koh, jadi kalau ragu boleh sekalian icip lagi dirumah hehehe

      Hapus
  3. Muehehe tipsnya kok bikin pengin cepet nikah, ya? Egimana? :/

    Lumayan banyak juga ya, Om, ritualnya. Hm. Kalo aku paling setu sama tiga poin dari sembilan. Yang pertama test food. Etapi kalau kita mau test food dari suatu katering memangnya harus ke acara yang ditangani katering itu, ya? Apa gak kayak tamu tak diundang gitu nantinya? Minta dikirimin gitu ke rumah bisa kali ya hahaha gak mau capek Tiwi mah anaknya :p

    Terus yang kedua, soal tampilan atau penyajiannya. Aku pernah datang ke suatu acara dan makanannya tuh tampilannya gak banget jadi gak keliatan enak sama sekali, malah jadi kayak jijik jorok gitu hiii.

    Terus yang ketiga, pelayanannya. Ini gak usah ditanya kenapalah ya. Udah pasti kan milih yang ramah, baik, dan menyenangkan biar komunikasinya enak, tamu undangan juga nyaman gak dikasih muka lecek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kak Pertiwi terlihat expert. jangan jangan tukang cicip catering pernikahan profesional nih sepertinya hehehe

      Hapus
  4. Terimakasih tipsnyaaa!
    Aku belum pernah ngurusin catering sendiri sih, tapi waktu itu pernah nanganin acara yang cateringnya gak banget. Sayangkan acara enak tapi makanannya nyeh. Makasih yaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah mudahan kejadiannya ngga terulang lagi. soalnya penting banget makanan enak untuk buat acaranya makin seru

      Hapus
  5. Makasih banyak loh tipsnya om, besok mau nikah bisa dipraktekin nih tipsnya. Setuju bgt mulai dari test food, dekorasinya, menunya apa aja, harga juga yg paling penting pokoknya smua harus diperhatiin dengan bener2 deh biar gak dpt catering yang zonk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe yang penting harus teliti dan bener-bener sabar biar dapat menu yang pas dan catering yang sehati sejiwa

      Hapus
  6. tipsnya membantu banget. dan jangan lupa saking semuanya udah cocok. yang jelas tentukan menu catering dengan budget keuangan kita ya. jangan sampai mesen makanan enak di catering tapi budget kurang kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi makanya harus nabung jauh jauh hari mas, biar cukup hehehe

      Hapus
  7. Waktu kakak gue nikah, gue malah datang ke 3 tempat nikahan buat nyicipin makanan dari calon cateringnya lho wkwkw istilahnya test food lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali dayung 2 - 3 pulau terlampau. emang pas banget ya kak Oky

      Hapus
  8. Di sini susah cari catering yang bisa test food. Yah, jadi pernah dikecewain sama salah satu catering :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga usah di pake lagi Mbak. seharusnya test food udah jadi keharusan heheh

      Hapus
  9. wah tipsnya oke banget. AKu sering butuh kalau ada acara dirumah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, semoga udah nemuin catering yang pas dan nyaman di hati ya

      Hapus
  10. Saya dl pas nikah pake jasa katering dari saudara mas.. jadi tanpa test food, hasilnya tetep enak banget hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih..... istri yang mana mas? hehehehe ada komentar disini juga ngga :p

      Hapus
  11. tips ini berlaku untuk setiap acara yg memerlukan katering, bahkan untuk booking tempat acara meet up di restaurant pun. wajib test food jg sih. cm menurutku yg test food hendaklah yg punya lidah sehat dan pandai merasakan rasa. soalnya aku pernah punya pengalaman saat ngadain kopdar komunitas. temenku yg test food yg krg suka asin.. haduh jadilah dia info ke resto u mengurangi garamnya.

    hambaaaar semua itu masakan... cape deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihihi emang susah susah gampang nyari tes fooder profesional ya kak. hiring aku aja deh hehehe

      Hapus
  12. Jangankan nyari catering buat pesta nikah, catering harian aja aku bingung nyarinya mas, anak kos gitu loh.

    Emang bener, lidah para undangan musti dimanjain dengan makanan-makanan enak, sering soalnya kalo kondangan makanannya kagak enak -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi iya, biar kondangan jadi betah buat nambah terus *ups

      Hapus
  13. Naaah.. Postingan ini berarti sebagai gejala awal persiapan nikah ya Don.

    Jangan terlalu capek ya, biarlah urusan catering serahin sama keluarga. Kamu cukup liat aja.

    *ditunggu undangan plus freeongkir tiket pesawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwkw auk menu sajian nikahnya cuman bala bala mak, minumnya kopi. udah itu aja.

      Hapus
  14. Karena aku tinggal di kampung, kalo ada acara nikahan jarang bgt pakai katering. Biasanya tetangga pada ngumpul bantu2. Ada sih yg pakai tp jarang. Nah untuk acara selametan, biasanya 1-2 pakai catering. Kadang ada yg nasi lauk kadang sekalian makanan cuci mulut. Balik lagi ke deal harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. guyub banget kampungnya ya kak, sekampung ngebantuin. pasti seru tuh

      Hapus
  15. waduh, konten kali ini bikin baper dan laper
    baper pengen nikah
    laper karena belom makan >.<

    mbaca tulisan yang bikin baper dan laper, makin komplit lah penderitaan di malam minggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh ya udah kak, cepet dicari pacar yang sekalian punya catering, jadi sekalian ngejawab dua hal :p

      Hapus
  16. Duh aku stres berat waktu mau nikah dulu soal catering ini. Pengen nangis rasanya mencari catering yang masakannya cocok di lidah keluarga besar dari pihak mamaku. Soalnya pas lamaran aku pakai catering deket rumah, eh malah rame dibahas ga enak. Duh kan ku jadi sedih ya. Padahal kan pengen nyenengin mereka. Eh ku curhat. Ku lapar, sate dan pudingnya godain aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah... pengalaman yang membekas banget pasti nih. mudah2an bisa jadi pengalaman berharga

      Hapus
  17. wah tipsnya kok bikin anu...

    iya, nyari ketring itu susah-susah gampang,
    karena ketring nikahan kalo ga pinter nyari yg enak itu rasanya ya so so aja, padahal itu kan inti utamanya acara, kalo ga enak pasti dpt bisik2an yang sumbang deh,



    anyway makasih lho tipsnyaaaa, dan ya untuk kamu yang ada di jawa tengah, SEMARANG khususnya, bisa pakai cateringku, lho, :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih... pengusaha katering tho mbak Erina. ntar aku klo ke Semarang mampir buat icip icip yaaaaa

      Hapus
  18. Yesss... survei sama org terdekat emang penting. Apalagi biasanya kita tahu selera org terdekat dan kualitas kelezatan menurut mereka. Sama test food.

    Kalau saya belum pernah pake ccatering sih, adain acara ,asak sendiri. Mungki klo nanti ada hajatan besar perlu ya. Trims tipsnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mak, semoga nanti lancar jaya klo ada hajatan besar ya.

      Hapus
  19. Paling aman jika ke pesta yg prasmanan dan makanan/penyajian cocok,langsung minta kartu nama.

    Meski belum punya calon sih... Eh gimana ya. Hahahaha...

    Tips cari rekanan gedung bagus juga. Tapi kalau di sini, yg dicari bukan rekanan gedung tapi rekanan pendekornya. Biasanya sepaket jadi bisa gandeng-geret harga

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bisa calonnya dipaketin juga. cari anak yang punya catering. jadi kumplit paketannya hihihihi

      Hapus
  20. Wah tipsnya harus diinget2 sampai tahun depan nih. :D

    BalasHapus
  21. makasih tipsnay , berguna nih kalau anakku nikahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ntar bisa langsung pas dapet catering yang sedep mantep saat anaknya nikah ya bu :)

      Hapus
  22. makasih tipsnya om ... insyallah tgl 5 mei aku nikah ,, nantik tak praktekin tipsnya sampean om heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lançar jata sampai hari H dan cateringnya pas di hati

      Hapus
  23. Jd inget repotnya dulu pas nyari catering :p. Apalagi aku acaranya 2x, nikah yg di medan, dan ngunduh mantu di jakarta.. Yg di medan aku beneran pasrah deh, itu urusan mama krn aku sndirikan tinggalnya di jkt mas. Nah kalo yg di jkt baru deh kita ikutan nyari. Tp sbnrnya ga trlalu rempong krn dr awal udh tertarik ama catering yg dipake mba iparku pas nikah. Enak rasanya. Makanya pas giliran kita, ttp make catering itu jg akhirnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang pengalaman adalah guru yang berharga ya. dan pastinya ngga takut bakalan kecewa deh

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.