Tukang Jalan Jajan

Jal Mahal dan Albert Hall Museum Jaipur


Hari perlahan menjelang sore. Dari Amber Fort, saya meminta pengemudi rickshaw untuk kembali ke kota karena saya ingin melihat prosesi api unggun menyambut datangnya holi festival. Pengemudi rickshaw bernama Kumar Bhagat itu lantas menawarkan untuk berhenti sejenak di dua tempat menarik yang berada dijalur kembali menuju City Palace. Saya tidak keberatan, asalkan tidak telat melihat prosesi api unggun. Patel juga setuju. Maka Bajaj India itu kembali meraung menuruni jalanan menuju kota Jaipur.

Bukit Amber Fort yang gersang
Bukit Amber Fort yang gersang
Pemandangan gersang dari Amber Fort berubah menjadi lebih sejuk saat melewati danau Man Sagar. Di tengah danau sebuah bangunan mencolok berdiri seperti sedang mengapung di atas permukaan air. Rupanya inilah yang disebut Jal Mahal alias Istana Air.

Bukit Amber Fort yang gersang
Bukit Amber Fort yang gersang
Danau Man Sagar sendiri adalah sebuah bendungan yang dibangun pada abad ke-16. Fungsinya untuk memastikan ketersediaan air minum karena daerah ini merupakan padang tandus. Sedangkan Jal Mahal sendiri dibangun pada tahun 1799 oleh Raja Madho Singh II. Fungsinya serupa dengan Lake Palace yang dibangunnya di Udaipur. Namun Jal Mahal ini lebih sebagai tempat liburan Raja yang konon gemar berburu dan berpesta daging bebek.

Danau Man Sagar, Jaipur
Jal Mahal di Danau Man Sagar, Jaipur
Saya sendiri hanya bisa melihat dari dermaga yang bentuknya seperti taman kecil di pinggir danau. Tidak terlihat jembatan atau perahu yang dapat mengantar saya menuju istana itu. Banyak sekali pedagang asongan yang berjualan dan gelandangan yang meminta-minta di tempat ini. Di danau pun banyak sampah yang dibuang sembarangan. Saya jadi prihatin melihat kondisi tersebut.

Istana di atas Air, Jaipur India
Jal Mahal, Istana di atas Air, Jaipur India
Saya tidak bisa berlama-lama di sini karena matahari senja semakin mendekati cakrawala. Saya bergegas kembali ke rickshaw yang membawa saya menuju ke Albert Hall.


Albert Hall di Sore hari
Albert Hall di Sore hari
Sampai di tempat yang berpagar luas dengan dipenuhi burung merpati di depannya, itulah Albert Hall Museum yang bentuknya serupa bangunan Inggris zaman kolonial meski kubahnya tetap mencerminkan pengaruh arsitektur Persia dan India. Bangunan ini adalah museum yang berisi barang-barang artefak bersejarah, mulai dari lukisan, karpet, gading, bebatuan hingga patung besi. Bangunan ini di buka sebagai museum pada tahun 1887 dan merupakan museum tertua yang ada di Jaipur. Halaman depan yang luas serta taman Ram Niwas yang indah juga biasanya selalu dipenuhi pengunjung dan anak-anak yang bermain kriket.

Albert Hall di Sore hari bersama Patel
Albert Hall di Sore hari bersama Patel
Orang yang berada dibalik berdirinya Albert Hall ini adalah arsitek terkenal asal Inggris Sir Samuel Swinton Jacob dan asistennya Mir Tujumool Hoosein yang asli India. Awalnya gedung ini difungsikan sebagai alun-alun kota oleh Maharaja Ram Singh. Namun oleh penerusnya Madho Singh II malah dijadikan museum. Penamaannya diberikan sebagai penghormatan kepada Raja Edward VII yang bernama asli Albert Edward yang pernah berkunjung ke Jaipur sebagai Prince of Wales.

Albert Hall di Sore hari
Albert Hall di Sore hari 
Saya sempat berkeinginan masuk ke bagian gerbang samping namun bangunan ini sudah tutup. Museum hanya terbuka untuk dimasuki pada pukul 09.00-17.00 waktu setempat dan mengharuskan tiap turis asing merogoh kocek sebesar 300 rupee.  Hanya bisa melihat dari luar, saya juga tidak berlama-lama di sini. Saya dan Patel bergegas kembali menuju City Palace, tempat perayaan holi berlangsung.
Patel dan Albert Hall di Sore hari
Patel dan Albert Hall di Sore hari 

Malam ini festival Holi dimulai.


Tips : Menonton Api Unggun
Api unggun sudah disiapkan seja sore hari dan di susun di tiap sudut kota. Biasanya yang paling besar dan bagus berada di perempatan jalan di depan gerbang utama City Hall. Datanglah kesana sebelum matahari terbenanm supaya tidak ketinggalan prosesi pembakaran holika. Fokus saja di satu tempat karena pembakaran ini dilakukan serentak di seluruh kota.

38 komentar:

  1. India! Mupeng berat sama negara satu ini. :)

    BalasHapus
  2. Pas sama festival holy juga, ya? Aku lihatnya cuma dari film sih

    BalasHapus
  3. Liatnya sambil nangis

    Kepengen.

    Disana ketemu sama kajol ga kak?

    BalasHapus
  4. India dengan destinasi wisatanya yang makjleb memang kerapmengundang decak kagum, hanjakal belum pernah ke India, kalau nonton film india mah sering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, ayolah... kita bisa kesana bareng untuk merasakan sediri sensasinya hehehehe

      Hapus
  5. Kak, kelayapannya jauh sekali tapi terlihat bahagia yaaa bisa ke sana. Seru!

    BalasHapus
  6. Jadi pengen ke Jal Mahal juga biar berasa kayak Raja Raja gitu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ketengah istananya mesti berenang lhoooo hehehe

      Hapus
  7. Asyik.. malam baca perjalanan ke india. Berasa ada di sana. Pasang doa ah biar bisa ikut jejak mas halan2 ke india.

    Ini bagian dr tulisan perjalanan india yg dibukukan ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, sebagian tulisannya di bukukan. di beli ya buku #TheBestOf Indianya hehehe

      Hapus
  8. Kayak di setting film Mahabharata ya, Mas Don. Dan yang benteng itu sekilas mirip Great Wall punya Tiongkok. Boleh naek nggak itu, Mas? Kapan ngumpul ini tabungan buat ke sana? =(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo masss.... ngga mahal mahan]l amat kok kesana. yang penting niat dan usaha hehehe

      Hapus
  9. Merpati di Albert Hall pada ngungsi kemana kak? Biasanya juga banyak merpati di situ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suruh pindah bentar. soalnya aku mau foto dulu biar akunya heitsss

      Hapus
  10. wah india kayanya bagus tuh menjadi tempat rekomendasi jalan jalan liburan kalo punya uang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga juga harus banyak duit kok mas, aku saja habis sekitar 5 jutaan aja ama tiket pesawat hehehe

      Hapus
  11. Saya yakin. Anda dan Patel sempat menari-nari di atas danau dan gelundungan di bukit. Sembari orang-orang bertepuk tangan dengan goyang pinggung khas titisan Kajol dan Kajolia. Appasih?! Hehehe. Ntap soul! Semoga bisa menyusul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ama patel cuman nari hula hula aja kok. hahah ngga ada yang terlalu ekstrim kok. mudah mudahan bisa nyusul dan merasakan india sendiri yah hehehe

      Hapus
  12. haaaaa. mau ke india juga. btw, festival yg india udah lewat ya mas don?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di India hampir setiap hari ada festival kak Ben. mau festival apa nih?

      Hapus
  13. Saya juga ingin Pergi ke India. Budayanya mencerminkan peradaban yang kuat mas dodon..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa langsung merasakan sendiri ya mas. Biar bisa merasakan peradabannya

      Hapus
  14. Mas Dodon kok potingan ke Indianya gak selesai-selesai, sih? :(
    Sebagai pencinta berbagai serial India yang tayang di ANTV, kan aku jadi makin pengin ke sana. Itu view di Amber Fort bagus banget, suka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bakal selesai dalam setahun mbak, sebelum beli bukunya hahahahah *teteup promo #TheBestOfIndia

      Hapus
  15. Jadi itu sebenarnya danau buatan ya Mas? Saya penasaran istana itu bagaimana terapungnya? Apa pondasinya sdh ada duluan sebelum bendungan/ danau buatannya ada? TFS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. danaunya buatan mbak, sepertinya fondasi sudah ada sebelum danau buatannya diisi air

      Hapus
  16. Setelah rajin di #godainkamu dengan foto makanan, sekarang aku digodain pake cerita India. Duhhhh mau banget ke India, Mas!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang kak, #godainkamu akan terus berlanjut dan terus juga menggoda dengan india. semoga bisa ke India bareng

      Hapus
  17. Dalam musiumnya isinya gimana? Gak boleh foto kah??? Dari luar bangunannya megah bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga boleh kak, soalnya takut di teru modelnya. kebanyakan dilarang foto sih. kalaupun boleh bayarnya lumayan mahal

      Hapus
  18. Bangunan di danau gak bs ditinggali ya. Seru bgt bs bobok cantik di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bisa di tinggali sepertinya, mau kesana juga susah hehehe

      Hapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.