Tukang Jalan Jajan

Lezatnya Panada Manado di Bakudapa Pontianak


Saya lagi keranjingan ngemil beberapa waktu ini karena cuaca dingin yang sering hujan. Dulu saya pernah tahu ada beberapa tempat yang menjual Panada, kue isis Cakalang dengan resep khas Manado. Dulu saya membelinya online sehingga kalau ingin memakannya, harus menahan terlebih dahulu. Begitu tahu kalau Bakudapa Panada ada gerobaknya, sayapun meluncur ke Citra Selera Serdam di sebelah Bakso PSP Sungai Raya Dalam di seberang dealer Suzuki Motor. Berhubung bukanya baru jam 3 sore saya memutuskan sehabis magrib untuk bisa mencicipinya.

Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Jika mengulik asal muasal makanan ini memang merujuk ke Amerika Latin bernama  Empanada. Ada yang mengatakan makanan ini berasal dari Spanyol dan Portugis namun penyebarannya ke Eropa Selatan dan Asia Tenggara. Asal katanya empanar, yang berarti bungkus atau mantel dalam roti. Caranya dengan melipat adonan patty atau roti disekitar isian. Isian dapat terdiri dari antara lain berbagai daging, keju, huitlacoche, sayuran atau buah-buahan. Makanan ini dibawa ke Amerika Latin dan Filipina oleh kolonial Spanyol, dan ke Indonesia oleh Portugis, dimana mereka tetap populer hingga saat ini.

Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Di Indonesia, kue ini populer di Manado karena di bawa bangsa Spanyol ke daerah ini. Selain klapertaart yang manis, kue asin gurih yang satu ini jadi pilihan untuk dinikmati bersama dengan teh. Kue yang mirip pastel dengan adonan roti yang diisi dengan ikan cakalang berbumbu panpis dan kemudian di goreng hingga kuning keemasan. Resep bumbu panpis Manado adalah ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang, sedangkan ikannya disuir kecil-kecil. Pembuatan panada terdiri atas bahan dan isi, kemudian digoreng dalam minyak hangat.

Resep Cakalang Manado untuk membuat Panada awalnya dimiliki oleh Keluarga Besar Mandey yang adalah keturunan asli Minahasa pada masa itu dan kemudian menyebar ke seluruh Sumatera Utara dan Indonesia. Dalam perkembangannya, isiannya jadi bermacam-macam sesuai dengan akulturasi budaya yang mengadopsinya

Gerobak panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Gerobak panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Selain ikan cakalang fufu Manado, ada pula yang mengisinya dengan kentang potong dadu, wortel, daun bawang, ayam, bawang putih, dan lada putih beberapa orang ditambahkan soun. Selain itu ada pula yang diisi dengan ayam kari dan/atau kentang dengan satu telur puyuh. Panjang juga cerita mengenai Panada ini. Lalu bagaimana dengan Bakudapa? Apakah ada yang berbeda dengan panada kreasinya?

Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Gerobak Panada Bakudapa ada di parkiran sebuah rumah makan bersama dengan beberapa menu lain seperti es pisang ijo dan crepes disebelahnya. Di gerobak sederhana dan cantik inilah tersimpan Panada dengan resep Cakalang Manado yang siap saya santap. Berselimut roti yang lembut dan kemudian di goreng hingga krispi. Di daftar menu terlihat beberapa macam isi, ada ayam, bakso dan ikan cakalang rica manado dan tumis cakalang fufu biasa. Cukup membayar 3K untuk setiap potongnya. Jika ingin yang spesial, kita juga bisa memesan namun tidak tersedia sepanjang waktu, harganya hanya 5K

Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Cakalang, bakso maupun ayam semuanya di tumis dengan bengkuang. Rasanya gurih dan masih kresnyes. Bengkuangnya matang dengan baik. Saya suka yang isian bakso dan ikan cakalang rica Manado yang pedas dan sangat menggugah selera. Jika kurang pedas, masih bisa menggigit cabe hijau bulat untuk menambah rasa pedas. Kalau ada cabe cair dengan rasa pedas gurih pasti lebh menggugah selera lagi.

Panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Perjuangan untuk mencapai lokasi, mencari tempat parkir semuanya terbayar saat Panada hangat masuk kedalam mulut dan langsung bisa merasakan kenikmatannya langsung setelah selesai di goreng. Kulit yang krispi diluar dan lembut di dalam, minus minyak serta isian yang gurih pedas membuat Panada khas Manado ini cocok menemani cuaca dingin dan hujan di Pontianak.

Gerobak panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Gerobak panada Bakudapa khas Manado di Pontianak
Selamat menikmati kue Panada khas manado di Pontianak, 7,5 dari 10 dan selamat bahagia. Selamat makan dan Salam Yumces !


14 komentar:

  1. Ahh... bikin laper aja lihat postingan ini. Kue panadanya kayaknya enak tuh.

    BalasHapus
  2. Aduh kuenya enak kayaknya itu. Tempatnya di pontianak ya, kalo order pake grab dianter ke jakarta bisa ngga ya? hahaha ahh jadi pingin cobain :3

    willynana.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya enak, cobain deh tanyain yang jualan hehehehehe, bisa ngga ya?

      Hapus
  3. Iya kalau dikampungku namanya pastel. Isinya juga sama. Ternyata tiap daerah punya nama tersendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, hampir mirip beda sedikit perlakuan dan namanya berbeda sedikit

      Hapus
  4. Bentuknya kayak molen ya mas..
    #Ehh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahahah beda atuh masss.... duh, jadi kepengen molen deh. masih ada yang buka ngga yah?

      Hapus
  5. Wah kayaknya enak, Bang. Lumayan ya buat ganjel perut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo 2 mungkin buat ganjel perut, tapi klo 10 buat menuhin perut hehehehehehehe

      Hapus
  6. bisa kk. kita biasa kirim ke Jakarta, Surabaya, Jogja bahkan Medan. Dan beberapa kota lainnya yg tidak bisa disebutkan. �� silahkan Follow IG kami di Bakudapa Panada

    BalasHapus

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.