Adv

Sop Ayam Pak Min Merambah Pontianak


Tidak hanya waralaba makanan cepat saji saja yang bisa melebarkan sayap, Sup Ayam Pak Min Merambah Pontianak. Gerainya ada dibeberapa tempat di Indonesia. Jauh-jauh dari Klaten hingga menyebar ke beberapa titik di Indonesia. Ada yang meributkan juga masalah penyebutan Sop atau sup? Tapi saya yakin, teman jalan jajan tahu kan bentuknya seperti apa? Sehingga tidak repot menyatukan persepsi.
 
Sop Ayam Pak Min paket Nasi, Sop dan Es teh
Sop Ayam Pak Min paket Nasi, Sop dan Es teh
Tergantung penyebutan saja. Kalau sop biasanya adalah daging atau tulang atau bagian lainnya yang dimasak dengan kuah bening dan biasanya ditambahkan sayuran serta taburan bawang goreng dan daun seledri sedangkan sup biasanya ada yang menyebutnya juga dengan krim sup yang teksturnya lebih kental. Mari kita berfokus pada Sop Ayam Pak Min yang sudah merambah Pontianak. Kebetulan kemarin saya berkesempatan icip-icip ke sini. Namanya waralaba pastilah saya punya ekspektasi. Rasanya harus mirip dan sama dengan Pak Min yang ada di Jogja.

Tempat parkirnya lumayan luas karena bersebelahan dengan tempat pencucian mobil. Soto Pak Min dengan warna hijau yang mencolok membuatnya gampang ditemui bertempat di BLKI no 6 Sop Ayam Pak Min sudah mencapai dan berhasil merambah Pontianak. Sop ayam dengan kuah yang bening dan tanpa ada campuran apa-apa.

Dada ayam bertabur seledri dan bawang goreng Sop Ayam Pak Min
Dada ayam bertabur seledri dan bawang goreng Sop Ayam Pak Min
Konsep sop minus sayuran hanya ada kuah kaldu yang di beri taburan daun seledri dan di tambah bawang goreng membuat aroma harumnya semakin terasa. Dari kaldunya saya bisa merasakan jahe, bawah putih dan lada sedangkan pilihan isiannya bermacam-macam seluruh bagian ayam dan jeroannya bisa di pilih untuk dinikmati. Harga perporsinya berkisar dari 12K hingga 20K sudah bersama dengan semangkuk nasi dengan taburan bawang goreng

Nasi dan Sayap Ayam di Sop Ayam Pak Min
Nasi dan Sayap Ayam di Sop Ayam Pak Min
Ayam yang digunakan kemungkinan ayam babon atau ayam petelur sehingga dagingnya tetap mempunyai serat dan rendah lemak. Di rebus dengan jangka waktu lama pun tidak akan hancur berderai. Bagi yang kangen dengan sop atau sup ayam Pak Min yang ada di Jogja maka di Pontianak pun sudah bisa menemukannya. Sop Ayam Pak Min Merambah Pontianak, lumayan untuk mengobati rasa kangen. Jika dinikmati saat cuaca hujan pasti mampu membuat tubuh terasa hangat apalagi untuk yang baru saja sembuh dari sakit dan belum bernafsu untuk makan.

Trio Gorengan , tahu, tempe dan perkedel di Sop Ayam Pak Min Pontianak
Trio Gorengan , tahu, tempe dan perkedel di Sop Ayam Pak Min Pontianak
Nasi putih bertabur bawang goreng Sup Ayam Pak Min
Nasi putih bertabur bawang goreng Sup Ayam Pak Min
Ada es teh yang bisa dinikmati sebagai pelengkap termasuk cemilan pendamping seperti tempe, tahu dan perkedel goreng seharga 1K atau sate telur puyuh dan sate hati yang juga tersedia di meja meja. Tinggal di ambil sesuai selera saja. Tapi menurut saya, perkedel yang disajikan di atas meja rasanya tidak cocok untuk dihancurkan kedalam kuah seperti memakan soto. Tapi tempe goreng berbalut tepung yang krispi boleh jadi teman terbaik. Cage cair juga disajikan di atas meja bagi penggemar pedas, namun seperti cabe jawa kebanyakan, benar-benar hanya ada cabe yang di tumbuk kasar lalu di rebus tanpa ada tambahan bumbu.

Suasana "hijau" di dalam warung Sop Pak Min Pontianak
Suasana "hijau" di dalam warung Sop Pak Min Pontianak
Sop ayam Pak Min yang ada di Pontianak lumayan bisa mengobati kangen dan bisa dinikmati, jika membawa keluarga. Konsepnya masih mempertahankan model aslinya dengan warna hijau dan seragam yang kompak. Parkir luas walaupun keadaan di dalam cukup panas jika siang hari karena hanya mengandalkan kipas angin. Area merokok tidak dipisahkan di sini. Ingin mencoba 7.5 dari 10 untuk Sop Ayam Pak Min di Pontianak. Selamat makan dan salam yumces!



16 komentar:

  1. Dengan membaca artikel ini saya jadi tahu perbedaan antara Sop dan Sup. sebbelumnya saya kira Sop dan Sup itu sama harti nya tapi ternyata eh ternyata ada yang membedakannya :) Sop ayam pak min yang ada di Pontianak ini di lihat dari foto nya sungguh menggugah selera :) pasti cita rasanya sangat enak ya kang :) tapi sayang nya jauh kalau dari sini harus ke pontianak :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi tidak boleh menyalahkan ya. tidak ada kitab kebenaran tentang keduanya karena memang tergantung dari lidah dan kebiasaan daerahnya masing-masing mas hehehe

      Hapus
  2. huaaa kuahnya super duper bening ya mas
    saya suka nih yang bening

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bening dan penuh cinta ya mba.... menyimpan kenikmatan di setiap seruputnya

      Hapus
  3. Wadaw muantappp tuh kang sopnya, kalau saya mah paling dicampur dengan sayur kalau sop ayam mah, duh jadi pengen nih kalau lihat makanan tersaji seperti itu teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan yang sangat nyaman untuk lidah dan perut. Bikin happy dan cocok di segala suasana

      Hapus
  4. ya Allaaaahh, sedapnyoooooo, ngiler ngilerrrrrr

    BalasHapus
  5. segerrr bgt mas. klo sop ayam emng kusakaan aku nih. ngiler ahh klo ngliat postingan gmbar makanan, gak bisa keluar dri artikel ini..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bukanya diatas jam 12 malam. Pasti bisa keluar dari artikel 😄😄

      Hapus
  6. Boleh di coba ni, walaupun belum pernah nyicip ayam pak min yang di Jogja sana. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok buat icip icip cuaca dingin bareng istri biar makin greeeeeeng hahahahahq

      Hapus
  7. sangat enak bila di sajikan saat cuaca dingin

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.