Adv

Mak Kundil dan Citarasa Melayu Pontianak


Mak Kundil dulu pernah eksis. Tokoh pelengkap ini pernah ada di rubrik komik di koran Aqcaya lalu dulu pernah ada rumah makan mengusung nama Mak Kundil dengan makanan melayu Pontianak-nya. Namun berhenti beroperasi, sekarang warung ini re-born kembali di Belakang SPBU Kota Baru. Jl Prof M Yamin no 1 pontianak (Eks Kantor Pos Bundaran Kota Baru). Walaupun warung makanan melayu banyak di Pontianak tapi punya ciri yang berbeda. Makanan melayu setiap daerah berbeda, Kalimantan dan Sumatera jelas berbeda bahkan untuk daerah Pontianak dan daerah lainnya di Kalimantan Barat juga berbeda. Kota Pontianak dan daerah pesisir Melayu jelas berbeda.
 
Paket Botok
Paket Botok Mak Kundil
Paket Botok Warong Mak Kundil
Paket Botok 

Tidak perlu memperdebatkan asal muasal karena saya mampir kesini untuk icip-icip bersama gank makan ceria. Seperti biasa. Mencari tempat nyelempit seperti ini butuh effort yang luar biasa. Tapi penasaran mengalahkan segalanya. Setuju? Makanan yang di jual bertemakan melayu beberapa makanan kekinian juga dijual di sini. Pesanan kami lumayan banyak. Paket nasi dan botok ikan 18K, sambal cencalok 8K, sambal bajak biawan 7K, Ayam pepes 15K, paket ayam bakar, ketan susu keju 10K dan minuman kunyit asem 10K. Lalu bagaimana rasanya?ayo ikuti saya untuk icip-icip teman jalan jajan.
Interior Mak Kundil
Interior Mak Kundil 
Meja Kursi Warung Mak kundil
Meja Kursi
Saya datang saat sedang sepi dan tidak terlalu ramai, pelayanannya lumayan cepat karena kami duduk di dekat dapur saji. Ruangan klasik yang di penuhi barang-barang jadul menyesuaikan gedung tua bekas kantor pos berlantai papan. Ada lat musik tiup yang sudah pudar, foto-foto jadul serta kotak telepon umum yang di susun sebagai bagian interior ruangan menambah suasana yang semakin klasik. Belum lagi meja dan kayu minimalis ala warung 70an. Lumayan membuat saya terlempar ke imaji masa lalu.
Warong Mak Kundil
Botok
Warong Mak Kundil
Paket Botok
Warong Mak Kundil
Paket Ikan bakar
Paket makan siang disini macam-macam untuk botok disajikan dengan nasi putih hangat, dengan kering tempe dan acar timun dan nanas tentu tidak lupa sambal bajaknya. Pake ikan bakar juga kurang lebih sama minus kering tempe. Botok yang gurih dengan paduan kelapa gongseng dan santan serta berpadu dengan aroma dan rasa daun mengkudu. Pahitnya sudah hilang dan berganti nikmat, di cocol dengan sambal semakin lezat. Saat dinikmati dengan kriuknya kering tempe dan segarnya timun dan nanas membuat makan siang semakin sedap. Lain lagi dengan ikan nila bakarnya bercitarasa pedas dan gurih. Di bakar dengan sambal merah menyala memancing untuk makan segera. Ayam pepesnya cenderung sedikit asin dan manis namun dengan bumbu yang melekoh dengan aroma daun pisang yang meresap sempurna. Begitu di buka maka aroma sedap langsung menyerbak.

Pepes ayam Warong Mak Kundil
Pepes ayam
Ikan Asin Biawan Warong Mak Kundil
Ikan Asin Biawan
Tencalok Warong Mak Kundil
Tencalok 
Lain cerita dengan tencalok yang asin dan gurih dengan potongan cabe dan bawang lalu di tumis. Pedas dan membuat terbit air liur. Ikan biawan dengan sambal bajak yang peds. Ikan asin biawan yang di goreng kering dan renyah di padu dengan lezatnya sambal bajak. Memang ini merupakan makanan pendamping tapi mampu memperkaya rasa menjadi juara.

Ketan Susu Warong Mak Kundil
Ketan Susu
Ketan Susu Warong Mak Kundil
Ketan Susu
Makanan penutup yang juga wajib di coba adalah tansu alias ketan susunya yang legit, ada beberapa taburan, ada keju dan meises. Tergantung mana yang di suka. Ketannya pulen dan cocok di padukan dengan topping keju. Seandainya ada mangga atau nangka pasti trasanya akan sedap sekali. Makanan ini cocok dijadikan sebagai selingan sembari menunggu makanan utama datang. Es kunyit asemnya juga membuat makan saya memang nikmat sekali. Asem dan segar, cocok sekali untuk menemani makan siang yang panas.

Warong Mak Kundil
Lemon tea
Warong Mak Kundil
ice tea
Dengan nuansa masa lampau dan menyajikan makanan tradisional membuat tempat ini cocok untuk menjadi tempat ngumpul bersama keluarga atau teman yang memang datang untuk menikmati makanan. Jika agak ramai, pelayanan agak terasa lambat namun jika di masa sepi pelayanan lebih cepat. Supaya bisa tenang sembari menunggu, pesan saja makanan pembuka terlebih dahulu. Tempatnya sedikit panas jika siang hari karena lokasi yang terbuka dan hanya mengandalkan kipas angin. Parkir lumayan luas bagi kendaraan roda 2 dan dan roda 4. Nilai 8 dari 10 saya sematkan untuk tempat ini. Selamat menikmati makan dan salam yumces!

8 komentar:

  1. Bikin ngiler.. #hush lagi puasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar kak, buka sebentar lagi hehehehehe ditungga dengan seksama yah

      Hapus
  2. jadi ngiler bang, enak tuh buat menu berbuka b-(
    desainnya unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheheh di lap dulu ilernya mas HEru. nanti baru maem klo udah buka yaaaaa

      Hapus
  3. Mantab ulasannya Bg Jerry Jd pengen, boleh minta no telp mak kundilnya u reservasi? Tq yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kak yuyun cek di IG nya, disana lengkap alamat sama infonya. semoga sukses. jangan lupa ajak ajak klo kesana :)

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.