Adv

Perjalanan Napak Tilas di Ulang Tahunku


Ulang Tahun. Ada yang pro dan ada yang kontra. Pentingkah dirayakan?. Ada yang mengatakan ini adalah hitungan bertambahnya umur atau ada yang mengatakan justru ini menunjukkan umur kita yang semakin pendek. Setiap orang punya penilaiannya masing-masing. 
Tapi saya dan anda pasti sama-sama mengupak syukur untuk usia yang telah di rengkuh.

Ulang tahun saya jarang dirayakan, paling saat kecil saja sampai berusia lima tahun, sama seperti usia warung blogger hari ini. Jangan di tanya seperti apa bahagia. Pasti senang sekali. Lima tahun itu pastilah sungguh membahagiakan. Tapi percayalah setiap memperingati bertambahnya usia saya selalu berbahagia. Selalu memiliki kenangan berbeda setiap momennya.

saya pecinta matahari
Saya dan Pagi Hari
Saya ingat sekali saat ulang tahun ke 30. Saya merayakannya dengan niat untuk intropeksi. Usia yang tidak muda dan dalam keadaan matang untuk berpikir dan melangkah. Awalnya bingung. Apa yang harus dilakukan. Sampai saya memutuskan untuk merayakannya dengan berpetualang selama 3 minggu yang artinya sama-sama 30 tahun. Tidak banyak yang saya siapkan, hanya tas punggung dan semua tiket transportasi dan uang 3 juta rupiah, Tersimpan rapi dalam 3 tempat terpisah. Dompet, money belt dan lipatan tas bagian dalam. Masing-masing 31 juta rupiah. Tempat yang saya kunjungi pun ada 3 titik. Malaka, Penang dan Krabi. Semuanya lokasi yang punya tempat tersendiri di hati saya.

Langit sore menanti malam tiba
Langit Sore
Malaka, kota ini begitu hangat. Saya berulang kali menikmatinya. Bangunannya, struktur kotanya, dan orang-orangnya. Semuanya saya suka. Perpaduan antara eropa, asia dan timur tengah beradu dalam satu titik. Malaka begitu nyaman untuk dikunjungi dan sekedar menikmati hari. Kotanya tidak terlalu besar sehingga nyaman untuk di jelajah seorang backpacker seperti saya. Saya belajar banyak mengenai arti hidup rukun, damai, berdampingan dengan banyak perbedaan di sini. Semua terlihat seiring sejalan. Saya ingat, disini pertama kalinya saya bertemu seorang anak yang dengan senyumnya menawarkan permen. Saya sebagai orang asing merasakan ketulusan dan keramahan dari dalam hati

Ada keindahan senja di dermaga
Senja di dermaga
Penang, kota yang juga tidak terlalu besar dengan makanan yang enak dan beragam. Tempat favorit saya adalah puncak bukit bendera. Tempat menikmati pagi dan tafakur di sana. Menyelami setiap langkah yang sudah saya lewati dalam umur yang telah lewat. Pagi hari saya lewati perganitian umur di puncak tertinggi Penang. Menikmati awan yang berarak dan melihat matahari pertama 30 tahun usia saya. Sore harinya saya habiskan waktu di pinggir dermaga klan jetty. Menatap matahari sore yang turun perlahan keperaduannya. Menutup hari pertama umur baru saya. Di sini saya menulis banyak pencapaian yang ingin saya rengkuh. Terasa sekali terang dunia yang sudah tampak di depan mata. Damai sekali hati saya duduk di dermaga ini, melihat matahri tenggelam dari balik kelenteng tepi laut.

Menyusuri tepian pantai di Krabi
Pagi di Krabi
Krabi, kota pantai di Thailand selatan. Tempat saya dan bunda menghabiskan tahun baru bersama. Selalu membuat saya selalu mengenang orang tua yang tinggal satu-satunya. Tempat ini selalu mengingatkan saya betapa besar pengorbanan untuk anaknya. Orang tua tunggal dengan 4 anak untuk dibesarkan, bukan pekerjaan mudah. Saya selalu melakukan intropeksi dalam dengan perjalanan hati saya. Tempat ini punya ikatan emosional besar dalam hidup. Semalaman kami habiskan hingga subuh menjelang, berdua bersama dan bercerita tentang masa lampau yang selalu terkenang hingga kini. Ikatan ibu dan anak yang manis di tepi pantai sembari melihat bulan bersinar terang. Bulan yang selalu setia kepada bumi dan matahari. Seperti Ibu yang selalu cinta pada suami dan anaknya.

Pagi Hari saat kesibukan mulai terasa
Pagi Hari saat kesibukan mulai terasa
Perjalanan 3 kota ini menjadi perjalanan jiwa yang dalam. Ulang tahun ke 30 ini memang sungguh berkesan dan punya makna dalam untuk saya. Pengalaman paling membahagiakan, menyenangkan dan berkesan. Perjalanan sendiri yang penuh penghayatan diri. Belum pernah saya melakukan ini sebelumnya. Seperti napak tilas dan merenung hidup yang penuh warna. Dinamis seiring waktu. Bergolak, bergoncang kesana kemari namun mampu kembali meniti dengan pasti. 
Ulang Tahun tidak perlu dirayakan berlebihan, menurut saya bukan acara atau pestanya yang seru tapi doa dan ucapan dari teman, kerabat dan handai taulan yang beragam.

Ini cerita ulang tahun paling membahagiakan ku, kalau kamu?

35 komentar:

  1. Gue juga lagi menyiapkan semacam Birthday Trip kak, semoga terwujud. Amin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin kak oki, semoga terlaksana dengan baik yang punya kesan spesial ya :)

      Hapus
  2. menyenangkan sekali menghabiskan ulang tahun dan menikmati pergantian dari malam menjadi subuh...bersama ibu tercinta... Saya termasuk yang dibiasakan dalam keluarga untuk merayakan ulang tahun . Karena inti perayaan adalah untuk mengucap syukur dan bukan soal harus dapat kado atau besar2an... Thanks for sharing this with us

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih ibu Ria , saya lebih suka mengintip setiap doa yang diucapkan, karena itu sangat berharga buat saya, walaupun cuma ucapan dan doa

      Hapus
  3. Balasan
    1. ngga mesti harus di rayakan kak min. napak tilas aja kaya saya hehehe

      Hapus
  4. tempat yang dikunjungi keren-keren , jadi pengen trip juga jadinya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak ajak ya kak rudi. ngetrip rame rame ama anak WB hehehe

      Hapus
  5. Aaaaaakh traveler sejati, ulang tahun dirayakan dengan jalan-jalan ya Mas :D hihi aku kalau ulang tahun nggak ngerayain atau nggak kemana-mana mas :' bukan apa-apa sih :p karena nggak punya duit aja *MAKANYA NABUNG* *Oke* wkwkw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha tenang mas, setiap orang pasti punya masanya, ntar giliran saya yang ngeliatin masbro jalan jalan saat ulang tahun

      Hapus
  6. Sampai sekarang saya belum pernah merayakan ulang tahun. Btw sukss artikelnya ya, jangan lupa kunjungan baliknya :-_

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pikir dengan bersyukur saja kita sudah merayakannya kok mas. senang dan bahagia :)

      Hapus
  7. Happy milad buat seluruh fasilitator, senang deh bisa jadi bagian grup keceh dan kenal orang-orang keceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kakak keceh, semoga WB semakin keren dan sakseis selalu

      Hapus
  8. Lg edisi Kudet, hingga ada event utk ULtah Wb pun terlewatkan.

    Napak tilas di ultah, belum pernah. DUlu2 kalau pergantian usia saya tandai dgn melekan, nulis atau apa gettu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe next tahun depan semoga tidak terlewatkan untuk ikutan acara WB hehehehe

      Hapus
  9. Aduh seru sekali kang bisa menikmati indahnya mentari pagi, jadi kepengen coba nih merasakan rasanya gimana bisa menikmati mentari pagi pasti asoy geboy nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambil olahraga kang arul. pasti seger sekaligus bahagia. menyenangkan sekali lho

      Hapus
  10. bangun pagi banyak bahagianya... asoy geboy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, saya suka sekali bangun pagi, seger dan sehat

      Hapus
  11. Melankolis sekali ya merayakan ultah dengan cara yang tak biasa. Yang penting bersyukur dan semoga usianya selalu bermanfaat. Saya juga ngga pernah merayakan ultah, tapi setiap ultah selalu berdoa semoga diberi usia yang cukup saja dan barokah dunia akhirat. Bukan usia yang panjang tapi merepotkan anak *eh, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... umur panjang berkah mbak hehehe. Orang tua itu luar biasa, ngga hanya anak diurusin sampai cucu bahkan cicit kalau bisa ya diurusin juga

      Hapus
  12. asyik banget, jln2 sendiri pas ulang tahun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Nath..... cobain dh sekali kali yak

      Hapus
  13. Sebelum saya ucapkan SELAMAT ULANG TAHUN untuk Mas Eko dan WARUNG BLOGGER. Semoga mas Eko dan warung blogger selalu sehat dan jaya. Amin

    Saya belum pernah merayakan ultah (seingat saya).

    Merayakan Ultah dengan pesta atau tidak sama saja. Mau dibikin pesta ya monggo tidak pun tidak apa-apa. Karena tidak diwajibkan. Namun yang paling penting adalah bukan perayaannya, tapi maknanya yaitu sebagai pengingat bahwa kita telah bertambah usia. Dengan semakin bertambahnya usia, berarti sisa hidup kita semakin berkurang.

    Selain itu juga hendaknya kita jadikan sebagai evaluasi diri tentang apa-apa saja yang telah kita kerjakan sampai saat ini supaya kedepannya lebih baik lagi. Itu menurut saya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mas Sonny, saya setuju ,as. Apalagi kalau melihat ucapan-ucapan teman teman. banyak doa yang diberikan. rasanya bahagia

      Hapus
  14. cakep foto mataharinya, pas sama moment ultah, btw sama dong udah kepala 3 hehe, happy birth day untuk Warung Blogger sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe thanks oak Evrina. kepala 3 adalah awal yang baru dengan petualangan yang baru :)

      Hapus
  15. kalo eike ultah dalem goa, keren kan :p
    hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren mas Kempor, saga ikutan dong... wisata dalam gua

      Hapus
  16. sama mas, aku juga tipe orang yang kurang terlalu perhatian sama yang namanya ulang tahunku sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe yang penting bersyukur ya mas Yadi. semoga terus happy, berapapun umurnya

      Hapus
  17. Seru pastinya itu, kalau lagi liburan panjang sih mau deh saya kesan buat cari-cari inspirasi. makasih banget mas berbagi keindahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas Adam. semoga saya terus bisa berbagi bahagia dengan semua orang

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.