Adv

Goyang Lidah sembari Ngeremes Ayam Ala Solo.


Saya tahunya ada dua cabang Ayam Kremes Solo di Pontianak ini. Kebetulan saya seringnya bertandang ke Ayam Kremes Solo yang berada di Jalan Sutan Syahrir Abdurahman. Biasanya pesanan saya tidak jauh dari paket ayam kremes bertabur kremesan gurih ditambah lalapan dan sambal. Jarang sekali memesan yang lain. Sedangkan untuk lokasi kedua berada dijalan Jawa. Beberapa kali lewat tapi dalam keadaan tidak beroperasi. Saya pikir awalnya sudah tutup namun suatu sore akhirnya kesampaian juga untuk mlipir kesini. Kebetulan buka dan sayapun “nemplok” kesini, Ayam Kremes Khas Solo Jalan Uray Bawadi/Jalan Jawa no 18.

Aksesoris Sepeda

Lokasi
Rumah beratap joglo dengan sekat dan dinding bambu terkesan “njawani” tidak lupa ornamen yang dipajang di deket pintu masuk. Sepeda ontel yang antik dipajang di atas pagar. Ada dua tipe menikmati makan disini, di balai-balai bambu sembari lesehan atau dimeja panjang dengan bangku kayu yang berat. Saya pilih opsi meja panjang. Hari beranjak sore dan lampu mulai dinyalakan, suasana menjadi temaram dengan lampu yang tidak terang. Tempatnya terkesan tua dan kusam. Kok jadi seram yak?
Ayam Kremes Andalan
Sup Ayam
Pramusaji datang dan menyodorkan menu, beberapa menu jawa menghiasi tulisan disini. Timlo, Sup, Ayam Bakar Kremes dan Cumi goreng tepung dan ada menu barat yang asumsi saya sudah di buat lebih ‘njawani’ yaitu steak dengan tambahan taburan keju. Saya pesan semuanya ditambah dengan jus mangga. Sengaja memesan agak banyak karena beberapa teman juga akan datang menyusul untuk menikmati makan malam ini. Agak lama menunggu dan sepertinya agak keteteran karena ada beberapa menu yang agak lama bahkan terlewatkan dan perlu diingatkan beberapa kali.

Timlo
Makanan datang dalam selang 20-30 menit. Cumi gorengnya seharga 13K terasa garing dan renyah serta sambalnya pedas menusuk lidah! Sedap sih sambalnya sayurannya juga banyak. Harganya terbilang murah. Sup sayurannya disajikan dengan kentang dan wortel serta bihun ditambah dengan potongan sosis. Rasanya gurih agak keasinan, saya tidak merasakan rasa spesial. Baru kali ini saya disajikan sup diatas piring. Sup ini memang affordable price hanya 9K lumayan sih tapi harus dinikmati dengan nasi panas. Ada lagi Timlo nya. Mungkin ingin mengadopsi kenikmatan solo untuk dipindahkan ke Pontianak. Timlo Solo tentu menggunakan sosis solo dan telur pindang, tambahan lainnya adalah hati ampela dan kentang serta wortel biasanya ada sambal kecap yang ditambahkan. Kaldu yang disiramkan diatas campuran ini.

Chicken Steak
Bagaimana dengan Timlo ala Pontianak, saya melihat hampir sama dengan sup sebelumnya hanya ada tambahan telur pindang dan potongan ati ampela tanpa sosis. 15k untu porsi yang disajikan dalam piring ini. Lumayan buat sekedar iseng mencoba dan kemudian berlanjut dengan ayam bakar kremes seharga 19K satu paket bersama nasi, kremes gurih dan krispi plus sambel bajak cabe yang sedep! Ayamnya lembut berbumbu hingga merasuk ke daging. Saya tidak komplain dengan rasanya. Nikmat ditambah dengan cocolan cabe yang pedas memperkaya rasa. Apalagi dinikmati dengan kremesnya. Sedep maaak!

Cumi Goreng Krispi
Beda lagi dengan steak ayam yang disajikan. Dada ayam digoreng dengan tepung kemudian disajikan dengan sayuran (buncis, wortel dan kentang goreng) yang ditumis sebentar lalu kemudian disiram dengan saus gurih yang cenderung manis (mungkinkah karena menghadirkan rasa ‘njawani’?). Harga dan rasa berbanding lurus, hanya 16K apalagi dengan taburan keju yang berlimpah ruah. Kalau masalah rasa memang agak melenceng dari steak kebanyakan tapi masalah harga? Sangat sesuai!

Juice Mangga
Memang ayam kremes solo terkenal untuk olahan ayamnya tapi untuk rasa makanan yang lain tidak dapat mengimbangi tapi untuk masalah harga, saya angkat jempol!. Tempatnya terlalu temaram, belum lagi bagian belakang didaerah deket toilet banyak tumpukan sampah dan tissue yang harus dibersihkan. Kesan kusam ini harus segera dijauhkan dari tempat makan. Ruang parkir yang luas dan nyaman. Nilai 7 dari 10 saya sematkan di tempat ini. Semoga saat saya datang kembali bisa berubah menjadi 9 dari 10. Selamat makan dan Salam Yumces!

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.