Adv

Gelora Punai Goreng Cabe Hijau di Bebek Bejo


Banyak penjual makanan bertemakan bebek. Produk berprotein tinggi ini tentu banyak peminatnya. Tidak gampang mengolah bebek, salah sedikit bau khas amis daging bebek tentu akan sangat mengganggu nafsu makan, belum lagi daging bebek lebih alot dari pada ayam. Tentu mengolahnya harus ada teknik khusus dan bumbu tertentu yang membuat makanan ini tambah sedap. Salah satunya yang mengolah bebek menjadi olahan nikmat adalah Bebek Bejo. Ada dua cabang yang beroperasi di Pontianak. Di Jalan Jawa dan di Jalan Pattimura. Saya sudah pernah berkunjung di cabang Pattimura saatnya saya mencoba di Jalan Jawa atau Jalan Uray Bawadi. Agak susah mencari nomornya.
Pilih menu dull yuk
Saya pernah menulis tentang sambal cabe hijaunya yang pedas menggelora membakar saluran pencernaan dan nikmatnya membuat lupa akan pedasnya. Selain menu bebek goreng yang gurih dan krispi merasuk hingga ke dalam, masih ada banyak menu yang lain seperti mie ayam dan ceker yang pedesnya bikin kemringet dan es tehnya habis dua gelas tapi berhubung suka pedas jadi itu semua bukan masalah! Masih tetap bisa ditoleransi dengan bahagia dan penuh senyum. Saya selalu inget saat masuk ke Bebek Bejo di Pattimura maka akan disambut bunyi kweeek kweeekkk kweeekkkk.....

Mau?
Seberapa beruntung sih setelah kita makan disini? Sayapun tidak pernah mencoba untuk mencari tahu. Tapi kali ini saya tidak menikmati bebeknya tapi mencoba menu burung punai. Saya sendiri takut takut ngeri tapi kalau tidak dicoba siapa yang tahu? Ada 3 jenis famili punai yang biasa ditemui.

Rasakan Kelezatannya
Punai Daun
Punai Daun ialah burung kecil dalam keluarga merpati. Burung betina berwarna hijau pudar dengan bagian kerongkong yang pucat. Burung jantan mempunyai kepala berwarna kelabu,dada jingga dan bahagian belakang dan sayap berwarna merah tua.
Burung ini  biasanya ditemui dalam hutan dan belukar dan kampung-kampung yang terdapat banyak pohon. Makanannya ialah buah-buahan seperti buah jejawi dan buah mahang.

Punai Gading
Mempunyai jalur hitam yang sempit di bagian ujung ekornya. Burung betina mirip seperti Punai Daun tetapi bagian perutnya berwarna lebih kuning. Burung jantan mempunyai leher dan dada berwarna merah jambu dengan tompok jingga. Bagian belakang dan sayap burung jantan berwarna hijau.
Burung ini dijumpai di hutan,hutan bakau,belukar dan taman.   

Punai Tanah
Burung jantan dan betina berwarna hijau di bagian atas dan coklat kemerahan di bagian bawah. Burung jantan lebih berwarna-warni dari sang betina dengan lebih banyak putih di bagian kepala.
Punai Tanah tinggal di hutan,belukar,ladang karet dan kelapa sawait. makanannya ialah buah-buahan dan biji-bijian yang jatuh ke tanah. kadang-kadang burung dapat dilihat terbang melintasi perumahan dan kota.

Lumur cabe hijau
Burung ini gampang ditemui karena sejenis merpati rasanya hampir mirip. Sebelumnya burung ini sudah diungkep dan dibumbui baru kemudian di tusuk dengan lidi agar bisa digoreng kering. Keringnya sampai ketulang. Bumbunya full meresap namun kalau tidak dimakan dengan nasi mungkin sedikit asin. Cobalah untuk mencocol kesambel cabe hijaunya. Pedasnya bikin keringetan sedep. Dihargai 15K/ekor dan pastinya siapkan 2 gelas es teh manis atau hangat untuk menemani memadamkan pedasnya.

Punai Goreng
Lokasinya luas dan mejanya juga banyak, ada yang lesehan ada juga konsep meja bangku panjang yang disediakan untuk beramai-ramai. Selamat menikmati perjalanan kuliner pedas dengan rasa yang boleh diadu. Nilai 7 dari 10 saya sematkan untuk makanan ini. Selamat bereksplorasi dan salam Yumces.









Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.