Adv

Kebiasaan Paskah di Berbagai Negara


Paskah adalah hari raya penting bagi umat Nasrani  karena pada hari itu Yesus Kristus bangkit dari kubur yang mendandakan bahwa Yesus Kristus hidup sampai sekarang. Nggak heranlah kalau di berbagai belahan dunia, orang-orang Kristen-Katolik menyambut hari raya Paskah dengan sangat antusias. Mereka berdoa khusuk di gereja, mengadakan ritual keagaamaan seperti tertulis dalam Al-Kitab, mengadakan karnaval keagamaan sampai berpesta menyambut kemenangan. Ini dia di antaranya.

Argentina
Prosesi Paskah di Argentina
Warga Argentina, terutama Argentina Utara merayakan Paskah dengan bekerja bakti membersihkan rumah. Meteka mengecat putih rumahnya. Hal itu dimaksudkan untuk mengusir roh-roh jahat. Dentingan musik dari charango (sejenis ukulele) dimainkan. Ramuan dua minuman aloja dan chichi dibuat dalam jumlah besar. Mereka menyelenggarakan karnaval. Persiapan karnaval dimulai ketika kacang algarroba sudah masak. Mereka memakai mereka topi dan ponco. Pada hari Kamis diadakan upacara tincunaco. Para ibu dan nenek dikumpulkan membentuk lingkaran.  Mereka kemudian bertukar boneka atau kado.
Pada hari Minggu karnaval mencapai puncaknya. Yang perempuan mengenakan pakaian tradisional berikut topi putih dan wajah yang dututupi dengan adonan tepung.  Mereka menyayikan lagu-lagu daerah dengan naik kuda. Akhir karnaval diakhiri dengan mengubur boneka Pukllay yang terbuat dari kain, sebagai simbol akhir dari karnaval.

Jerman
Pohon Telur
Selama Paskah rakyat Jerman  memeriahkannya dengan permainan tradisional, libertas decembrica (semacam bola tangan) yang disertai dengan tarian. Para uskup dan biarawan pun ikut gabung bersama-sama jemaat lainnya. Mereka melayakan Api Paskah di malam hari. Acara ini berupa pembakaran pohon Natal yang sudah tidak dipergunakan. Api Paskah dimaksudkan untuk membersihkan diri dari kesalahan-kesalahan di musim dingin untuk pindah ke musim semi. 
Karnaval tradisional Jerman
Di beberapa daerah di Jerman, kulit-kulit telur yang kosong digantungkan pada pohon-pohon sepanjang Pekan Paskah, mirip pohon Natal.  Di hari Minggu adalah hari keluarga. Mereka membuat hidangan kue  khusus yang berbentuk seperti anak domba dan telur rebus berwarna-warni. Di sebuah  desa di Oberammergau, diselenggarakn drama Paskah yang menceritakan   tentang penyaliban, penderitaan dan kematian Yesus Kristus.  1200 penduduk desa sekitar  ikut memainkan drama selama 6 jam itu. Hari sebelum sebelum Prapaskah   mereka mengadakan karnaval yang disebut Fasching.  Pada parade ini orang-orang  memakai  topeng dan berukuran raksasa kepala papier mache, kadang-kadang  ukurannya 2 kali tubuh mereka. Pakaian tradisional pun meramaikan karnaval.  Makanan khas Paskah di Jerman bernama Cruller, sejenis donat tapi tebal.

Italia
Karnaval Penyesahan Yesus
Di Itali, lonceng gereja berbunyi sukacita sepanjang tahun. Tapi lonceng berhenti  berdering pada Kamis sebelum Jumat Agung. Orang-orang berdoa khusuk beberapa hari pambil mengingat kematian Yesus Kristus. Pada Minggu pagi Paskah, lonceng berbunyi keras, memberitahu orang-orang bahwa Yesus Kristus telah bangkit. Ketika orang mendengar lonceng, mereka mencium dan memeluk satu sama lain sebagai tanda suka cita.
Mardi Gras di Itali
Di hari Minggu Paskah anak-anak bangun lebih pagi dari biasanya. Untuk mengumpulkan sebanyak mungkin telur-telur yang  berserakan kamar dan  di sarang-sarang buatan yang terdapat di taman. Orangtua bilang lepada anak-anaknya bahwa  telur-telur dibeli dari Roma.  Prapaskah diawali dengan karnaval dengan kontes  bermacam-macam  seperti tarian dan  musik. Bagian penting dari karnaval adalah memakai masker. Orang memakai semua jenis masker. Salah satu fitur yang paling menarik dari festival ini adalah kematian karnaval.  Di mana "Raja Karnaval"  yang dibuat dari jerami diisi dengan petasan, lalu dibakar pada tengah malam. Bunyi petasan memecah keheningan malam. ”Raja Karnaval” diidentikan sebagai  pria gemuk. Gemuk adalah simbol dari makan dan minum  selama Prapaskah.  Mungkin artinya selama  perayaan Paskah jangan terlalu banyak makan.

Belanda
Hidangan Paskah
Sebelum puasa dimulai masyarakat Belanda menyelenggarakan karnaval yang dinamakan Vastenavond. Perayaan dimulai pada Minggu dan berlangsung hingga 3 hari. Pada Minggu Paskah ada makanan khusus Paskah. Meja-meja dihiasi dengan telur berwarna-warni dan bunga musim dingin. Ada makanan tradisional yang disajikan khusus saat Paskah, namanya Paasbrood, ialah roti manis dengan kismis. Di beberapa desa menyalakan api unggun saat Paskah. Mereka berusaha menyalakan api di bukit yang paling tinggi. Setiap desa berusaha mengalahkan satu sama lainnya  dengan menyalakan api unggun terbesar dan yang lebih baik dari tetangganya.

Austria
Paskah Austria
Masyarakat Austria merayakan Paskah dengan menggelar  Festival Paskah di kota Salzburg, yang dimeriahkan dengan pagelaran musik klasik dan opera. Mereka mewarnai telur-telur yang sudah kosong dengan warna dominat merah yang kemudian dihadiahkan kepada anak-anak. Selama perayaan anak-anak bermain Egg Knocking Game.  Telur berwarna hijau mereka pergunakan saat Kamis Putih. Mereka  juga memasak Cullers.

Irlandia
Minggu Paskah Irlandia
Paskah di Irlandia punya banyak cerita. Selama Pekan Suci anak-anak Irlandia mengumpulkan telur-telur angsa dan bebek. Sepanjang pekan itu juga mereka membuat sarang-sarang kecil dari batu. Anak-anak mencari telur sebanyak-banyaknya dan menyimpannya dalam sarang-sarang tersebut. Puncaknya, hari Minggu, mereka memakan telur-telur itu dan membagikannya kepada adik-adik yang masih kecil. Orang-orang dewasa pun tak ketinggalan. Mereka juga  membagi-bagikan telur merurut golongan. Satu telur untuk  pria sejati, dua telur untuk pria terhormat, tiga telur untuk fakir miskin, empat telur buat pengemis.
Baju baru untuk Paskah
Minggu Paskah masyarakat Irlandia menari di jalan-jalan. Mereka bersaing untuk mendapatkan kue.  Sabtu Paskah ratusan lilin kecil yang telah diberkati  iman menyala di gereja. Jumat Agung adalah hari yang sangat serius di Irlandia. Orang makan sampai tengah hari, kemudian mereka pergi tanpa alas kaki. Di hari itu tidak boleh membunuh binatang, tidak boleh membakar kayu dan tidak boleh memotong kuku. Tidak boleh mengeluarkan suara keras, walau dari pabrik sekalipun. Tidak ada ikan. Semua orang makan setidaknya 1 telur pada saat Paskah. Di Sabtu Paskah ada prosesi ikan haring. Ini  dilakukan karena orang muak makan ikan terus selama Prapaskah.  Prosesi ini biasanya diadakan oleh tukang daging karean pendapatan mereka sangat sedikit  saat Paskah.

Armenia
Telur-telur Paskah Armenia
Saat Paskah masyarakat Armenia mengiahasi teluir paskah dengan gambar Yesus Kristus, Bunda Maria dan simbol-simbol keagamaan lainnya. Telur-telur yang sudah dihiasi itu kemudian dibagikan kepada anak-anak sebagai hadiah Paskah.

Australia
Berebut mengumpulkan telur
Saat Paskah di Sydney ada acara pertanian yang dinamakan Royal Easter Show. Mereka memamerkan hasil terbaik mereka seperti hewan ternak, parade pertanian, wahana, kembang api, makanan tradisional dan pertunjukan yang menyenangkan. Kelinci tidak populer di Australia mereka menganggap kelinci sebagai perusak tanaman dan vegetasi lainnya. Untuk simbol Paskah masyarakal Australia lebih menyukai Bilby. Di negeri Kanguru ini saat Paskah  anak-anak bermain Egg Knocking Game.
        
Belgia
Telur Paskah raksasa Belgia

Saat Paskah ada atraksi di mana seorang bapak tua terbang dengan membawa lonceng ke Roma untuk mengumpulkan telur yang dari Paus. Dan anak-anak pun menontonnya.

Brasil
Karvaval Paskah di Brazil
Sejak tahun 1950 desa Fazenda di Brasil menggelar sebuah drama Paskah yang emosional. Ribuan orang menyaksikan drama yang bercerita soal penangkapan dan penyaliban Yesus Krsitus. Sedangkan di Rio de Janeiro menyelenggarakan karnaval yang diadakan  sebelum puasa Paskah. Karnaval itu untuk  mengingatkan orang tidak makan dagiung selama pra Paskah. Mereka membuat kostum, memersiapkan musik, tarian dan parade. Ada tarian yang sangat terkenal di Brazil saat Paskah adalah Maracatu dan Frevo.  Pekan Suci di Brasil dimulai dengan  membuat salib dan banner-banner Paskah yang ditenun dari cabang pohon sawit. Jalan-jalan pun berhias. Saat karnaval ada seorang menggendong patung Maria dan Kristus. Makanan khas Paskah adalah Pacoca. Sedangkan hari Sabtu ada  karnaval untuk memeringati digantungnya Yudas Iskariot.Tradisi membuat telur Paskah juga terbiasa di Brazil. Telur-telur disebarkan di mana-mana sehingga pada pagi hari anak-anak berebut mencarinya. Tlur biasanya dibuat dari coklat. Masyarakan Brazil juga membagikan teur-telur coklat ini kepada para tetangga.

Inggris
Telur Paskah Inggris
Drama penyesahan Yesus
Saat Paskah di hari Minggu, ada tarian yang dilakukan oleh para penari Morris. Sebetulnya tarian ini adalah tarian kuno yang diadakan saat musim semi.  Para penari memakai celana pendek putih, ikat pinggang merah, celana panjang hitam dan topi jerami dengan banyak bunga dan pita pada badan mereka.  Saat Paskah orang-orang Inggris juga membuat kue Simnel untuk teman minum teh. Awalnya kue Sinmel ini dibuat pada saat Hari Ibu. Di Inggris ada Senin Paskah dan Selasa Paskah. Mereka mengadakan berbagai macam festival di hari itu. Orang yang tinggal di Olney, sebuah kota di Inggris, lebih unik lagi. Pancake Selasa dirayakan dengan acara khusus. Mereka memegang kue dadar ras pada setiap Selasa Shrove. Kebiasaan ini sudah ada sejak  500 tahun silam.

Bulgaria
Menyambut Paskah di Bulgaria
Telur Paskah Bulgaria
Tradisi telur Paskah di Bulgaria berbeda dengan negara-negara lain.  Anak-anak dan orang-orang dewasa mengikuti permainan dengan melemparkan telur satu dengan yang lainnya. Pemegang telur yang tak terputus dan tak terlepas adalah pemenangnya. Mereka percaya bahwa pemenang ini akan menjadi orang sukses di antara keluarga di masa datang. Ada tradisi di mana wanita tertua dalam keluarga memolesi anak-anak dengan telur merah. Ritual ini konon sebagai simbol kebahagiaan dan kesehatan.  Tradisi yang tak pernah lupa adalah membuat Roti Paskah. Roti dibuat oleh semua wanita. Roti harus terasa gurih, manis, kaya rasa  dan kaya aroma.  Saat Paskah mereka mengucapkan   salam tradisional , “Christ is Risen” artinya “Kristus bangkit” yang kemudian dijawab dengan ”Indeed He is Risen!” yang artinya ‘Memang Dia bangkit!” Salam ini diucapkan selama 40 hari.

Kanada
Bersukaria saat Paskah di Kanada   

Di Quebec City masyarakat Kanada merayakan karnaval yang disebut, Karnaval Musim Dingin. Karnaval ini melibatkan acara olahraga besar dan olahraga khusus seperti skating, ski dan tobogganing.  Selama Prapaskah tidak boleh makan telur. Setelah puasa telur dimakan dalam sirup maple.

Chili
Karnaval di Chili

Hari MInggu sebelum Paskah masyarakat Chili merayakan Minggu Palma yang disebut, Domingo de Ramos. Perayaan di diadakan secara masal di beberapa tempat. Pada Jumat mereka bepuasa dengan lauk ikan sebagai pengganti daging. Ada program di radio yang disebut Mourning atau program Berkabung. Acara ini selesai sampai hari kebangkitan Yesus Kristus.

Cina
Kebaktian Paskah di Cina

Telur menjadi hadiah yang sangat menyenangkan saat perayaan Paskah. Orang-orang  Cina percata bahwa telur adalah lambang kesucian dan kesuburan. Sejak 3000 tahun yang lalu di Cina telur-telur  di cat merah sebagai hadiah  dalam berbagai acara pada festival musim semi.

Chekoslowakia
Rumah-rumah berhias menyambut Paskah
Karnaval Paskah di Cheko
Paskah di Chekoslowakia bernama Velikonoce. Di saat Paskah orang mengadakan berbagai macam festival. Mereka membatik telur-telur dengan gambar yang indah.  Mereka membuat roti Babovka. Makanan khas di saat Paskah adalah Mazanec, ialah adonan beragi yang diisi dengan almond, kismis dan citrun kemudian di oven.  Di Chekoslowakia  ada Senin Paskah (Easter  Monday) dan Minggu Paskah (Easter Sunday).   Senin Paskah dinamakan Whipping Monday. Di hari ini anak-anak bermain dengan mengancam gadis-gadis dengan menggunakan ranting kecil. Di jaman Semarang Senin Paskah digunakan untuk acara open house. Setiap orang boleh  datang dalam pesta tersebut.

Mesir
Paskah Kristen Ortodoks Mesir
Pra Paskah Gereja Koptik Mesir berlangsung selama 55 hari. Tidak ada daging, susu dan telur selama Prapaskah. Di saat Pekan Suci itu mereka hanya makan  sayuran dan kacang-kacangan.  Pada hari Minggu Palma gereja dihiasi dengan telapak tangan dan bunga. Anak-anak diberi daun palem. Mereka diberkati dengan air suci oleh Pastur atau Pendeta. Selama Pekan Suci itu orang-orang pergi ke gereja setiap hari. Ketika tiba hari Paskah, lonceng gereja pun berbunyi sebagai tandaYesus  Kristus telah bangkit. Di saat itu dibarengi dengan prosesi lilin yang menyala. Senin Paskah merupakan libur umum. Karena pada hari itu ada acara festival musim semi kuno. Di saat itu orang-orang berkumpul sambil bertukar  telur yang sudah diberi berbagai macam warna. Acara ini meriah banget.

Ethiopia
Riuhnya Paskah Ethiopia
Di saat Paskah di Ethiopia ada festifal yang dinamakan Fassisca. Festival  ini untuk memeringati Yesus Kristus bangkit dari kubur setelah disalibkan.  Minggu Palem atau Hosaina terjadi pada Minggu sebelum Paskah. Hari itu adalah awal Pekan Suci. Orang-orang merayakan kisah Yesus  pada waktu naik keledai. Orang-orang memakai ikat kepala dari daun kelapa untuk mengingatkan daun palem yang diletakan di tanah untuk jalan Yesus saat naik keledai ke Yerusalem. Pada perayaan Paskah orang-orang Ethiopia mengenakan baju putih yang disebut Yabesha Libs. Selama Paskah itu mereka membuat kue khusus yang disebut Dabo dalam ukuran besar.

Perancis
Telur coklat di Perancis
Di Perancis lonceng gereja berbunyi sepanjang tahun. Tetapi lonceng itu berhenti berdering pada Kamis sebelum Jumat Agung.  Pada Minggu Pagi, lonceng kembali berdentang dengan kerasnya.  Hal itu mengingatkan kepada orang-orang bahwa Yesus Kristus tekah bangkit.  Begitu mendengar lonceng, orang-orang saling berpelukan dan berciuman pertanda mereka berbahagia karena Tuhan bangkit. Di Munggu Paskah anak-anak bangun lebih pagi.  Mereka menemukan telur-telur berserakan di kamar. Telur itu juga terdapat pada sarang-sarang yang ada di kebun maupun kamar. Di beberapa daerah Perancis, anak-anak  menaiki kuda putih  untuk  menarik sekeranjang telur Paskah.  Ada permainan di aman anak-anak melemparkan telurnya  ke udara. Bagi yang telurnya jatuih kena denda. Paskah di Perancis hampir sama dengan Italia.

Yunani
Berpesta penyambut Paskah di Yunani
Malam Paskah di Yunani
Di Hari Paskah ada kebiasaan bertukar telur di Yunani. Telur-telur itu sudah dicat berwarna-warni.  Orang-orang membawa-bawa telur itu di hari Minggu saat mau ke gereja. Kalau bertemu dengan orang yang mereka kenal, mereka saling mengetuk telur sambil berkata,  ”Kristus telah bangkit” Orang Yunani makan roti  bulat datar dengan tanda salib yang dihiasi dengan telur merah Paskah. Makanan ini  dinamakan Christopsomon.  Hari Sabtu adalah hari bahagia. Gereja-gereja berhias. Mereka mengadakan pesta bersama. Di malam Paskah gereja-gereja amat padat. Mereka  semua menyalakan lilin. Pada  tengah malam semua lampu dimatikan.

Hungaria
Ducking Monday Hungaria
Seminggu sebelum paskah adalah hari aktivitas menyambut Paskah. Para wanita membersihkan rumah dan membuat kue. Telur direbus dengan beraneka macam warna. Kemudian telur-telur itu dilukis dengan gambar-gambar atau ornament yang rumit. Senin Paskah Hungaria disebut Ducking Monday. Anak laki-laki menyirami anak perempuan air atau dengan parfum. Gadis-gadis harus menghargai laki-laki yang menyemprotnya dengan parfum dengan memberikan telur Paskah.  Di Senin Paskah itu hotel-hotel menghidangkan kue-kue tradisional buat para tamu.
          
 

Israel
Prosesi Paskah di Israel
Di israel Orang-orang Katolik dan Kriste Protestan merayakan Paskah di hari yang sama. Tetapi orang-orang Kristen Orthodok atau  merayakannya dua minggu sesudahnya. Saat Paskah orang Israel mengadakan prosesi rute perjalanan Yesus Kristus  ke Golgota, Rute ini disebut Dua Belas Jalan Salib. Para peziarah dari seluruh dunia yang datang ke Israel melakukan acara suci ini. Pada pukul 1 sore (13.00) pada Minggu Paskah, Imam masuk ke dalam makam Yesus. Lampu makam di matikan. Setelah itu Imam keluar makam dengan obor yang menyala. Konon, obor itu menjala sendiri secara ajaib.

Libanon
Bocah Libanon di gereja
Beberapa hari menjelang Paskah anak-anak Libanon mengumpulkan telur,  mewarnainya  dengan berbagai macam warna, coklat,  hijau, kuning dan merah.  Teur-telur itu akan digunakan untuk main Egg Knocking Game. Kue  khas Paskah di Libanon namanya, Maamoul, yaitu kue kecil yang dibalut dengan gula halus, lalu ditaburi biji  kenari.  Biasanya beberapa keluarga patungan untuk membuatnya . Ada yang membuat adonan, bagian dekorasi adonan, dan keperluan pembuatan kue lainnya. Ratusan kue yang sudah jadi diletakkan di atas nampan yang sudah dialasi dengan  kertas putih, kemudian mereka membawa ke toko roti untuk dimasak. Setiap keluarga menghidangkan Maamoul di atas nampan lebar untuk para tamu.
Gadis Libanon menyambut Paskah
Orang-orang ke gereja di hari Minggu dengan memakai baju baru, sepatu baru atau barang lain yang baru. Di gereja mereka mengikuti upacara yang disebut Shanineh, adalah prosesi anak-anak yang membawa lilin di pundak orangtua mereka masing-masing.  Lilin-lilin tersebut dihiasi dengan bunga dan pita. Selama Prapaskah orang-orang tidak makan daging dan produk hewan lainnya.  Pada Minggu Paskah ada hidangan dari kalkun atau ayam yang diisi dengan kacang. Lauk ini dimakan dengan nasi. Sedangkan sore harinya mereka pergunakan untuk mengunjungi  sanak saudara dan kerabat sebanyak mungkin.

Malta
Paskah di Malta
Kostun tradisonal Malta
Di Malta hari raya Paskah adalah hari perayaan besar. Gereja-gejera berhias dengan indahnya, rumah-rumah kelarga ditata dengan rapi. Sebelum puasa Paskah masyarakat Malta mengadakan karnaval. Tiap-tiap orang mengunjungi 7 gereja untuk memberikan penghormatan dan menawarkan menjadi relawan saat Kami Putih. Gereja mengadakan prosesi yang dipimpin oleh imam yang membawa salib. Selama Prapaskah lonceng gereja tidak dibunyikan sampai hari Sabtu Paskah.



Meksiko
Passion Play
Karnaval Paskah Meksiko
Masyarakat Meksiko memeringati hari raya Paskah dengan mengadakan ritual  yang sama dengan perjalanan Yesus Kristus menuju penyaliban, yang dinamakan Passion Play.  Yaitu mulai dari Perjamuan Terakhir, Pengkhianatan Yudas Iskariot, Penghakiman, Prosesi 12 Jalan Salib, Penyaliban dan Kebangkitan.  Orang-orang yang ditunjuk memersiapkan peran mereka sesuai dengan Al-Kitab. Konon, persiapan ini dilakukan selama 1 tahun. Pawai yang diadakan saat Jumat Agung adalah yang paling menguras air mata. Pawai dilakukan di pagi hari, melalui jalan-jalan gelap yang diiringi dengan tabuhan lembut drum dan lonceng gereja yang berbunyi perlahan. Syahdu. Orang-orang berparade membawa patung Yesus Kristus dan Maria. Mereka menyanyiakn lagu-lagu sedih. Setiap orang bersedih pada hari itu. Tetapi dua hari kemudian, yaitu Minggi Paskah, orang-orang berbahagia lagi karena Yesus Kristus bangkit dari kubur. Haleluya!

 

Polandia
Pastur memberkati Keranjang Berkat
Watering di Polandia
Polandia menyiapkan hari raya Paskah denagn membuat Keranjang Berkat (Blessing Basket).  Di dalam keranjang diisi telur beraneka warna, roti, kue, garam, kertas dan sosis berwarna putih. Mereka kemudian membawa  keranjang itu ke gereja untuk diberkati.          Ada tradisi yang disebut Watering (Penyiraman).  Di mana semua orang saling memercikkan air atau parfum.  Hal itu diartikan sebagai pembawa kesehatan bagi semua. Selama lebih 800 tahun di Polandia saat Senin Paskah ada acara yang namanya "Switching Day", di mana anak laki-laki  memukul pacar mereka dengan ranting kecil. Pada Selasa Paskah, saatnya acara gadis-gadis yang ingin menolak cowok. Saat Paskah masyarakat membuat  kue seperti roti yang berbentuk rok petani. Sedangkan telur dihias dengan benang  karpet.

            
 Rumania
Rumania berhias menyambut Paskah
Gadis Rumania menyambut Paskah
Paskah di Rumania sangat meriah. Orang-orang membersihkan rumah, memakai baju baru, melakukan ritual mandi sebelum ke gereja. Meja penuh dengan aneka hidangan baik berwarna cerah. Telur dicat barwarna-wanri mengiasi meja makan. Anak-anak bersukaria mencari telur-telur yang diletakkan tersembunyi di rumput taman. Semua orang mengenakan kostum nasional mereka dengan membawa lilin menyala. Misalnya, yang petani memakai baju petani.  Mereka kemudian pergi ke gereja. Di tengah malam di gereja mereka mengucapkan, ”Yesus Kristus telah bangkit dari antara orang mati. Di mana-mana, di sekitar gereja sampai  di perbukitan  masyarakat Rumania memutar lagu pujian untuk Yesus Kristus.



Rusia
Kebaktian Paskah Rusia
Orang-orang Rusia pergi ke gereja pada malam Sabtu dan malam Paskah. Mereka menyanyikan lagu-lagu pujian  yang dipimpib oleh imam. Setelah itu imam memberkati  makanan rakyat. Setelah itu para jemaat pulang ke rumah dan mengadakan pesta bahagia. Di saat Paskah ada kebiasaan orang Rusia,  ialah memberikan telur kepada teman, keluarga atau kerabat dekat. Telur-telur itu dihias dengan gambar-gambar yang indah. Sambil  memberikan telur, mereka mengucapkan, ”Yesus Kristus telah bangkit”. 100 tahun yang lalu, sebuah pabrik perhiasan Faberge membuat telur Paskah yang indah yang terbuat dari emas, perak, berlian dan batu berharga lainnya. Minggu Paskah adalah hari bahagia. Meteka saling mengunjungi dan dikunjungi.


Peru
Badut2 Peru merayakan Paskah

Paskah adalah hari raya paling penting di Peru. Perayaan Paskah diselenggarakan pada hari Minggu suci. Patung Yesus Kristus berparade di jalan-jalan. Orang-orang mengenakan pakaian terbaik mereka. Pakaian tradisional dan beraneka topeng badut memeriahkan karnaval Paskah. Perayaan outdoor diisi dengan tarian dan pujian. Mereka berpesta sambil minum Chicha, ialah bir yang terbuat dari jagung. Besitos, ialah campuran susu kental dan kelapa kering dijual di jalan-jalan.







Spanyol
Bola telur di Spanyol
Pesta Paskah Spanyol
Pada Minggu Palma orang-orang pergi menginguti misa pagi di gereja. Anak-anak membawa daun palem untuk diberkati imam. Yang laki-laki membawa caabang yang sederhana sedangkan yang perempuan membawa cadang yang sudah dihias. Mereka menghiasi  diri mereka dengan hiasan-hiasan di baju masing-masing. Orang-orang kudus atau Pasos  berjalan-jalan mengenakan kostum berkerudung masyarakat tradisional.



Swedia
Anak Swedia menyambut Paskah
Ada takhayul yang melekat dengan Paskah di Swedia. Mereka percaya bahwa selama seminggu Paskah aliran hitam dan penyihir sangat aktif mencobai manusia. Pada Kamis Putih para penyihir beraliran hitan tersebut terbang bersama sapunya didampingi setan dan hinggap di suatu tempat yang disebut Blakula. Oleh karena itu orang-orang harus berdoa denagn keras. Takhayul lain bercerita bahwa baik anak laki-laki maupun perempuan harus memakai pakian seperti pakain nenek-nenek tua, lalu  berkunjung ke para tetangga. Mereka meninggalkan kartui kecil yang berhiaskan huruf Paskah. Ketika kembali anak-anak ini berharap untuk mendapatkan uang atau permen. Kebiasaan mengirimkan Surat Paskah ini berkembang di Swedia Barat. Surat-surat Paskah diselipkan di kotak surat atau di bawah pintu. Identitas pengirim dirahasiakan. Telur Paskah juga umum di Swedia. Mereka menggambar telur-telur dengan hiasan yang indah dan cantik.



Ukraina
Telur  Raksasa Ukraina
Pastur Ukraina memberkati makanan
Di saat Paskah masyarakat Ukraina menghias telur dengan cara unik yang disebut, Pysanky. Telur-telur dihias dengan indah denagn menggunakan lilin lebah. Setelah dihias dengan lilin lebah, telur dicelupkan ke dalam pewarna. Pola untuk disain telur  halus dan rumit. Pola itu diajarkan orangtua dan diturunankan  kepada anak-anaknya. Kebiasaan ini terjadi  selama bertahun-tahun. Selama Prapaskah masyarakat Ukraina membersihkan rumah mereka, mengecatnya dengan cat berwarna putih. Tidak ada sampah selama Paskah. Dalam menyambut Paskah orang-orang menyelesaikan pekerjaannya sebelum hari Kamis karena mulai Kamis orang dilarang bekerja. Pada malam Kamis Putih orang-orang pergi ke gereja dengan membawa lilin. Hari Jumat orang masih tidak boleh bekerja sampai Minggu Paskah menunggu dibunyikannya kentungan dari gereja.  Pada Minggu Paskah lonceng gereja dibunyikan sepanjang hari yang menandakan hari itu adalah Hari Besar.

          

Uruguay
Montevideo Uruguay

Dalam menyambut Paskah sebagian besar perusahaan di Uruguay tutup selama seminggu.  Sedangkan karnaval resmi diadakan dua hari sebelum Rabu Abu. Jalan-jalan dihias, orang-orang berjalan-jalan menikmati indahnya kota. Parade diisi dengan orang-orang bertopeng, menyanyi dan menari dengan suka cita. Pesta Paskah terbesar biasanya diadakan di Prado, Montevideo.

          
 



Amerika Serikat
Pesta Paskah Amerika
Topi Paskah Amerika
Paskah di Amerika  dirayakan dengan ibadah di gereja atau perayaan bersama keluarga. Pada hari Minggu
Paskah di kota-kota besar  diadakan parade  yang diisi oleh orang-orang mengenakan baju terbaik mereka dengan  mengenakan topi Paskah. Parade dipimpin oleh orang yang membawa salib atau lilin.  Karnaval paling terkenal adalah  Mardi Gras yang diadakan setiap tahun di New Orleans. Semua orang berdandan dan bergabung dalam kegembiraan. Band-band ikut meramaikan acara. Makanan Paskah di Amerika adalah kalkun panggang, kentang dan sayuran.  Saat Paskah anak-anak Amerika  memainkan game Easter Egg Roll.


Indonesia
Via Dolorosa di Indonesia
Perayaan Paskah di Indonesia diadakan di gereja masing-masing. Umat Katolik di Indonesia memeringati Paskah mulai dari Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung dan Minggu Palem. Ada gereja ayng mengadakan prosesi Via Dolorosa, ialah prosesi seperti yang dialami Yesus Kristus menuju penyaliban.  Sedangkan umat Kristen Protestan mengadakan ibadah di pagi hari. Dimulai hari Jumat dengan Perjamuan Kudus.  Beberapa gereja memeringati hari Paskah dengan menyelenggarakan seminar keagamaan atau seminar untuk membangun kehidupan umat menjadi lebih baik. Ada gereja yang mengadakan kebaktian padang atau  kebaktian di arena terbuka di luar gereja. Ada  juga yang mengunjungi panti asuhan, kerja sosial dan lainnya.  Semua dilakukan demi kemuliaan nama Tuhan.  Di Indonesia hari paskah libur mulai Jumat. Hari Senin beraktivitas seperti biasa.

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.