Sarapan Pagi Yuk


-->
Sarapan adalah sesuatu yang sangat penting agar kesehatan tubuh dapat terjaga dan kesehatan dapat terus dipertahankan. Hal sederhana yang seharusnya tiap pagi hari seharusnya dilakukan tetapi terkadang tidak karena berbagai macam alas an, seperti sedang diet atau tidak sempat. Padahal seperti kita ketahui bahwa semua alasan itu sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah.
 
Semisal mengatakan bahwa sedang diet, seperti kita ketahui bahwa sarapan pagi justru diwajibkan bagi yang sedang menjalankan diet. Banyak sekali pilihan makanan yang bisa menunjang diet seperti memakan sereal yang tinggi serat dan cukup karbohidrat atau sekedar menikmati susu, telur dan roti sebagai pilihan sarapan pagi. Jika sibuk sudah banyak makanan yang bisa dibuat dalam watu cepat, segelas minuman sereal cepat saji dalam kemasan sudah banyak yang bisa disebuh cukup dengan air hangat.

Mudah- mudahan sedikit tulisan yang saya kumpulkan dari berbagai sumber bisa menjadi bahan bacaan yang menarik dan tentu saja dapat menambah ilmu pengetahuan.
 
Apakah sering lelah, cepat ngantuk, loyo dan bermasalah berat badan?
Semua itu berawal dari SALAH dalam memilih sarapan. Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan.
Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi Pankreas lah yang mengatur semuanya!
Pankreas adalah organ di badan kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.
 
Apakah Anda Tahu????
Badan kita terdiri dari 100 trilyun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda. Dan itu harus kita penuhi!
Badan kita bangun di pagi hari dan menuntut 114 macam nutrisi. Dan… makanan apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari?
Sarapan Karbohidrat
Di pagi hari, karbohidrat simple (cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi) akan menyebabkan kenaikan level gula darah yang mendadak, yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Hasilnya adalah penurunan tingkat kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab Diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.
 
Tidak Sarapan
Saat Anda tidak sarapan, gula darah Anda akan turun/drop di bawah tingkat normal. Anda akan merasa kelaparan dan penurunan tingkat energi. Anda akan kembali mengonsumsi karbohidrat simple untuk mendapatkan peningkatan kadar gula dengan cepat untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang Anda alami. Karbohidrat simple ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan badan melepaskan jumlah insulin yang cukup besar. Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Hasilnya adalah penurunan kadar gula dalam darah dan keinginan untuk makan lebih banyak karbohidrat. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Dan siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.
 
So, Apa Kriteria Sarapan yang Baik?
Jawabnya adalah Sarapan Berdasarkan Protein. Sarapan seperti ini akan mensuplai badan kita dengan nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari. Dengan cara ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.
 
Jangan sampai tidak sarapan ya, karena sarapan sangat diperlukan agar tubuh dapat terus beraktifitas dan tentu saja tetap terhindar dari serangan penyakit.
Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.