Adv

Resto Fast Food Makanan Jepang < Hoshi Tei


Wuih.... Hari ini kepengen baget makan makanan Jepang nih... :z :z Udah nyampe ke ubun-ubun nih! Kangen juga ama masakan Jepang. Kalo dulu di Malang ada satu tempat langganan saya makanan Jepang, Adanya di Matos lantai 3. di Food Court. Roponggi namanya. Restonya menyediakan makanan Jepang tradisional, jadi agak susah nyari yang fusion disana. Rasa masakannya juga good taste, cuman buat blogger yang suka makanan yang rich taste akan agak sulit menikmati masakan jepang. ;) Alasannya simple, masakan Jepang mempuyai sedikit jenis rasa. Kalau dipilah-pilah, paling dominan adalah rasa Nori, Kecap Ikan, Wijen, dan Teriyaki dan ada sedikit rasa lain. Gimana dengan di Pontianak? saya temukan satu tempat. Masih ngga jauh-jauh dari Mall sih! Adanya di A. Yani Mega Mall. Lets Go Blogger!!! :~


Hoshi Tei, Resto Jepang yang lagi sering promo, terletak di Lantai 3 A.Yani Mega Mall. Tempatnya dibagi dua blog ;) hehehe blog luar dan blog dalam. maksudnya ada bagian dalam dan luar. Kali ini saya memilih duduk diluar ajah, sekalian bisa liat orang yang lalu lalang. Biar bisa penyegaran gitu deh! hehehe Setelah mbak pelayannya datang dan memberikan daetar menu. ada 2 menu yang saya pilih, pertama ada furay gozen dan kedua adalah califorian sushi fusion.
Wow menyenangkan sekali khan.. untuk katsu gozen ada beberapa jenis makanan untuk 1 porsinya. 1 potong chicken katsu, salmon katsu dan eby furay, sup tofu with nori terus, salad sayuran dengan thaosand island, nasi dan semangka plus cocolannya, tahousand island dan cabe botol. Untuk sushi nya sendiri ada 6 potong sedang dalam 1 porsinya plus cocolan wasabi dan thaosand island.
Katsu ato furai sendiri bearti sesuatu yang digoreng dengan balutan tepung panir, rasa yang ditimbulkan pasti gurih apalagi kalau ikan atau udangnya segar ditambah lagi dengan cocolan. Penambahan salad sayuran akan membuat minyak yang terasa dilidah akan hilang dan menjadi segar. Klo supnya memang terasa sangat sehat dan membuat rasa menjadi netral. tapi buat anda yang ngga biasa dengan rasa nori yang kuat dan rasa anyep justru akan membuat merasa tidak nyaman.
Terus gimana dong buat katsunya?? kali ini chicken katsu aja yah... ;)

Bahan:

Chicken katsu:
1 potong dada ayam, buang tulang, pipihkan, atau bisa diganti daging babi atau ikan salmon atau ikan lainnya yang berdaging keras
1/2 sendok makan kecap asin Jepang/Kikkoman
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam
1 siung bawang putih, cincang halus
1 butir telur, kocok
100 gram tepung terigu
100 gram tepung panir, yang enak pakai panko (tepung panir Jepang)

Sunomono (acar ketimun):
35 gram soun, direndam air panas selama 5 menit, lalu tiriskan
1 ketimun ukuran sedang, dibuang kulitnya dan bijinya
6 sendok makan cuka beras atau cuka putih biasa
3 sendok makan air
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
1 sendok makan wijen, disangrai (goreng tanpa minyak sampai rada coklat)

Acar Lobak dan Wortel:
100 gram lobak, serut kasar
100 gram wortel, serut kasar
2 sendok makan gula pasir
1 sendok teh garam
1 sendok teh cuka

Selada kol:
150 gram kol, iris halus, rendam air es

Cara membuat:
Chicken katsu: lumuri ayam dengan kecap asin, merica bubuk, garam dan bawang putih. Lalu gulingkan ke tepung terigu, lalu kocokan telur, lalu tepung panir. Diamkan di kulkas paling sedikit 3 jam atau semalaman.
Goreng ayam dalam minyak banyak sampai matang dan kecoklatan. Angkat, tiriskan.
Sunomono: ketimun diiris halus-halus. Cuka, air,gula pasir, dan garam dimasak sampai hampir mendidih. Angkat dan dinginkan. Sebelum makan, ketimun dan soun disiram dengan kuah cuka dan taburi wijen diatasnya.

Acar lobak dan wortel: campur bahan menjadi satu, lalu aduk hingga rata.

Selada kol: tiriskan sebelum makan. Irisan kol bisa dicampuri Thousand Island dressing untuk dimakan bersama ayam.

Untuk Sushi nya sendiri, terasa segar dan mantep ditiap kunyahan. apalagi ada telur ikan salmon/caviar yang berwarna kemerahan (tobiko), semakin krenyez krenyez aja, didalam gulungan nasinya ada berisi surimi (daging kepiting tiruan), avokad, timun dan tentu saja dinungkus dengan nori. mantep lah....!! californian roll ini cocok banget dengan blogger yang pengen nyoba sushi tapi ngga kuat ama amis. rasanya bener-bener gurih, seger dan sedikit amis ;) jangan lupa gunakan cocolannya supaya tambah sip. tapi jangan kebanyakan wasabinya yah. rasanya menyengat banget.
Mari sekarang kita buat Californian Rollnya.
Ingredients:
3 cups sushi rice/short grain rice (beras bulir pendek yg indonesia juga banyak, pandan wangi kalau ga salah yg dijual plastikan di supermarket)
3 1⁄3 cups water atau se-biasanya masak di ricecookernya

Bahan saus cuka untuk nasi yg telah masak:
½ cups (120ml) rice vinegar aku pake merk mizkan yg label hijau ada di diamond
* ¼ cups (60ml) sugar
* ½ tsp salt

Bahan untuk isi
Kyuri(timun jepang) potong memanjang jgn dikuliti
Avokad matang potong2 memanjang
Crabstick, di makro murah
Wijeng panggang
Mayonise kalau ada yg jepang punya
Nori ada yg 17 rbu-22rb per 10 lembar besar

pelengkap
wasabi
sushi salt soya, aku pakai merk kikoman
makisu, tiker bambu pendek buat gulung sushi
kipas tangan dan asisten yg bantuin ngipasin tentu

Directions:
Sushi rice:
Cuci beras sampai bening airnya dengan diremas2, berkali2 ngaduk beras, tiriskan dan tunggu 30 menit.
Masukkan di ricecooker lalu tambahkan air, kalau mau pakai konbu/kelp juga boleh, aku ga pake..
Setelah matang tunggu 15 menit dalam ricecooker

Saus
berhubung ga jelas ada alkohol atau nggak yg pasti aku panasin sampai mendidih si rice vinegarnya dan dicampur garam & gulanya, ( kalau menurut yg aku baca2 jgn sampai mendidih, dihangatkan di api saja biar garm dan gulanya nyampur).
Tunggu sampai cuka dingin

Di wadah kayu (kalau punya, aku pakai wadah gelas keramik tempat nasi), sambil diminta kipasin oleh asisten, tuang saus cuka yg sudah dingin, ke nasi panas dan campur dengan gerakan mengiris, jangan diaduk kayak orang sunda ngakeul nasi ya...biar ga benyek dan ga kayak lemper, ga enak nanti makannya.
Aduk memotong2 terus sampai rata dan nasi menghangat, tutup mangkok dengan lap lembab, biar nasi tidak kering..

Cara buat Sushi:
1. Taruh nori yg mengkilat menghadap bawah, dan ratakan nasi secukupnya ke atas nori, jangan ditekan2, nanti memadat kayak lemper.
2. Taruh avocad, timun jepang dan semproti mayonise, taruh crabstick berjajar juga (horizontal ya). taburkan wijen disamping bahan isi tadi diatas nasi sedikit saja biar tetep getas wijennya.
3.gulung dan padatkan.
4. potong dengan pisau tajam yg bersih dan lembab.

Jadi deh dimakan dengan kecap asin jepang dan wasabi....enaak....

Dan jangan lupa semua makanan tadi akan pas banget jika dinikmati dengan ocha dingin (sejenis teh hijau jepang). Pasti semakin menyenangkan dan baik untuk kesehatan hehehehe ;)
Siap mencoba untuk 2 jenis makanan tadi.... klo emang males ngebuat sendiri ya nyari aja di restoran Jepang



1 komentar:

  1. mari kita sejenak menundukkan kepala untuk mendoakan teman kita RALITA http://nagapanei.blogspot.com/ yang telah berpulang kepangkuan YANG MAHA ESA

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.