Adv

Cemilan Berbuka Puasa < Kroket gurih, Kue lumpur telo, dan Pan Cake



Udah Lama ngga ngebahas makanan lagi nih ;) , nah menu ini iseng saya cari untuk cemilan berbuka puasa. :D Akhirnya pilihan saya jatuh di kroket gurih, kue lumpur telo dan Pan cake. Rasanya emang luar biasa. ada dua kue yang menarik perhatian saya. pertama kroket gurihnya dan pan cakenya, tapi tenang aja para blogger. ketiga kue ini bakal tetep saya ceritakan rasanya. Jadi Buat para blogger yang kepengen tahu bagaimana nikmatnya :~ :z tetep saya kasi tahu.... lets do it blogger :z :z :~ :~ Sungguh kenikmatan yang indah!

Pertama kita akan bahas mengenai kroket gurih... , kali ini bentuknya agak unik, bentuknya bulat gepeng dan tetap ada ulir yang mengelilingi seluruh kroket tersebut. Menyenangkan sekali bentuknya. Belum lagi kalaukita coba untuk mengigitnya. ada lapisan lapisan yang gurih banget (mirip Croisant)belum lagi isian dalamnya. Hmmm isiannya adalah pasta... pasti terasa aneh kan.. ada pasta didalam kroket. dengan saos tomat yang mantap akan semakin membuat pasta menjadi semakin gurih. klo buat kroket nanti saya kasi tahu ya... sabar... sekarang waktunya gimana cara membuat isian... yakni PASTA :D
FUSILLI SOSIS SAUS PEDAS

Bahan:
150 gr fusilli, rebus, tiriskan
50 gr sosis, potong-potong
60 gr brokoli, potong-potong
60 gr wortel, potong korek api
40 gr paprika, potong dadu
30 gr keju cheddar/parmesan, parut
1 sdt sledri cincang
2 sdm saus tomat
1/2 sdm saus sambal
2 sdm mayonnaise
1 sdm bawang Bombay cincang
2 siung bawang putih, haluskan
½ sdt garam halus
¼ sdt lada halus
1 sdm margarin

Cara Membuat:
1.Panaskan margarin, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan sosis, masak hingga sosis berubah warna.
2.Tuang saus tomat, saus sambal, wotel, paprika, brokoli dan fusilli. Masak hingga semua bahan matang.
3.Bumbui lada garam dan sledri cincang, aduk rata. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan mayonnaise dan keju parut. Angkat, sajikan hangat.

dan jangan lupa ini digunakan untuk isian kroket ya..... jangan dimakan sekarang... peace!

Selanjutnya menu kedua adalah kue lumpur telo, menurut saya justru yang paling menyenangkan adalah lapisan putih yang gurih. Rasanya benar-bener mantap. rasa gurih dari tepung beras dan santan bener bener membuat kita terbang kelangit hehehehe apalagi plus susu coklat. Luar biasa. Marilah Kita cek bersama cara membuatnya :! Pasti sudah tidak sabar lagi bukan. Lets go Blogger :z :z

TALAM UBI

Sumber: Inong Haris

Bahan Bawah:
500 gram ubi jalar (1/2 Kg)
150 cc air mendidih
150 gram tepung beras
100 gram sagu
350 cc santan cair (2 gelas)
1/2 sdm garam
250 gram gula pasir
Sepuhan kuning secukupnya

Bahan Atas:
350 cc santan kental (2 gelas), dimasak
60 gram tepung beras
30 gram tepung kanji
1 sdm peres garam halus

Cara membuat:
- Kukus ubi jalar sampai masak, kupas dan haluskan.
- Tepung beras dicampur dengan air panas sambil diaduk rata, masukan ubi jalar, tepung sagu, santan encer dan gula pasir aduk sampai rata, kemudian saring.
- Ambil cetakan kue (mangkok kecil) poles dengan minyak goreng.
- Tuang adonan tersebut ke cetakan (3/4 isi), lalu kukus sampai matang.
- Tuang santan kental yang sudah dicampur sagu + garam.
- Taruh diatas adonan tadi. Kemudian kukus lagi sampai matang.

Menyenangkan sekali nih rasanya dan pantas buat dicoba nih... just do it...!!

Kue ketiga yang bener-bener juga menarik perhatian saya adalah pan cake isi kelapa dengan saus gula merah. Wuih... Nikmat dan gurih buat disantap sore hari apalagi dengan teh pahit tanpa gula. Sedep bangetlah pokoknya. Ada banyak hal yang ngga bisa digambarkan dari perpaduan teh pahit dan pan cake ini... belum lagi aroma pandan yang harum... wuih... bikin tak sabar untuk memakannya...! Gmana cara buatnya yah?? Pengen ya?? yuk buat sama-sama

BAHAN

Kulit dadar:
►250 gr tepung terigu
►500 ml santan encer (boleh campur dengan air perasan daun pandan kalau ingin berwarna hijau)
►1 butir telur
► 2 sdm mentega cair

Inti kelapa:
► 200 gr desiccated coconut
► 200 gr gula jawa (boleh juga gula pasir biasa)
► sedikit nangka masak, potong bentuk dadu (agar rasa dan harumnya lebih sip)
► 2 sdm mentega


CARA MEMBUAT

Kulit dadar:
► campur semua bahan, aduk, sampai tepung larut dan tidak menggumpal
► panaskan pan anti lengket, olesi sedikit mentega
► ambil adonan secukupnya, tebar merata dalam pan
► tunggu sejenak sampai dadar masak seutuhnya sebelum diangkat (gak perlu dibalik)

Inti kelapa:
►aduk kelapa, gula, dan mentega
►tambahkan sedikit air panas (agar desiccated coconut menjadi lembut)
►masak dengan api kecil, aduk agar merata
►kalau kelapa inti sudah masak, tambahkan potongan nangka, aduk sebentar.
►dinginkan, siap digunakan untuk dadar.

Penyelesaian:
►ambil selembar dadar, tambahkan 1 sdm kelapa inti
►gulung dadar berisi kelapa sesuai selera
►siap disajikan

Silakan di coba.... pasti mantap bangetssssssssss!!! coba aja :z :z :z :z

4 komentar:

  1. saya tunggu diblog saya lho bro

    BalasHapus
  2. minta dunk tadi mo beli utk buka puasa tapi dah kehabisan :D

    BalasHapus
  3. hohohohohoh minta??? beli dung......!

    BalasHapus
  4. Hello, yes this paragraph is actually nice and I have learned lot of
    things from it about blogging. thanks.
    My website - Work from home

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.