Adv

Chai Kwee (Cai Kue) VS Cha Kwee (Cakue)


Wuih.... makan lagi nih... mantap bener, kali ini para blogger mau diajak ngemil dulu yah, sekalian membandingkan sesuatu... otre :~ :z klo dilihat emang beda secara penulisan tapi dari segi pengucapan rada mirip, palagi yang bukan chinese pasti dikuping rada mirip. nah ternyata setelah diliat chai kwee beda banget ama cha kwee. apa aja perbedaannya? 


banyak sekali, mungkin ada beberapa yang coba saya tulis dan silakan para blogger untuk menambahkan, karena setelah saya cari di Oom Google , saya tidak menemukan banyak info, malahan sangat minim sekali. Akhirnya saya mencoba untuk mengulik dan membahas..... Mari kita Ngemil Chai Kwee VS Cha Kwee siap... :~ Berangkat ;)
Cakwee goreng/ Choipan

1. Tempat ditemukan
Untuk Chai Kwee pasti ditemukan di Pontianak (Khuntien)sedangkan untuk cha kwee ditemukan di daerah sebagian Jawa. 

2. Bentuk
Chai kwee berbentuk seperti kroket dan pinggirannya direkatkan dengan sisi yang lain dan diulir sedangkan cha kwee berbentuk kotak panjang dan selalu sepasang


3. Isi
Cha kwee Isinya macam-macam, ada yang Ku Chai, Kacang Ijo (udah ga ijo lagi warnanya, kulitnya dibuang semua), Bengkoang, dan Talas atau isi rebung. (bole jadi mungkin ada isian lain) sedangkan cha kwee lebih mirip dengan roti goreng.

4. Cara Masak
Chai kwee dimasak dengan cara dikukus atau ada juga yang digoreng diatas namseng dengan sedikit minyak sedangkan cha kwee digoreng dengan minyak

5. Rasa
Chai kwee sendiri terasa gurih karena ada penambahan minyak bawang putih serta isian yang kebanyakan asin sedangkan untuk cha kwee ada sedikit manis plus gurih (tipis-tipis agak datar ;) )

6. Cara makan
Chai kwee bisa langsung dimakan dengan saos yang terbuat dari cabe dan bawang putih ama rasa asam yang mantap sedangkan cha kwee bisa dimakan langsung sebagai teman minum teh atau bisa untuk tambahan makanan lain.
Silakan para blogger untuk menambah perbedaan lain. Sekarang gimana cara membuatnya? sekalian belajar speak english ya :z :z :z

Ku Chai Kue (Steamed Chives Dumpling) 
Description:
Steamed Chives Snack or Ku Chai Kue is a traditional Teochew snack. It is one of the varieties of Teochew Chai Kue (vegetable snack). This 'kueh' is a favourite for mid-day snack in Pontianak, usually served with some garlic oil and chilli sauce poured over. However, this time I made my own version of kueh :D
It is filled with spring onions and shredded carrots... and the taste is really delicious, at least for me :D

Ingredients:
Ingredients for the skin:
300g rice flour
30g tapioca flour
300ml cold water
200ml boiling water

Ingredients for the fillings
600g chives ( i use spring onions because I cannot find chives)
2 carrots, finely shredded
About 8 tbsp cooking oil
Salt to taste (1 tsp) (i use chicken powder)

Directions:
1. Chopped the chives, shred the carrots.

2. Add in oil and salt to taste. If mixture is too dry, add in some more oil.

3. Set fillings aside.

4. To make the skin, mix both flour together in a big glass bowl.

5. Pour in cold water & mix using a wooden spoon until a smooth paste/liquid is formed.

6. Heat up 200 ml water, when it starts to boil, lower the heat to simmer. Pour the dough into the boiling water while continue stirring. When the dough is half cooked and starts to change colour, remove from heat. Trasnfer the dough into a large bowl

7. Grease the palm of your hands and knead dough for about 10 to 15 mins until the dough is smooth and elastic.

8. Prepare steamer.

9. To wrap the kuehs, pinch out a small round of the dough, about the size of a shelled walnut. Sprinkle some rice flour on work table and roll the dough out to about 1-1.5mm thick. Cut with the largest round cookie cutter (98mm).

10. Wet the dough around its circumference. Put in about 1 tbsp of fillings into the middle of the dough. Seal the edges by lightly pressing around the half circle. (I use fork to make the dents)

11. Continue with the rest of the dough, while covering the kuehs with damp tea towel to prevent them from drying out.

12. Place them onto a large steaming plate (or pizza pan) lined with cling wrap. Steam for 15 mins.

13. When kuehs are cooked, grease them with garlic oil to prevent them from sticking onto one another when stacking up. 
Bisa ngga ngebuatnya? :D :~

Sekarang buat Cha Kwee yuk....! 

Cakwe/Cakue
Bahan I:
550 gr tepung terigu protein sedang
1000 ml minyak goreng

Bahan II:
150 ml air
1 1/2 sdt garam
1 1/2 sdt amoniak bubuk

Bahan III:
200 ml air
3 sdt baking powder
1 sdt soda kue

Bahan IV:
200 ml air
4 siung bawang putih
4 bh cabai merah
5 sdm gula pasir
1 sdt garam
2 sdm cuka

Cara Membuat:
1.Haluskan semua bahan IV dalam blender kemudian masak hingga mendidih. Angkat.

2.Campur bahan II, aduk rata, sisihkan sesaat.

3.Masukkan tepung dalam mangkuk kemudian tuangkan bahan II dan III berselang-seling, aduk hingga kalis, diamkan selama 30 menit.

4.Bagi adonan menjadi 2 bagian kemudian diamkan selama 5 jam sambil ditutup dengan kain lembap. Setelah 5 jam, pipihkan adonan setebal 1 cm dari kedua bahan adonannya.

5.Tumpuk adonan kemudian potong 2 cm dengan pisau. Tekan tengahnya dengan punggung pisau.

6.Panaskan minyak, goreng hingga kekuningan. Hidangkan dengan bahan IV.

Udah siap belum......? :z jadi tahukan bedanya? Kan udah buat dua-duanya..... SIP lah :~ :~ 

9 komentar:

  1. Aku ditraktirin yah.....

    BalasHapus
  2. bro amoniak bubuk itu tepung apa? bisa diganti dengan tepung lain ga?

    BalasHapus
  3. @anonymous, amoniak itu sejenis tepung soda, biar nanti banyak rongga didalemnya
    @mbak dewi, klo udah jadi aku dikasi yah :)

    BalasHapus
  4. kame ijin ngelink postingan ke sini yesss..

    BalasHapus
  5. hehehe susah kan nyari tulisan tentang choipan atau chai kwee ini :)

    BalasHapus
  6. Di kotabaru, pontianak ada yg jual cakwe dengan 12 varian. Kreatif. Silahkan dicoba. Dijamin enak.

    BalasHapus
  7. hmmm Mr Cakui yah?? saya udah pernah coba nih, beberapa varian emang enak, tapi beberapa ngga... mungkin ngga cocok dengan saos atau cocolan yg ditambahkan

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.