Adv

Rumah Makan Simpang Ampek di Pontianak


Wah, saya makan masakan PAdang, tempat makan yang satu ini adalah tempat makan jaman bokap saya dulu (btw, bokap saya adalah pecinta kuliner sejati..... ;) ) yah, ternyata belum ada yang membahasnya, saya sudah mencari di GOOGLE tapi ngga ada juga. Rumah makan Padang "Simpang Ampek" yang terletak deket perempatan lampu merah Jl. Sultan Syarif Abdurahman :~ banyak yang special lho disini.... katanya rumah makan ini sudah lama berdiri dan sudah beberapa generasi :z :z :z :z penjualnya sendiri berlogat melayu pontianak, kental sekali ketimbang logat padang nya. terlihat bahwa sudah ada percampuran budaya disana. ;)

Ngomongin masakan padang, pastinya orang seluruh dunia juga bakalan tahu rasa dan nikmatnya masakan padang. apalagi yang doyan ama masakan bersantan kenta, kaya bumbu dan pastinya spicy... Nah saya sempet beberapa kali makan disini bareng bokap kalo mampir ke Pontianak. tempat makannya tidak sebesar ini sekarang. sekarang sudah menjadi 2 ruko yang dijadikan satu, disana juga ada penjual majalah dan koran (yang ini sudah lama saya lihat) penjual buah (ini juga sudah lama saya lihat) dan sekarang stand minuman dibuka khusus.
HAri Ini capek banget yang jelas, sebelum mampir saya belum makan dari pagi, dari kantor langsung mampir kantor pos dan ngga mampu menahan lapar sehingga harus mampir ke Rumah makan dan..... tarraaa..... :~ Simpang Ampeklah tempatnya.... bareng temen saya mampir kesana....
Seperti biasa ruangan dan tata tempat khas rumah makan padang kebanyakan, nyari tempat duduk langsung pelayan datang untuk menanyakan pesanan. Menu hari ini adalah.... Ayam Pop plus Lalapan dan Sambel cabe ijo dan minuman yang di pesen adalah es lidah buaya dan jus alpukat.... manteb :D
Nah sekarang bagaimana rasanya.... siapa yang ngga kenal ama ayam pop... lihat dulu cara pembuatannya

AYAM POP

Bahan:
1 ekor ayam kampung, potong 4 bagian dan buang kulitnya
200 ml air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1 sendok teh cuka
1 sendok teh garam

Bahan Sambal:
6 buah cabai merah
5 butir bawang merah
1/2 sendok teh garam
1 buah tomat

Cara Membuat :
1. Rebus ayam dengan bumbu halus hingga ayam lunak. Sisihkan.
2. Menjelang disajikan, goreng ayam sebentar . Sajikan dengan sambal.
3. Cara membuat sambal : rebus semua bahan sambal hingga matang, lalu haluskan, dan tambahkan 100 cc air.

Tips:
Biar agak manis rebus ayam-nya pakai air kelapa, cuka-nya agak dikurangi.

Untuk Restoran Simpang Ampek, rasa ayam pop disini terasa lumayan mantap, dagingnya terasa lembut, bumbunya meresap kedalem dan gurihnya juga OK! Namun.... saya pernah merasa yang lebih ok hehehe :p menurut saya agak terasa kurang renyah aja dan masih kurang tajem, seperti bau kunyit dan daun jeruk purutnya.
Nah giliran lalapan dan sambelnya... lalapannya terutama daun singkongnya terasa agak keras nih, kayanya daunnya ketuaan dan kurang lama merebusnya, ketimunnya mestinya lebih muda juga. Tapi yang aduhai.... sambel cabe ijo nya sip..... pedes.... sedep.... mantep....!


Nah justru yang menjadi poin lebih disini adalah es lidah buayanya... harum banget, vanillynya mateb banget dan pas sehingga ngga pahit dilidah, saya pikir mereka menggunakan vanilli bubuk bukan vanilli cair. harum dan manisnya pas. enak banget dan lidah buayanya banyak banget... suka deh... jus alpukatnya kental banget dan seperti biasa ada tambahan susu coklat, sayang penyajiannya masi kurang menarik.
Over all dengan uang Rp 15000,- ampe Rp 20000,- patut dicoba untuk restoran Padang di Pontianak.....

1 komentar:

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.