Adv

Rawon Jawa Timur di Pontianak


Rawon.... :~ ? Jawa Timur banget :) , tapi sekarang ini saya menemukan satu special yang enak dan mirip dengan yang saya rasakan di Jawa Timur. Wah menyenangkan akhirnya saya bisa merasakan romansa rawon Jawa Timur di Pontianak. Warung ini terletak di Jl. Penjara Dengan nama Warung Khas Jawa Timur....... wah menyenangkan bisa menikmatinya nya....! :z :z :z :z

Apa sih rawon itu?
Rawon atau nasi rawon (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur, dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). :p

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini (kecuali serai dan lengkuas) dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk, dan sambal.


Sebelum kita bahas lebih lanjut menegenai tempat makan ini, mari kita check sama-sama resep membuat RAWON.
Bahan :

* 1/2 kg daging sapi ( lemusir ) direbus 1/2 matang
* 2 butir asam muda dibakar
* 3 cm lengkuas dimemarkan
* 3 cm serai dimemarkan
* 700 ml kaldu daging
* 2 batang daun bawang
* 5 lembar daun jeruk
* Minyak goreng dan garam secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan :

* 3 buah cabe merah buang biji
* 1 sdt terasi
* 6 buah bawang merah
* 3 siung bawang putih
* 2 sdt ketumbar bubuk
* 5 biji kluwek
* 3 cm kunyit

Cara Membuat :

* Panaskan minyak goreng hingga cukup panas kemudian tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang.
* Masukkan daging, asam bakar, serai dan lengkuas, tumis kembali hingga benar-benar harum, tambahkan kaldu.
* Teruskan memasak dengan api kecil hingga daging matang, angkat dan sajikan panas-panas dengan telur asin, sambal tauge dan kerupuk udang.
PERLU DIINGAT
Pemilihan Kluwek yang baik akan membuat rawon semakin gurih

Nah rawon yang saya nikmati disini bener-bener menggugah selere, rawon disini dihidangkan secara lengkap. Nasi putih, Rawon lengkap dengan tauge pendek, sambel, kerupuk udang, 2 potong empal goreng, dan tentu saja tambahan telor asin :z :z :z :z
Rasa kuah rawonnya udah cukup pas walaupun kuahnya tidak terlalu hitam, rasa kluweknya juga udah pas nih, karena kalau terlalu banyak akan terasa menjadi pahit dan justru tidak nyaman, ditambah dengan toge pendek dan sambel membuat rasanya semakin seger... jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis :~
Wah rasa empal gorengnya juga menyenangkan tidak terlalu alot jadi pas buat dimakan, tambahan kerupuk udang juga membuat menjadi semakin gurih. Jangan lupa juga untuk memasukkan tambahan telor asin kedalam kuah rawon agar semakin menjadi kaya rasa dan mantep bila dinikmati bareng nasi putih :D

Ditambah dengan segelas es jeruk membuat nuansa makan semakin menggelora. Menyenangkan sekali :p oh ya... jangan salah, tata letak ruangan di warung ini juga jawa timur banget. coba aja kesana.... Dan untuk memdapatkan sepaket makanan ini cukup dengan membayar Rp.15000,- saja dan asal tahu aja nih... Ibu penjualnya berasal dari kediri dan orangnya ramah banget.... enak buat diajak ngobrol :D

2 komentar:

  1. weikkk... mahal banget ya!
    emang rawon khas jawa timur banget!
    yang bikin mahal mungkin semuanya diimpor dari jawa timur kali
    :D

    BalasHapus
  2. hoho.... serius asli jawa timur kok... coba ajah klo ngga percaya, hehehe tapi yang bikin kerasa jawa timurnya adalah susunan tat ruang restorannya nih... klo di pontianak harga segitu mah ngga mahal.... standart katanya hehehe

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.