Adv

Es Teler Jl Mujahiddin Pontianak






Pastinya udah sering makan es teler kan? kalau udah sering makan, pastinya tahu didaerah mana es teller yang enak dan sentra es teler. Nah ngomongin es teler pasti tahu jalan Mujahiddin......

sekarang kita lihat latar belakangnya.
Es teler adalah es yang berisi potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka matang, dan santan kelapa encer dengan pemanis berupa sirup. Es yang dipakai bisa berupa es serut atau es batu.

Variasi lain es teler berisi cincau, kolang-kaling, dan pacar china, potongan buah apel, pepaya, sawo, melon, roti, dan agar-agar, hingga es teler menjadi sulit dibedakan dengan es campur.

Es teler diciptakan Tukiman Darmowijono, pedagang es campur dengan gerobak di Jalan Semarang Jakarta Pusat pada tahun 1980-an. Es campur kreasi Tukiman begitu enak sehingga anak-anak muda yang meminumnya mengaku keenakan seperti "teler" akibat mengkonsumsi narkoba. Es kelapa muda bercampur alpukat yang dijual Tukiman di Jalan Semarang kemudian dikenal sebagai "es teler."

Kepopuleran es yang bikin teler makin mencuat berkat promosi dari mulut ke mulut dan liputan media massa. Pembeli yang datang bermobil menimbulkan antrian parkir mobil yang dirasakan penduduk Jalan Semarang dan sekitarnya sebagai pengganggu ketenangan. Es teler Tukiman harus pindah ke Jalan Pegangsaan Barat dan kemudian ke dalam kompleks bioskop Megaria. Kedai es teler Tukiman di kompleks bioskop Megaria sekarang bernama kedai ayam bakar dan es teler Sari Mulia Asli.

Waralaba nasional Es Teler 77 Juara Indonesia didirikan Sukyatno Nugroho, setelah sang mertua bernama Ny Murniati Widjaja menjuarai lomba es teler nasional di tahun 1982. Gerai Es Teler 77 yang pertama terdapat di pertokoan Duta Merlin, Harmoni, Jakarta Pusat. Di gerai Es Teler 77 juga tersedia berbagai makanan pendamping seperti mi bakso dan nasi goreng. Di luar negeri, gerai Es Teler 77 terdapat di Australia, Malaysia, dan Singapura.

Cara Membuat Es Teler

Bahan
Nangka, potong dadu
Kelapa muda, serut
Apokat, dikerok
Nata de Coco, atau Jelly rasa leci potong dadu
3 sdm syrup rasa cocopandan
Santan
Susu segar
Es serut

Cara Membuat
Tata di gelas: nangka, kelapa muda, nata de coco/jelly, apokat
Tambahkan es hg 2/3 gelas
Masukkan susu segar 1/3 gelas, lalu santan 1/3 gelas
Terakhir siram dg syrup cocopandan

Note:
Santan dan gula bisa juga dimasak secara terpisah.
Didihkan air dan gula pasir.
Kemudian ganti santannya dengan santan kental, didihkan.

Nah bagaimana Rasanya Es Teler di jalan mujahiddin? saya sempat berkunjung beberapa kali ke warung esteller yang berbeda-beda.
Dari bahan bahan yang disajukan hampir semua warung menyediakan jenis yang sama, buah-buahan (semangka, melon, sawo, alpukat, apel, nangka, atau pepaya), tidak semua bahan tersebut tersedia. terkadang ada atau tidak. plus tambahan agar-agar atau nata de coco. mutiara dan potongan roti bantal cocopandan juga ditambahkan santan cair dan susu kental manis dan tentu saja es batu. Sayang tampilannya biasa aja, tidak terlalu menarik. Mangkok yang digunakan terlalu biasa dan tatanan penyajian kurang menarik. pelayanan cukup memuaskan, cuman yang cukup mengganggu adalah tukang parkir dan pengamen. fiuh.... harga yang ditawarkan Rp.3000,- sampai Rp.3.500,- per porsi
Rasanya segar dan membuat berbahagia jika dinikmati siang hari, namun menurut saya rasanya terlalu manis (wih.... bikin diabetes)! cuman sayang disini banyak juga anak sekolahan yang kemunkinan membolos untuk minum es teler disini. karena banyak sekolahan deket ama daerah ini. wah...... gmana nih wajah pendidikan Indonesia....................????

3 komentar:

  1. Wah keren keren. Artikel yang mencerahkan. Kapan kapan mau juga saya icip icip es Teler di Mujahidin. Sering lewat aja seh soalnya banyakkan ke Warung Pojoknya hehehhee

    cool artikel

    Happy Blogging

    Asep Haryono
    simplyasep.blogspot.com
    www.asepharyono.com
    myfavemuzik.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  3. yummy......... kang asep :)

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.