Adv

Mahasiswa Pertanian yang Berusaha Belajar Bertani

Sebelum bercerita……. Aku adalah anak pertanian UB angkatan 2001 yang telah menyelesaikan studinya dan sudah menyandang gelar Sarjana Pertanian hehehehehe.
Nah pada hari minggu ini aku ketemu ama adik tingkatku yang kuliah jurusan pemuliaan tanaman, di suatu tempat, sebut aja namanya ory….. ni anak begitu garang dan terlihat sangat cuek serta aktif diberbagai kegiatan kampus dan terkhir katanya dia bergabung disebuah LSM.
Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Awalnya sih kita ngobrolin temen-temen seangkatan atau kakak tingkat yang udah pada kerja, mulai dari Daniel yang kerja diperkebunan di Sumatra, fitri yang kerja diperkebunan di Papua, Tyas yang ada di BCA Jakarta, Vivi yang kerja Di IKA (doski dulu mantan presenter malang TV), Adel yang nganggur, indah yang ada di Santa Maria sebagai guru dan Indha yang masih nganggur serta tommy yang sudah menikah dan wiraswasta yogurt serta asti yang beternak sapi….. mooooo….. moooooo!

Setelah ngobrol ngalur ngidul ngga keruan tiba-tiba kita sampe ketopik antherium yang sekarang lagi booming, mawar, aglonema, dan banyak lagi yang aku lupa nama latinnya saking banyaknya dan berakhir ke nepenthes. Seru juga ngomongin antherium dengan jenis yang berbeda-beda mulai dari jenis gelombang cinta, cobra, pedang, buchery, jemani’i etc sampe ke harganya yang ngga masuk akal dari biji seharga Rp 90.000,- perbiji sampai tanaman jenis kelas satu dengan tinggi 15 cm dengan harga mencapai 15 juta…… gila….. tanaman ini sampe dijuluki ATM berjalan…. Gmana engga klo sudah berbonggol bisa mencapai ratusan biji siap panen…. Tinggal kaliin aja 90 ribu. 

Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Bisa kebayang kan?? Nah klo udah super kaya gini bisa puluhan juta…. Tapi sampe sekarang aku ngga ngerti dimana indahnya bunga jenis daun hijau ini yang digandrungi banyak orang….. katanya sih ini akibat ulah majalah pertanian TRUBUS yang membuat menjadi trend karena perlombaan anterium yang diadakan dilapangan banteng….. media memang hebat…. 

Selanjutnya kita bercerita tentang nepenthes (oh ya itu adalah kantung semar) yang ternyata menurutku adalah tanaman yang lebih baik dari antherium, karena jauh lebih bisa dinikmati….. hehehehe, nah beberapa waktu yang lalu aku sempet melihat artikel diinternet klo nepenthes masih berharga 2 juta rupiah, tapi ternyata setelah ngobrol panjang lebar harganya cuman 35 ribu…. Whatzzzzzz!
Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Wah aku semakin penasaran…. Akhirnya akupun diajak untuk ngeliat berbagai tanaman dikosannya ory yang ada di bendungan sutami…….

Dan akhirnya kita ngeluncur kesana dan ternyata kosan itu berjumlah 50 kamar lebih………gila bener, tuh bu kos bisa panen sekitar 50 juta pertaunnya, persis seperti memelihara ayam broiler aja…… kita langsung menuju kamara atas menuju lantai 2 tempat bertanam ory…. Ternyata ruar biasa…. Kelengkapan tanamannya banyak banget mulai dari antherium, nepenthes berbagai jenis termasuk berasal dari kultur jaringan dari belanda (yang ternyata LSMnya termasuk dalam pelestarian Nepenthes)…. Ada juga euphorbia merah tua yang cantik banget, pepino, terus tanaman pemakan serangga seperti dipermainan Mario bros (so amazing!!!) terus macem – macem tanaman latin yang aku baru tahu dan ngga tahu jenisnya………….

Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Setelah penjelasan panjang lebar dengan hormon-hormon yang aku ngga tahu… hehehehe….. dengan cara penanamannya (termasuk jenis-jenis media tanam) dan perawatannya aku akhirnya tersadar bahwa pertanian emang luas…. Dan kerasa beda banget antara pemuliaan dan penyuluhan komunikasi pertanian yang notabenenya adalah jurusan ku….. emang ngga semua anak pertanian bisa paham bagaimana pertanian secara keseluruhan…. Wuih.. pengalaman yang mencengangkan dan sungguh membuat aku semakin tertarik buat ngedalamin bercocoktanam….. tapi si ory tetep bilang klo cuman dipelajari emang ngga akan bisa tanpa prakteknya…..

Setidaknya aku punya puluhan tanaman strawberry ( yang bolak-balik mati karena salah perlakuan dan pertamanya hanya terdiri dari beberapa polibag) yang kutanam susah payah dikostan ku dengan berbagai perlakuan sehingga akhirnya aku bisa menikmati hampir setiap hari buahnya….. enak, seger, asem dan tentu saja ada manisnya…..! maknyus banget! Ada juga pepino yang juga sudah aku nikmatin beberapa biji buahnya dan enak banget! Dan aku sudah berhasil menyemaikan biji pepino….(bangga juga sih)…. 

Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Kalau aku kerjaannya Tukang Jalan jajan
Terus ada dua pot bamboo hoki dan beberapa jenis mawar yang keren, unik dan good looking……. Sebagai media pelepas stresz…. Dan tentu saja si betty yang selalu menemani ( betty adalah seekor kelinci jenis lion yang berbulu lebat dan harum karena selalu dimandiin dan dishampoo dan selalu dibawa klo siaran)……

NB : Ini adalah cerita inspiratif buat ku untuk belajar bercocoktanam dan mencari tahu masalah pertanian yang ku dalami bertahun-tahun……

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.