Mengapa Kendaraan Roda Dua Harus di Rawat?

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat oli motor matic sudah mencapai jarak tempuh tertentu
Pertanyaan yang sering muncul dari yang baru saja menggunakan motor atau belum pernah memiliki motor. Sebagai pengguna kuda besi puluhan tahun, merawat motor menjadi kunci sukses agar berkendara jadi lebih nyaman dan aman di jalan raya. Apalagi sekarang tak hanya sekedr ganti oli, namun masih banyak lagi yang harus di cek dan uji fungsi
 
Mengapa Kendaraan Roda Dua Harus di Rawat?
Mengapa Kendaraan Roda Dua Harus di Rawat?

Merawat kendaraan sebenarnya sama saja seperti merawat hewan atau tanaman peliharaan yang harus rutin dan teliti. Mungkin masih ada yang ingin penjelasan rinci, mengapa kendaraan roda harus dirawat secara rutin. Tukang Jalan Jajan dengan senang hati menceritakan buat kalian
 
 

Mengapa Kendaraan Roda Dua Harus di Rawat?

Merawat motor mempunyai banyak manfaat salah satunya untuk memastikan kendaraan dapat berfungsi dengan baik setelah mendapat perawatan Untuk beberapa alasan, perawatan kendaraan roda dua sangat penting, seperti
 

Keamanan

Perawatan yang baik dapat meningkatkan keamanan berkendara. Untuk mencegah kecelakaan, komponen seperti rem, lampu, dan suspensi harus berfungsi dengan baik.
 

Kinerja Maksimal 

Perawatan rutin dapat mempertahankan kinerja mesin dan memastikan kinerja yang baik. Pemeriksaan dan penggantian suku cadang yang diperlukan dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan kinerja yang baik. 
 

Umur Pemakaian yang Lebih Lama

Dengan perawatan yang baik, umur pemakaian sepeda motor dapat diperpanjang. Untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, suku cadang yang aus dapat diganti secara berkala.
 

Efisiensi Bahan Bakar 

Mesin yang bersih dan dalam kondisi baik akan menggunakan bahan bakar dengan lebih efisien. Ini dapat menghemat uang.
 

Kenyamanan Berkendara

Jika suspensi, sistem roda, dan komponen lainnya diperbaiki, berkendara akan lebih nyaman dan menyenangkan.
 

Mencegah Kerusakan yang Lebih Serius 

Pemeriksaan rutin dapat membantu menemukan masalah kecil sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih serius yang membutuhkan biaya tinggi untuk diperbaiki.
 

Kepatuhan dengan Hukum 

Beberapa negara mungkin memiliki undang-undang dan peraturan yang mengharuskan pemeriksaan kendaraan secara berkala. Kamu dapat lebih mudah mematuhi peraturan tersebut dengan memastikan kendaraan Kamu dalam kondisi baik.
 

Nilai Jual yang Lebih Tinggi

Perawatan rutin sepeda motor Kamu dapat meningkatkan nilai jualnya jika Kamu memutuskan untuk menjualnya.
 
Dengan menjaga kendaraan roda dua Kamu dengan baik, Kamu tidak hanya meningkatkan keamanan dan kinerja kendaraan Kamu, tetapi Kamu juga dapat menghemat uang untuk perbaikan di masa depan dan mendapatkan pengalaman yang lebih baik.
 
 

Apa yang Harus diperhatikan saat Merawat Motor?

Ada beberapa hal yang harus diperiksa pada saat motor mencapai jarak tertentu seperti komponen saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban, dan lainnya. Baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa saja yang perlu diperbaiki pada motor. 
 

Oli Mesin

Oli mesin memulihkan, mendinginkan, dan melindungi mesin. Biasanya akan disesuaikan dengan jarak tempuh, rata rata pabrikan motor merekomendasikan penggantian saat jarak mencapai 2500 Km baik motor bebek atau motor matic namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli, baik oli motor bebek maupun oli motor matic
 
Pergantian Oli Mesin
Pergantian Oli Mesin harus rutin

Oli Gardan

Pengguna motor matic harus mengganti oli gardan secara berkala. Mengingat bahwa oli gardan berfungsi untuk melumasi gear yang ada di transmisi kontinu yang bervariasi (CVT), waktu penggantian oli dihitung dengan rumus dua kali ganti oli mesin dan satu kali ganti oli gardan.
 

Busi 

Busi adalah bagian motor yang bertugas mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tidak berfungsi dengan baik, itu dapat membuat motor sulit dinyalakan dan harus diganti.
 

Kampas Rem 

Keamanan dan keselamatan berkendara sangat penting. Sistem pengereman adalah komponen motor yang sangat penting untuk keselamatan. Jika kampas rem terlalu tipis, rem menjadi kurang pakem, yang merupakan potensi bahaya kecelakaan. Inilah penyebab utama kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.
 

Filter Udara 

Filter udara menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran untuk menghindari kotoran yang masuk, yang pada gilirannya menyumbat sistem injeksi dan karburator. Sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih dapat dibersihkan atau harus diganti, biasanya dilakukan pemeriksaan.
 

Aki atau Accu

Tegangan ideal aki adalah 12,3-12,6 Volt ketika mesin mati, tetapi 13,7–14,2 Volt ketika mesin menyala. Jika tegangan tidak sesuai dengan ini, ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, maka mekanik harus melakukan pemeriksaan menyeluruh. Agar Kamu tetap dapat menggunakan motor dengan nyaman, aki yang sudah tidak layak harus segera diganti.
 

Ban

Pemeriksaan ban juga penting dan harus dilakukan secara rutin. Bahkan sebelum menggunakan motor, Kamu seharusnya memeriksa kondisi ban. Namun, saat memperbaiki motor, mekanik akan memeriksa tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (apakah ban gundul atau tidak), dan faktor lain.
 

Perbaikan Motor Berkala 

Perbaikan motor bersifat rutin dan mencakup pemeriksaan semua komponen, terutama komponen yang berhubungan dengan kinerja motor secara keseluruhan. Tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), tegangan rantai, rem, dan klakson adalah titik utama pemeriksaan. 
 
Ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart biasanya merupakan bagian dari tune-up. Namun, jangan khawatir; mekanik akan memberi tahu Kamu terlebih dahulu. Jika Kamu setuju, perbaikan hanya dilakukan oleh mekanik.
 
 

Apa Pentingnya Memilih Bengkel Servis Motor Terbaik?

Untuk mendapatkan servis yang bagus, ya kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa kamu Kamulkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru Penasaran ngga? 
 
Service motor rasa mesin baru itu seperti apa?
 
Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.
 
  • Menggunakan oli dan cairan khusus yang dibuat dengan teknologi tinggi untuk meningkatkan kinerja motor dan melindungi mesin. Dengan menggunakan mesin otomatis, mesin menjadi lebih awet (jarang rusak). 
  • Jika digunakan dengan sparepart asli, pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan ringan. 
  • Oli harus diganti setiap 5000 km (sekitar 4 hingga 6 bulan sekali), sehingga Kamu tidak perlu sering pergi ke bengkel. Biaya perawatan juga menjadi lebih murah.
  • Selain itu, karena polusi dan emisi dari motor berkurang, Kamu juga dapat membantu menjaga lingkungan.
 
 

Mengapa Harus Servis di Planet Ban?

Kotoran, debu, dan sisa pembakaran biasanya tertinggal di beberapa bagian mesin motor setelah perbaikan di tempat lain. Bahkan debu dan kotoran dapat ditemukan di blok CVT, menyebabkan motor terasa berat.
 
Jika Kamu melakukan perawatan rutin motor di Planet Ban, semua bagian dan bagian mesin akan dibersihkan sehingga terlihat seperti baru. Ini termasuk kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, dan body throttle semuanya dibersihkan dari debu dan sisa pembakaran.
 
Beneran lho, service motor Planet Ban membuat motor Kamu terlihat seperti baru. Dengan demikian, tarikan jadi lebih ringan, emisi turun lebih dari 70%, bahan bakar lebih hemat, dan mesin jadi secara keseluruhan lebih bersih.
 
Harga perawatan motor Planet Ban yang selengkap ini sangat terjangkau. Servis motor injeksi seharga 20.000, servis CVT dan rantai seharga 19.500, dan servis throttle body juga seharga 20.000.
 
Sekarang Kamu tahu manfaat rutin memeriksa kondisi motor dan bagian mana yang harus diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu service motor? Jika Kamu memerlukan perbaikan motor, Planet Ban adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan layanan terbaik untuk mendapatkan rasa baru, percaya deh ama Tukang Jalan Jajan.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.