Menulis Kuliner, Semua Tentang Rasa

Menulis Kuliner, Semua Tentang Rasa Hal paling menarik menulis dengan panca indera dan menggunakan Indihome dengan Paket Internet Pelajar kuota besar
"Kamu sekarang sibuk apa?" Pertanyaan yang paling sering dilontarkan saat bertemu teman yang sudah lama tak bersua. "Masih berkutat dengan hobi kulineran". Jawabku sambil tersenyum.

Hal paling menarik ini sering dilakukan Tukang Jalan Jajan dikala senggang. Jika ada yang bertanya, "Apakah tidak bosan?". Tentu tidak, pekerjaan yang selaras dengan hobi biasanya akan sangat menyenangkan untuk dinikmati. 

Menulis Kuliner, Semua Tentang Rasa
Menulis Kuliner, Semua Tentang Rasa

Saya yakin, sudah banyak teman-teman blogger lainnya melakukan hal yang sama dengan niche yang diminati. Apalagi saat ini, tak sekedar hanya menulis, mengelola kanal youtube dan sosial media juga jadi pekerjaan wajib blogger masa kini.

Menulis Kuliner, Semua Tentang Rasa

Ada tantangan tersendiri saat menulis kuliner. Sesuatu yang sedikit berbeda dari tulisan lainnya karena menyangkut panca indera manusia. Mulai dari mata, hidung hingga lidah. Menulisnya pun tak sekedar bercerita apa yang panca indera rasakan tapi juga mengaitkan dengan budaya, sejarah dan gastronomi serta keilmuan lainnya.

Tukang Jalan Jajan sering sekali mendengar, banyak yang bilang mereview kuliner itu mudah karena tinggal menulis apa yang dirasakan. Bagi saya pribadi, pendapat ini berlawanan karena banyak sekali hal yang harus diperhatikan seorang penulis kuliner
  1. Alergi makanan 
  2. Susah mencari soal sejarah makanan
  3. Mendeskripsikan rasa dan tekstur. 
Terlebih, penulis kuliner bisa berasal dari berbagai kalangan, dan tidak harus berprofesi sebagai jurnalis atau chef. Tapi harus mampu menganalisa makanan yang baik dan kemampuan menulis mumpuni dan tentu sekarang harus memiliki kemampuan mengambil foto dan video. 

Menulis kuliner tak hanya pula seputar evaluasi pengalaman menikmati makanannya. Hal paling menarik tentang Menulis soal makanan tidak melulu juga soal resep atau sekadar menilai makanan ini enak atau tidak. Banyak sekali cerita yang bisa ulak ulik di balik makanan yang bisa diceritakan, harus punya insting kuat untuk menulis sebuah cerita. Belajar tentang kuliner memang mengasyikkan

Belajar dan Riset Untuk Cerita yang Menarik

Banyak cerita yang bisa disusun, banyak hal paling menarik yang bisa dirangkai untuk menjadi sebuah tulisan kuliner yang baik. Semakin beragam tentu akan memberikan sentuhan warna yang membuatnya jadi menarik. Riset yang lengkap dan rapi memperkaya tulisan dengan banyak hal baru. Ini akan sangat menarik pembaca untuk larut dalam tulisan, tak melulu menulis rasa kan?

Riset dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya observasi, kajian dokumen seperti buku dan naskah sejarah, juga bisa dengan wawancara. Ini akan sangat memperkaya isi dan membuat bacaan menjadi lebih bernas dan "gurih" saat dibaca. Paling tidak berselancar didunia maya, membaca beberapa artikel ilmiah dan video yang berhubungan dengan tulisan tentu akan membuat tulisan makin ciamik

Menulis Rasa

Ini adalah sesuatu yang sulit. Tak gampang mencerna rasa dan menuangkan dalam tulisan. Biarkan lidah yang ‘menulis’, menggambarkan rasa yang didapat bukan perkara mudah, harus mampu memaparkan sesuai pemahaman pembaca. lidah yang bekerja dan otak yang mencari padanan kata. Gambarkan pengalaman rasa sebenar-benarnya. Rekam pengalaman itu dalam pikiran dan kaitkan dengan riset.


Semakin membuat lapar rangkaian kata demi kata, tentu semakin menarik dan menggoda pembaca untuk mencoba. Tak perlu mengajak pembaca untuk datang dengan kalimat persuasi dengan tujuan pembaca tergoda karena ini justru membuat pembaca berpikir bahwa ini hanya iklan. 

Pilih rangkaian kata yang menggoda seperti, "Soto ini terlihat sangat nikmat, kuah kaldu gurih berselimut aroma rempah. Pas sekali diseruput kala hujan. Lebih lengkap lagi dengan  Sepotong ayam goreng lengkuas yang baru diangkat dari penggorengan". Perpaduan ini bagaikan makan ditemani orang tercinta, bahagia dan lengkap rasanya.”

Rajin Kulik dari Sudut Pandang Lain

Tukang Jalan Jajan berusaha mengeksplorasi hal paling menarik  dari semua informasi tentang sebuah makanan. Paling gampang memang dari internet, tentu harus dari situs yang dipercaya atau mungkin potongan wawancara menarik dari sang ahli di kanal youtube. Dalam penulisan dari sudut pandang lain, boleh saja menceritakan tentang bahan, cara pembuatan atau bahkan sejarah unik dari makanan yang dibahas.

Saya sering menemukan cerita unik yang bahayanya justru lebih menarik dari makanannya. Hal menarik yang bisa diulik mungkin masalah selera masakan disatu pulau. Semisal perbedaan signifikan makanan antar suku di Pulau Jawa. atau yang lebih spesifik semisal perbedaan soto Bandung, soto Betawi dan Soto Lamongan. Satu jenis makanan namun banyak cerita.

Sekali lagi, saat bercerita tentang rasa, tentu semuanya akan jadi sangat spesifik, sulit menulis dalam deskripsi singkat, seperti "Porsinya banyak, rasanya pedas dan gurih". Mungkin bisa ditulis lebih meriah lagi, "Porsi nasi gorengnya juara, bisa dinikmati 2 orang untuk seporsinya. Belum lagi rasa pedasnya yang langsung meledak saat suapan pertama. Ada manis dan gurih yang ikut mengimbangi rasanya. Pecinta makan bar bar dan pedas pasti harus mampir kesini. Mengenyangkan dan membahagiakan!

Kemampuan Merekam Rasa Lainnya

Selain merekam menggunakan lidah dan otak tentu alat tambahan lainnya harus disiapkan, yaitu kamera dan smartphone. Kemampuan mengambil gambar dan video dengan berbagai angle menarik tentu jadi poin penting untuk menambah imajinasi dan gambaran pembaca tentang tulisan yang kita buat. 

Blogger harus banyak belajar untuk masalah ini karena lagi-lagi, foto dan video tentang makanan tentu memiliki teknik berbeda dari yang lainnya. Food blogger harus mampu mengambil gambar dan video tidak hanya hal paling menarik dari sudut pandang kita sebagai penulis tapi juga dari sudut pandang pembaca



Angle ciamik kerap kali diidentikkan dengan mampu memperlihatkan semua isi dalam piring atau susunan dalam gelas. Tentu bukan perkara mudah menyajikan gambar atau video yang memanjakan mata sekaligus memancing selera makan naik hingga membuat air liur pembaca terbit dengan sendirinya. Saya sendiri banyak belajar secara otodidak. 

Lagi-lagi lewat guru tak kasat mata di Internet. Sungguh.... apa apa butuh koneksi yang bagus apalagi harus mengupload foto dan video ke media sosial atau saluran youtube. Sampai sekarang saya masih menggunakan IndiHome dari Telkom Group

Internet sebagai Kebutuhan Penting Food Blogger

Tak bisa dipungkiri, internet cepat dan kuota besar dibutuhkan foodblogger, mulai dari aktifitas berselancar didunia maya mencari berbagai informasi yang dibutuhkan termasuk harus mmengunggah video dan foto berukuran besar. Belum lagi harus menyimpan dan mengirim data di google drive untuk masalah pekerjaan. Internet memang tak bisa lepas kehidupan seorang foodblogger

Nah, untuk kebutuhan dirumah, tukang jalan jajan mempercayakan layanan internet dengan menggunakan IndiHome dari Telkom Group. Selain memang jaringannya lancar, paket yang ditawarkan juga sangat beragam sehingga bisa dipilih sesuai kebutuhan.
 
IndiHome, internet Indonesia dengan koneksi unlimited. Produk Telkom Indonesia ini populer di seluruh Indonesia dan menghadirkan kemudahan bagi semua orang, antara lain untuk membantu para blogger agar aktivitasnya tetap berjalan lancar. Aktifitas apalagi yang bisa dilakukan food blogger dengan internet?
  1. Meeting online dengan klien
  2. Mengelola sosial media
  3. Mengerjakan proyek Bersama tim secara online
  4. Mengelola kalender pekerjaan
  5. Melakukan editing gambar dan video secara online
  6. Mengelola situs dan sosial media klien
Masih banyak lagi pekerjaan yang mengharuskan kita terhubung dengan internet agar pekerjaan selalu lancar.

Paket Internetan dari IndiHome.

Bagi yang belum pernah menggunakan internet IndiHome dari Telkom Group dirumah, ada beberapa paket yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih di rumah.

IndiHome 30Mbps

Ini adalah paket yang Tukang Jalan Jajan gunakan di rumah. Berlangganan IndiHome 30Mbps sangat menjanjikan kenyamanan untuk pekerjaan sebagai seorang blogger. Selain memiliki paket yang lebih beragam, kecepatan akses juga lebih terjamin. Pasalnya, provider ini mengintegrasikan teknologi serat optik ke dalam layanannya. Teknologi ini memungkinkan layanan internet yang lebih cepat dan stabil. Penggunaannya kuotanya juga unlimited! Pas banget!

Terdapat pilihan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dan Paket 2P (Internet + TV). Sudah termasuk paket TV Entry. Jumlah saluran dan konten TV Interaktif dapat berubah. Info channel bisa dilihat di indihome.co.id/tv/channel.

Paket IndiHome 

Paket 3P (Internet + TV + Phone) dan 2P (Internet + TV) sudah termasuk akses ke Disney+ Hotstar tanpa biaya tambahan dan aplikasi UseeTV GO. Bagi pelanggan yang berlangganan Paket 3P (Internet + TV + Phone) dan 2P (Internet + TV) IndiHome dengan kecepatan minimal 50 Mbps juga mendapatkan akses gratis aplikasi HBO GO. Aplikasi Disney+ Hotstar dan HBO GO dapat diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Internet untuk Pelajar 

Oh ya, sekalian juga ada yang menarik buat pelajar dan guru. IndiHome menawarkan paket Internet untuk Pelajar bagi siswa dan guru untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Paket ini adalah paket IndiHome Learning From Home, layanan dual play (internet dan telepon) dengan harga terjangkau Rp 170.000 per bulan.

Paket Indihome Internet Untuk Pelajar
Paket Indihome Internet Untuk Pelajar

Ada juga paket IndiHome Learning From Home dengan layanan triple play (internet, telepon dan TV interaktif) seharga Rp 200.000 per bulan. Internet untuk Pelajar solusi untuk belajar lebih banyak dari rumah termasuk belajar tentang kuliner dong! Selain itu, dengan paket IndiHome Learning From Home, IndiHome membebaskan biaya berlangganan selama satu bulan dan memberikan tambahan kuota 50 GB secara gratis untuk mendukung pembelajaran online.

Melalui paket Internet untuk Pelajar IndiHome Learning From Home, siswa memiliki akses gratis ke layanan pembelajaran digital bernama IndiHome Study. IndiHome Study mencakup berbagai video tutorial, latihan dan jawaban, serta materi lengkap untuk SD, SMP, SMA, dan SMK.

Nah, buat blogger yang juga siswa, Internet untuk Pelajar salah satu solusi untuk belajar ngeblog juga lho. Bisa mencari ilmu sebanyak banyaknya dan langsung praktek. Jangan lupa, gabung juga di komunitas blogger biar lebih mantep lagi.

Passion Membuat Bertahan Sebagai Foodblogger

Passion dan hobi yang membuat blog tukang jalan jajan bertahan dari tahun 2007. Menulis dengan hati dan semangat, Berniat baik membagikan pengalaman makan yang menyenangkan untuk pembaca sekaligus memberi manfaat untuk pemilik usaha. 


Prinsipnya sederhana, harus menguntungkan kedua belah pihak, saya butuh konten dan pengusaha butuh promosi. Jika sudah sama sama senang akan ada banyak cuan dimana mana. Tak melulu materi namun bisa pula jaringan pertemanan yang semakin luas. Selamat Makan dan Salam Yumcez

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.