3 November 2021

Menulis Untuk Mengingat, Agar Tidak Dilupakan

Saya termasuk orang yang suka lupa. Ingatan jangka panjang saya lumayan lemah ditambah dengan disleksia yang pernah saya alami dulu. Beberapa orang memandang saya dengan aneh karena selalu menulis di buku catatan harian, "Kamu seperti perempuan, kerjaannya cuman curhat!". Hanya bisa membalas dengan senyuman. Alasannya sederhana, karena menulis bagi saya untuk mengingat!

Kemana mana selalu ada buku catatan kecil dan pulpen yang terselip. Takut lupa ada sesuatu yang terlewat. Biasanya setiap malam selalu membaca ulang. Baru kemudian dipisahkan menurut keutamaannya. Ada yang dimasukkan kedalam jadwal kegiatan harian untuk esok hari. Ada yang dipindahkan ke buku catatan sampai memindahkan nama dan nomor telepon kedalam buku alamat.

Menulis Untuk Mengingat, Agar Tidak Dilupakan
Menulis Untuk Mengingat, Agar Tidak Dilupakan

Ada keuntungannya juga kebiasaan menulis saya. Hingga saat ini, catatan saya yang paling lengkap, mulai dari sekolah hingga kerja. Catatan lengkap ini sudah mendatangkan cuan sejak bersekolah terutama saat mendekati ujian. Semua harapan bertumpu dan saya bisa mendapatkan keuntungan. Tahu kan maksudnya? Dengan menulis, saya tetap diingat


Menulis, Sebuah Proses Panjang Belajar

Ada keheranan, saat ada yang mengatakan dia tidak suka menulis. Mengapa bisa? padahal itu adalah kemampuan dasar. Masih ingat dengan syarat masuk TK dan SD yang pernah didebatkan? Calistung (Baca Tulis Hitung) jadi syarat mutlak anak untuk mendapat ilmu disekolah formal.

Kita sudah dipaksa untuk bisa menulis sejak dini, minimal nama sendiri. Mau tidak mau, harus suka dan bisa. Menulis jadi sebuah keterampilan berbahasa dimana kita yang menjadi gurunya. Iya dong! Minimal tulisan yang kita buat harus bisa dimengerti oleh diri sendiri. 

Konon kabarnya, salah satu penyebab mengapa orang tidak suka dan menghindar dari menulis karena ia tidak memiliki pemahaman yang memadai mengenai apa, mengapa, dan bagaimana menulis itu. Nah, bagi saya menulis itu untuk mengingat apa yang sudah dikerjakan diri dan disampaikan orang lain, menulis apa yang didengar, dilihat dan dirasakan tahap demi tahap. 

Tulis Semua Prosesnya, Jangan Ragu

Tulis semuanya tanpa harus memikirkan susunannya karena kejadian yang terjadi melalui sebuah proses berurutan dan tidak mungkin meloncat dari satu waktu ke waktu lainnya. Memang menulis butuh proses dan panjang. Jangan terlalu dipikirkan mengenai teori, tulis saja yang kamu alami dan ingin di tulis.

Dulu, terpikir kalau menulis cukup mempelajari ilmu bahasa. Kosakata dan tata bahasa jadi hal wajib dan makanan sehari hari biar enak dibaca dan mudah dipahami. Makin kesini, ternyata banyak ilmu lagi yang bisa dipelajari untuk melengkapi.

Memulai mempelajari algoritma google menjadi salah satu pelajaran baru yang didapatkan, walaupun penerapan SEO tidak terlalu diutamakan. Kembali ke tujuan awal, saya hanya ingin membantu orang lain.

Selain itu, banyak pengetahuan baru yang dipelajari, mulai dari ilmu fotografi, videografi, kuliner, traveling, sosial media dan banyak ilmu baru lainnya . Menulis membuat saya mendalami suatu hal yang tidak diketahui, artinya akan ada pelajaran baru. Ini menyenangkan!


Menulis, Untuk Menolong Orang Lain

Awalnya memang menulis bagi saya adalah merekam ulang tentang apa yang sudah dilakukan. Mulai dari catatan perjalanan, catatan kerjaan, catatan keuangan, catatan kontak sampai catatan perkara hidup sehari hari. Semua saya rangkum dalam sebuah tulisan. Kebiasaan menulis secara lengkap dan runut sejak sekolah membuat banyak orang suka bertanya tentang banyak hal. "Kamu kan ensiklopidia hidup, semua ada dicatatanmu"

Saya harus bangga atau terbebani

Mencari catatan yang begitu banyak sungguh merepotkan apalagi jika hal tersebut sudah lama dilakukan. Saya punya ide untuk memudahkan pencarian dengan cara memindahkan tulisan dari buku ke komputer. Ini sangat memudahkan untuk mencari semua tulisan yang sudah dibuat.

Tinggal klik klik klik kaca pembesar..... voilaaaa.....Saya bisa membantu semua orang disekitar lingkaran kehidupan. Berbagai hal baik dan membuat orang lain senang memberikan energi positif. Hidup jadi bermanfaat dan saya jadi orang paling di cari, bangga dong!

Saat itu 2005, dunia blogger adalah hal baru bagi saya. Kembali terpikir untuk memindahkan semua tulisan di buku catatan ke blog pribadi. Alasannya sederhana, ingin membantu lebih banyak orang lagi. Harapannya, catatan yang saya buat bisa menolong orang yang jauh dari lingkaran pertemanan.Tidak perlu harus kenal, bisa memberikan informasi penting bagi orang lain adalah kebahagiaan tersendiri. 

Dari awal dibuat sampai sekarang, blog ini sudah diberi nama Tukang Jalan Jajan. Tidak pernah berubah dari semula dibuat. Dulunya dimulai dengan memilah beberapa informasi, baru kemudian memasukkan beberapa tulisan tentang perjalanan kuliner, awalnya iseng namun lama kelamaan jadi rutin. 

Saat para blogger meributkan masalah fokus tulisan di blog, saya sudah mengerjakannya sejak dulu kala.

Menulis Untuk Mengingat, Agar Tidak Dilupakan
Selalu dibilang Borju, Padahal liburan Gratisan

Ada kepuasaan tersendiri, saat bisa membantu penjual dan pembeli untuk saling bertemu lewat tulisan di blog. Jika ramai karena makanannya sesuai selera, pastilah Tukang Jalan Jajan jadi bahagia. Sama seperti catatan kuliner, catatan perjalanan juga saya tulis disini, mulai dari jadwal perjalanan, keuangan, lokasi yang dituju, cara menuju kesana, hal yang harus diperhatikan sampai titik wajib kunjung, semuanya tak luput dari pantauan. 

Ada untungnya juga rajin menulis pengeluaran sampai menyimpan tiket apapun. Sangat berguna untuk melengkapi informasi dalam tulisan


Menulis, Mengenal Teman dan Relasi Baru

Blogger ternyata memiliki banyak perkumpulan, dari sini saya berkenalan dengan orang orang baru yang punya minat sama dan ingin berkembang. Salah satu perkumpulan blogger yang masih nyaman untuk berada didalamnya adalah Komunitas Warung Blogger. Ada banyak teman blogger yang bertemu hanya lewat tulisan namun akhirnya berujung dengan tatap muka dan bercengkrama. 

Sekarang mau kemana mana jadi lebih mudah. Ada saja teman di daerah tertentu yang mengajak kopi darat. Petualangan lebih mudah karena sudah ada penunjuk jalan. "Hayooooo temen temen blogger, meet up yuk".

Menulis Untuk Mengingat, Agar Tidak Dilupakan
4 Teman, 4 Paspor, Bersahabat hingga sekarang

Selain itu, ada beberapa biro iklan yang menghubungi saya setelah menemukan kontak di blog. Kepentingannya bermacam macam, ada yang bertanya tarif iklan, endorsement, sampai barter produk kerap didapatkan. Ada juga beberapa marketing manager dari biro iklan yang menjadi teman baik, walaupun sudah berpindah kerja tapi tetap mencari Tukang Jalan Jajan. 

Jika di tanya, paling senang dihubungi siapa? Sudah pasti badan pariwisata luar negeri atau panitia penyelenggara festival. Artinya, dalam waktu dekar, saya akan liburan gratis, horeeee!



Menulis, Pencapaian Hidup

Dari menulis saya menyusun cita cita, menyiapkan target mulai dari rutin mengisi konten dengan cara rajin berburu kuliner dan traveling semampunya. Menyusun target menulis untuk koran dan majalah hingga akhirnya menulis buku "The Best Of India". Semuanya berasal dari blog. 

Menulis Untuk Mengingat, Agar Tidak Dilupakan
Buku The Best Of India juga bermula dari blog

Boleh dibilang, semua resolusi menulis saya, dimulai dari Blog. Label food and travel blogger juga saya dapat dari tukangjalanjajan.com ini. Dari sini juga personal branding mulai terbentuk. Semuanya berjalan secara alami dan bertahap karena dipelajari secara otododidak.

Cuan juga mengalir dari blog, lumayan buat bekal traveling gratisan atau sekedar jajan enak. Tak lupa membayar domain tahunan. Tak melulu uang, teman baru dan relasi adalah cuan spesial.

Sampai saat ini, belum terpikir untuk berambisi lebih tinggi selain menulis untuk membantu orang lain dan satu lagi, seperti judul tulisan ini, menulis membuat saya tidak dilupakan

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, sementara manusia mati meninggalkan nama. Berhubung saya bloger, maka saya juga meninggalkan tulisan.

Tidak ada alasan berhenti menulis blog kan?

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

68 comments

Menulis memang bermakna banget dalam kehidupan ini ada banyak kebahagiaan yang bisa kita dapatkan dan berkesan untuk dijadikan kisah, hehe.

Cakep banget nih tulisannya. Inspiring!Dari semua yang dipaparkan Mas Eko ini saya baru dalam tahap melangkah dan berkarya. Semoga kedepannya bisa diberkati dan memberkati

Kalau saya nih, menulis untuk stress release. Jadi tempat mengeluarkan unek-unek biar sedikit plong deh yang ada di pikiran hehehe.

Tahun 2017 lalu aku menang lomba menulis dan bisa berkunjung ke Bangkok, Alhamdulillah banget. Nggak nyangka bisa jalan-jalan dari menulis. Jadi semangat nulis lagi nih habis baca postingan ini ☺️

iyes,karena tulisan kita pasti bermakna buat orang lain,dan saat meninggal orang masih ingat sama kita ya. Semangat menulis dan berkarya🤗🤗🤗🤗

Menulis memang banyak manfaatnya ya kak. Salut banget dari blog bisa dapat bermacam hal yang bikin hepi. Biar mood ga naik turun untuk nulis ada tips khusus ga ya kak?

Menulis jadi sarana gak hanya ekspresi diri tapi juga memudahkan untuk banyak mengingat momen penting, sehingga ada jejak sejarah melalui tulisan

Banyak hal bermanfaat yangbisa didapatkan dari menulis. Kalau bukan siapa-siapa, sebaiknya menulis agar selau abadi. Buatku, termasuk melepas segala kepedihan atau kegembiraan. Btw, aku juga selalu bawa catatan dan pulpen kok, lebih asyik meski dah ada smartphone haha.

Wah, keren bangeet pencapaian menulisnya.

Oiyaa, itu pada paragraf pembukanya kok seksis yaa. Yang Mas dikomentarin kayak perempuan aja apa-apa dituliskan.

Benerr dengan menulis itu kita jadi bisa mengingat kembali kegiataan kita dan juga bisa bermanfaat bahkan memotivasi orang lain.

Menulis adalah mengikat memori, ya. Seneng banget baca tulisan2 sendiri di masa lalu. Kadang malu dan ngenes juga, sih.

Keren banget emang.. semangat terus menulis ya kak.. cuannya dan benefit lainnya ..Semoga kita gak pernah berhenti menulis..semangaattt

Bagi sebagian orang, menulis bukan hanya sekedar corat coret, tapi punya makna tersendiri. Dari kecil saya suka membaca buku. Mulai suka menulis (baca : ngeblog) semenjak 2014 lalu. Sampai sekarang malah ketagihan menulis. Bagi saya, menulis lebih dari sekedar berbagi dan juga sebagai jejak digital untuk anak keturunan saya nanti kelak.

Tetap semangat berkarya dan berbagi !! Salam blogger.

Menginspirasi sekali tulisan nya kak, aku pengen fokus juga nulis tapi susah fokus, ada tipsnya gak?

Berdasarkan pengalaman, karena menulis di blog, kita bisa kenal ya, Bang Don. Emang, ini, Salah satu cara menambah kawan.

terinspirasi dari blognya kak eko nih akhirnya akupun kemarin bikin blog khusus untuk jalan jajan, biar makin peka sama apa yang kita makan dan kita lakukan ya kak.. sehat dan sukses selalu

Nah, setuju banget kak. Banyak sekali manfaat menulis yang sebagian orang nggak mengetahui akan hal ini. Akhirnya hanya bisa memandang sebelah mata, bilang aneh, dan sebagainya. Kalau aku sendiri awalnya untuk healing, namun pada akhirnya ingin tulisanku tak sekedar bermanfaat untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain.

Bangga dan bahagia sekali pastinya ya mas berkah ngeblog bisa dapat cuan dan berbagai pengalaman jalan2 dan jajan. Persentase terbesarnya karena gratisan itu superrrrr dooong hehehe. Beemanfaat bagi diri sendiri dan orang lain itu keren.

Wuih sejak tahun 2005, lama banget ya Kak, pastinya banyak sekali pengalaman. Yang di tulisan ini hanya sebagian saja yang dituangkan tapi sudah memotivasi.

Keren sekali alasannya awal pertama membuat blog, Kak. Berharap tulisannya bisa bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, dengan menulis di blog bisa juga menambah banyak teman ya ...

Saya banget itu k, sering dibilang banyak duitnya ya kok bisa jalan-jalan terus, padahal travelling while working. Sesuatu yang patut disyukuri karena ga semua orang punya kesempatan yang sama. Menulis memang banyak sekali manfaatnya ya, salah satunya adalah untuk mengingat agar tidak dilupakan. Karena tulisan abadi, kita fana.

Menulis juga sebagai self healing dan motivated
Bisa stress kalau saya dibatasi ruang dan gerak untuk menulis, hehhee

Menulis memang banyak manfaatnya. Saya dulu kalau mengingat pelajaran juga dengan menuliskan kembali, tapi dalam versi ringkas. Senang ya, dari tulisan bisa datang banyak cuan..

Menulis emang candu sih kalau buat aku, Kak. Aku juga yang dulu sering nulis si buku harian. Tapi pernah ngga sih throwback baca buku harian masa lalu? Jadi tahu banget dulu kemampuan menulis kita ngga seberapa jadi segini sekarang wkwk

So do i kak ! Menulis itu seru .. terutama buat aku yang gampang lupa wkwkw. Sekalian bisa menulis untuk sharing dan berbagi cerita .

ya Allah bismillah niy Kak, semoga someday aku kayak kakak, bisa ngeluarin tulisan dalam bentuk buku, bismillah

Bener banget menulis otak kita akan semakin encer, kita jadi ga cepat lupa juga ya kak, suka sama tulisannya bagus dan sangat menginspirasi

wah keren itu fotonya yang banyak merpatinya di India ya. Bener banget kita harus tetap menulis ya..

Kalimatnya keren, Mas. Menulis supaya tidak dilupakan karena pada kenyataannya karya akan selalu dikenang meski penulisnya telah meninggalkan bumi ini

Wah keren bisa nulis tentang luar negeri...aku nulis sebagai obat ilangin stress juga

ah iya ya kak
dengan menulis maka karya karya kita akan abadi
kita juga bisa dapat banyak pengalaman dengan menulis

Dari menulis saja bisa melakukan banyak hal yang mungkin tidak semua orang bisa mendapatkannya, bahkan jika bisa pun tidak semuanya gratis.. Bangga banget sih, bisa kemanapun, dimanapun, sama siapapun, dan kapanpun menikmati liburan dari hanya menulis..

Aku dulu terbiasa menulis karena harus meringkas pelajaran. Rasanya bersyukur karena sampai sekarang hal ini berguna. Menulis memberikan banyak manfaat. Jadi gak ada alasan buat berhenti. Semoga kita makin konsisten ya

Tooooss tahun 2005-an juga kepikiran ngeblog buat mindahin catatan, bedanya aku dr postinganku di milis2 kak Don.
Iya ya kalau baca tulisan zaman dulu kyk pengingat aja, tp kadang suka malu kok bisa dulu postinga blogku sealay itu hahaha.
Tp seneng krn bisa melihat perjalanan hidup di mana dari tulisan2 kita keliatan banget kita berprosesnya :D

Selain menulis agar tidak dilupakan menulis juga bisa sumber penghasilan dan berbagi pengetahuan dengan orang lain

Ka Dodon cerita atau sahring dong buka kelas gitu bagaimana itu buku bisa berhasil menjadi sebuah bacaan, karena jujur hawanya mau nulis itu wahhh banyak aja alasannya ehhe, nah bisa sharing tipsnya perjalanannya bisa jadi segenggam buku

Setuju banget sama statement menulis untuk mengingat ini ko Dodon. Salah satu tujuan aku ngeblog lagi biar memori aku bisa terekam dalam bentuk tulisan yg kalau bisa sedetail mungkin dan berharap bisa membantu orang lain juga hehe

sangat inspiratif mas.. aku jadi termotivasi untuk terus nulis di blog.. walaupun kontenku sampe saat ini random semua hehehe

Hehehe keren udah 80% perjalanan dibayarin euyyy. Pengin bisa seperti itu. Dianggap borju tapi sebenernya produktif dari situu hehehe.
Sukses terus mas :D

Bakal jadi yang pertama daftar kalau kak Don sharing soal pengalamannya buat tulisan jadi buku niy kak

Ada banyak sekali manfaat kegiatan menulis ya, Kak, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Jadi, teruslah menulis ya, Kak, tidak hanya sekadar untuk mengingat apa yang dibaca, mengingat momen penting dan peristiwa, tapi juga bisa berbagi kebaikan lewat menulis.

Menulis untuk mengingat dan agar tidak dilupakan. Aku setuju sih dengan judul dan isi tulisan ini. Karena salah satu tujuanku ngeblog juga begitu.
Bedanya kak Dodon sudah banyak sekali pencapaian ngeblognya. Menyenangkan sekali membaca tulisan ini :)

Mas dodooooon, tooos dululah kita :D. Akupun menulis supaya ga lupa mas awalnya. Krn jujur aku ini pelupa bangettttt. Dipikir2 hobiki traveling dan kuliner, lama2 bakal terlupakan kalo ga aku pindahkan dlm bentuk tulisan. Makanya segala detil ttg pengalaman ku jalan dankuliner aku bikin di blog khusus ini. Dengan begitu kapanpun mau datang lagi ke tempat tersebut aku jadi tahu hrs mencari kemana.

Kalo kemudian ada orang2 lain yg jadi terbantu, itu bonus buatku :)

Bener bgt bang don, menulis itu banyak manfaatnya. Pada awalnya, aku cuma nulis untuk diri sendiri. Lama2 banyak yg baca dan suka, semacam kebanggaan dan kebahagiaan utk diri sendiri.

Di era informasi digital ini apa lagi, menulis sangat penting. Semacam life skill yang diperlukan untuk menjalankan berbagai tuntutan dalam hidup. Nulis di WA, misalnya, memerlukan pemikiran kompleks seperti juga yang dilakukan para penulis terkenal. Sering-sering dilatih aja ya Kak, biar pikiran yang tertuang ke dalam pesan wa lebih runut dan mudah dimengerti

Inspiratif koh... berawal dari yang sekedar nulis iseng..akhirnya menjadi cuan dan membuat kaki jauh melangkah... mantab...

Suka banget dengan kalimat penutupnya. Blogger mati tidak hanya meninggalkan nama tetapi juga blognya yang berisi tulisan2 dan tentunya masih bisa dibaca anak cucu cicit selama masih ada di mesin pencari (in syaa Allaah). Senangnya juga karena aktivitas menulis memiliki banyak sekali manfaat ya seperti yang sudah di singgung di postingan ini :)

Ah sepakat banget, aku gak bisa meninggalkan banyak hal jika kelak aku mati, setidaknya ada kenangan tulisan yang bisa dibaca orang

Yuks lebih semangat nulis blognya.. Biar blog kita bermanfaat untuk banyak orang..

Keren Mas...beneran bagi saya juga tidak ada alasan untuk berhenti ngeblog.
Menulis untuk mengingat itu tepat.Maka saya nyesel bener beberapa kali luput mencatat saat bepergian atau ada acara sehingga waktu mau dituliskan di blog kurang lengkap infonya.
Iyes, blogger meninggalkan tulisan

Kak Dodon..
Aku selalu suka dengan inspirasi dari tulisan kak Don. Selain selalu menjelaskan dengan detil ((karena memang niche dan passionnya)) di food dan traveller blogger juga senang dengan foto dan video yang ditampilkan.

Menggugah selera.

Terima kasih mas Dodon!

Untuk food bloger dan bloger traveler, mas Dodon pasti orang pertama yang terlintas di kepala saya.
Dari beberapa kunjungan saya ke sini, selalu tentang makanan atau jalan jalan.

Tapi di tulisan ini saya menemukan sisi lain mas dodon yang keren banget.

Terima kasih sudah menulis dan menjadi inspirasi, Mas!

Verba volant, scripta manent
"Kata-kata lisan terbang, sementara tulisan menetap."

Menulis untuk diingat

Wah Mas lebih dulu kenal blog ya,kalo saya baru taun 2007. Dengan menulis memang banyak hal yang bisa kita lakukan dan dapatkan, semoga kita tetap bisa menulis sampai nanti aamiin.

Lewat menulis, Mas Dodon telah banyak mellaui berbagai pengalaman terutama jalan-jalan dan kulineran. Keren banget. Bloger panutan ini mah.

Inspiratif banget kak, tulisan nya keren. saya pun begitu, menulis untuk mengingat. Walaupun saya gak pelupa tapi lumayan kalau dah banyak pikiran, udah deh apa yang mau dikerjakan aja bingung. Jadi setuju deh aku dengan menulis untuk mengingat.

Aish suka banget kak dan aku salut sama kaka tulisannya banyak banyak banget tapi enak dibaca, akupun suka nulis tapi to the point aja kurang deskriptif ya aku ahahaha. Beda gaya, yg ptg tetep hobi nulis tersalurkan yaa.

Alhamdulillah,ya mas. Dengan menulis bisa mengingat apa yang mungkin akan terlupakan, mendapatkan teman seperjalanan dan tentu saja cuan. Bahagia banget 80 persen perjalanan traveling mas Dodon gratis. Apalagi akhirnya menjadi buku segala. keren banget. Inspiratif!

Dengan menulis, semua yang ruwet di kepala bisa diurai secara perlahan dan terstruktur. Dari sini belajar banyak hal yaa..
Semoga kak Dodon sehat dan semangat menulis selalu.

Jujur aku dari dulu suka banget nulis, entah curhat di buku diary Sampek bukunya ratusan 🤣🤣 tapi kadang ada beberapa orang anggap penulis itu sepele
Btw dengan menulis akhirnya aku bisa menemukan pekerjaan yang aku suka 🤗

Setuju banget Bang. Kemarin cuan menulis aku buat jalan-jalan hehehe. Sama keluarga syukuran ultah. Allhamdulilah banget rasanya

Dari menulis, bisa mendapatkan banyak hal. Wah, saya tertarik nih untuk membaca bukunya, The Best Of India. Pasti banyak cerita tentang pengalaman seru pas di sana.

Keren sekali pencapaiannya bang... tentu tidak dalam sekali jentik jari semua ini tercapai. Ada upaya luar biasa bertahun-tahun menuju fase ini yaa..

Iya, paling senang loh dapat teman dari berbagai penjuru bumi melalui aktivitas menulis ini. Dunia makin luas yaaa...

Keren banget sih kak, ternyata jadi blogger peluangnya gede ya, citacita yang akan diraih juga tinggi. Semoga aku bisa. btw, bukunya dijual dimana kak

Saya juga suka banget sama menulis nih kak. Memang menulis juga menurut saya, termasuk self healing.

Kalau saya, ingin anak-anak bisa baca tulisan saya kelak.
Harapannya anak-anak bisa meneruskan blog saya nantinya seru kali ya, yang nulis jadi banyak ngga cuma saya aja. Jadi bener-bener seperti blog keluarga gitu.

Keren udah bisa nerbitin buku sendiri, mudah-mudahan nantinya aku juga punya buku sendiri

Allhamdulilah menulis menjadi segala hal yang bisa memberikan kebermanfaatan ya Bang. Udah keliling ke mana-mana pula kamu bang. Mupeng. Semangat menulis kita.

Menulis bikin saya jadi makin mengasah daya ingat meskipun nilai positifnya bisa mendapatkan banyak teman dan pembaca

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon