22 April 2021

Akseleran, P2P Lending Menguntungkan bagi Pendanaan UMKM

Semangat berusaha memang harus dimulai dari dalam hati, Apalagi jika menginginkan hasil maksimal dalam memanfaatkan potensi keuangan. Beberapa kerabat saya yang memiliki UMKM terus mengembangkan usaha di kala pandemi, padahal ekonomi kabarnya sedang terseok seok tapi tidak berlaku dengan UMKM yang terus melebarkan sayap bisnisnya. Beberapa bahkan mengeluarkan produk baru untuk semakin memperluas pasar, tentunya bagi yang memiliki pondasi keuangan yang kuat.

 

Akseleran, P2P Lending Menguntungkan bagi Pendanaan UMKM
Akseleran, P2P Lending Menguntungkan bagi Pendanaan UMKM

Peranan UMKM untuk Perekonomian Indonesia

Seperti yang diketahui, Usaha Mikro Kecil dan Menengah alias UMKM dianggap berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi negara. Ini bisa kita lihat dari kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto alias PDB. Dari data yang ditulis Kompas, data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, pada 2016 lalu tampak kontribusi UMKM dari beberapa aspek, yaitu dari aspek menyerap tenaga kerja sebesar 89,2 persen, PDB nasional sebesar 60,34 persen, aspek lapangan kerja sebesar 99 persen, ekspor sebesar 14,17 persen, dan terakhir aspek investasi sebesar 58,18 persen. Dari sini terlihat bagaimana UMKM mampu memberikan kontribusi positif sepanjang tahun. Sementara di 2024 kontribusi UMKM ditargetkan mencapai 30,2%. Kemudian untuk kontribusi terhadap PDB nasional di 2020 ditargetkan 61%, dan 2024 ditargetkan mencapai 65%. Sedangkan untuk rasio kewirausahaan di 2020 targetnya adalah 3,55%, dan target 2024 mencapai 4%. Dari tingkat kontribusi tersebut, bisa dilihat bagaimana peranan UMKM sendiri sebagai penggerak ekonomi Indonesia. Maka dari itu. pemerintah terus mendukung UMKM untuk mengembangkan usaha dari dari segi regulasi dan perpajakan 


Tidak hanya sektor pemerintah saja yang memberi kemudahan namun ada juga pendanaan dengan bunga ringan dari sektor swasta. Pengusaha dapat menerima suntikan modal berupa pinjaman untuk UMKM, baik lewat bank maupun non-bank dengan kisaran bunga 0,65 hingga 7 persen, tergantung di lembaga peminjaman mana yang akan dipilih untuk meningkatkan permodalan. Tapi sebelum mencari tahu mana yang terbaik, simak beberapa informasi berikut.


Memilih Pinjaman yang tepat agar UMKM bisa berkembang

Apa yang ada di benak para pengusaha jika meminjam dana di lembaga keuangan berarti harus siap merugi. Padahal kenyataannya, meminjam dana justru bisa jadi penyelamat kala bisnis yang dijalankan butuh modal, terlebih untuk melakukan ekspansi. Perlu diketahui, pengusaha harus membuat strategi bisnis yang tepat, baik jangka panjang, menengah dan juga pendek. Kita harus paham mengenai persyaratan dan produk yang ditawarkan dengan seksama. Ada baiknya memperhatikan beberapa hal penting, demi kelancaran usaha


1. Terdaftar dan diawasi oleh OJK

Ini indikator penting yang wajib diperhatikan. Pengusaha harus memastikan lembaga tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kita bisa mengecek perizinan dan pengawasan perusahaan di laman resmi OJK. Jika ada yang memberikan manfaat lebih dan iming-iming menggiurkan, sebaiknya cek terlebih dahulu di OJK mengenai valid tidaknya perusahaan pendanaan tersebut. jangan sampai terjebak perusahaan ilegal.


2. Punya website resmi Perusahaan 

Pengusaha juga harus rajin mengecek website resmi perusahaan P2P Lending. Pastikan mereka memiliki website resmi. Indikator ini penting karena dengan mempunyai website resmi kita lebih mudah mencari informasi mulai dari produk yang ditawarkan, alamat perusahaan, hingga nomor telepon bantuan. Lihat juga tampilan lamannya, apakah sudah tertata rapi dan juga menyertakan logo terdaftar dan diawasi oleh OJK pada bagian bawah website, maka tak perlu ragu untuk menggunakan layanannya.


3. Semua layanan Butuh Proses dan Persyaratan

Tentu saja, layanan profesional membutuhkan proses, mulai dari pendaftaran hingga validasi yang harus melewati beberapa proses. Ini dilakukan untuk menjamin mutu dari perusahaan pendanaan dan ini juga membuat pengusaha dapat memikirkan dengan tepat produk layanan mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan kesempatan mencari informasi lebih banyak. Cepat belum tentu juga baik dan memudahkan lho.


4. Informasi transparan mengenai informasi produk 

Sebagai pengusaha, kita diwajibkan bertanya secara detail dan lengkap sebelum mengambil langkah berikutnya. Biasanya perusahaan pendanaan yang bonafit akan menjelaskan secara rinci tanpa ada yang ditutupi, mulai dari hak dan kewajiban yang harus dipenuhi. Semisal mengenai masa tenor pembayaran, bagaimana cara melunasi cicilan, maupun keringanan bayar ketika kamu berhasil melunasinya tepat waktu atau bahkan lebih awal. Pengusaha harus cermat dan tepat.


5. Membandingkan tiap produk yang ditawarkan

Menimbang dan memilih produk layanan juga jadi hal penting lho. Melakukan proses ini artinya pengusaha bisa membandingkan produk pinjaman yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuan. Biasanya ini akan dijelaskan detail oleh perusahaan pendanaan. Makanya jangan ragu untuk bertanya supaya kita semakin yakin.


Akseleran, Perusahaan Pendanaan Terpercaya

Sudah tiga tahun beroperasi memberikan Pinjaman UMKM membuat perusahaan penyelenggara P2P Lending ini makin kokoh berdiri, Akseleran telah melayani sekitar 2.500 para pelaku usaha UMKM yang tersebar di 23 provinsi atau sukses menyerap 50 persen dari total jumlah provinsi yang ada saat ini. Adapun ke-12 provinsi dengan total pinjaman usaha terbesar yang sudah disalurkan oleh Akseleran, antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, Riau, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, Kalimantan Tengah, dan Maluku. 


Di sisi lain, Ivan Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran, mengungkapkan pertumbuhan penyaluran pinjaman usaha Akseleran juga sejalan dengan pertumbuhan yang terjadi pada pendanaan yang dilakukan oleh para pemberi pinjaman (lender) baik dari retail atau perorangan, maupun dari institusi. Tercatat, hingga akhir 2020, total pendanaan Akseleran tumbuh 35 persen dibandingkan periode yang sama di 2019 dan berasal dari 150 ribu lebih lender retail yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Hal ini menunjukkan bahwa Akseleran sudah dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.


Dilansir dari bisnis.com , Penyelenggara teknologi finansial peer-to-peer lending PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia atau Akseleran masih mampu bertumbuh di tengah era pandemi. Ivan Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran, menjelaskan bahwa total penyaluran pinjaman usaha sepanjang 2020 mencapai Rp960 miliar atau tumbuh 35 persen dibandingkan dengan realisasi yang sama di akhir tahun sebelumnya. Secara kumulatif, platform yang telah berizin di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini telah menyalurkan total pinjaman usaha sebesar Rp1,85 triliun selama berdiri, dengan total rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) terjaga di angka 0,18 persen hingga 31 Desember 2020. Penyerapan ini tentu diharapkan memberikan dampak baik bagi perkembangan UMKM di Indonesia.


Untuk kemudahan memajukan pinjaman, silakan cek video berikut 


Lalu apakah pengusaha juga bisa mendapatkan bagi hasil di Akseleran? Bisa dong! dengan cara menjadi lender Pendanaan Online. Ada beberapa manfaat ekonomi yang bisa didapat seperti


1. Terjamin keamanannya karena Akseleran telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga operasional dan segala transaksi di platform ini diawasi oleh OJK. Selain itu, Akseleran didukung oleh tim yang terdiri dari orang-orang yang telah berpengalaman secara profesional di bidang Pendanaan dan pembiayaan, sehingga paham betul dengan perlindungan yang dibutuhkan lender.

2. Batas minimum pendanaan online yang terjangkau, cukup dengan memberikan pinjaman mulai dari Rp100.000.

3. Lender memperoleh tingkat bagi hasil yang kompetitif hingga 21 persen per tahun.  

4. Proses administrasi, analisis kredit, dokumentasi hukum, pembayaran, dan penyelesaian transaksi dilakukan oleh tim Akseleran, sehingga lender tidak perlu repot untuk mengurus hal-hal tersebut.

5. Biaya bagi hasil yang dibebankan tergolong murah yakni antara 0 – 1 persen dari setiap pembayaran yang diterima baik dari pokok, bunga, maupun denda.

6. Lender dapat memberikan pendanaan pada beragam jenis kampanye pendanaan, mulai dari pemberian pinjaman tanpa agunan, dengan agunan, hingga penyertaan modal (saham). Dalam hal penyertaan modal, Akseleran bertindak sebagai kustodian yakni pihak yang akan mengelola saham lender pada usaha yang didanai.


Akseleran, Solusi Praktis Pendanaan Online

Dapat diambil kesimpulan, bahwa modal menjadi masalah krusial dalam upaya merintis dan mengembangkan usaha. Dengan adanya platform P2P lending seperti Akseleran tentu akan memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan pendanaan, begitu pula para lender dalam memberikan pendanaan. Beragam fitur yang ditawarkan Akseleran menjadikannya tak kalah menarik dibandingkan dengan platform P2P lainnya. Namun, adanya sistem crowdfunding pada Akseleran memberikan nilai plus dalam menarik minat peminjam dan pemberi dana pada platform ini. Selalu ada solusi untuk pengembangan bisnis UMKM 

Video Testimoni 

Bagi yang ingin menjadi lender, jangan lupa untuk mendaftar di Akseleran dan mencantumkan kode referral  AKSLAGUSTINUS412181 untuk mendapatkan saldo gratis Rp100.000 untuk mulai mendanai UMKM melalui Akseleran. Yuk Mulai dari kamu.




Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.

53 comments

Asyik banget nih dapat saldo gratis cepek buat daftar di Akseleran. Aku mau coba ah investasi di P2P lending ini. Biar ikut memajukan UMKM Tanah Air dan emang bs buat nambah porto investasiku.

Menarik bgt kalo invest di Akseleran ini
saya pernah ikut event offline bareng Kak Andri, CMO-nya (sebelum pandemi)
Dan doi menjelaskan berbagai benefit invest di Akseleran
keren dah

Memberikan solusi mantap ini dari Akseleran untuk UMKM agar dapat mengembangkan bisnis yang dijalani agar makin kuat lagi berkibar

Akseleran sudah terdaftara di Otoritas Jasa Keuangan jadi ada pengawasan hingga aman , skema pun menguntungkan ya, bisa jadi pilihan baik bagi peminjam maupun pemberi dana

Makin banyak perusahaan P2P Lending makin bingung mau pilih yg mana untuk jadi tempat investasi hihi.. Banyak yg ngulas Akseleran ini sih, mungkin bisa jadi bahan pertimbangan.

hihi dengan banyaknya bermunculan aplikasi yang membuka peluang peminjaman bagi para UMKM, tentunya sangat membantu para pelaku UMKM, apa lagi dimasa pandemi.

Diawasi OJK tentunya, jangan asal memilih aplikasi.

Setuju sekali kalau UMKM menjadi salah satu sumber perekonomian yang sangat penting bagi Indonesia, apalagi sekarang mulai banyak berkembang baik yang ada di daerah hingga perkotaan.

Semoga UMKM Indonesia semakin berkembang ya bang don, dengan hadirnya Akseleran yang memberikan layanan keuangan untuk UMKM.

hmm baru tau P2P Akseleran. Mungkin nanti aku mau coba cek2 aplikasinya nih.

Akseleran adalah salah satu sarana investasi yang menguntungkan. Sistemnya kan bagi hasil ya, jadi lebih nyaman dalam menjalaninya. Nominalnya juga terjangkau, 100k

Bagus bgt yaa adanya P2P ini tentunya bisa membantu para UMKM dan yang punya usaha biar semakin berkembang

Wah, aku juga pakai akseleran kak.. akseleran memang bagus sebagai tempat untuk berinvestasi. Sudah terdaftar di OJK juga jadi aman deh

Aku pernah disaranin mencoba akseleran p2p sama temen katanya lebih mudah gitu dan untung tapi karena masih belum paham ya belum coba hehe.

Wah minimal pendanaannya bisa banget itu. Bahkan orang-orang kek kita juga bisa menjadi pemberi dana. Apalagi akseleran juga sudah tercatat di OJK. Jadi tenang juga para pemberi dana peminjam dengan adanya agunan.

UMKM skrng emang harus kreatif utk bertahan tapi gak semua bisa mendapatkan suntikan modal. P2P lending gini bisa jd pilihan tapi kudu bener2 dipilih lembaganya trus kalau bisa tu kudu bener2 bisa memperkirakan bisa bayar utang. jgn sampai gk bisa bayar utang dan malah rugi atau bangkrut ya

Akseleran ini bagus lho. Investasi secara P2P Lending ini, semakin memudahkan orang untuk membuka usaha, dan memudahkan kita untuk berinvestasi. Nilai TKBnya juga tinggi, jadi ya, aman dah. Dan prosesnya enggak ribet.

P2P Akseleran menguntungkan lender yaa dengan imbal hasil yang besar dan tingkat risiko yg keci, trus Akseleran sudah berizin dan diawasi OJK juga yaa

Aku ya bikin akun Akseleran sih tahun yl. Asyik langsung dapet saldo, trus aku investasikan deh...Mayan...
Tinggal mengembangkan lagi nih pendanaan di sini.

Saya sudah coba berinvestasi di p2p lending Akseleran. Fiturnya memudahkan lender dan asiknya kita bisa pilih sendiri jangka waktu dan profil risiko UKM yang ingin kita beri investasi.

Usaha kecil butuh suntikan modal, tapi tetap harus nyari yang oke. Paling penting ya terdaftar di OJK. Jadi aman kan dan gak was-was, jauh-jauh dari yang nakal

Lumayan banget untuk belajar investasi dana dengan modal sedikit dulu. Hasilnya juga lumayan. Daripada ngendon di bank

Wah bener banget, sbeelum memutuskan mengenai pendanaan ini kita memang harus tau betul produknya dan transparan juga semua pihak ya.

Artha Nugraha Jonar delete 25 April 2021 18.57

Akseleran ini membantu banget buat UMKM yang biasanya susah mendapatkan pendanaan. Padahal potensi UMKM ini gede banget, sayang kalau tidak bisa berkembang karena tidak ada pendanaan.

Mendukung banget nih kalau ada banyak UMKM yang terbantukan lewat Akseleran, sebagai lender pun dimudahkan dengan tingkat bagi hasil yang lumayan besar ya

Sering dengar tentang investasi P2P lending, tapi blm bener2 mencoba. Jadi kalo investasi sbg lender kayak di Akseleran ntar kita tuh dapat bagi hasil gitu ya?
Menarik juga sih, bisa bantu Danai UMKM juga

Woww sudah ada 2500 pelaku UMKM yang dibantu oleh Akseleran ya. Cukup banyak juga, padahal baru kisaran 3 tahun berdiri ya.
Aku kudu mempelajari lebih dalam tentang Akseleran ini.

Invest di Akseleran ini mudah sekali alurnya namun detail, selalu ada email masuk untuk informasi proses jadinya nggak miss gitu. Mana hanya perlu mulai dari 100rb, cocok sekali untuk pemula juga. Dan lewat Akseleran ini, UMKM juga bsa mendapatkan kesempatan lebih untuk berkembang ya, kita juga bisa bantu tentu saja

Memahami setiapproduk yang ditawarkan ini penting banget yaa..
Jadi harus menanyakan dan pelan-pelan dipahami produk akseleran mana yang paling pas untuk kebutuhan keuangan.

Saya juga mulai tertarik nih sama investasi p2p lending. Selain menguntungkan sifatnya juga membantu UMKM untuk bisa berkembang.

Iya, aku setuju mas Dondon. Selama saling menguntungkan investasi emang harus dilakukan. Hihihihihi. Mas Dondon udah investasi dimana aja nih?

Bener banget memang harus teed8di OJK ya biar dikemudian hari ya ada yang aneh2. Apalagi ini membantu umkm jadi sifatnya sosial juga ya

Tepat banget neh saya baca tulisan Mas karena saya tertarik pengin investasi buat masa depan, apalagi di p2p ini yang dibantu adalah UMKM sehingga ada misi sosial juga.

Artinya, P2P akseleran ini mmeiliki misi yang sifatnya mutualisme ya..
Bagi yang punya dana lebih, bisa diinvestasikan di akseleran untuk kmd disalurkan sebagai pendanaan (pinjaman modal) ke UMKM. Terus, itu bisa dapet saldo 100K pula, kereen ini

Hadirnya Akseleran akan sangat membantu UMKM aplagi sudah terdaftar sama pihak OJK jadi aman

Memang terkadang kendala utama saat memulai usaha, itu modal ya, Mas. Dan syukurlah sekarang banyak pendanaan, termasuk akseleren ini yang sudah resmi dan diawasi OJK. Bahkan kerennya, bisa ikut membantu mendanai juga.

Di masa pandemi ini memang hampir semua sektor perekonomian sedang menurun-menurunnya. Terlebih lagi bagi UMKM yang masih kecil, tentu sangat susah untuk bertahan dalam kondisi seperti ini. Namun, adanya pendanaan UMKM yang menguntungkan dari P2P Landing Akseleran ini dapat sangat membantu UMKM untuk dapat bertahan di situasi seperti ini.

P2P lending ini memang membantu UMKM untuk bisa tetap berkembang terutama saat pandemi seperti sekarang ya.

Buat Eny yg pengen memulai usaha pas bgt deh baca ini,oh iya infonya juga bisa Eny share sama keluarga yg punya UMKM nih

Salut buat Akseleran yg ngasih program P2P lending ini. Sangat membantu UMKM di masa pandemi ini, terutama yg kekurangan modal. Bagi investor ya bs dpt untung kalo UMKM yang dibiayai jg untung. Bener2 win solutions deh.

Penting banget utk cek kredibiltas melalui ojk agar mudah kedepannya sgala urusan

Artha Nugraha Jonar delete 29 April 2021 22.09

Buat yang ingin mengembangkan investasinya, cobain deh ke Akseleran. Selain profitnya bagus, kamu juga berkesempatan membantu UMKM untuk berkembang.

Akseleran menarik nih. P2P yg bisa bangkitkan ekonomi krn saling gotong royong memberi pinjaman n mwndapat pinjaman

nah, para pemilik UMKM harus terus update informasi ya... Agar informasi seperti ini sampai kepada mereka sehingga bisa membantu UMKM mereka semakin maju dan berkembang...

Bagus ya karena semua sifatnya transparan. Aman juga ya karena diawasi oleh OJK ya, jadi kedua belah pihak tak perlu was-was berlebih.

Pastinya UMKM dapat terbantu dengan adanya program seperti ini terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Masa pandemi gini UMKM lumayan cukup terdampak ya mas, bahkan banyak yang gulung tikar.
Peminjaman modal kyk gini bisa sebagai alternatif mereka utk bertahan atau mengambangkan usaha jd lebh maju lg ya

Toss Mas.. saya juga sudah punya akun dan kode referral juga di P2P Akseleran ini. Pingin jadi lender juga agar turut membantu temen2 UMKM yang arus kasnya sedang butuh cash, imbal hasilnya juga lumayan ya per tahun, 21%

Solusi yg tepat untuk UMKM bersama akseleran dalam soal pendanaan supaya makin maju dan sukses dalam usahanya.

Aku kayanya udah punya akunnya apa belom ya. Modalnya kayanya cukup gede hehehe. Mesti ada inovasi supaya mahasiswa bisa ikutan juga belajar investasi p2p kaya gini hehe. Thx 4 sharing, keep on blogging bang Dodon:).

Kebayang sih yaa...bagaimana harusnya para UMKM ini struggling di tengah badai pandemi. Semoga bersama Akseleran, bisa membangkitkan kembali keuangan UMKM yang membutuhkan modal untuk berkembang.

Masyarakat biasa juga bisa turut serta membantu pendanaan umkm ya... Sekalian investasi pula... Dan yang penting aman karena diawasi oleh ojk...

wah ini semakin membantu umkm untuk berkembang ya
bisa memperoleh dana untuk mengembangkan usahanya
aku pun pernah nyoba berinvestasi disana

Akseleran ini menurutku bermanfaat banget sebagai sarana bertemunya pemberi pinjaman dan peminjam. Selain industri UMKM terbantu, pihak lender juga bisa ikut membantu dengan dana yang terjangkau. Biasanya kan lender harus ngelurin biaya gede ya untuk investasi. Ternyata di Akseleran sangat terjangkau.

Akseleran ini oke banget, pembagian hasilnya pun beneran menguntungkan.

Jadi terobosan baru nih buat pelaku UMKM ya Mas.
Jadi lebih mudah mendapatkan dana untuk memajukan UMKM.
Sudah aman lagi di awasi oleh OJK ya...

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

EmoticonEmoticon