Cemilan Pedas Khas Jawa Barat

Cemilan pedas ini nikmat dimakan dengan teman-teman atau juga sebagai suguhan. Di makan siang hari cuaca panas atau dingin enak.

Cemilan pedas memang sudah sangat biasa bagi orang Indonesia, termasuk tukang jalan jajan yang doyan menikmatinya. Jarang sekali ditemukan orang Indonesia tidak suka cemilan pedas. Maka jika pergi keluar negeri tidak lupa bon cabe sebagai bubuk cabe pedas. Nah, cemilan pedas ini beragam sekali tiap daerah. Namun ada cemilan pedas di satu daerah yang terkenal hingga ke daerah lainnya di Indonesia. Cemilan pedas ini nikmat dimakan dengan teman-teman atau juga sebagai suguhan. Di makan siang hari cuaca panas atau dingin enak. Asalkan sebelum makan cemilan pedas, makan nasi dulu atau makanan makanan berat agar tidak sakit perut. Berikut berbagai cara membuat cemilan pedas.

Cemilan Pedas Khas Jawa Barat

Cemilan Pedas Khas Jawa Barat

1.       Seblak Lengkap

Pernakah anda memakan seblak? Seblak memang sudah terkenal ke daerah lain, bukan hanya di Jawa Barat. Seblak ini merupakan cemilan pedas yang enak sekali. Bahan-bahan yang anda butuhkan adalah kerupuk mentah 50 gram, siomay kering, macaroni mentah, mie kuning sedikit saja dan telur ayam 1 butir. Untuk bumbunya siapkan kunyit 1 ruas jari, cabe merah keriting 3 buah, cabe pedas 4 buah, bawang merah 2 siung dan bawang putih 1 siung. Siapkan juga minyak untuk menumis. Garam dan kaldu bubuk sapi.

Cara membuat seblak ini adalah dengan merendam kerupuk di air panas dahulu. Setelah itu blender semua bumbunya hingga halus. Setelah itu anda tumis bumbunya di wajan berisi sedikit minyak. Selanjutnya anda masukkan air ke dalam tumisan bumbu. Setelah itu taruh telur ayam, siomay kering, macaroni dan juga mienya. Terakhir masukkan kerupuk yang sudah direndam tadi. tambahkan setengah sendok garam dan kalsu bubuk sapi sesuai selera.

2.       Cilok Kuah Pedas

Cilok singkatan dari aci dicolok. Namun kini cilok mengalami perkembangan, tidak selalu diclok dan juga sudah berkuah. Cilok kuah pedas ini sudah jadi cemilan favorit. Bahan-bahannya adalah sagu atau aci 500 gram, air mineral, daun bawang dan garam. Lalu anda sipakan bumbu untuh kuahnya, kaldu sapi bubuk, cabe dan bawang putih.

Anda buat ciloknya dahulu caranya campurkan sagu atau aci dengan air hangat dikit demi sedikit. Lalu tambahkan daun bawang yang sudah dicincang kecil. Buat adonan hingga kalis dan bulatkan. Sipakan panci berisi air dan minyak sedikit saja. Rebus ciloknya hingga matang dan tiriskan. Sekarang kuahnya anda ulek bawang putih dan cabe sesuai tingkat kepedasan anda. Selanjutnya tambahkan air ke dalam panci dan masukkan bumbu ulek tadi. tambahkan garam dan kaldu bubuk sapi. Masukkan ciloknya dan siap dimakan.

3.       Cireng Mercon

Cireng juga mempunya singkatan yaitu aci digoreng. Bahan yang dibutuhkan membuat coreng dahulu yaitu aci 1 kg, tepung terigu 1/4 , garam, daun bawang dan kaldu bubuk sapi. Untuk isian cireng yaitu kornet sapi, bawang putih, bawang merah, dan cabe pedas. Minyak goreng siapkan untuk menggoreng.

Kita buat isian cirengnya dahulu, dengan mengulek bawang merah dan bawang putih. Kemudian masukkan cabe pedasnya dan ulek hingga halus. Tumis bumbunya dan masukkan kornet sapinya. Tambahkan sedikit garam dan kaldu bubuk sapi. Sisihkan dahulu isinya. Sekarang membuat cirengnya dengan mencampurkan semua bahan dan tambahkan air hangat dikit demi sedikit. Uleni hingga kalis dan pipihkan adonan kemudian isi dengan isian tadi. tutup dan kemudian cireng mercon siap digoreng.

Semuanya jadi favorit Tukang Jalan Jajan, makanannya gampang didapat dan kamu pasti doyan juga sih menikmatinya.

Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.