Cara Menghasilkan Uang dari Menulis

saya akan memberitahukan cara menghasilkan uang dari blog Selain menulis catatan perjalanan kuliner di website tukang jalan jajan dan SociaBuzz Tribe
Menulis itu seperti menyampaikan pendapat namun tanpa suara. Seperti self healing untuk menyampaikan semua pemikiran yang berputar diotak. Terkadang ada beberapa pemikiran yang lebih runut jika ditulis ketimbang disampaikan atau pemikiran yang terlalu panjang untuk dibicarakan secara lisan akan lebih nyaman dibaca dalam sebuah tulisan. Bagi tukang jalan jajan, dengan tulisan akan lebih banyak dibaca oleh semua orang, dimana saja, dan kapan saja. Tulisan dapat dibaca berulang dengan jelas, walaupun mungkin banyak interpretasi namun tulisan akan menjadi abadi. Ada bonus lain yang bisa didapat, menulis bisa menghasilkan uang. Bisa dapat cuan di saat pandemi seperti ini

Cara Menghasilkan Uang dari Menulis
Cara Menghasilkan Uang dari Menulis

Tulisan yang dibuat memang usaha dari saya pribadi untuk menulis semua cerita perjalanan hidup dalam bentuk rangkaian karimat yang bercerita. Awalnya memang biasa saja, namun lama kelamaan menjadi candu yang menyenangkan. Biasanya tulisan akan memiliki warna tersendiri sesuai dengan coretan sang penulis. Sama seperti pelukis, biasanya masing masing memiliki ciri khas. Setiap penulis pasti berusaha berdiskusi dengan pembacanya, mengajak mereka untuk larut dalam cerita kita.

Menulis Itu Mudah?

Semudah apakah? Banyak pertanyaan diawal saat mulai merangkai kata. Banyak yang terlalu berpikir rumit akan ide tulisannya. Mulailah dari apa yang disukai dan apa yang dipahami. Bagi yang tak bisa terlalu banyak berfantasi, maka tulisan akan banyak berisi pengalaman pribadi, mengalir secara runut karena kita sudah melewati prosesnya. Menulis itu sama seperti melangkah, kadang tersandung atau tersendat, kehabisan ide dan kata kata yang membuat kita tak berdaya. Lalu bagaimana? berhentilah sejenak dan mulainya mencari inspirasi lewat tulisan orang lain. Menulis itu  pasti melewati proses panjang dan dilakukan terus menerus secara berulang. 

Catatan perjalanan dan kuliner yang menjadi hobi membuat tukang jalan jajan lebih gampang mengekspresikan diri. memang tak mudah harus memulai dari mana dan mengakhiri dimana. Tukang Jalan Jajan mencoba memberikan "roh" pada cerita agar pembaca dapat merasakan emosi sekaligus mengajaknya berpikir dan merenungkan apa-apa yang didengar, dilihat, dan dialami oleh penulisnya langsung.Catatan perjalanan tak harus kaku, bisa ditulis dengan gaya yang menyenangkan dan santai. Sama seperti menulis cerita kuliner, saya ingin mengajak pembaca setia ikut merasakan makanan. Tak hanya menggambarkan rasa enak saja tapi menggambarkan  secara detil seperti apa deskripsi enak yang saya rasakan

Cara Saya Menulis Catatan Perjalanan dan Kuliner

    1. Mengamati dengan Seksama
      Catat segala hal yang sudah kamu lewati selama melakukan perjalanan atau selama menikmati makanan. Gunakan buku catatan kecil atau juga menulis dalam smartphone. Tulis apa yang diamati, semakin detil maka akan semakin mudah mendapatkan tulisan yang baik. Mengamati kebiasaan orang dijalan, interaksi orang orang, bagunan dan jalanan sekitar. Banyak sekali yang menarik dan bisa diolah. Jika memang bisa tulisan tadi harus diperkuat dengan beberapa pengambilan gambar untuk mendukungnya. Dengan kata lain, catat dan foto semuanya.
          2. Jalan Kaki Lebih Banyak
            Jika memang memungkinkan dan bisa dilakukan dengan mudah, berjalan kaki dari satu titik ke titik yang lain kana memperkaya wawasan kita. Percayalah, akan banyak hal unik yang bakal ditemui, saya sering menemukan "hidden gems" karena banyak jalan kaki. Ini merupakan kebahagiaan tersendiri saat menemukan hal baru yang tak diketahui orang banyak. Lebih banyak kesempatan untuk merasakan makna traveling sebenarnya. Saya juga sering melakukan wawancara dengan beberapa orang yang ramah saat ditemui dijalan. Ini tentu akan membuat tulisan semakin kaya. Jangan takut bertanya dengan penduduk lokal tentang sebuah lokasi atau rasa kuliner atau makanan yang mereka minati.
              Tidak masalah juga sih kalau mau menyewa kendaraan bermotor karena jika naik kendaraan bermotor bakal ngasih kamu gambaran umum, jalan kaki bakal ngasih kamu kesempatan buat melihat lebih rinci. rasakan denyutan kehidupan di tempat itu.
                  3. Cari Lokasi Baru
                    Biasanya saya akan menulis catatan perjalanan yang beda dari kebanyakan, supaya bisa berbeda pandangan, setelah melakukan eksplorasi didunia maya, kita mesti berani melipir dari rute yang diambil pejalan pada umumnya. Akan banyak menjumpai hal-hal yang berbeda. Ini akan membuat cerita yang ditulis nanti juga bakal berbeda.
                      catatan-catatan perjalanan yang menarik dan banyak dibaca biasanya tentang destinasi atau atraksi wisata yang tidak umum dan belum banyak beredar di media atau media sosial. Harus rajin mencari tahu ya.
                          4. Konsisten dalam mencatat
                            Seperti diawal tadi, saya selalu mencatat apapun yang menarik saat ditemui. jika malas, maka saya akan merekam menggunakan voice recorder. dengan begini tidak akan ada catatan yang hilang, lupa atau tertinggal. jika ada waktu, jangan lupa membuat transkripnya supaya lebih mudah dibaca. Jika menulis di smartphone maka tulislah di aplikasi yang bisa diakses walaupun tidak berada didepan smartphone. Pengalaman saat kehilangan smartphone membuat saya menjadi cerdas untuk menyimpan foto, video, suara dan tulisan di cloud. Jadi jika ada waktu jaringan internet yang bagus, segera simpan berkas digital supaya tak hilang.
                                5. Menulis Petualangan Apa Adanya
                                  Menulis apa yang didapat selama perjalanan yang biasa biasa saja pasti kurang berbobot. Harus ada jalan cerita yang menghadirkan konflik. Caranya dengan membandingkan apa yang diharapkan dan apa yang didapatkan. Apalagi jika sudah ada cerita dari perjalanan lain yang bisa dijadikan perbandingan. Catatan perjalanan punya sudut pandang yang subjektif dan personal banget. Sudut pandang subjektif inilah yang bikin tulisan perjalanan jadi unik.
                                    Jangan takut untuk menuliskan pendapat atau kritik membangun. Siapa tahu tulisanmu sebagai bahan pertimbangan buat mengembangkan pariwisata di tempat itu.

                                    Menulis Jadi Cuan


                                    Sebenarnya banyak cara menghasilkan uang dari menulis. Dari banyak artikel, ada yang mengarahkan untuk menjadi Publisher Google Adsense, Penulis Facebook Instant Article, atau Penulis di platform news agregator. Tapi berdasarkan pengalamanku sih bisa dari beberapa hal seperti

                                    Penulis konten web

                                    Sebagai pemilik blog, saya akan memberitahukan cara menghasilkan uang dari blog. Biasanya  semua catatan perjalanan dan kuliner akan ditulis di website tukang jalan jajan. Tentu dengan mengikuti beberapa teknik, salah satunya adalah memanfaatkan mesin pencari Google. Agar mudah ditemukan dalam pencarian di mesin pencari Google, sebuah website harus memiliki banyak artikel yang dioptimasi atau search engine optimization (SEO). Nah, jika memiliki tulisan yang bagus dan mudah ditemukan di mesin pencari maka ada saja perusahaan yang  rela membayar content writer untuk menulis artikel di web perusahaan atau menulis review tentang sesuatu yang ditempatkan di website kita sendiri. Biasanya mereka akan menghubungi kita lewat email atau bisa juga dengan cara mendaftar perusahaan penyedia jasa penulis artikel

                                    Penulis di media massa

                                    Sebelum masa pandemi, saya rajin menulis di media massa, tentu dengan menjadi penulis lepas di beberapa majalah dan koran. Biasanya ada yang membuka kesempatan bagi penulis lepas untuk menulis catatan perjalanan dengan honor yang cukup besar jika tulisan tersebut diterbitkan. Tapi tentu saja untuk memasukkan tulisan disana tidak mudah, harus mengikuti kaedah dan gaya penulisan yang berlaku dimedia massa tersebut. Kita juga harus tahan mental untuk menghadapi editor yang akan mengarahkan kita menulis sesuai dengan kriteria sebelum masuk ke meja redaksi. Jadi hanya tulisan-tulisan yang berkualitas tinggi yang akan naik cetak atau tayang.


                                    Penulis buku

                                    Ini juga saya lakukan jika memang sudah memiliki kumpulan tulisan yang bagus dan mengungkapkan bayak fakta dan cerita yang menarik,kumpulkan saja dalam satu buku. Harus mempersiapkan naskah buku dengan tema yang menarik, lalu mencari perusahaan penerbit atau editor yang menerbitkan buku. Jika disetujui, buku akan dicetak dan dipasarkan oleh perusahaan tersebut. Kamu akan mendapatkan pembagian keuntungan dari hasil penjualan buku. Semakin banyak yang laku dan semakin banyak buku yang dibuat maka makin banyak pula royalti yang didapat. Selain bisa mendapatkan uang dari menulis buku, sisi positif dari menerbitkan buku karya sendiri adalah membangun personal branding. Buku yang kamu terbitkan bisa menambah portofolio karya yang bisa kamu banggakan ke orang lain. Buku The Best Of India adalah salah satu buku yang ditulis.

                                    Platform Baru Menghasilkan uang lewat SociaBuzz Tribe

                                    Nah, ini ada cara baru bagi para blogger dan penulis untuk menghasilkan uang, yaitu dengan membuat halaman SociaBuzz Tribe dan semua orang juga bisa menyampaikan apresiasi dan dukungan melalui halaman SociaBuzz Tribe yang sudah dibuat. Selain itu SociaBuzz Tribe bisa digunakan untuk :
                                    • Terima dukungan dari fans & penikmat karya
                                    • Terima dukungan dari penonton live streaming
                                    • Galang dukungan untuk kegiatan amal/sosial
                                    • Galang dukungan untuk kegiatan proyek kreatif
                                    Banyak sekali manfaat yang bisa diberi dan diterima saat bergabung disini. Siapa saja boleh
                                    sangat cocok digunakan oleh
                                    • Content Creator
                                    • Live Streamer
                                    • Musisi
                                    • Penulis
                                    • Gamer
                                    • Podcaster
                                    • Blogger
                                    • Komikus
                                    • Cosplayer
                                    • Media
                                    • Komunitas
                                    • Lembaga Non Profit
                                    Untuk bisa join, kalian membuka laman website SociaBuzz Tribe di https://sociabuzz.com/tribe dan mengikuti langkah-langkah yang ada disana. Tak membutuhkan waktu lama dan voilaaaaa...... Selesai!

                                    Konsistensi Dalam Menulis

                                    Menulis itu harus konsisten, dalami apa yang menjadi hobi agar lebih mudah menjaga konsistensi dalam menulis. Jadikanlah menulis sebagai bagian dari proses kamu belajar. Tulislah apa yang membuat kita nyaman sekaligus memberi pandangan dan pengetahuan baru bagi pembaca. Bahagialah jika tulisan itu menjadi kebaikan bagi pembacamu. Teruslah menulis karena tulisan akan menjadi peninggalan abadimu.

                                    Warga negara Indonesia yang cinta budaya dan kuliner Indonesia dan sekarang menetap di Pontianak. Berprinsip belajar terus menerus dan berusaha tetap dinamis. Berpikiran bahwa hasil tidak akan menghianati usaha serta percaya bahwa rejeki tidak mungkin tertukar.