Tukang Jalan Jajan

Pengalaman Merasakan Tahun Baru di Negara Orang


10 tahun terakhir Tahun baru biasanya kebanyakan saya rayakan di Negara Asia. Biasanya tidak ada rencana untuk bertahun baru disana tapi karena berhenti dari perjalanan panjang setelah traveling selama sebulan atau ditengah perjalanan akhir tahun. Tidak ada rencana khusus tapi saya percaya bahwa setiap negara punya beberapa hal menarik untuk diulik. Pengalaman menikmati tahun baru bagi saya selalu berbeda setiap tahunnya. Merayakan pergantian tahun artinya kita bersyukur dengan segala yang sudah terjadi ditahun sebelumnya dan mempersiapkan diri untuk rencana di tahun berikutnya. 
 
Pengalaman Merasakan Tahun Baru di Negara Orang
Pengalaman Merasakan Tahun Baru di Negara Orang
Pengalaman Merasakan Tahun Baru di Negara Orang yang masih saya ingat adalah Vientiane di Laos. Krabi dan Bangkok di Thailand. Kuching dan KL di Malaysia. Viantiane saat perjalanan keliling Asia Tenggara selama sebulan sendirian. Selama di sana saya menghabiskan waktu menikmati matahari sore di tepi sungai Mekong. Kebetulan ada taman yang dibuat sangat bagus untuk sekedar bersantai lalu ada bangunan yang atapnya terbuat dari emas dan cayanya memantul ke atas air. Taman kotanya juga ramai, ada pagelaran panggung musik dimana mana dan permainan kembang api. Lagu-lagu yang dinyanyikan juga menarik. Nada, musik dan bahasanya sungguh menggelitik telinga karena sangat berbeda. Disini saya menemukan backpacker asal KL yang menjadi teman baik sampai sekarang.

Twin tower Kuala Lumpur
Krabi, bersama dengan Ibu saya. kami berdua memang berencana untuk menghabiskan waktu semalaman saat pergantian tahun di tepi pantai ditemani ribuan cahaya bintang dan menikmati suara deburan ombak. Pernah mencoba menikmati keriuhan musik dan menikmati dunia malam di Bangkok, duduk di cafĂ© dan merasakan tahun baru kota besar. 

Aonang, Krabi, Thailand
Aonang, Krabi, Thailand
Perayaan tahun baru di Kuching tidak ramai sama sekali, kegiatan musik dan kembang api hanya berpusat di Padang Merdeka dan Waterfront. Jalanan macet disekitar venue namun tidak ada yang special, seperti kebanyakan, countdown, terompet dan petasan. Di Kuala Lumpur lebih hidup, sebagai kota metropolitan dan banyak orang asing membuat kota ini terlihat lebih hdup dari hari biasanya terutama di Bukit Bintang sebagai kawasan traveler internasional.

Tahun baru di kota besar hampir sama saja, penuh orang dengan panggung pertunjukan, kembang api dan terompet. Saya lebih menikmati di Vientiane dan Krabi, santai dan menikmati alam apalagi dengan orang yang special. Percakapan yang dalam dengan suasana yang tenang didukung dengan keindahan alam yang luar bisa. Menikmati bisa dengan berbagai cara, riuh rendah di keramaian atau sepi menyepi merenungi diri.

Tan Kuang Si Waterfall, Luang Prabang, Laos
Tan Kuang Si Waterfall, Luang Prabang, Laos
Dari Pengalaman Merasakan Tahun Baru di Negara Orang, Apakah perlu mempersiapkan diri untuk bepergian keluar negeri? Tergantung mau mengikuti perayaan yang dimana dulu. Jika di kota besar, jangan lupa menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Simpan uang dan barang berharga didalam money belt yang diikat ke badan. Tinggalkan paspor didalam safetybox di kamar atau resepsionis. Jika memilih menikmati alam, bawa perlengkapan yang sesuai dan pakaian yang nyaman. Bawa makanan dan minuman secukupnya.

Saya pernah mencoba reuni dengan teman- teman sesama backpacker yang bertemu saya selama perjalanan backpacker di Bangkok. Seru juga sih karena saling membawa teman sehingga saling berkenalan dan menambah teman baru. Siapa tahu nanti bisa traveling bareng. 

Aonang, Krabi, Thailand
Aonang, Krabi, Thailand
Selamat tahun baru untuk semua traveler yang pernah bertemu saya di dunia nyata maupun hanya di dunia maya. Semoga bisa bersama-sama merasakan bahagia dan senyum bersama. menikmati dunia yang penuh pesona. Semoga tahun 2018 bisa menjadi tahun yang lebih baik dan semakin banyak tempat yang dikunjungi. Selamat Tahun baru 2018 genks! Pengalaman Merasakan Tahun Baru di Negara Orang tentu punya sensasi berbeda. 

Merlion, Singapura
Merlion, Singapura
Tulisan ini dimuat di Pontianak Post 31 Desember 2017. Tulisan penutup tahun yang sempurna!

Tidak ada komentar

DILARANG MENGAMBIL TULISAN, FOTO ATAU VIDEO TANPA SEIJIN PENULIS :)

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.