Tukang Jalan Jajan

Makanan Ringan yang Sehat untuk Si Kecil, Ini Ragam yang Bisa Anda Pilih

Berbagai jenis produk makanan ringan bisa dengan mudah dijumpai di pasaran, dari berbagai merk, harga dan juga rasa. Namun tentu tak semuanya menjamin kesehatan, apalagi untuk buah hati yang sering kali merengek untuk mencobanya. Masa anak-anak memang menjadi saat dimana mereka ingin mencoba berbagai hal baru, mainan hingga produk makanan. Orang tua sendiri harus lebih selektif dalam memilihkan mana jajanan yang sehat bagi buah hati dan tidak. Dampaknya mungkin tak akan dirasakan secara langsung, melainkan nanti dalam jangka waktu panjang. Ketika si kecil terlalu sering mengkonsumsi jajanan yang tak sehat maka akan berdampak buruk pada tubuh mereka.
 
 Makanan Ringan yang Sehat untuk Si Kecil
 Makanan Ringan yang Sehat untuk Si Kecil
Memilih produk makanan yang sehat untuk si kecil sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah yang mudah, yaitu:
  1. Memperhatikan komposisi bahan yang digunakan di dalamnya, berbagai macam pilihan bahan yang aman dan juga tidak dapat dilihat pada kemasan, orang tua juga harus selektif ketika misalnya si kecil memiliki alergi pada satu bahan makanan tertentu.
  2. Cek label keamanan yang didapat dari BPOM dan juga MUI, 2 hal ini menjamin bahwa kandungan dalam makanan tersebut aman dari obat-obatan atau bahan yang berbahaya.
  3. Perhatikan bagaimana rupa dan juga rasa makanan tersebut, makanan yang dicampur dengan bahan kimia berbahaya umumnya memiliki warna yang lebih mencolok, begitu juga dari segi rasanya.
  4. Selalu melihat tanggal kadaluarsa produk, ketika Anda akan membeli produk apapun itu, termasuk diantaranya adalah makanan ringan, maka selalu perhatikan tanggal layak pakai nya, sehingga tak mengalami masalah seperti keracunan.
Untuk anak-anak sendiri ada beberapa kategori produk makanan yang sehat, diantaranya adalah:
  1. Sereal dan juga biskuit gandum, produk makanan yang satu ini banyak dijual di pasaran secara cemilan, kandungan gizinya lebih baik dibandingkan dengan makanan yang terbuat dari tepung biasa, karena gandum kaya akan karbohidrat kompleks yang tak akan menyebabkan resiko obesitas bagi yang mengonsumsinya, menu ini juga bisa ditambahkan dengan susu sebagai salah satu makanan untuk sarapan.
  2. Biji-bijian, diantara jenis yang sehat lainnya adalah produk makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, seperti kacang-kacangan ataupun juga jagung, olahan yang satu ini kaya akan kandungan vitamin E, apalagi dalam kondisi yang masih utuh, artinya tak banyak mendapatkan bahan campuran lain.
  3. Yogurt hingga susu olahan, yogurt merupakan produk olahan dari susu yang di fermentasi, ia kaya akan kandungan bakteri baik untuk memperlancar pencernaan, sehingga ketika si kecil mengalami kesulitan dalam buang air besar, salah satu cara untuk mengatasinya sangat mudah, yaitu mengganti cemilan mereka dengan olahan susu yang satu ini.
  4. Keripik sayur atau buah-buahan, banyak sekarang ini cemilan yang mengaplikasikan bahan dari sayur dan juga buah utuh untuk dijadikan sebagai keripik, mulai dari pisang, mangga, bayam, hingga apel juga ada, kandungan serat yang ada di dalamnya masih utuh dan bagus dalam memperlancar pencernaan, namun pilihlah yang minim kandungan gulanya agar lebih sehat.
  5. Agar-agar, dibandingkan dengan jelly maka agar-agar ini kandungan seratnya jauh lebih tinggi dan juga sehat, sekarang ini banyak varian rasa dan juga tambahan buah-buahan segar di dalamnya yang pasti sangat nikmat untuk dijadikan sebagai cemilan sehat si kecil.

5 komentar:

  1. Agar-agar yang jafi favorit, apalagi yang dcampur roti. :)

    BalasHapus
  2. Untuk makanan ringan, aku seringnya bikin sendiri sih. Soalnya anakku sensitif juga.

    BalasHapus
  3. Wah amntab banget ini, gak cuma buat anak aja deh sepertinya, tapi buat gue juga...

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.