Adv

Teknologi Memudahkan Hidup Manusia

Hai Teman Jalan Jajan, ada cerita seru yang bisa dibaca sebagai referensi. Semoga bisa berguna bagi yang mempersiapkan diri untuk traveling atau backpack sendiri.

Mari siapkan diri berlibur dan manfaatkan teknologi
Mari siapkan diri berlibur dan manfaatkan teknologi
Sebut saja Ela, yang memiliki teman dari Banjarmasin yang berkunjung ke rumahnya di Depok. Ela sangat bersuka cita karena sudah bertahun-tahun ia tidak berjumpa dengan teman semasa kuliahnya ini. Maka selama kedatangan teman ke Depok tersebut, mereka menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan.
Mari siapkan diri berlibur dan manfaatkan teknologi
Mari siapkan diri berlibur dan manfaatkan teknologi
Di hari terakhir menjelang kepulangan, ternyata teman Ela mengaku ia belum memesan tiket untuk pulang. Selain karena ia juga sedikit menjadi malas pulang, ia pikir memesan tiket adalah sesuatu yang mudah dilakukan. Toh, ia biasa memesan tiket di Banjarmasin di agen langganannya.

Tukang Jalan Jajan
etsy.com
Memang, sih, jaman sekarang urusan tiket menjadi hal yang tidak susah. Apalagi ada banyak pelayanan online. Namun rupanya teman Ela adalah tipe konservatif yang biasa membeli tiket di agen-agen. Jadilah hari terakhir acara jalan-jalan ke mal menjadi acara perburuan tiket.
Ela sendiri sudah menawarkan bantuan untuk melakukan pemesanan melalui Online Travel Agent namun temannya merasa ragu karena tidak terbiasa. Ia pun mengatakan bahwa di mal yang mereka kunjungi terdapat kantor penjualan resmi tiket Garuda. Dengan bersemangat, datanglah mereka ke kantor penjualan tiket Garuda. Ternyata tidak ada seat untuk penerbagan yang sudah dijadwalkan teman Ela. Tak putus asa, mereka mendatangi pusat informasi mal untuk menanyakan apakah ada agen tiket pesawat lainnya di mal.
Di agen yang telah ditunjukkan pusat informasi, ternyata keduanya harus menelan kekecewaan karena jawaban yang mereka peroleh sama saja: tidak tersedia seat pada jadwal yang dimaksud dari maskapai yang mereka miliki. Demi teman, Ela mengusulkan agar mereka mencari agen tiket di sepanjang perjalanan saja. Ela menyetir mobilnya menelusuri jalanan yang menjadi pusat komersial di mana kemungkinan besar akan ditemukan agen tiket pesawat. 
Menelusuri jalan satu arah, teman Ela melihat di sebarang jalan ada agen tiket pesawat. Wah, harus putar balik nih. Ela pun segera mencari putaran untuk memutar balik mobilnya dengan menembus kemacetan yang cukup panjang di sepanjang Jl. Margonda. Ela sungguh tidak ingin membuat temannya kecewa karena tiket belum ada di tangan meskipun jujur saja urusan mencari tiket seperti ini sangatlah menguras waktu. 
Tukang Jalan Jajan
spendlifetraveling.com
Teman Ela berpikir kalau di daerah terasa mudah karena tidak harus berurusan dengan macet dan juga sudah memiliki agen langganan. Sedangkan bagi Ela yang tidak pernah berurusan dengan pembelian tiket di agen tidak memiliki satu pun referensi agen. Biasanya, suaminya sudah mengurus semua akomodasi mereka jika ingin bepergian ke luar kota melalui online travel agent yang praktis dan mudah. Baik tiket sekaligus hotelnya. Dua pekerjaan sekali duduk, jika mau.
Jangan salah, menurut Ela dan suami, booking hotel melalui online travel agentsungguh menguntungkan daripada melakukan pemesanan langsung. Selain banyaknya pilihan yang ada serta efektifitas waktu, diskon yang diberikan biasanya sangat menggiurkan yang tak jarang jatuhnya justru lebih murah daripada dengan memesannya secara langsung. Kalau hanya mengandalkan referensi dari teman atau keluarga kemungkinan tidak akan bisa menjangkau semua sudut yang barangkali memiliki keindahan tersendiri.
Ela dan suami biasanya akan memilih online travel agent yang memiliki penawaran akomodasi terbaik sesuai dengan destinasi mereka. Ada banyak maskapai dan pilihan hotel yang bisa dipilih jadi biasanya kepastian adanya seatdan kamar akan segera bisa diketahui. Bahkan mereka bisa memilih online travel agent yang berbeda untuk urusan pemesanan tiket maupun hotel. Tidak harus sama, bukan, jika mereka bisa mendapatkan pilihan harga yang terbaik?
Baik hotel maupun tiket, melakukan pemesanannya pun mudah. Untuk tiket, misalnya, setelah mengunjungi website salah satu online travel agent tersebut, mereka tinggal mengisi tujuan, waktu penerbangan, jumlah penumpang, jenis tiket (sekali jalan atau pulang-pergi) lalu setelah itu akan muncul beberapa pilihan penerbangan lengkap dengan jadwal dan harga. Mereka tinggal memilih yang cocok dan melakukan pemrosesan pesanan. Setelah itu, penawaran pembayaran bisa dipilih baik melalui ATM, kartu kredit, dan beberapa cara pemilihan pembayaran lainnya. 

Tukang Jalan Jajan
telegraph.co.uk
Setelah pembayaran dilakukan, maka e-ticket akan segera dikirimkan ke email. Dalam hitungan menit lho! Kalau mau lebih yakin lagi, mereka bisa mencocokkan kode booking pada e-ticket yang dikirimkan oleh online travel agent itu dengan situs resmi  maskapai yang dituju. Nanti akan muncul tiket yang sama. Mudah, bukan? Hanya dengan duduk, mereka bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan yang pada jaman dulu membutuhkan waktu dan tenaga untuk mengurusnya.
Ela sendiri segan mencontohkan kemudahan itu pada temannya yang belum terbiasa menggunakan online travel agent. Khawatir ada kekecewaan jika tidak ada kecocokan di hati. Padahal kalau saja Ela berani mengajak temannya untuk mempelajari hal-hal baru sesuai perkembangan jaman, barangkali akan mampu mendatangkan banyak manfaat bagi temannya. Khususnya untuk akomodasi di saat ia melakukan bepergian ke luar kota untuk kesekan kalinya. Tapi, hidup memang selalu berisi pilihan, bukan?
Untungnya di agen tiket yang mereka datangi, tersedia satu seat dengan penerbangan yang maju beberapa jam dari jadwal yang diinginkan teman Ela. Ela bersyukur karena mereka tidak harus mencari-cari agen yang lain karena hari pun sudah beranjak malam dan waktu berlalu beberapa jam untuk memesan sebuah tiket penerbangan.

4 komentar:

  1. teknologi kadang seperti dua mata pisau, kadang memudahkan, kadang membuat manusia menjadi semakin malas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu dapet pisau yang matanya kemana? 😄😄

      Hapus
  2. Saya juga tidak punya referensi agen untuk tiket pesawat. Waktu itu pernah orang tua saya minta belikan tiket untuk ke Kalimantan, karena saya tidak punya referensi agen, saya memeriksa penjualan tiket online.

    Setelah cerita-cerita dengan orang tua betapa mudahnya memesan tiket via online, mereka jadi banyak bertanya tentang teknologi internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. teknologi internet jika digunakan sebaik mungkin akan sangat memudahkan . semoga bisa merasa nyaman dan berguna tulisan ini

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.