Adv

Disko di Ayam Pop Bu Yani


Makan Ayam Pop tidak harus datang ke restoran Padang, sekarang sudah ada ayam pop Bu Yani yang bisa dinikmati khusus. Saya penasaran setelah mendapat tag di akun Instagram @dodon_jerry . Memang banyak yang suka menyenggol saya tapi entah kenapa, saya sangat tertarik untuk mencoba yang satu ini. Apakah saya akan berdisko setelah makan ayam Pop di sini? Setahu saya ayam pop pasti disajikan dengan banyak menu Padang lainnya. Tapi jika disajikan terpisah, saya baru mencoba. Kalau tidak mencoba, siapa yang bisa tahu rasanya seperti apa.

Ayam Pop Bu Yani Plus sambel Pete
Ayam Pop Bu Yani Plus sambel Pete
Mencari lokasi Ayam Pop Bu Yani butuh perjuangan dan gampang-gampang susah. Beberapa kali saya harus kebablasan karena ragu padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah saya. Berada di Jalan Purnama dan harus masuk ke dalam Gang Purnama 8. Ancer-ancernya di sebelah sekolahan Kalam Kudus. Kalau sudah kepengen otomatis segala upaya dan cara akan dilakukan untuk mendapatkannya. Bukanya Senin hingga sabtu dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Bitterballen Bu yani
Bitterballen Bu Yani
Akhirnya setelah 100 meter masuk ke dalam gang, saya menemukan sebuah rumah dengan halaman yang lumayan luas dan spanduk bertuliskan ayam pop Bu Yani. Mlipir seketika itu juga. Menunya sederhana tapi karena saya penasaran, semuanya di pesan. Ada paket ayam pop yang disajikan dengan nasi, sambal pete dan lalapan timun seharga 17K, Air tahu dengan es seharga 5K, Cane keju seharga 7K dan memesan bitterballen keju sekarga 15K untuk 4 potong. Mari menunggu makanan datang.
Ayam Pop Bu Yani Plus sambel Pete
Ayam Pop Bu Yani Plus sambel Pete
Berbicara ayam pop, pasti sudah sangat populer di lidah orang Indonesia. Kabar yang saya dapat, Ayam pop ditemukan tahun 1976 Oleh Rumah Makan Simpang Raya, terlepas benar atau tidak, nama ini diberikan sekedar memudahkan penyebutannya saja . Atau ada juga yang mengatakan berhubungan dengan proses masaknya. Pas dimasukkin ke wajan yang berisi minyak panas, muncul bunyi pop-pop-pop karena minyak yang meletup-meletup dalam wajan. Ada pula yang mengatakan Asal muasal dari Ayam POP ini berawal dari salah satu rumah makan yang ada di Bukit Tinggi yang berlokasi di Benteng Indah, yakni rumah makan family Benteng Indah. Dimana citarasa khas sesungguhnya ada di Rumah Makan ini, Ayam POP merupakan masakan Ayam kampong yang telah direbus kemudian digoreng sebentar ditambah ada olahan sambal menambah nikmatnya Ayam POP. Entah mana yang benar.

Ayam Pop Bu Yani Plus sambel Pete
Ayam Pop Bu Yani Plus sambel Pete
Ayam Pop tersaji di meja, hatipun senang dan segera ingin mencicipi. Biasanya menggunakan ayam kampung tapi untuk mengejar harga jual maka digunakan ayam broiler. Ayam berdaging putih tanpa kulit ini sungguh berbumbu, aroma bawang putih dan bawang merah berbalut bumbu lainnya serta dedaunan aromatik. Baru kemudian dicelupkan dalam minyak panas. Walaupun warnannya putih tapi jangan ragukan rasa gurihnya. Apalagi di ayam pop Bu Yani menyajikan sambal pete yang terasa banget sentuhan padangnya. Aroma bawang merah di tambah dengan rasa cabe yang menyatu dengan pete dan ayam pop! Slurupsss

Cane Susu Keju Bu Yani
Cane Susu Keju Bu Yani 
Lain lagi dengan cane yang saya sengaja pesan manis dengan taburan keju dan lelehan susu kental manis. Krispi dan gurih berpadu dengan keju. Saya penggemar keju, apapun yang berasa dan berbau keju pasti enak. Setelah puas menikmati makanan langsung saya teguk air tahu yang segar dan tidak terlalu manis. Menyenangkan bisa menemukan makanan enak di tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah.

Air tahu/Susu Kedelai Bu Yani
Air tahu/Susu Kedelai Bu Yani
Oh ya, sesampai di rumah, saya juga mencicipi bitterballen ini. Sayang sedikit berminyak. Kemungkinan dimasukkan terlalu cepat ke dalam minyak yang belum terlalu panas atau mungkin kurang lama meniriskan. Tapi cukuplah untuk menemani minum teh atau kopi sore.

Es the Bu Yani
Es the Bu Yani
Dari makanan dan minuman serta lokasi dan keramahan pelayanan nilai 7,5 dari 10 bisa membuat saya datang lagi untuk menikmati ayam pop di sini. Cobain deh supaya tidak penasaran dan Selamat makan teman jajan. Salam Yumcez!

12 komentar:

  1. Laper, mas. Seperti biasa. Aku langsung ngebayangin makan ayam Pop di Bukit Tinggi. Ah ngayal terus. Baiklah, nanti siang jajan dari Sederhana aja deh, lebih masuk akal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehehe enak kaaaak.... aku aja jadi kepengen lagi dan lagi waktu menulis ini hehe

      Hapus
  2. Tiba-tiba perut menyanyi membaca tulisan dan membaca kata-kata yang seolah mengiming-imingi. Semoga saya ada kesempatan berkunjung ke sana. :) Terima kasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya di malang banyak juga nih ayam pop. hehehe semoga punya kesempatan mampir ke pontianak ya mbak :)

      Hapus
  3. Kayanya yummy banget.. Ini di daerah mana ya? Jakarta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang yummy banget kak :) sayangnya ayam pop nya di Pontianak hehehe

      Hapus
  4. keliatans sekali ayam popnya enak sekali

    BalasHapus
  5. Ya ampunnnn ayam pop itu enakk bangetttt.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.