Adv

Kuala Lumpur Yang Tak Pernah Mati.


Berkunjung menikmati Malaysia bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari ikut bersama paket tour dan travel atau mencoba berpetualang sendiri. Kebetulan saya mencoba untuk mengeksplorasi sendiri karena informasi dan kalender wisata pariwisata yang jelas serta transportasi yang terintegrasi membuat saya mudah mengeksplorasi sendiri tiap sudut yang menarik. Peta perjalanan akan saya mulai dari Kuala Lumpur. Kuala Lumpur kota yang selalu hidup dan tidak pernah mati

Putra Jaya Kuala Lumpur Tukang Jalan Jajan
Putra Jaya Kuala Lumpur
Kuala Lumpur yang tak pernah mati.
Kota megapolitan ini selalu hidup 24 jam dan 7 hari seminggu. Kota yang berada di semenanjung Malaysia ini menyediakan semua apa yang diinginkan. Berbagai jenis hiburan, atraksi permainan, kehidupan malam, wisata belanja sampai kuliner semuanya ada dan bisa dinikmati dalam waktu 3 hari. Biaya hidup yang kurang lebih dengan ibukota Jakarta membuat Kuala Lumpur menjadi destinasi favorit apalagi KLIA (Kuala Lumpur International Airport) juga menjadi hub untuk destinasi ke berbagai belahan negara di dunia ini.

Suria KLCC dan Petronas tukang jalan jajan
Suria KLCC dan Petronas
Jika ingin selalu melihat hirup pikuk, pergilah ke bukit bintang. Disana pusat kehidupan dan pertemuan berbagai orang dari belahan dunia manapun mirip seperti Times Square di New York. Menuju kesana juga mudah, bisa menggunakan monorail atau bus atau taxi. Di Bukit Bintang juga terdapat banyak hostel dan hotel dengan tarif yang beragam, tentu saja menyesuaikan fasilitas yang diinginkan. Untuk mencari makan, disekitar tempat ini banyak foodcourt kaki lima atau yang ada didalam mall. Tapi saran saya, rajin-rajinlah berjalan berkeliling lokasi pertokoan disini, ada beberapa restoran cepat saji yang memberikan gratis isi ulang minuman untuk beberapa paket tertentu. Selain puas saya juga bisa berhemat beberapa ringgit. Disekitar bukit bintang banyak mall dan pusat perbelanjaan yang bisa dikunjungi seperti Sungei Wang Plaza dan Star Hill

Dari Bukit Bintang terdapat stasiun monorail yang menghubungkan banyak lokasi menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa untuk membeli koin di mesin penjual otomatis dan pastikan tujuan yang di tuju benar, Batu Caves merupakan lokasi yang bisa dikunjungi. Sebuah gua yang terbentuk alami dan dijadikan kuil umat Hindu untuk menjalankan ibadahnya. Kuil ini merupakan kuil yang dipersembahkan kepada dewa Murugan dan merupakan salah satu kuil terkenal yang terletak di luar India.

Dibagian taman terdapat banyak sekali toko yang menjual keperluan berdoa atau menjual pernak-pernik. Jika berminat bermain bersama ribuan ekor burung tekukur yang beterbangan kesana kemari. Lemparkan makanan maka mereka akan mengerubuti tapi tetap berhati-hati bisa saja mereka membuang kotoran sembarangan dikepala. Jika ingin menuju gua, kita harus menaiki anak tangga sebanyak 272 untuk sampai keatas. Hati-hati dengan monyet yang ada disini. Mereka bisa menyerang makanan yang di bawa atau mengambil barang-barang yang terlihat menarik oleh sekumpulan monyet ini. Tangganya yang cukup curam membuat saya harus menyiapkan ekstra tenaga untuk sampai keatas.

Kereta gantung menuju genting High Land tukang jalan jajan
Kereta gantung menuju genting High Land
Perjuangan belum selesai karena gua ini memiliki 3 ruangan utama yang juga harus turun naik tangga untuk melewatinya. Bagian dalam juga indah, banyak patung-patung dewa yang indah untuk diabadikan kamera termasuk stalagnit dan stalagtit serta lubang gua di langit-langit gua yang berpendar terkena cahaya matahari. Jangan lupa juga kalau dibagian luar terdapat patung dewa Hanoman setinggi 15 meter dan tentu saja patung dewa Murugan setinggi 42,7 meter dan memegang rekor tertinggi di dunia. Dari Batu Caves saya harus ke KL sentral dan kemudian membeli tiket Bus ke Genting highland. Sesampai di Genting Highway yang harus dilakukan adalah menaiki kereta gantung untuk tiba di resort nya.

Kereta gantung menuju genting High Land Tukang Jalan Jajan
Kereta gantung menuju genting High Land
Genting Highland memang merupakan tempat-semua-ada. Mulai dari hotel, kasino, tempat permainan (Matahari, Dinosaur Land Boat, Pirate Ship, Ice World bahkan permainan-permainan yang memerlukan ADRENALIN TINGGI seperti Flying Coaster dan CorkQoaster), bioskop, shopping mall, museum dan panggung yang memberikan pertunjukan berbeda hampir setiap bulan sesuai dengan tema yang diusung. Saat saya datang sedang ada pertunjukan sirkus dari berbagai belahan dunia. Pertunjukan ini berada dipanggung utama ditengah Genting Highland. Uniknya para pemain sirkus akan langsung meminta sumbangan kepada penonton yang datang, selain itu penonton yang memberi sumbangan boleh berfoto bersama. Jangan lupa mengelilingi beberapa pojok di dalam genting highland karena ada beberapa monumen ikon dunia ada disini seperti patung liberty dan menara pisa. Karena berada di atas pegunungan yang cukup dingin dan sejuk jangan lupa membawa baju agak tebal atau syal.

Masih ada tempat lain yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi seperti Putra Jaya yang merupakan pusat pemerintahan Malaysia sejak tahun 1999. Arsitektur kelas dunia diaplikasikan di beberapa gedung pemerintahan disini. Termasuk danau buatan yang sangat cantik dan super luas. Jika ingin sholat, anda wajib mengunjungi masjid Putra yang berwarna pink. Selain itu ikon lain yang wajib di kunjungi adalah pusat perbelanjaan Suria KLCC yang menjual berbagai produk berkelas dunia berbintang 5. Semua brand Internasional rata-rata membuka cabang disini. Jika berkunjung di hari sabtu dan minggu anda bisa menuju taman di lantai 5 untuk menyaksikan air terjun menari di malam hari.

Taman di belakang museum KL Tukang jalan jajan
Taman di belakang museum KL
Dari sini saya berjalan menuju taman bagian luar menara kembar Petronas. Pilih titik bagian tengah paling jauh untuk mengambil Menara ini secara utuh. Mengabadikan diri dengan mengambil foto disini merupakan suatu kewajiban karena ini salah satu landmark yang terkenal di kuala lumpur. Saran saya, datanglah pada malam hari karena lampu diseluruh gedung akan menyala cantik sekali. Tempat lain yang tidak kalah menarik dikunjungi adalah muzium negara dan Islamic Arts Museum yang saling berdekatan. Disekitar museum ini juga terdapat beberapa taman cantik dan juga Masjid Jamek. Jika ingin bertemu dengan anggota kerajaan dan pejabat negara sholatlah dimasjid ini pada hari jumat.

Putra Jaya Kuala Lumpur Tukang Jalan Jajan
Putra Jaya Kuala Lumpur
Tempat lain yang harus dikunjungi adalah Padang Merdeka, taman luas ini biasanya digunakan untuk acara kenegaraan termasuk peringatan kemerdekaan. Di depan padang merdeka terdapat gedung unik berwarna merah muda bernama Bangunan Sultan Abdul Samad. Disekitar gedung ini terdapat lorong-lorong yang banyak terdapat penjual makanan kecil di pagi hari seperti cucur, nasi kandar, assam laksa, mie curry dan nasi lemak. Dua blok dibelakang bangunan ini terdapat Indian street yang sangat ramai malam hari. Barang-barang khas India, mulai dari sari, parfum dan berbagai macam bumbu semuanya ada disini. Jika malam hari banyak pedagang kaki lima dan pasar tumpah yang menjual aneka barang, Jangan lupa untuk menawar jika membeli. Jika lapar terdapat banyak food court dan cemilan kaki lima seperti rujak buah dan kacang berangan bakar. Ramai dan heboh membuat Kuala Lumpur Kota yang tidak pernah mati.

Tempat lain yang bisa dikunjungi untuk berbelanja pernak-pernik murah adalah Petaling street yang sering disebuat juga China Town nya Kuala Lumpur. Disini banyak sekali oleh-oleh yang bisa di beli, mulai dari kaos, tas, gantungan kunci sampai tempelan kulkas. Semua ada di sini, termasuk juga makanan dan hostel. Jika kehabisan uang, money changer bertebaran disekitar tempat ini. Karena disini berdesakan, saya sarankan untuk hati-hati dengan dompet dan barang bawaan lainnya. Jangan terlalu asik berbelanja sehingga melupakan faktor keamanan. Jangan lupa menawar mulai setengah harga dan berkeliling terlebih dahulu untuk membandingkan harga. Tempat ini sangat mudah dikunjungi karena tidak terlalu jauh dari Terminal Pudu Raya dan hampir dilewati semua moda transportasi.


4 komentar:

  1. Andai Pontianak memiliki Kalender Pariwisata dan System Transportasi ynag terintegrasi, harusnya bisa menjadi destinasi yang disukai banyak wisatawan juga ya, ini mau cari mobil aja susahnya luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarrnya pontianak punya kalender wisata namun sayang hanya terbatas di kalangan dinas pariwisata terkait. tidak ada keinginan berbagi dengan wisatawan. Pariwisata kita belum punya target hendak di bawa kemana.

      Hapus
  2. Rumah keduaku :D.. eh ga ding, sebenernya Penang yg jd rumah kedua, krn dulu pernah tinggal di sana.. Tapi ttp KL slalu bikin kangen :D.. biasanya aku rutin setahun sekali slalu balik ke malaysia, sekedar ketemuan ama temen2 lama dulu, tp ini udh 2 thn-an ga balik2 :(.. makanya kangen ih, liburan kesana.. cuma yg aku penasaran, masih blm kesampaian nih mas, dtg ke wilayah malaysia yg sepulau ama kalimanatan :D..

    BalasHapus
  3. Doakan tahun depan bisa ke sini bang heheheh. Sudah merencanakan ke LN, dan menunggu waktu yang tepat :-D

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.