Adv

Untung Saya Bawa Smartphone!


Jaman sekarang ada lokasi bagus dikit, Jepret! Sebelum makan, Jepret! Kumpul-kumpul, Jepret!

Me and Mom at #travelwithmom
Me and Mom at #travelwithmom
Rasanya ada yang kurang saat momen penting tidak diabadikan dalam rekaman gambar bernama foto. Dulu harus menggotong kamera dengan film hitam putih dalam rol. Salah memasang film, lupa menggulung atau keliru posisi membuka kamera maka semua gambar yang sudah di ambil akan langsung ‘hangus’. Prosesnya juga masih panjang karena harus di bawa ke tempat ‘cuci foto’ dan menunggu beberapa hari hingga gambar tercetak di atas kertas khusus.


Jaman Digital yang Terintegrasi
Sekarang semua serba digital dan sudah terintegrasi dengan fungsi lainnya. Ponsel yang dulunya hanya untuk berkirim pesan dan menelpon sekarang sudah menjelma jadi gadget canggih bernama smartphone yang mampu melakukan banyak fungsi, salah satunya kamera. Kualitasnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Setara dengan kamera saku bahkan sekelas kamera DSLR. Hasilnya pun juga bagus dan bisa menghias laman sosial media dengan sempurna. Ditampilkan di laman blog pun memuaskan.


Alat Perang Untuk Hobi dan Pekerjaan
Hobi saya menulis perjalanan dan kuliner membuat saya rajin jeprat jepret sana sini. Dengan adanya alat yang memberi kemudahan seperti ini membuat saya amat terbantu. Setiap makanan yang akan saya santap terlebih dahulu akan di foto kemudian di tulis. Foto makanan dan lokasinya cukup menggunakan kamera yang terintegrasi dengan smartphone. Sekalian menulis materi dasar dan menyimpan foto membuat hobi saya sempurna.

Di depan Taj Mahal, cekrekkkk!
Di depan Taj Mahal, cekrekkkk!

Untuk urusan traveling dan backpacker juga begitu. Foto landscape keindahan alam dan bangunan indah ditambah dengan foto lokasi-lokasi keramaian juga langsung di ambil dari kamera smartphone. Tinggal menulis semua informasi pendukung di google keep dan semua materi ini siap untuk dipublikasikan nanti. Oh ya, terkadang saya juga sedikit narsis dengan selfie dan wefie di titik tertentu yang menurut saya punya ciri dan kekhasan tertentu yang mewakili suatu tempat. Pokoknya jepret sana dan jepret sini. Cekreeeeekkk cekrekkkk!

Karena aktifitas saya yang wira-wiri otomatis banyak faktor bagi saya untuk memilih sebuah smartphone yang mampu mengakomodasi hobi saya. Tentu tidak semua smartphone bisa dimasukkan ke dalam kantung celana saya. Saya mau berbagi spesifikasi smartphone dengan kamera ideal menurut tukang jalan jajan. Siapa tahu bisa jadi referensi bagi pengunjung blog ini yang juga punya hobi sama.

Saya ingat sekali bagaimana smartphone menyelamatkan penting. Saat itu karnaval khatulistiwa yang pertama kali di adakan di Indonesia dan lokasi pertama adalah Pontianak, Kalimantan Barat. Acara baru di mulai pukul 2 siang tapi saya sudah bersiap pukul 12 siang. Kamera DSLR dan Lensa tele sudah disiapkan, Baterai kamera sudah dikeluarkan dan di charging agar penuh dan siap pakai.

Kabar terakhir yang didapatkan bahwa banyak jalan utama di Pontianak di tutup dan saya harus segera masuk ke jalur utama untuk bisa berada di posisi terbaik. Karena tergesa-gesa, segera saya mengemasi semua barang-barang yang akan di bawa. Jangan sampai terlewat mengabadikan karnaval dan Pak Jokowi. Sudah terbayang mobil hias, pakaian karnaval yang berwarna-warni, tarian dan musik tradisional. Pasti keren!

Masyarakat sibuk menonton Karnaval Khatulistiwa
Masyarakat sibuk menonton Karnaval Khatulistiwa

Nafas saya ngos-ngosan saat mencari parkiran, untunglah masih bisa masuk dan mendapat tempat menyimpan kendaraan. Merangsek lautan manusia untuk mencari posisi bagus susahnya luar biasa. Untunglah saya berhasil berada di baris paling depan. Kamera mulai disiapkan dan dari jauh sudah terlihat barisan peserta karnaval dan mobil hias.
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Kamera dikeluarkan, lensa di pasang dan mata dipicingkan siap membidik gambar terbaik. Beberapa kali saya mencoba menghidupkan kamera namun tidak menyala, keringat dingin mulai mengalir. Apakah kamera ini rusak? Kenapa di saat yang tidak tepat seperti ini. Jantung saya berdegup kencang saya memeriksa beberapa kali sampai saya tahu apa masalahnya

BATERAINYA TIDAK ADA DAN BELUM TERPASANG!
SAYA LUPA MEMASANGNYA KEMBALI SETELAH SAYA CHARGING!

Duh gusti! Saya tidak membawa baterai cadanga atau kamera saku cadangan. Hanya smartphone.

Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Parade Karnaval Khatulistiwa di Pontianak, Gambar diambil dengan smartphone
Indonesia tetap untung tidak pernah rugi. Saya masih ada smartphone. Saya masih bisa tersenyum karena masih bisa mengabadikan momen dengan kamera. Masih ada cerita yang bisa di tulis dan masih ada gambar yang diabadikan. Thanks teknologi terintegrasi. Terimakasih kamera smartphone 

Pak Jokowi lewat. Cekrekkk!
Pak Jokowi lewat. Cekrekkk!

Spesifikasi Wajib Kamera Smartphone Saya
Ini jadi acuan utama memilih, kamera belakang minimal harus 13MP dengan apertur lensa paling tidak f/2.0 agar gambar yang terambil beresolusi tinggi sehingga mendapatkan detil gambar yang diinginkan terutama untuk foto makro. Saat ditampilkan dengan ukuran besarpun tidak pecah. Jika ada fitur otofokus pasti lebih baik lagi karena bisa mencegah buram sehingga gambar tidak akan buram walaupun dalam keadaan kekurangan cahaya seperti foto malam hari dalam ruangan ataupun kelebihan cahaya akibat sinar matahari yang terik diluar ruangan untuk foto landscape. Otofokus yang cepat juga jadi nilai plus. Pergeseran dari foto close up ke foto jauh jadi aman tanpa buram. Jangan lupa, pilih yang memiliki dual real LED untuk gambar terbaik.


Bagaimana dengan kamera depan? Minimal 5MP ukuran yang tepat untuk selfie dan wefie. Pengenalan wajah dengan senyuman pasti jadi hal penting. Apalagi jika ada LED Flash yang bikin wajah tambah kinclong. Saya juga paling suka dengan kamera depan dengan sudut pandang yang luas sehingga semua wajah bisa masuk ke dalam frame di tambah dengan panorama latar yang bisa terlihat semua dalam foto. Jangan lupa cek sensor kameranya. Kamera smartphone yang bagus adalah yang hasil fotonya mampu merekam sama seperti warna aslinya.

Fitur Tambahan Smartphone Pilihan
Saya sendiri juga akan memilih layar yang lebar minimal 5,5 inchi dengan resolusi tinggi dan full HD. Paling tidak 1920 x 1080 dengan densitas piksel 403ppi sehingga gambar bisa terlihat detil di layar, menampilkan warna sebenarnya dan jernih. Paling tidak saya bisa langsung mengedit gambar yang saya dapat dan langsung mengunggah ke media sosial

Smartphone Pilihan Saya
Penasaran dengan kamera smartphone yang saya rekomendasikan. Teman jalan Jajan boleh menggunakan ASUS Zenfone pilihannya boleh menggunakan Zenfone 2 Laser ZE550KL atau ASUS Zenfone Selfie untuk hasil terbaik kamera smartphone. Spesifikasi keduanya sesuai dengan apa yang saya seritakan di atas.

Jadi tunggu apa lagi? Pilih smartphone yang mampu menunjang aktifitas sehari-hari dan bisa andalan dalam segala keadaan.

Aku milihnya Zenfone selfie, kalu kamu?
Aku milihnya Zenfone selfie, kalu kamu?

10 komentar:

  1. kalo aku pilih Asus Zenfone 2 Laser... hheeee
    *mupeng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyyyy! jepret sana jepret sini pokoknya jepreeeetttt hehehehe

      Hapus
  2. Kalau gak bawa smartphone, gak bisa mengabadikan kenangan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, untungnya baw smartphone. semuanya aman terkendali dan sukses

      Hapus
  3. salam zenfans.....keren artikelnya

    BalasHapus
  4. iya zaman sekarang itu orang maunya yang simple. kalo ada yang simple, kenapa harus yang rumit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar semua fungsi digabungkan ya mas. Jadi bisa 4 in 1 atau 10 in 1 😄😄

      Hapus
  5. Weeeww...Selfie nya persis sama punyaku tuh warnanya :)
    Itu yg cerita lupa ga bawa baterai pasti bikin deg2an banget ya hahaaa.. udah siap tugas tapi koq ada device yg kelupaan.

    Thks ya sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mbak uniek hehehe. Ternyata ku di pilih dan memdapatkan Zen Power. Mudah mudahan next time dapet smartphone nya

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.