Adv

Bakmi Kering Haji Aman, Kelezatan Bagi Semua Golongan

Singkawang itu tempat yang nyaman untuk melepaskan penat, banyak lokasi yang bisa dieksplorasi mulai dari lokasi pantai, kota pecinan, pabrik makanan lokal, produksi keramik sampai kuliner peranakannya yang punya rasa khas. Mungkin boleh dibilang jika Pontianak adalah Jakarta maka singkawang mirip dengan Bandung atau Bogor. Saya tidak akan membahas tempat wisatanya karena saya akan membahas kulinernya. Tapi jika ingin sembari membaca silakan cek tulisan saya mengenai Singkawang dan Rumah Marga Tjhia. Tempat makan yang sedikit akan saya ulas adalah Bakmi Kering Haji Aman di Jalan Raya Pontianak Singkawang di dekat gerbang masuk Kota Singkawang.

Haji Aman
Es Jeruk Pontianak
Die Die Must Try
Bakmi kering atau Yam mie merupakan salah satu makanan peranakan yng bayak dijual di Pontianak dan Singkawang namun mungkin agak sulit menemukan yang halal. Bakmi kering haji Aman merupakan salah satu Yam mie yang Halal dan bisa dinikmati semua orang kecuali alergi salah satu bahan yang ada dalam satu mangkok bakmi ini. Saat saya sedang mampir kesini sedang berlangsung festival Cap Go Meh, ramainya minta ampun untuk mencari tempat duduk saja susah. Harus celingak celingik sana sini dan minta ijin meja sebelah sembari bertanya apakah kursi ini terisi atau kosong.

Bakmi Kering H Aman daging Sapi
Pasangan Serasi
Saat saya datang dulu menunya tidak seperti ini, sekarang rasanya sudah kaya dan berubah. Menunya juga semakin banyak. Pilihan topping makin beragam ada dua daging utama yaitu ayam dan daging sapi. Seperti banyak model mie kering kebanyakan tetap menggunakan mie ukuran kecil buatan sendiri yang kenyal dan dan sudah lezat menggugah selera. Biasanya mie akan dimasak bersama dengan tauge hingga mencapai tingkat kematangan yang tepat diangkat dan ditiriskan kemudian dicampur dengan minyak bawang putih, cuka dan kecap ikan. Beberapa ada yang menggunakan tambahan minyak wijan merica, garam dan penyedap rasa.

Tampilan menggoda Bakmi Kering H Aman
Setelah itu mie akan disajikan dalam mangkok kemudian ditambahkan bermacam-macam topping. Jika memesan versi komplit maka akan ada potongan ayam berbumbu kecap dan saus. Kemudian daging sapi yang di rebus terlebih dahulu. Topping lain adalah kue ikan yang di goreng, potongan telur dadar, tahu isi, pangsit goreng isi dan pangsit rebus isi. Tidak lupa taburan daun bawang dan seledri untuk membuat tampilan cantik dan aroma yang sedap tidak lupa sebagai pelengkap dihadirkan kuah kaldu sapi yang ditaburi daun bawang. Minuman yang paling tepat untuk menemani adalah es teh tawar.
Bakmi dan Haji Aman
Istri H Aman juga turun tangan
Bakmie kering ayam seharga 20K dan komplit 25K harga yang wajar dengan tambahan sebanyak ini. Makanan rebus yang menggugah selere, dibuat sedehana dan menggugah selera. Cara menikmatinya boleh bermacam-macam. Ada yang membuat campuran saus untuk celupan topping, ada yang langsung menambahkan kedalam mie. Ada pula yang langsung mencampurkan kuah kaldu namun ada pula yang menikmatinya terpisah. Saya lebih senang yang terpisah. Mie dan kaldu saya taburi dengan lada kemudian saya buat cocolan untuk topping, caranya dengan mencampur kucuran jeruk nipis kedalam sambal cabe bawang putih dan menambahkan sedikit kecap asin dan manis. Tinggal mencocol topping, memasukkan mie kemulut baru kemudian menghirup kaldunya.

Enak dan Enak
Mie kenyal yang gurih bawang putih dan kecap ikan berbalut sedikit asam. Topping bakso sapi yang kenyal dengan kue ikan yang gurih, lembut didalam dan krispi diluar. Daging sapi yang dimasak tepat,matang namun masih juicy. Daging dengan sedikit lemak dan otot membuatnya sangat sedap dikunyah, apalagi potongan dagingnya memotong serat dengan baik. Tumisan ayamnya sendiri memang bukan yang terbaik namun tetap melengkapi mie kering Haji Aman dengan sempurna.

Paket Komplit
Setiap ke Singkawang saya jarang tidak mempir ke tempat ini. Menikmati mie disini bersama dengan dengan teman-teman berbagai kalangan. Menikmati makanan disini dengan menghadirkan perbincangan hangat dan sekaligus makan enak dan tentu bisa dinikmati berbagai kalangan. Jadi apa yang harus ditunda lagi. Tempat ini lumayan luas dengan tempat parkir yang lumayan luas. Pak Haji Aman dan keluarga ramah walaupun terkesan sedikit susah diajak ngobrol, tapi percayalah, kenikmatan mie kering H Aman sayang untuk dilewati saat berwisata ke Singkawang. Saya tidak ragu menyematkan angka 8 dari 10 untuk Bakmi Kering Haji Aman. Selamat makan dan salam Yumces.

2 komentar:

  1. Baca Artikel tentang kuliner kadang-kadang sering nelan ludah. Pengen haha

    inilah enaknya jadi jurnalis, bisa jalan-jalan keliling dunia ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mas Sonny, punya banyak kesempatan hore ceria sambil bekerja dengan semangat juang 45

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.