Adv

Hati-Hati Ketagihan dengan 3AM Coffee Specialty


Bagi saya pribadi, kopi sudah seperti candu,menghirup aromanya saja sudah membuat hari menyenangkan. Rasa pahit dan asam menjadi satu dalam kenikmatan tanpa ada gula. Rasa tertinggal dibelakang kecapan memberikan sensasi berbeda. Saya termasuk orang yang lebih banyak menikmati kopi sendiri sembari membaca atau mendengarkan musik. Memilih biji kopi atau bubuk kopi yang sesuai dengan lidah itu ngeri-ngeri sedap. Kebanyakan orang yang tidak suka beresperimen pasti akan terkungkung dalam pilihan yang itu-itu saja. Selain sudah merasa nyaman biasanya takut mendapat ketidakcocokan lidah.

3 AM Coffee Specialty
Kalau di Pontianak memang agak susah mendapatkan biji kopi yang berbeda dari biasanya. Palingan ya itu-itu saja., jika mau berbeda biasanya mencari di supermarket besar untuk menemukan bubuk kopi jenis kopi baru dalam kemasen. Kalau bukan pecinta kopi fanatik biasanya akan coba-coba kopi sachetan yang sudah bermacam-ragam rasanya tapi kurang nendang rasa kopinya. Cerita dikit tentang kopi, ragamnya bermacam ragam dari berbagai daerah diseluruh Indonesia. Jenisnya ada dua, kalau ngga Robusta ya Arabika. Rasa dan karakternya berbeda ini juga tergantung asalnya dari daerah mana.

3 AM Coffee Specialty
Proses pengolahan kopi cukup panjang, mulai dari proses pemanenan kopi , dimana kopi Indonesia tumbuh diiklim tropis dan sub tropis, petani akan memetiknya menggunakan tangan mereka, memilih kopi yang benar-benar matang lalu memasukkannya kedalam keranjang. Setelah itu akan melewati proses depulping dalam waktu 24 jam ditempat pengolahan kopi. Proses depulping sendiri adalah proses pemisahan biji kopi dengan daging buah kopi. Kemudian masuk ke proses penting yaitu pemanggangan atau roasting. Memanggang kopi membutuhkan keahlian antara seni dan sains. Pemanggang harus memiliki perhatian khusus, insting yang bagus dan tentu harus menyukai kopi. Bau kemudian kopi digiling dan diracik sesuai keinginan.

3 AM Coffee Specialty
Oh ya, sudah pernah mencoba biji kopi yang sudah dipanggang dari 3AMCoffee Specialty by Jimmy (roaster artist). Saya sendiri bertemu beliau pada saat acara Kelana Rasa Pontianak. Beberapa kali sebelumnya saya sudah sempat berbincang dengan beliau di twitter dan saya juga mendapat previlage akan dibawakan biji kopi yang langsung dipanggang oleh beliau. Saat bertemu di Pontianak saya mendapat bonus cold brew coffee yang membuat mata saya berbinar dan waktu itu saya juga mendapat biji kopi Flores Juria yang dibuat dengan beberapa aroma dan Benteng Alla yang dipanggang lebih nutty. Keduanya di panggang medium roast dry hull.

Dari segi aroma jelas saya lebih suka dengan aroma Benteng Alla yang kopi banget, apalagi saat digiling lalu diseduh dengan V60 untuk mendapatkan rasa yang lebih asli, ada kesan smooky yang bercampur dengan aroma kopi. Acidity lebih terasa saat saya menikmati Kopi Benteng Alla namun acidity after taste lebih didapatkan Flores Juria, Sweetness dan nutty dari Benteng Alla lebih juara menurut saya. Profil body keduanya lumayan kuat namun saya merasakan Flores Juria terkesan sedikit bitter (pahit). Saya coba mencoba metode tubruk, rasanya yang saya dapatkan kurang lebih, jujur saya suka keduanya dalam suasana yang berbeda. Flores juria untuk pagi hari dan Benteng Alla untuk sore hari. Entah bagaimana dengan penyeduhan dengan teknik lain, pasti menemukan rasa yang lain.

3 AM Coffee Specialty
Kali ke dua saya mendapat kembali biji kopi panggang. Kali ini Aceh Gayo Bener Meriah Bourbon dan Toraja. Semuanya saya sajikan dengan gaya tubruk. Penilaian pribadi saya, jelas Aceh Gayo punya aroma yang lebih manis dan terasa meriah. Dari segi rasa, kopi ini punya rasa sedikit ‘berlemak’ dan sangat cocok dinikmati pagi hari. Aromanya mempunyai kekuatan semangat pagi hari. Bodi kopi yang lebih berat dengan sweetness dan acidity after taste yang terasa lebih kencang. Mata langsung berbinar dan semangat terkumpul sempurna. Sedangkan Toraja ini lebih soft, rasa pahit bersatu dengan asam dan rasa manis yang tertinggal diujung lidah saat akhir. Aroma yang terkesan rileks dan santai sangat tepat dinikmati sore hari. Saya sempat mencobanya dengan sepotong brownies coklat yang lumer dimulut. Sensasinya tiada duanya.

Tentu, setiap penikmat kopi punya lidah yang berbeda dengan penilaian yang berbeda pula. Apalagi kalau misalnya punya kemampuan alat dan kemampuan lebih untuk meraciknya pasti akan menghasilkan aroma dan rasa yang berbeda tapi tentu saja tetap tidak ada gula diantara kita. Apalagi kalau dibarengi perbincangan hangat dan interaksi seru para penikmat kopi

3 AM Coffee Specialty
Ada baiknya anda mencoba memesannya langsung 3AM Coffee Specialty, cek twitter @3amcafee dan FB threeamcoffee atau silakan langsung menghubungi 021 – 32179300 atau 0819 – 0543 - 0600

Kopi bisa memberikan warna dan nuansa baru kepada tiap orang. Apapun dan bagaimanapun cara menikmatinya masing-masing bebas untuk memilih. Aku suka kopi! kalau kamu?


Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.