Adv

Unik Asik Menggelitik di Hatyai


Sebenarnya saya dulunya agak malas menulis catatan perjalanan, tapi entah kenapa sepertinya menulis dari sudut padang sendiri jauh lebih menarik daripada sekedar membaca dari sudut pandang orang lain. Toh, masing-masing orang punya persepsi terhadap satu objek yang sama. Bagi yang suka mampir ke sini dan membaca tulisan tukangjalanjajan mungkin akan berbeda dengan sudut pandang beberapa orang yang mengunjungi lokasi yang sama.
 
Disudut salah satu Pantai
 Masih menceritakan tentang perjalanan ke Hat Yai. Masih banyak cerita yang saya rangkum. walaupun hanya di satu lokasi tapi saya berharap dapat menceritakan secara detil. Jika sekiranya ada yang terlewatkan atau ingin diklarifikasi silakan saja berkomentar. Karena saya masih mahluk sosial yang demen berinteraksi. Please! stop menyamaratakan atau membandingkan dengan tulisan lain karena setiap orang punya sudut pandang berbeda.


Berdoa pada para dewa
Saya merekam beberapa hal unik yang mungkin bisa diteliti sembari dilirik dan buktikan sendiri termasuk beberapa tips yang mudah-mudahan bisa berguna.

Menulis Harapan di Tahun Baru
HAL UNIK
1. Semua bangunan yang berhubungan dengan aktifitas berdoa arsitekturnya sama, minimal atapnya.
2.  Minuman bersoda rasa strawberry/berwarna merah dalam botol kaca sangat laris tapi digunakan untuk persembahan di kuil. Saya malah jarang melihatnya di minum.
3.  Wanita Thailand yang kebanyakan saya temui menggunakan bedak putih tebal. Seperti wanita asia kebanyakan, kulit putih = cantik.
4.  Cemilan di Thailand sehat-sehat, sukanya buah segar dan sayuran segar. Paling sering saya melihat orang nyemilin toge mentah.
5.  Saat pergi liburan, pakaian yang paling sering digunakan oleh prianya adalah baju Hawai sementara topi selalu dipakai pria dan wanita.
6.  Air mineral dijual dipinggir jalan dengan menggunakan system koin. Masukin koin sesuai dengan liter air yang ingin dibeli. Jangan lupa bawa botol sendiri.
7. Setiap  lagu kebangsaan diperdengarkan maka serentak seluruh rakyat akan berhenti melakukan segala macam aktifitas, lalu berdiri dengan sikap hormat hingga lagu kebangsaan selesai
8. Hampir disetiap sudut dan bangunan kota akan ada foto raja dan anggota kerajaan lengkap dengan meja pemujaannya  

Malam di atas bukit 
TIPS PENTING!
1. Tanyakan secara detil kepada resepsionis, mintalah mereka menunjuk secara pasti lokasi dan cara terbaik menuju kesana. Jangan lupa bawa buku kecil dan pulpen, mintalah mereka menuliskan nama lokasi yang kita tuju dengan huruf thai.
2.  Tanyakan rute angkutan umum / Seong teaw dalam kota dan van luar kota.
3.  Tanyakan biaya normal yang biasa dikeluarkan untuk kendaraan umum
4. Jika terpaksa naik tuk-tuk lakukan tawar menawar dan ajak beberapa orang naik bersamaan.
5. Jika memang ingin berkeliling banyak tempat, sewa saja kendaraan roda dua, berkisar 150-200 Baht perhari.
6.  Polisi bisa dijadikan tempat bertanya tapi kebanyakan tidak bisa berbahasa Inggris.
7.  Pastikan melatih gerakan bahasa Tarzan yang dimengerti semua bangsa.
Sekumpulan bebek ditaman
Munincipal Park
Masih banyak hal lain yang sebenarnya terjadi tapi kemungkian terlewatkan oleh saya. Silakan jika memang ada teman-teman yang ingin menambahkan.



Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.