Adv

Berpetualang di Museum Roti Pertama di Malaysia

Siapa yang suka makan roti? Atau mungkin tidak bisa melewatkan sarapan menggunakan roti? Boleh dibilang makan roti sudah jadi budaya sebagian besar masyarakat asia modern. Walaupun ini bukan makanan asli Asia tapi makanan ini sudah dianggap padanan wajar untuk makan. Roti boleh dibilang makanan paling tua di dunia. Bukti terkuat berasal dari roti berusia 30.000 tahun yang lalu di Eropa. Diduga roti pada masa lalu pun telah memanfaatkan ragi untuk membantu proses fermentasi. Juga ditemukan oven roti bangsa Romawi kuno di sebuah situs purbakala.
Saya sukaaaaaaa!!!
Pintu masuk museum
literatur

Jikalau harus membaca dan mencari literature mungkin terlalu menyusahkan dan membuat mata berkunang-kunang dengan tulisan yang lebih banyak daripada gambar. Iya ngga?
Zaman mesir kuno
Adonan kue
Beruntung sekali sembari jalan-jalan ke Kuala Lumpur saya menemukan Museum Roti yang di gagas oleh perusahaan roti High 5 yang yang berada di Syah Alam, sudah di akui sebagai Produsen roti pertama oleh museum rekor Malaysia. Pabrik, kantor dan museum menempati lahan lebih dari 6 Ha. Luas bingits! Museum ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 2005 juga dinobatkan sebagai museum roti pertama di Malaysia.

Membuat tepung
Memanggang zaman batu
Saya pun ingin merasakan bagaimana serunya berada di Museum Bread Town Roti High 5 di daerah Persiaran Jubli Perak, 40300 Shah Alam, Selangor, Malaysia. Ternyata tidak hanya ada museumnya saja tapi juga ada café yang buka dan menyediakan berbagai macam produk roti High 5. Pintu masuk kedalam museum di buat ala piramida lengkap dengan ukiran dan tulisan paku disepanjang dinding. Begitu membuka pintu, kita sudah disambut oleh pemandu yang berada di meja resepsionis.

roti dari gandum
Proses mencetak kue
Begitu masuk hidung saya langsung mencium aroma roti yang wangi baru keluar dari oven, perut saya otomatis langsung keroncongan tapi saya mampu melawan karena masih penasaran dengan isi museum ini. Pemandu dengan senyum manisnya menghantarkan saya melihat setiap sudut museum. Pertama kali kita akan di ajak untuk melihat penyebaran roti, penikmat roti terbanyak dan siapa produsen roti terbesar di dunia di setiap Negara. Kita juga diajak masuk kedalam auditorium besar yang mampu menampung lebih dari 100 orang untuk melihat video singkat mengenai roti.
Auditorium
Menggiling tepung
Setelah itu kita akan mulai ditunjukkan kebun gandum yang tepungnya digunakan untuk membuat roti. Masuk kedalam ruangan ini, kita akan diajak melihat pembuatan roti sejak 5000 tahun lalu. Mulai dari zaman mesir kuno dimana ditemukan penggunaan ragi roti, zaman besi, zaman Romawi, zaman pertengahan, zaman Viking, Zaman Giorgians, Zaman Victoria hingga zaman industrialism dimana kedai kopi kuno mulai ada yang akhirnya berkembang hingga saat ini. Banyak sekali mesin-mesin produksi yang bisa dilihat mulai dari proses penggilingan gandum, proses membuat dan meracik, memanggang serta proses penyajian .
Proses memanggang
Oven
Adapula lorong waktu serta prototype mesin-mesin pembuatan roti yang terus berkembang dari zaman kezaman. Saya sempat terpaku melihat beberapa alat pemanggang roti dari zaman dulu hingga toaster yang kekinian. Semuanya unik dan sangat menambah ilmu pengetahuan. Dipojok bagian dpan juga terdapat pojok unik yang bisa digunakan untuk berfoto, jangan lupa dibagian akhir kita diajak untuk melihat langsung produksi roti ini. sungguh menyenangkan. melihat roti yang diproduksi. Aroma yang tercium diruangan ini membuat saya menjadi sangat ingin makan roti dan lapar. Aroma roti yang baru, segar dan baru keluar dari oven membuat segera ingin mencicipi.Mengikuti perkembangan tiap zaman perkembangan roti benar-benar pengalaman yang tidak bisa dilupakan.
Pemanggang roti
Berbagai jenis pemanggang roti
Jangan lupa di ujung perjalanan, kita bisa membeli cinderamata disini termasuk roti-roti segar dengan harga yang menarik. Saya sendiri tidak mampu menahan diri untuk membeli beberapa roti sebagai bekal perjalanan saya. Pasti enak! aromanya saja sudah membuat saya tidak mampu menahan diri.

Alat Pemanggang Roti
Sepeda untuk mengantar Roti
Nah, jika kita ingin datang ke museum ini harus melakukan reservasi terlebih dahulu, tidak bisa datang sewaktu-waktu. tinggal pesan saja melalui www.high5breadtown.com atau email enquiry@ high5breadtown.com atau silakan saja telepon +60 03-5192 2888/ +60 012 6163 800. tidak terlalu mahal untuk masuk kedalam dimana anak-anak 12 tahun kebawah RM 12 dan dewasa >13 tahun cukup membayar RM 15. Layanan tempat ini dari pukul 09.30 – 16.00 dan jangan ke sini pada hari Rabu, minggu dan hari libur di Malaysia karena tidak beroperasi.
Rotinya beneran enak
Mengunjungi museum roti serasa menyusuri lorong waktu sembari menghirup aroma enak yang baru keluar dari oven. pengalaman yang menyenangkan.

4 komentar:

  1. wah jadi penasaran ya, kapan bisa ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesana aja kak. tapi jangan lupa booking dulu kak Tira :)

      Hapus
  2. jalan2 mulu ga capek bang? *salah fokus* hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan jalan udah jadi nama tengah saya bang Robby :)

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.