Adv

Salah Kaprah Tentang Restoran

Beberapa kali saya sering diajak makan direstoran atau warung makan atau kedai atau café atau apalah namanya oleh beberapa teman saya. Terkadang beberapa orang bingung dengan pengertian tersebut. Terkadang ekspektasi saya sudah sangat tinggi ketika diajak makan ke restoran ternyata setelah sampai dilokasi ternyata hanya berkelas warung makan.

Saya pribadi tidak bisa menyalahkan teman saya karena memang pengertian jenis jenis tempat makan di Indonesia cukup rancu untuk digunakan oleh beberapa orang dan kesalahan itu terkadang sudah mengakar dan sulit untuk diubah dan dibetulkan sehingga yang bersangkutan tidak pernah paham dimana letak kesalahannya.

Akhirnya saya mencoba menuliskan apa pengertian restoran yang sebenarnya serta menu dan pelayanan apa saja yang bisa didapat didalamnya, semoga bisa memberikan kejelasan perbedaan lokasi lokasi yang tadi sempat saya singgung. Mudah-mudahan bisa membantu dan membenarkan kesalahan persepsi yang sudah terjadi selama ini. Selamat membaca blogger :)

Restoran, nama ini sudah sering disebut dan sangat sering kita temui pada plang nama tempat makan yang bagus dan mahal. Pengertiannya sih sederhana yaitu dimana kita dapat memesan makanan dan minuman dimana disana disajikan dalam keadaan segar karena baru dimasak. Berbicara restoran, ada beberapa tipeyang bisa kita temui

1.Dining room, adalah restoran formal yang melayani hanya pelayanan terbaik dan mewah.
2. Coofee shop, adalah versi non formalnya dimana kita bebas untuk berbincang dan bersenda gurau tanpa ada pakem tertentu.
3. Supper club, restoran ini cenderung menjual minuman dari pada makanan.
4. Speciality restaurant, adalah restoran yang menjual makanan dengan spesifikasi tertentu, semisal restoran Jepang, Restoran Pasta dan sebagainya.

Restoran juga memiliki jenis pelayanan yang berbeda beda tentunya dengan berbagai macam cara yang harus kita pahami juga. Beberapa seperti ini.
American service (plate service), ini adalah pelayanan dimana semua makanan sudah dimasak dan penyiapannya langsung dari dapur dan sudah ditempatkan dalam piring saji dan semua pelayanannya sendiri akan dibantu oleh pramusaji.
French service, adalah pelayanan dimana semua maakanan akan dimasak disamping meja tamu diatas sebuah troli dan kemudian untuk penyajiannya akan dibantu oleh dua orang pelayan
English service (family service), adalah dimana semua makanan dimasak dan disiapkan didapur oleh koki dan kemudian akan dihidangkan oleh pelayan dibagian tengan meja, kemudian tamu dipersilakan mengambil sendiri makanan yang telah disediakan.
Russian service (platter service), adalah pelayanan dimana makanan disiapkan dan dimasak didapur setelah itu dihidangkan diatas piring dan dihidangkan ketamu, dimana disetiap meja sudah disiapkan peralatan makan oleh pelayan berdasarkan aturan.
Buffet service, dimana makanan yang sudah dimasak langsung disiapkan dimeja pajang dimana tamu akan langsung dipersilakan sendiri untuk mengambil makanannya sesuai kebutuhan.

Nah, mudah-mudahan sekarang sudah bisa menentukan sendiri mau memilih restoran model seperti apa yang ingin dituju. Semoga dengan tulisan ini tidak ada salah kaprah serta dapat segera menyesuaikan diri dengan restoran yang dikunjungi. Jangan sampai malu maluin :p 

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.