Adv

Buat Mie Ramen Sendiri


Beberapa waktu lalu, kalau tidak salah disekitar tahun 2011, makanan Jepang lebih dahulu meledak dipasaran sebelum makanan Korea. Memang kalau berbicara Restoran cepat saji Jepang sudah banyak bermunculan di Indonesia. Salah Satu Favorit saya adalah Hanamasa dan Hoka Hoka Hoka Bento yang menurut saya punya rasa yang cukup menggoyang lidah. Saya sendiri penggemar makanan Jepang, menurut saya dari segi rasa yang memang tidak terlalu berbumbu dan kebanyakan diolah secara sehat.


Rasa soyu, wijen dan teriyaki selalu membuat saya luluh untuk menikmatinya walaupun terkadang banyak yang mengatakan makanan Jepang tidak terlalu enak karena kurang berbumbu. Bagi saya sendiri, saat ini saya memang mengurangi ketergantungan saya terhadap sesuatu yang manis dan asin, paling tidak saya mengurangi makanan yang berbumbu kencang. Saya ingin mengembalikan lidah saya agar lebih peka dan standar dalam hal mengolah rasa. Yup, penilaian akan lebih objektif jika dikembalikan ke lidah standar.

Kembali ke makanan Jepang, memang ada beberapa makanan yang sudah mendunia seperti sushi, teriyaki, sukiyaki, furai, shobu, udon dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan mencoba lebih fokus untuk membahas mengenai Ramen saja, dengan jenis yang bermacam-macam dan sudah saya pernah bahas sebelumnya, silakan saja membongkar catatan saya. Nah untuk di Pontianak juga sudah banyak yang menjual Mie Ramen dengan berbagai style dan juga sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Tapi pernahkan anda penasaran untuk membuatnya sendiri dirumah? Beberapa kali saya melihat di Youtube cara membuat Mie tradisional yang harus menggunakan tenaga dan dibuat tanpa mesin. Harus mengerahkan tenaga dan dengan langkah langkah yang tidak boleh terlewati dan berurutan. Saya sudah bisa membayangkan betapa susahnya untuk membuatnya sendiri. Belum lagi cara makannya juga diatur, harus dislurups..... sampai terdengar. Kita karus menghisap yang keras dan sampai mengeluarkan bunyi. Ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap si pembuat ramen. Terdengar tidak sopan yah.

Yang terpenting adalah bagaimana caranya agar kita bisa menikmati ramen dirumah dan bisa membuatnya sendiri dirumah,  asal kita bersabar dan mengikuti setiap langkahnya maka mie ramen tersebut dapat kita buat sendiri dirumah dan menyantapnya dengan bahagia. Sebenarnya, tidak terlalu susah membuat Mie Ramen.Kita tinggal mengetahui bahan cara pembuatannya. Seperti halnya membuat Brownies Kukus. Berikut adalah

Resep Mie Ramen selengkapnya:

Bahan-bahannya :
- 3/4 cup tepung
- 1 butir telur
- 3/4 sendok teh garam (atau sesuai selera)
- 1 sendok makan air (tergantung air dan kelembaban)

Adonannya bisa digunakan untuk 2 atau 4 porsi.

Campur bahan adonan :

Campur tepung + garam, buat lubang di tengah, masukan telur juga air pada lubang yang dibuat tadi, lalu campur pelan-pelan.

Ngulet adonan



Setelah adonan kurang lebih tercampur, angkat ke tempat yang bersih dan mulailah mengulet lagi. Adonan ini agak lebih lengket dari adonan roti.

Adonan dikatakan siap jika tangan Anda menjadi lebih bersih dan adonan tidak lengket seperti sebelumnya. Jika benar, seharusnya Anda bisa mengangkat tangan Anda dan adonan akan turun dalam 1-2 detik. Jika terlalu lengket, tambahkan tepung dan ulet lagi. Jika tidak lengket, tambahkan beberapa tetes air.

Istirahatkan adonan
Adonan perlu diistirahatkan sebelum dibentuk / dimelarkan. Bila tidak, mienya akan jelek dan tipis. Selimuti adonan dengan kain serbet dan diamkan sekitar 30 menit.

Memotong mie



Ambil adonan (jika Anda membuat 2 atau 3 porsi, bagi menjadi 1 porsi. Kalau tidak, Anda akan dapat 1 bola adonan yang besar). Taburkan tepung pada adonan, ambil gilingan dan mulailah menggiling adonan. Bila ada mesin yang biasa digunakan pedagang molen, bisa dipakai. Jika bisa, ketebalan mie nya sekitar 1mm. Jika mulai lengket, taburi tepung lagi.

Potong adonan jadi mie



Ambil talenan dan taruh adonan di atasnya. Taburi tepung agar tidak lengket karena kalau lengket ramen tidak bisa mengembang. Gunakan mesin untuk mencetak mie. Fungsi tepung di sini selain agar tidak lengket, juga menjaga agar mie-nya tidak lepas. Sambil memotong, siapkan air dan didihkah.

Masak mie-nya



Setelah air mendidih, beri garam dan cerai beraikan mie menggunakan sumpit. Bila diletakkan begitu saja, mie akan lengket jadi satu, jadi aduk mie-nya dengan sumpit. Selama air banyak dan masih mendidih, seharusnya mienya mulai mengembang dan mengapung. Rebis mie sekitar 4 menit. Jika sudah terasa lembut dan kenyal, angkat mie. Ramen Anda sudah jadi!



Nah, mudah bukan. Semoga informasi tentang Resep Mie Ramen di atas bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa harus sampai slurups.................. sebagai bentuk penghargaan pada diri sendiri sebagai pembuat mie ramen.

8 komentar:

  1. Bg kq artikel resep&cara buat mienya sama persis dgn blog sebelah ya..kata2&tnda baca pun sama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini artikel udah lama banget. tahun 2013. Mungkin yang sama satu guru dan satu ilmu dengan saya :D

      Hapus
  2. Hihihi..iya bg emang udh lama,,kebetulan 2bln lalu aq mkn mie ramen di jl.ketapang ptk,,penasaran pgn cb bt sendiri,,googling ktemu blog abg byk artikel kuliner ptk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga betah ya berlama lama nongkrong di blog ini. semoga makin seru dan happy bisa baca baca informasi di sini. Selamat bergabung menjadi teman jalan jajan :)

      Hapus
  3. Siiiip bg,,,main2 ke melawi biar ada cerita kuliner melawi..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku melawi udah sampai kota baru lho... pernah kutulis disini juga kulinernya hehehe :)

      Hapus
  4. Wow bookmark dulu deh… saya hobi ramen soalnya, ntar coba masak. Siapa tau bisa seenak ramen di mangkok ramen (ramen deket rumah) tq gan

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.