Adv

Menikmati Kuliner di Restoran bambu Emas

3J – Bambu Mas

Selamat siang teman jajan, yuhuuuuu..... makan yuk..... ikut saya berburu makanan enak di JALAN JALAN JAJAN. Makan enak adalah tujuan hidup yang menyenangkan. Setelah puas berkeliling.... taraaa, inilah pilihan saya. Rumah makan Bambu Emas. Berada dijalan Agus Salim Kota Pontianak.
Ayo ikut saya.... serbu.....

Atas rekomendasi teman, saya mencoba menikmati makanan laut disini, oh ya, memang jika anda masuk dari luar agak sedikit kecil dibagian depan, namun jika anda berjalan kedalam maka akan ada ruangan lebar yang bisa mencukupi untuk pertemuan bahkan rapat sekalipun, tempat yang nyaman, hommy dan dengan kursi yang empuk membuat saya betah berlama-lama disini.

Makanan disini bermacam macam kok, tidak hanya menyajikan jenis makanan monoton, ada berbagai olahan bertemakan Idonesia. Teman jajan juga bisa memilih sesuka hati.
Oh ya, sebelum menikmati udang dan cumi ada baik nya kita cari tahu apa saja kandungannya

KandunganUdang: Udang merupakan sumber protein yang sangat baik dan selenium. Sumber peghasil zat besi, omega-3,asam lemak, seng, tembaga,magnesium, dan niasin serta vitamin B12 dan vitamin D.

Manfaat udang:
1.       Udang merupakan sumber selenium, ini menetralkan efek merugikan jika radikal bebas yang merupakan penyebab utama kanker dan penyakit degeneratif lainnya.
2.       Asam lemak omega-3 juga dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi, menghindari pembekuan darah, mencegah perkembangan rheumatoid arthritis, memperlambat pertumbuhan tumor kanker, dan membantu mencegah penyakit Alzheimer.
3.       Udang memiliki anti-inflamasi, membantu mengurangi gusi bengkak.
4.       Udang merupakan sumber vitamin D, mengatur penyerapan kalsium dan fosfor yg berfungsi untuk tulang dan gigi kuat.
5.       Udang merupakan sumber vitamin B12. Penting bagi fungsi otak yang tepat dan penting untuk pembentukan dan pematangan sel-sel darah.
6.       Udang juga merupakan sumber yang baik dari omega-3 asam lemak, mengurangi risiko masalah kardiovaskular karena mengurangi kolesterol dalam darah.

Kandungan dan manfaat cumi
Kandungan gizinya komplit, tidak hanya protein, melainkan juga beragam asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu cumi pun mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, kalium, dll.
Bahkan, vitamin seperti A, D, E, K, B1, B12 pun ada dalam tubuh binatang berdaging kenyal tersebut. Tak heran, cumi menjadi salah satu bahan pangan favorit para ibu.
Namun sayangnya, cumi tidak tahan lama serta mudah busuk jika disimpan dalam suhu kamar. Ini juga yang membuat beberapa pedagang nakal membubuhkan beberapa bahan kimia berbahaya untuk mengawetkan cumi.


Selesai memesan, saya mau mengintip sang koki memasak pesanan saya. Pesanan saya kali ini Cumi Asam pedas dan Udang creaker sedangkan minuman saya jatuh di es buah bambu emas dan Avocadocino.

Ayooooo mengintippppp......

Oh ya, apa sih yang ada didalam cumi cumi dan udang?
Pertama-tama kita intip cumi asam pedas, Setelah bahan bahan disiapkan Bumbu rahasia yang sudah dihaluskan, daun salam, sereh yang sudah digeprak dan rawit utuh. Langkah pertama adalah menumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan air, masukkan daun salam dan sereh serta potongan nanas, setelah itu masukkan cumi hingga matang dan mendidih dan terakhir masukkan cabe rawit utuh. Setelah matang tinggal dimasukkan kedalam nanas yang sudah dikerok.... voilaaaa, jadilah masakan pertama.

Masakan kedua saya mengintip pembuatan udang creaker. Tidak terlalu susah pembuatannya, udang yang sudah dikupas bersih, dibalut dengan tepung bumbu dan kemudian digoreng hinggu kuning kecoklatan. Sedangkan untuk creakernya dibuat dari oat yang diberi telur dan ditambah tepung kanji dan kemudian digoreng kering, tidak lupa ditambahkan rawit dan daun bawang  yang dipotong kecil-kecil.
Wahhhh...... aromanya sudah bikin saya ngilerrrrr...... nungguin dimeja ahhhhhh

Eits tunggu dulu, bagaimana memasak udang dan cumi yang benar?
Dalam memasak cumi, yang harus diperhatikan adalah lamanya memasak. Cumi harus dimasak dalam waktu yang sangat singkat atau sangat lama. Jika di antara waktu itu, daging cumi akan terasa keras seperti karet. Jika Anda memasak dengan suhu tinggi, dua menit sudah cukup. Lebih dari itu, butuh waktu minimal 30-60 menit agar cumi menjadi empuk kembali.
Untuk pengolahan secara umum, Anda bisa memasak cumi dengan cara memasukkan cumi bersih ke dalam wajan, lalu taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, dan tutup wajan. Tak lama kemudian, cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya surut, tuangkan sedikit minyak goreng. Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering.
Lalu bagaimana dengan udang?
gar udang yang Anda masak tetap terasa manis dan tidak keras, simak tips berikut.
1. Rahasia mengolah udang dengan baik adalah udang harus selalu dimasak dengan sangat cepat untuk mendapatkan rasa yang manis dan lezat.
2. Kebanyakan udang dimasak sekurang-kurangnya 3 menit. Begitu udang terlihat kemerahan, berarti sudah matang.
3. Udang sangat cepat matang dan dengan cepat pula dapat berubah tidak bisa dimakan jika sedikit saja terlalu lama dimasak.


Eh tahu ngga sih....

Benarkah seafood dan vitamin C mengakibatkan rusaknya hati, jantung, ginjal, dan pembuluh darah perempuan itu?
Menurut beberapa ahli gizi, kemungkinan karena udang yang dikonsumsinya telah tercemar zat beracun yang berbahaya. Kemungkinan besar lainnya adalah limbah yang mengandung arsenic di dalam udang yang dikonsumsi.

secara umum makanan laut atau seafood memang mengandung kadar protein, lemak, serta beberapa unsur lainnya yang jika dikonsumsi secara terus-menerus dan dalam jumlah banyak akan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Justru itu, setelah mengonsumsi seafood disarankan meminum air jeruk yang berguna sebagai penetral unsur-unsur yang membahayakan tersebut.

Air jeruk sebenarnya dapat berfungsi sebagai katalisator. Serat yang terkandung di dalamnya bisa menyeimbangkan asupan gizi yang kita konsumsi dan jumlah vitamin C yang dikandungnya juga tak terlalu banyak. Justru air jeruk dapat menurunkan kolesterol dan tidak membahayakan.
Udah ah.... makan dulu.....

Jangan lupa ada beberapa hal yang juga berbahaya dari makanan laut seperti alergi, bagaimana mengatasinya?
Menghindari makanan yang menjadi penyebab alergi merupakan hal yang paling utama dalam penanganan alergi makanan. Setelah diketahui jenis makanan yang menyebabkan alergi maka makanan tersebut harus segera dihapuskan dari daftar menu sehari hari. Caranya adalah pasien harus dapat membuat daftar makanan/kandungan makanan yang ia makan sehari hari. Ketika alergi muncul, maka ia dapat melihat kembali apa apa saja yang ia makan sebelum munculnya alergi. Bila sudah ditemukan, segera hapus jenis makanan tersebut dari daftar menu.
Bila gejala alergi telah muncul maka perlu dilakukan pengobatan terhadap gejala yang timbul. Misalnya dengan pemberian obat antihistamin untuk mengatasi gejala pada kulit, saluran cerna, asma, bersin dan rasa tidak enak pada hidung. Bila gejala yang timbul sangat berat, segeralah membawa pasien tersebut ke dokter atau rumah sakit terdekat.
Eh iya, ada juga yang lagi makan disini, dimana nih makanannya paaak???
Udahan dulu ya jalan jalan jajannya. Sampai jumpaaaaaaaaaaaaaa teman jajannnnn

Tidak ada komentar

Silakan berkomentar dengan bijak. Setelah anda mampir dan berkomentar, saya akan berkunjung balik. Jangan meninggalkan link hidup ya :)

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : eko.dony.prayudi@gmail.com
+Telp/WA : 0819 - 3210 - 9497
+IG/Twitter : @dodon_jerry

Diberdayakan oleh Blogger.